Pengertian ATM dan Kegunaannya

Kartu ATM salah satu jenis kartu berbahan plastik yang kebanyakan di keluarkan oleh lembaga perbankan dan paling banyak di pergunakan. Bisa di katakan bahwa setiap nasabah yang memiliki tabungan di suatu bank sudah pasti di bekali dengan kartu ATM baik kartu debit maupun kartu kredit.

Sebenarnya apa itu kartu ATM? dan apa kegunaannya? jika ingin memiliki kartu ATM apa syaratnya dan apa manfaat dari kartu tersebut? berikut akan sedikit saya jelaskan di bawah ini.

Pengertian atm
Bentuk dari kartu ATM

Kartu ATM adalah kepanjangan dari Autometic Teller Machine, secara harifah: automatic berbicara soal otomatis, teller adalah petugas perbankan yang berada di lini depan dan bertugas melayani nasabah dalam urusan  setor uang dan tarik dana, sedangkan machine adalah mesin.

Dengan demikian dapat di simpulkan bahwa ATM adalah mesin yang secara  bertugas bisa menggantikan tugas seorang teller yang biasa kita temui di suatu bank.

Dengan adanya mesin seperti ini salah satu manfaatnya nasabah tidak perlu antri di dalam ruangan bank untuk melakukan tarik tunai ataupun transaksi lainnya kecual setor uang tunai.

Cukup datang ke sebuah mesin ATM yang di rasa dekat kita bisa bertransaksi seperti transfer uang, tarik tunai, cek saldo rekening dll.

Untuk setiap bank cabang biasanya sudah di sediakan mesin ATM untuk meringankan kerjaan teler dan mesin atm pun kini selain di bank-bank cabang sudah tersebar luas seperti di mall di rumah sakit di suau perusahaan dll.

Dapat di simpulkan bahwa kartu atm adalah alat yang di terbitkan oleh bank yang dapat di pergunakan untuk mengakses mesin-mesin ATM yang telah ada.

Pada awalnya mesin ATM hanya bisa di gunakan untuk tarik tunai keuangan saja, namun dengan perkembangan zaman, kemajuan teknologi dan kebutuhan manusia kini fitur-fitur yang ada di mesin atm di perbanyak seperti yang bisa di lakukan yaitu bayar tagihan, transfer uang dll.

Artikel Lainnya

Subscribe Our Newsletter