5 Fakta Internet 5G yang Memiliki Kecepatan Akses Tinggi - Susah Sinyal
iklan banner

5 Fakta Internet 5G yang Memiliki Kecepatan Akses Tinggi

Internet 5G

Akhir-akhir ini pegiat internet banyak membahas mengenai internet 5G yang bakal hadir secara menyeluruh di Indonesia. Teknologi terbaru ini diyakini memiliki kecepatan akses internet yang jauh lebih cepat dibandingkan 4G. Kenyataannya memang demikian, karena memang sebelumnya sudah pernah diuji kecepatan teknologi 5G ini. Bahkan kecepatan download-nya bisa mencapai 800 Mbps dengan upload mencapai 80 Mbps.

Namun untuk bisa menikmati layanan ini perlu bersabar, karena di Indonesia sendiri masih belum menyeluruh jaringan internet 5G-nya. Sebelum itu, perlu diketahui beberapa fakta menarik mengenai internet 5G yang sedang banyak diperbincangkan ini.

Fakta Internet 5G yang Memiliki Kecepatan Akses Tinggi

1. Kecepatan Mencapai Lebih Dari 1 Gbps
Jaringan internet 5G jika dites dengan koneksi yang bagus, kecepatannya bisa menembus angka 1.1 Gbps. Kecepatan yang keren ini sulit ditemui pada provider internet Indonesia. Dengan kemampuannya itu bisa membuat penggunanya melakukan streaming 4K dengan lancar hingga mengendalikan drone jarak jauh.

Hal ini bisa menjadi solusi untuk kebutuhan internet yang besar di Indonesia. Apalagi untuk menunjang banyak UKM yang sudah mulai go-online untuk bisa lebih berkembang lagi. Manfaat lain juga didapatkan dari dunia pendidikan agar bisa menyelenggarakan pendidikan secara online dengan lebih baik lagi.

2. Memiliki Kecepatan 50x Dari Internet 4G
Kecepatan internet 5G benar-benar akan membuat banyak orang menjadi takjub. Bagaimana tidak, kecepatannya diklaim 50x lebih cepat dibandingkan dengan 4G. Ini pernah diungkapkan oleh seseorang dari perusahaan Verizon yang bernama Roger Gurani.

Ia mengatakan bahwa 5G akan jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan 4G LTE yang saat ini masih banyak digunakan. Untuk mengunduh file di internet dengan ukuran 9 GB membutuhkan waktu 6 menit jika memakai jaringan internet 4G. Sedangkan jika memakai jaringan internet 5G hanya membutuhkan waktu 15 detik saja.

3. Canggih untuk Penunjang Teknologi Lain
Teknologi internet memang berpengaruh ke perkembangan dunia IT. Banyak koneksi internet yang digunakan untuk menunjang akses teknologi lain. Internet 5G juga diklaim akan memiliki jangkauan yang jauh lebih luas dan memiliki tingkat stabilitas yang tinggi.

Nantinya juga akan membantu untuk meningkatkan kemampuan dari teknologi, seperti drone, streaming augmented reality (AR) dan beragam teknologi lainnya. Pengguna tidak membutuhkan waktu lama untuk bisa mendapatkan ataupun berbagi informasi melalui internet. Seluruh kecanggihan ini akan benar-benar dirasakan jika teknologi 5G sudah tersedia di Indonesia.

4. Daftar Negara yang Sudah Memakai Internet 5G
Hingga saat ini, sudah ada beberapa negara yang mengklaim telah memakai teknologi 5G. Negara tersebut memang sudah sejak dulu selalu unggul dalam bidang teknologi. Negara-negara seperti Amerika Serikat, Jepang, China, Korea Selatan, Inggris, Singapura bahkan hingga Malaysia mulai menerapkan teknologi 5G.

Di Indonesia sendiri, provider Telkomsel, sepertinya akan mulai membangun infrastrukturnya. Berbagai persiapan dilakukan agar nantinya bisa menjangkau daerah-daerah pelosok. Untuk membangung konektivitas 5G di Indonesia, membutuhkan biaya yang besar. Karena memang luas wilayahnya yang begitu besar.

5. Smartphone 5G Pertama
Perkembangan internet generasi terbaru ini juga mendapat respon dari perusahaan smartphone. Dikabarkan Motorola Moto Z3 menjadi smartphone pertama yang memiliki kemampuan koneksi 5G. Namun untuk memakai internet 5G hanya bisa dilakukan di area yang terjangkau.

Smartphone Motorola Moto Z3 ini dijual dengan harga Rp. 5 jutaan untuk memori sebesar 3 GB dan Rp. 7 jutaan dengan memori sebesar 64 GB. Meskipun sudah membeli smartphone ini, pengguna belum bisa memakai jaringan 5G jika tidak berada di area yang terkoneksi jaringan 5G.

Nah demikian 5 fakta menarik mengenai internet 5G yang banyak diperbincangkan orang. Para pegiat dunia internet tidak sabar untuk menikmati teknologi ini. Bagaimana dengan kamu?

Previous
Next Post »
Add Comments


EmoticonEmoticon