Mengenal Network Attached Storage (NAS) dan Manfaatnya - Susah Sinyal - Kumpulan Artikel Teknologi
iklan banner

Mengenal Network Attached Storage (NAS) dan Manfaatnya

Mengenal Network Attached Storage (NAS) Synology
Sebagai seorang content creator, saya membutuhkan kapasitas penyimpanan yang besar untuk bisa menyimpan berbagai file pendukung pekerjaan saya, seperti video, foto, gambar dan berbagai file lainnya. Mengandalkan memori pada laptop saja tidak cukup, apalagi memori laptop itu sangat terbatas. Alih-alih ingin menyimpan banyak file di laptop, yang ada malah membuat kinerja laptop semakin berat.

Jumlah file yang terlalu banyak dan menumpuk, menjadi salah satu penyebab laptop lemot. Jika hal ini dibiarkan berlarut-larut, akan mempengaruhi kinerja dan produktivitas sehari-hari. Inginnya sih menghapus file-file yang jarang dipakai atau sudah tidak digunakan lagi, akan tetapi di sisi lain, takut jika file tersebut dibutuhkan suatu saat nanti.

Kehadiran teknologi yang semakin canggih, sudah seharusnya membantu memudahkan pekerjaan kita sehari-hari. Kita juga dituntut untuk mampu beradaptasi dengan teknologi modern yang ada, salah satunya adalah media penyimpanan yang semakin berkembang saja, seperti hard disk drive (HDD) eksternal dan layanan cloud data.

Menyimpan Data di Dalam HDD Eksternal. Amankah?

HDD eksternal merupakan salah satu media penyimpanan yang bisa kita gunakan untuk menyimpan banyak file. Kapasitas HDD eksternal biasanya bervariasi, mulai dari 1 TB hingga 4 TB. Kapasitasnya yang besar, banyak orang mengandalkan HDD eksternal sebagai penyimpanan data jika memori pada laptop atau komputer telah penuh.

Namun demikian, HDD eksternal ternyata memiliki beberapa kelemahan, di antaranya adalah sebagai berikut :

  1. Data akan tersimpan di banyak drive, karena pada dasarnya hard disk drive tidak memiliki penyimpanan yang terpusat di dalam satu server.
  2. Kita tidak bisa mengakses hard disk drive dari jarak jauh. Mau tidak mau kita harus membawanya ke mana-mana untuk membuka file yang disimpan di dalam hard disk tersebut.
  3. Kerusakan bisa saja terjadi pada hard disk drive, entah karena komponen yang tidak berfungsi hingga berbagai penyebab lainnya. Akibat terburuk dari kerusakan ini adalah kegagalan dalam mengakses data yang telah kita simpan. Bahkan lebih parahnya lagi, semua data akan terhapus dan tidak bisa dikembalikan lagi.
  4. Kelemahan berikutnya adalah kita tidak bisa mencadangkan data-data (backup) yang ada di dalam hard disk. Tentu saja hal ini berisiko pada hilangnya data-data tersebut. Satu-satunya pengamanan data, ya ada di dalam hard disk itu sendiri. Jika rusak total, ya hilang semua datanya.

Memanfaatkan Layanan Cloud Berbayar

Selain menyimpan data di HDD eksternal, kita juga bisa memanfaatkan layanan cloud data, karena dianggap lebih unggul jika dibandingkan dengan HDD eksternal. Untuk menyimpan data dalam jumlah besar, tentu saja kita membutuhkan kapasitas cloud yang besar juga. Pada umumnya cloud data yang berkapasitas besar, biasanya juga berbayar.

Namun jika jumlah data yang disimpan tidak terlalu besar, kita bisa memanfaatkan layanan cloud data secara cuma-cuma, tentu dengan kapasitas yang terbatas.

Menggunakan layanan cloud data berbayar bukan berarti tanpa celah keamanan. Ternyata tetap saja memiliki kelemahan, di antaranya sebagai berikut :

  1. Kita perlu mengeluarkan biaya bulanan untuk berlangganan cloud data berbayar. Jumlahnya tentu tidak sedikit, tergantung dari besar kapasitas yang dipilih.
  2. Semua file yang kita unggah ke dalam cloud, akan disimpan secara online di dalam suatu server. Penyimpanan online tentu saja memiliki risiko yang sangat tinggi. Bisa saja file-file milik kita diretas dan bisa diakses oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Apalagi jika file yang kita unggah sangat penting.
  3. Agar bisa mengakses file-file yang telah kita simpan, maka cloud harus memiliki koneksi internet yang stabil. Berbagai kemungkinan bisa saja terjadi, misalnya server yang mengalami down, sehingga pengguna tidak bisa mengakses website penyedia layanan cloud. Bahkan Google Drive saja pernah mengalami server down lho. Alhasil pengguna pun banyak yang mengeluh dan komplain.
  4. Meski telah berlangganan layanan cloud, akan tetapi kita juga harus mampu beradaptasi dengan berbagai kebijakan dari perusahaan cloud itu sendiri. Hal ini tentu saja akan berpengaruh terhadap pengguna layanan tersebut, karena setiap pengguna wajib untuk mengikuti peraturan dan kebijakan yang berlaku.
bahkan, menurut website theverge.com, layanan cloud populer, Google Photos akan membatasi ruangan penyimpanan gratis hingga maksimal hanya 15 GB saja per 1 Juni 2021. Jika ingin mendapatkan kapasitas yang lebih besar, maka harus berbayar. Lain halnya dengan Flickr, layanan cloud foto ini akan membatasi kapasitas hingga 1 TB dan 1.000 foto saja.

Network Attached Storage (NAS) Adalah Sebuah Solusi Tepat

Melihat beberapa kekurangan di atas, mungkin akan sedikit menghambat produktivitas sehari-hari. Apalagi bagi kalian yang memang sangat mengandalkan ruang penyimpanan besar. Solusi yang bisa kalian pilih adalah memanfaatkan network attached storage atau kita singkat saja NAS.

Mengenal Network Attached Storage (NAS) Synology

NAS merupakan sebuah sistem penyimpanan data yang terhubung dengan internet dan dapat diakses langsung dengan menggunakan jaringan LAN (Local Area Network atau Jaringan Area Lokal), atau gampangnya cloud pribadi milik kalian sendiri. Bahkan NAS dinilai lebih unggul dibanding HDD eksternal maupun layanan cloud, karena memiliki recovery system yang andal ketika salah satu hot/server mengalami kerusakan.

Manfaat Network Attached Storage (NAS)

Mengenal Network Attached Storage (NAS) Synology
Keberadaan NAS tentu akan memudahkan aktivitas penyimpanan dan pengambilan data, mulai dari perusahaan berskala kecil hingga perusahaan besar sekalipun. Setiap pengguna yang terhubung dapat dengan mudah mengakses data. Selain itu, setidaknya ada tujuh manfaat NAS lainnya yang perlu kalian ketahui :

1. Penyimpanan berteknologi modern

NAS telah terintegrasi dengan teknologi modern, sehingga keamanannya tidak diragukan lagi, karena keamanan data yang disimpan adalah prioritas utama. Inilah salah satu manfaat dari NAS, yakni mudah untuk melakukan pengamanan data, sehingga kita bisa mengakses data kapanpun diperlukan.

2. Pembayaran hanya satu kali saja

Tidak perlu biaya langganan setipa bulannya. Cukup membayar satu kali saja (untuk hardware maupun software) dengan beragam pilihan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

3. Akses jadi lebih mudah

NAS tidak hanya terhubung ke satu server saja, sehingga jauh lebih efektif untuk proses penyimpanan dan pengambilan data kapan saja dan bisa dilakukan dari jarak jauh.

4. Kerja team jadi lebih efisien

Pekerjaan jadi terhambat gara-gara kesulitan mengakses data? Kini dengan teknologi NAS tidak ada lagi drama seperti itu. Kalian bisa dengan mudah mengakses data dari berbagai perangkat di mana saja dan kapan saja, sehingga kerja sama antar team menjadi lebih efektif dan efisien.

5. Kendali penuh privasi

Kelebihan lain dari NAS adalah kendali penuh atas data yang kita miliki, karena NAS telah dilengkapi dengan sistem operasi serta prosesor sendiri dalam menjalankan berbagai fitur. Fitur yang diadopsi oleh NAS ini memungkinkan kita untuk menjaga keamanan data, otomatisasi pencadangan data hingga memainkan berbagai file multimedia, mulai dari video, musik dan foto.

Bahkan kita juga bisa membuat server multimedia sendiri hingga mengaktifkan layanan cloud atau server email pribadi secara aman di NAS.

6. Sesuai dengan kebutuhan pengguna

NAS dinilai jauh lebih efisien dan lebih hemat dari segi biaya, karena kapasitas penyimpanannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengguna, mulai dari skala kecil hingga skala besar.

7. Investasi tepat untuk bisnis

Meski harus mengeluarkan biaya yang cukup mahal di awal, akan tetapi manfaat yang didapatkan jauh lebih besar dan kita juga tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan lagi setiap bulannya. Hal ini tentu bisa lebih menghemat budget. Jadi bisa dibilang jika NAS merupakan pilihan tepat untuk investasi jangka panjang untuk bisnis yang kita jalani.

Cara Memilih NAS yang Tepat

Mengenal Network Attached Storage (NAS) Synology
Bagi yang masih awam soal NAS, mungkin akan sedikit mengalami kesulitan ketika ingin membeli NAS untuk menunjang produktivitas. Namun kalian tidak perlu risau, Susahsinyal.com ingin memberikan sedikit tips bagaimana cara memilih NAS yang tepat, berikut ulasannya :

1. Berapa besar storage yang kalian butuhkan?

Hitung terlebih dulu berapa banyak penyimpanan data yang dibutuhkan. Pikirkan juga perkembangan jumlah data yang dimiliki dalam jangka waktu 3 - 5 tahun ke depan. Hal ini perlu dilakukan agar nantinya kita tidak kekurangan kapasitas ketika ingin menyimpan data baru.

2. Apa fungsi utama dari NAS?

Sebelum memilih NAS yang tepat, sebaiknya pertimbangkan beberapa hal, seperti NAS digunakan untuk skala rumahan atau bisnis, fungsinya untuk menyimpan data saja atau bisa juga untuk pencadangan data hingga NAS untuk digunakan server multimedia. Hal ini berkaitan dengan efisiensi biaya yang kita keluarkan saat ingin membeli NAS.

3. Seberapa tinggi tingkat proteksi yang dibutuhkan?

Tips memilih NAS berikutnya adalah tentukan seberapa tinggi tingkat proteksi data yang kita butuhkan, yakni dengan cara memilih RAID (Redundant Array of Independent Disks), karena hal ini erat kaitannya dengan seberapa banyak jumlah hard disk NAS yang akan dibutuhkan.

4. Berapa banyak pengguna yang akan mengakses NAS?

Sebelum membeli NAS, pertimbangkan juga apakah kita juga ingin memberikan akses untuk orang lain yang terhubung ke NAS milik kita. Kita juga perlu memastikan seberapa banyak pengguna yang akan terhubung ke NAS, baik secara berbarengan atau terpisah.

5. Brand NAS apa yang sebaiknya dipilih?

Tips memilih NAS yang terakhir adalah memilih brand NAS yang tepat. Berhubung ada begitu banyak merek NAS yang beredar, maka dari itu ada beberapa faktor yang sebaiknya kita pertimbangkan sebelum membeli NAS :

  • Spesifikasi hardware untuk menentukan tingkat performanya
  • Model dan desain NAS
  • Kapabilitas kinerja software
  • User interface yang user-friendly, sehingga akan memberikan pengalaman pengguna yang jauh lebih baik dan lebih nyaman

Salah satu merek NAS yang recommended adalah Synology. Synology merupakan perusahaan elektronik yang berdiri sejak tahun 2000 yang memang khusus memproduksi perangkat NAS. Produk NAS Synology memiliki kapabilitas kinerja software dan hardware yang mumpuni untuk menunjang kebutuhan server multimedia skala rumahan maupun industri.

Rekomendasi Bantuan Memilih Tipe NAS yang Tepat : Menggunakan NAS Selector dari Synology

Agar penggunaan NAS lebih optimal lagi, kalian bisa memilih NAS yang tepat yang sesuai dengan kebutuhan. Maka dari itu, kalian bisa menggunakan tools NAS Selector langsung ke website Synology agar menemukan kriteria NAS yang diinginkan.

Mengenal Network Attached Storage (NAS) Synology

Mengenal Network Attached Storage (NAS) Synology

Mengenal Network Attached Storage (NAS) Synology

Mengenal Network Attached Storage (NAS) Synology

Atau bagi kalian yang ingin melihat rangkaian produk, bisa klik link pembelian : produk NAS Synology. Namun jika masih penasaran dan ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan Synology, kalian bisa mengunjungi link : Hubungi Synology.

Semoga artikel tentang network attached storage yang Susahsinyal.com bagikan bisa menambah wawasan baru seputar dunia teknologi.

Sumber referensi :

[yangcanggih.com] - Mengenal NAS, Network-Attached Storage, Solusi Penyimpanan Data Dalam Jaringan

[id.if-koubou.com] - Cara Mengatur dan Memulai dengan NAS Synoloy Anda

Previous
Next Post »

75 komentar

  1. Aku tu pernah banget mas.
    Gak cukup storage pake hd tambahan.
    Oalah dikala diperlukan taunya rusak gak bisa diselamatkan datanya.

    Pengen garuk tanah rasanya. seandainya dulu udah ada NAS ini, tentu gak bakal kejadian deh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yaudah sekarang langsung ganti ke NAS aja Mba. Biar nggak terjadi lagi hal yang sama.

      Hapus
  2. senang dengan perkembangan teknologi saat ini
    dengan adanya NAS ini, jadi nggak repot untuk menyimpan data ya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba, praktis banget nyimpen data di NAS.

      Hapus
  3. nah iya betul banget, aku sendiri lagi ngalamin storage google nya penuh dan perlu mikirin penyimpanan cloud lainnya. Tapi untuk keperluan personal apa NAS ini recommended mas, mengigat ada biaya pembelian hardware dan software?

    BalasHapus
    Balasan
    1. So far recommended, bagi yang membutuhkan penyimpanan data yang aman dan lega. Biaya di awal saja, selebihnya tidak ada biaya langganan.

      Hapus
  4. Baru tahu soal NAS diriku mbak, berarti NAS ini bisa menyimpan data yang luar biasa ya mbak. Harus ini nih yang perusahaan atau pelaku usaha dengan penyimpanan besar pake NAS nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, saya bukan Mbakkk.. Kelebihannya terletak pada kapasitasnya yang besar dan tingkat keamanan yang tinggi.

      Hapus
  5. Bisa jadi alternatif ya buat yang butuh storage gede

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul jadi alternatif kalo HDD eksternal atau cloud sudah penuh.

      Hapus
    2. Aku coba cari info soal NAS ini lebih banyak, deh. Kayaknya aku memang butuh nih

      Hapus
    3. Lanjut langsung Mba Farida.

      Hapus
  6. Kayaknya aq butuh NAS ini kak, soalnya selama ini kalo ngimpen file di perangkat hape suka bikin penuh, nyimpen di flashdisk juga gitu. Suka galau tapi kalo mau dihapus juga sayang takutnya suatu hari bakal butuh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus kak, daripada di hape bikin penuh sumpek memori hape bae.

      Hapus
  7. Penyimpanan data file memang perlu ruang khusus yang gampang diaksesnya lagi saat kita membutuhkan. Apalagi kalau butuh nya dadakan kan.

    Rekomendasi NAS ini boleh juga untuk jadi pilihan, apalagi ternyata aksesnya mudah kalau misalnya mau ngubek-ngubek file

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bermanfaat artikelnya. Kalau butuh NAS, bisa langsung pilih Synology.

      Hapus
  8. Saya belum pake NAS ini. Solutip nih.

    Saya hanya pake HDD itu udah pake 2 buah. Dan ngeri-ngeri sedap kalo tiba-tiba gak bisa aksed klo ada komponen yang rusak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Solutip itu buat nempelin kertas ya Mba? Wah buru-buru dibackup filenya, takut pada hilang. Atau bisa coba beli NAS

      Hapus
  9. Relate banget ya mas dengan delima yang saat ini dialami sama para konten kreator, saya juga sempat ragu untuk menyimpan ribuan file tersebut dimana apakah di hardisk external (pernah ngalamin kerusakan berakibat hilangnya data2 penting, hiks) atau di cloud (tapi mehong) haha. Hadirnya NAS ini ternyata cukup menjawab ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dilema Mba, bukan delima, hehehe. Konten kreator perlu banget punya NAS, biar lebih aman nyimpen datanya.

      Hapus
    2. Betul mas apalagi konten yang dibuat banyak banget yaaa, membantu sekali dengan hadirnya NAS ini.

      Hapus
  10. Ini diakses darimanapun bisa yah, keren banget. Simple dan ngga usah ribet bawa hardisk kemana2. Pas deh ini sama kebutuhan suami saya, otw share ke beliauu

    BalasHapus
  11. Wah ini mah bener-bener bisa jadi solusi deh. Pas banget buat tukang konten macam kita yang memang butuh kapasitas penyimpanan data yang cukup besar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tukang konten memang kudu banget punya NAS sepertinya.

      Hapus
  12. Perkembangan semakin canggih ya mas, termasuk hardware atau perangkat keras digunakan untuk simpan file, foto, dan video dalam jumlah yang besar cukup memakain NAS, dan rasanya saya ingin beli satu hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus beli Mas, biar lebih leluasa dan aman menyimpan data penting. Apalagi blogger kakap sekelas Mas Fachrur, pasti datanya sangat banyak banget bukan.

      Hapus
  13. kak aku baru tau banget nih soal NAS.. thanks buat infonya yaa.. biasanya yaa aku pakai storage lain biasanya gitu untuk save data2

    BalasHapus
  14. Wah, menarik bgt, bikin gak pusing harus nyimpen data atau foto dimana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menarik dong. Ayo segera pindahkan datanya ke NAS.

      Hapus
  15. Wah ini nih solusinya buat nyimpen foto dan video yang bejibun
    Selama ini aku pakai eksternal disk dan cloud
    Ternyata ada NAS yang jauh lebih mantap
    Segera pindah pakai NAS ah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Segera pindahin bae Mba Arni, biar lebih aman.

      Hapus
  16. Wah banyak sekali manfaatnya ya.. sungguh jadi berpikir 2x kalau mau nyimpen memori di HDD external..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kalau tertarik, bisa nyobain NAS Synology Mba.

      Hapus
  17. Pas banget lagi butuh info buat storage data video gw. Beberapa kalo baca ttg NAS, makin penasaran pengen beralih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Langsung segera beralih saja Mba Puspita.

      Hapus
  18. kebetulan ditempat ku siaran sudah pake teknologi ini untuk penyimpanan lagu dan materi serta iklan, jadi lebih aman dan ngga ilang sih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Mas, sekelas perusahaan besar, pasti lebih memilih NAS, karena banyak keunggulannya.

      Hapus
  19. Sepertinya jadi solusi banget ya buat konten kreator, terutama yang mainnya di video. Kalo aku sendiri sekarang masih nge-back up data (teks dan foto) di flash disk dan HDD.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul itu, apalagi seorang konten kreator, pasi membutukan tempat penyimpanan dalam jumlah besar. Apalagi kalo isinya file video semua.

      Hapus
  20. Eh, jadi penasaran sama harganya bang, barusan ku cek ada yg 2 jutaan harga paling murah. Mantabbb nih

    BalasHapus
  21. Saya baru ini mengenal NAS. Memang sih HDD itu rentan rusak. Dan kalau sudah rusak. Selesai sudah. Kita akan kehilangan semua file yang kita simpan di sana. Sehingga keberadaan NAS menjadi solusi untuk penyimpanan file-file penting.

    BalasHapus
  22. Solusi baik nih untuk menggunakan NAS nih buat jaman now. Apalagi bagi pekerja konten yang filenya suka cepat penuh. Biar aman selalu dan meminimalisir kekhawatiran dari kekurangan dari pemyimpanan ekternal maupun clouds.

    BalasHapus
  23. Sebenarnya aku baru tahu tentang NAS ini dan ehh ada merk - merk nya juga ya. Hmm.. .jadi penasaran sama merek NAS yang recommended, si Synology itu. MAu coiba intip-intip ahh

    BalasHapus
  24. NAS ini sangat membantu dalam menyimpan data data kita ya mas
    kantor kantor pasti perlu NAS

    BalasHapus
  25. Wah kayaknya baru nih komen di blognya suhu Hendar di Susahsinyal. hahaha
    Manfaat Network Attached Storage memang luar biasa ya, baru tahu saya ada teknologi penyimpanan semacam ini. Jadi kayak punya server sendiri deh.

    BalasHapus
  26. NAS ini bentukannya kayak server mini ya. Asik banget buat diletakkan di kantor. Banyak pula keunggulannya.

    BalasHapus
  27. Menarik nih NAS untuk digunakan apalagi buat kantor saat ini. Sekarang sih baru pakai Cloud doang

    BalasHapus
  28. Duh pernah banget kejadian soal menyimpan data pada HDD ini, dibawa ke mana-mana ntah karena terbentuk apa gimana eh ga bisa diakses, nangis bombay ga punya backup data hiks

    BalasHapus
  29. Wuih bakalan aman sentosa nih menyimpan data kalau kapasitasnya sebesar ini tanpa drama hilang lagi dataku

    BalasHapus
  30. NAS ini inovatif banget ya mas, sekarang mau nyimpen lagu, data apapun bisa di situ. Banyak keunggulannya juga. Teknologi memang berkembang pesat ya Mas.

    BalasHapus
  31. Jadi tertarik nih ingin punya NAS untuk ngamanin data, penasaran harganya berapa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harga tergantung dari kapasitas penyimpanannya.

      Hapus
  32. Allhamdulillah hadirnya NAS banyak ngasih solusi nih bang yang pada suka nyimpen file gede. Orang-orang yang berkecimpung diinternet dan perusahaan butuh ini nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget, sudah jadi kebutuhan wajib bagi seorang konten kreator kayak kita.

      Hapus
  33. NAS jadi solusi yang sangat baik dalam mengganti HDD maupun cloud storage ya Mas. Cuma karena ini baru saya masih bingung, apa sistemnya perangkat disewa atau dibeli putus dan disambungkan dengan jaringan internet sendiri?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget Uda Fadli. Dibeli putus Mas, nanti sambung jaringan internet sendiri.

      Hapus
  34. Waaahh... NAS ini unik sekali ya. Gak perlu repot bawa-bawa media penyimpanan. Bisa simpan di rumah dan kita akses datanya dimana aja selama ada jaringan internet. Apalagi sistem keamanannya juga udah tingkat tinggi. Benatr lagi pasti booming nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak perlu menunggu terlalu lama juga akan booming pada waktunya.

      Hapus
  35. Keren ya NAS ini, jadi gak perlu pusing-pusing simpan file di HDD maupun media penyimpanan lainnya. Yang sering kumpulin film-film, musik dan file gede pasti senang banget nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang hobi ngoleksi film, musik dan file-file besar, ngumpul sini. Langsung gunakan saja NAS, biar aman.

      Hapus
  36. senang kalau ada penyimpanan data yang tersimpan secara daring, jadi kita bisa akses di mana aja juga gampang ya mas. solutif bgt ini buat kita yg kerjanya mobile nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Super solutif, hehehe. Praktis and aman.

      Hapus
  37. wah, mungkin ini yg saya cari2 mas, saat ini utk penyimpanan luar saya msh ngandelin flashdisk yg kapasitasnya gede. Cuma ttp aja msh kurang... kira2 brp harganya ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lima jutaan ke bawah juga dapat Mas, tergantung kapasitasnya.

      Hapus
  38. Dengan segudang manfaat ini, nampaknya aku akan menganggarkan dana untuk memiliki NAS ini yaa

    BalasHapus
  39. teringat dengan hardisk eksternal ku kak. nyimpen data di sana semua, eh malah rusak HDD eksternalku hiks sedih banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ugggh, pasti rasanya pedih sekali ya. Coba saja disimpan di NAS, semoga kejadian serupa tidak terulang lagi ya.

      Hapus
  40. Lengkap sekali penjelasannya mengenai NAS ini, ternyata harus mempertimbangkan banyak hal ya mas, contohnya Synology ini bisa jadi salah satu rekomendasi untuk dibeli

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Mas Ahmad, sebelum membeli MAS ini, sebaiknya perhatikan beberapa pertimbangan yang telah disebutkan di atas. Terima kasih sudah mampir.

      Hapus
  41. Untuk penyimpnan data yang besar penting banget ya memiliki NAS ini, udah gitu lebih aman juga ya, ditambah dengan kelebihan lainnya, bisa dipertimbangkan banget ini untuk punya. Makasih juga ya Mas udah berbagi tentah synologi, bisa jadi referensi

    BalasHapus


EmoticonEmoticon