Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Truecaller. Aplikasi Pelacak Nomor Ponsel

Mengenal Aplikasi Truecaller

Semakin maraknya telepon masuk dari nomor tidak dikenal, membuat seseorang memutuskan untuk mengunduh aplikasi pelacak nomor ponsel. Ada beberapa aplikasi populer yang bisa kita temukan di Play Store maupun App Store. Namun yang cukup populer dan banyak digunakan adalah aplikasi Truecaller dan Get Contact. Secara teknis, keduanya sama-sama berfungsi sebagai aplikasi untuk melacak pemilik dari sebuah nomor ponsel.

Namun yang akan dibahas saat ini adalah aplikasi Truecaller. Secara sederhana, bisa dikatakan Truecaller mampu mengidentifikasi, melacak dan memblokir nomor ponsel tertentu yang dianggap mengganggu. Sehingga setiap panggilan maupun pesan yang masuk ke ponsel kita, akan dianggap sebagai spam. Kalian juga bisa mengecek detail informasi dari nomor tersebut.

Cara Kerja Truecaller

Mungkin kalian agak sedikit bingung, bagaimana sih cara kerja Truecaller, sehingga bisa mengidentifikasi sebuah nomor tidak dikenal? Ternyata cara kerjanya cukup sederhana. Truecaller akan mengambil dan mengumpulkan seluruh informasi dari seluruh kontak orang yang menggunakan aplikasi Truecaller.

Mengenal Aplikasi Truecaller, Aplikasi Pelacak Nomor Ponsel

Data yang berhasil dikumpulkan tersebut (jumlahnya bisa mencapai jutaan), akan diunggah ke server perusahaan Truecaller. Kemudian data-data akan dicocokkan berdasar algoritme sistem mereka, sehingga semua datanya akan tersedia untuk semua pengguna yang benar-benar telepon.

Hanya Mengizinkan Tiga Jejaring Sosial Media

Saat kalian mengunduh aplikasi Truecaller, hanya akan tersedia tiga jejaring sosial media pada halaman muka, yakni Facebook, Gmail dan Yahoo!, karena ketiganya dianggap yang paling banyak digunakan. Bahkan ketiga jejaring sosial media ini juga kerap menyimpan banyak informasi nomor telepon dan beragam informasi detail kontak yang lainnya.

Seluruh data, mulai dari nama kontak, nomor telepon hingga ID email yang ada di salah satu akun sosial media milik kalian, akan diunggah ke server milik aplikasi Truecaller.

Kelebihan Aplikasi Trucaller

Aplikasi ini dianggap cukup membantu memudahkan pengguna untuk melacak nomor telepon spam. Yuk kita lihat apa saja kelebihannya berikut ini :

  1. Kalian bisa menemukan di mana lokasi nomor ponsel melalui pencarian telepon
  2. Hanya melalui nomor ponsel, kalian bisa mendapatkan informasi detail dari si pelepon. Kalian juga bisa memblokir nomor tersebut dan melaporkannya sebagai spam ke database milik Truecaller
  3. Kalian juga bisa melacak siapa saja yang melihat nomor kalian melalui fitur "Siapa yang melihat profil saya"

Kekurangan Aplikasi Truecaller

Selain kelebihannya, Truecaller juga punya kekurangan yang bisa kalian simak di bawah ini :

  1. Terkadang, ID penelepon hanya berfungsi di beberapa area saja. Jadi tidak semua area, ID penelepon akan berfungsi
  2. Dianggap melanggar masalah privasi
  3. Tidak ada jaminan keamanan informasi
  4. Kalian harus tersambung dengan koneksi internet agar aplikasi bisa berfungsi dengan baik

Tiga Tipe Pengguna Aplikasi Truecaller

Truecaller bisa kalian unduh secara gratis di Google Play Store dan App Store. Namun untuk mendapatkan fitur paling lengkap, kalian bisa berlangganan per bulan, per tiga bulan atau per tahun. Setidaknya terdapat tiga pengguna Truecaller, yakni Truecaller Basic, Truecaller Premium dan Truecaller Gold.

Truecaller Basic 
Merupakan pengguna yang hanya bisa menikmati fitur Truecaller secara terbatas, yakni fitur Caller ID dan Spam Blocking saja. Pengguna juga tidak perlu membayar biaya tambahan lainnya alias gratis.

Mengenal Aplikasi Truecaller

Truecaller Premium 
Fitur yang ditawarkan pengguna tipe Premium ini jauh lebih lengkap dibanding tipe Basic, mulai dari Caller ID, Spam Blocking, Who Viewed My Profile, No Ads, Premium Badge, Incognito Mode, More Contact Requests dan Call Recording.  Untuk bisa mendapatkan fitur yang cukup lengkap tersebut, pengguna bisa membeli paket Premium melalui : kartu kredit, Paypal, paket operator, deposit Google Play dan Gopay.

Truecaller Gold
Pengguna Truecaller Gold bisa menikmati semua fitur pada paket Premium, ditambah lagi dengan fitur Premium Support. Pengguna bisa menikmati paket Truecaller Gold dengan cara berlangganan per tahun.

Fitur-fitur yang Dimiliki Truecaller

Ada beragam fitur yang bisa digunakan oleh pengguna Truecaller. Menurut laman website Truecaller, berikut adalah deretan fitur keren yang terdapat pada aplikasi Truecaller :

Mengenal Aplikasi Truecaller


Caller ID

Fitur ini akan mengidentifikasi nomor tidak dikenal, spam atau panggilan dari sebuah perusahaan. Pada laman tersebut juga dijelaskan jika pengguna dapat melihat identitas yang sebenarnya dari setiap panggilan yang masuk di mana pun di seluruh dunia, baik telepon rumah, ponsel maupun prabayar.

Spam blocking

Pengguna juga bisa memblokir nomor secara otomatis dari telemarket maupun robot melalui fitur ini. Truecaller akan melaporkan angka secara real-time, sehingga bisa melindungi setiap pengguna dari nomor tidak dikenal.

Chat, SMS and calls

Tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan lainnya, karena Truecaller akan membantu pengguna untuk mengatur semua komunikasi, baik melalui SMS maupun panggilan di dalam satu aplikasi.

Organized and spam-free inbox

Truecaller membantu mengatur kotak masuk pengguna agar tetap bersih dengan kategori otomatis untuk Personal, Penting, Lainnya dan SMS Spam.

Intelligent dialer

Fitur ini membantu agar pengguna tetap terhubung dengan orang yang tepat. Dengan fitur yang cukup smart ini, Truecaller akan mengidentifikasi setiap panggilan ke teman, keluarga maupun nomor yang tidak dikenal.

Smart integrations

Beberapa fitur bekerja secara bersama untuk membantu mengorganisir semua panggilan dan pesan di dalam satu tempat.

Dark theme

Fitur tema gelap ini akan memberikan kenyamanan visual yang baik selama pengguna membuka aplikasi Truecaller.

Sumber referensi :

[medcom.id] - Mengetahui Cara Kerja Truecaller, Aplikasi Pelacak Nomor Spam

[truecaller.com] - Features

30 komentar untuk "Mengenal Truecaller. Aplikasi Pelacak Nomor Ponsel"

  1. Aku juga pake truecaller ini. Sangat membantu ya, fitur2nya. Bikin bebas spam, deh.

    BalasHapus
  2. Aq juga pakai Truecaller juga kak, emang membantu banget buat tau siapa yang hubungin kita, secara sekarang banyak kan modus penipuan jadi bisa diminimalisir lah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kita harus waspada sih, dengan Truecaller bisa ngebantu memberikan informasi siapa yang nelepon kita.

      Hapus
  3. Aku juga udah pakai ini, alhamdulillah. Ngga was2 lagi sih kalau ada telpon iseng gitu

    BalasHapus
  4. saya juga sudah install dan gunakan aplikai Truecaller ini dan sekarang jadi lebih tenang kalau ada telpon masuk dari nomor yang gak dikenal karena udah terdeteksi ama Truecaller, TOP daah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi langsung kedetek ya orang yang mau reseh, hehehe.

      Hapus
  5. Sejak pake Truecaller, saya jadi merasa tidak terganggu oleh panggilan-panggilan telepon. Toh kalau penting, orang bisa kirim WA dulu ke saya. Baru bisa diputuskan apakah lanjut komunikasi atau tidak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes exactly. Biar rasa tuh yang mau nipu dan lain sebagainya, hahaha.

      Hapus
  6. 2 aplikasi ini aku pake semua. Tapi yang paling sering aku pake ya GetContact. Aplikasi itu sering aku pake buat mengetahui siapa yang sering menelponku. Kalo ga dikenal, ya ga aku angkat. Biasanya sih pihak bank/asuransi nih yang nawarin produknya. Pas ada id caller ga jls, ya jelas ga akan aku angkat. Fitur freenya msh ok kok. Tp kl mau lebih lengkap emg hrs pake yg premium.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Paling males memang nerima telepon dari nomor nggak dikenal. Good job Mas!

      Hapus
  7. Saya sangat senang banget dengan apk ini karena otomatis terisi nama org yg tidak di kenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga senang bapak menginstall aplikasi ini.

      Hapus
  8. Aku dah hampir 2 tahun ini make truecaller, gak kebrisikan sama SMS spam, n telpon spam praktis dah ga bisa masuk hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah langsung diblokir deh. Ben kapok hahaha.

      Hapus
  9. Aku belum instal Truecaller, Kang. Padahal belakangan sering ditelepon nomor asing, kadang sms banyak buat nawarin ini itu, kan takut juga ya kalau itu penipuan. Coba kupelajari deh, barangkali cocok kupasang di hape.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang bahaya itu penipuan dan pengambilan data pribadi ya Mas.

      Hapus
  10. ditengah banyaknya kejahatan cyber, ada aplikasi Truecaller di hp itu penting ya mas
    biar kita terhindar dari penipuan dari nomor yg nggak dikenal

    BalasHapus
  11. Aku pernah juga install true caller, bantu banget apalagi kalau terima telp ga dikenal jadi muncul namanya gitu. Cuma kadang hanya muncul nomornya aja. Paling sebel terima telpon penawaran gitu, makan berguna banget nih true caller

    BalasHapus
    Balasan
    1. (((pernah))), berarti sekarang udah nggak install lagi dong Mba? Memang nyebelin kalo ada yang telepon nawarin kayak gitu. Mending nawarin ngasih hadiah ya Mba.

      Hapus
  12. aku pakai ini juga kak. emang bagus banget, jadi dpat pengalaman kalau penipu lngsg ada tulisanya 'nipu' gitu di layar hpku. cuma kmrn sayangnya pas dr instansi juga tulisannya penipu ternyata, saya jadi suka bingung jadinya, hoho

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebaiknya kroscek dulu sih, biar nggak bingung. Nanti takutnya malah jadi salah paham. Nomor yang asli dibilang palsu, nomor yang palsu malah dibilang nomor beneran. Hehehe.

      Hapus
  13. Dulu aku pernah download Truecaller. Tapi akhirnya aku delete. Ehhh.. belakangan butuh lagi. Akhirnya download lagi. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagi sebagian orang memang dianggap sangat membantu. Apalagi kayaknya belakangan ini semakin marak nomor telepon aneh yang masuk ke ponsel ya.

      Hapus
  14. Saya pakai Truecaller ini, membantu banget kalau ada nomer telepon tak dikenal. Meski nomernya nggak saya simpan tapi suka muncul di layar hape. Terutama yang nomer spam atau penawaran asuransi/KK gitu bisa langsung direject aja hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siip deh Kak. Keren Kak Alfa udah install. Semoga saja bisa memberikan manfaat ya.

      Hapus
  15. Saya jga udh instal kak,
    Aman dari gangguan orang yg jail2, jadi langsng terdeteksi.

    BalasHapus