Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Satelit Satria Buatan Indonesia untuk Konektivitas Internet yang Lebih Baik

Satelit Satria Buatan Indonesia

Memasuki era digital, hampir sebagian besar aktivitas yang kita lakukan setiap harinya selalu bergantung dengan teknologi dan juga internet. Keduanya hadir untuk membantu memudahkan kita dalam menjalani rutinitas. Sebagai contoh, keberadaan internet sangat membantu untuk menjalin komunikasi kepada banyak orang, di mana pun berada di berbagai belahan dunia.

Ngomongin soal komunikasi, saya selalu mengandalkan koneksi internet untuk menghubungi istri dan kedua anak saya di kampung. Yups, saya dan istri memang berjauhan. Kalau anak zaman now bilang sih LDR-an. Saya baru mulai bekerja di Jakarta, sementara kedua anak saya semuanya sudah sekolah di kampung.

Biar bisa bertatapan secara langsung lewat layar ponsel, saya melakukan video call lewat aplikasi WhatsApp. Dengan cara begini, setidaknya bisa mengurangi sedikit rasa kangen sama anak dan istri di kampung. Namun terkadang, kualitas koneksi internet di kampung kurang stabil. Aktivitas video call jadi terganggu. 

Terkadang saya tidak habis pikir, kenapa kualitas internet di Indonesia tidak semulus di luar negeri? Contohnya sewaktu saya video call dengan istri, beberapa kali sering tersendat. Padahal jarak kami itu hanya antara Jakarta ke Tegal lho, masih sama-sama di Pulau Jawa. Nggak kebayang deh kalau komunikasi antar pulau di Indonesia.

Satelit Satria, Solusi Konektivitas Internet yang Lebih Baik dan Lebih Optimal

Untuk meningkatkan koneksi internet yang lebih baik di Indonesia, sebenarnya pemerintah dan operator telekomunikasi sudah lebih dulu menggunakan teknologi kabel fiber optik yang mampu menjangkau hampir seluruh pelosok negeri. 

Spesifikasi Satelit Satria Buatan Indonesia

Namun, kualitas internet yang saya rasakan masih belum optimal. Faktanya, kualitas jaringan internet di wilayah pedesaan masih terasa lemot. Ini artinya akses internet lancar dan stabil masih belum bisa dirasakan secara merata di Indonesia. Terutama masyarakat yang berada di wilayah 3T (Terdepan, Terluar, Tertinggal).

Bisa dibilang, teknologi kabel optik saja dirasa tidak cukup. Selain biaya yang dibutuhkan cukup besar, proses instalasinya juga sangat rumit dan membutuhkan waktu yang lama. Apalagi Indonesia ini kan terdiri dari ribuan pulau, sehingga pengaplikasiannya dianggap kurang optimal. Fiber optik akan lebih optimal di wilayah padat penduduk, seperti perkotaan.

Teknologi Satelit Dianggap Lebih Unggul Dibanding Fiber Optik. Benarkah?

Untuk mewujudkan akses internet yang lancar dan stabil, dibutuhkan satelit dengan spesifikasi kecepatan tinggi yang memang khusus untuk internet. Konektivitasnya mampu menjangkau seluruh wilayah di Indonesia yang terdiri dari ribuan pulau, termasuk wilayah 3T. Kemampuan teknologi satelit jelas mengungguli fiber optik ataupun terestrial.

Keuntungan Satelit Satria untuk Internet

Ketika terjadi situasi darurat, seperti bencana alam atau peperangan, tower BTS (Base Transceiver Station) selular bisa saja rubuh atau hancur, demikian juga dengan kabel optik yang bisa saja terputus. Sementara layanan satelit tidak terpengaruh dengan kondisi di atas tersebut.

Melalui BAKTI KOMINFO (Badan Aksesbilitas Telekomunikasi dan Informasi), pemerintah telah memiliki program penyediaan Sateliat Satria dan Satelit HBS (Hot Backup Satellite) yang akan diluncurkan pada Juni 2023.

Satelit Satria Buatan Indonesia

Kapasitas yang dimiliki kedua satelit ini cukup besar, yaitu Satria sebesar 150 Gbps dan HBS sebesar 80 Gbps. Kapasitas ini diklaim lebih besar dari yang pernah dimiliki Indonesia sebelumnya. Dengan kapasitas sebesar itu, diharapkan mampu memberikan akses internet yang jauh lebih baik di seluruh wilayah pelosok Indonesia, termasuk daerah 3T.

Mengenal Lebih Dekat Satelit Satria Buatan Indonesia

Satelit Satria (Satelit Republik Indonesia) merupakan satelit buatan Indonesia yang mulai dibangun sejak akhir 2019 dan mulai beroperasi pada 2023. Satelit Satria merupakan salah satu satelit terbesar di dunia, sekaligus satelit terbesar se-Asia, dengan tinggi mencapai 6,5 meter. 

Proyek Satelit Satria menelan biaya sekitar Rp 20,68 triliun dengan masa konsesi selama 15 tahun. Proses pembuatannya pun dilakukan oleh manufaktur asal Perancis, yakni Thales Alenia Space. Untuk meluncurkan satelit Satria, pemerintah telah menandatangi MoU dengan Roket SpaceX milik Elon Musk dari Cape Canaveral di Florida.

Harga Satelit Satria

Artinya, satelit Satria akan diluncurkan oleh Roket SpaceX pada Minggu, 18 Juni 2023 waktu Florida, Amerika Serikat atau Senin, 19 Juni 2023 waktu Indonesia Barat.

Setelah mengorbit di angkasa, Satelit Satria nantinya akan ditempatkan pada ketinggian 35,786 meter dpl di atas wilayah Papua. Lokasi ini dipilih karena PT Satelit Nusantara Tiga (sebagai perusahaan operator) memiliki slot orbit di sana. 

"Lokasi yang dipilih di atas Papua, tetapi jangkauannya meliputi seluruh wilayah Indonesia," ucap Anang Latif, Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi Indonesia (BAKTI), seperti dikutip dari Bisnis Tempo.

Satelit untuk Meningkatkan Kualitas Internet, Menjadikan Kinerja Layanan Publik Lebih Optimal

Satelit Satria telah dilengkapi dengan teknologi bernama VHTS (Very High Throughput Satellite) berkapasitas 150 Gbps. Menariknya, satelit berteknologi VHTS ini baru digunakan di tiga negara saja, yaitu Luksemburg (Intelsat SA), Kanada (Telesat) dan Amerika Serikat. Ini berarti Indonesia menjadi negara ke-4 yang menggunakan teknologi ini. Keren banget dong!

Mengenal Satelit Satria

Berkat teknologi VHTS ini, diharapkan mampu memaksimalkan kinerja layanan publik di berbagai bidang. Apalagi Indonesia setidaknya memiliki 150.000 titik yang tidak mendapat akses internet, karena tidak terjangkau oleh kabel serat optik. Titik tersebut meliputi 93,900 sekolah, 47,900 kantor pemerintahan daerah, 3,700 puskesmas dan 3,900 markas polisi dan TNI.

Dampak Positif Hadirnya Satelit Satria Bagi Masyarakat Indonesia

Dengan diluncurkannya satelit Satria ini, semoga mimpi masyarakat Indonesia untuk merasakan kecepatan akses internet yang stabil bisa segera terwujud. Dari yang (mungkin saja) sebelumnya sulit untuk mengakses internet, mudah-mudahan saja sekarang sudah bisa merasakan internet yang stabil dan lancar.

Kapan Satelit Satria Diluncurkan

Internet yang stabil, tentu memberikan dampak yang sangat baik bagi masyarakat di seluruh wilayah Indonesia, termasuk di wilayah 3T. Nantinya, banyak fasilitas umum, mulai dari kantor desa, kantor kelurahan, kantor kecamatan, sekolah, rumah sakit, puskemas dan berbagai layanan keamanan lainnya akan terbantu berkat hadirnya Satelit Satria.

Tidak hanya fasilitas umum saja, banyak bisnis digital maupun UMKM di tengah masyarakat juga akan semakin terbantu. Hal ini akan meningkatkan perekonomian masyarakat, khususnya di pedesaan yang selama ini mungkin terkendala jaringan internet yang kurang memadai.

Konklusi

Kehadiran Satelit Satria ini memang sangat layak ditunggu bagi bangsa Indonesia. Inovasi ini sebagai bukti nyata bahwa pemerintah sangat serius untuk mewujudkan internet cepat dan stabil di Indonesia. Hal ini sekaligus sebagai jawaban tantangan konektivitas di Indonesia yang terdiri dari ribuan pulau.

Setelah mengenal Satelit Satria ini, mari sama-sama kita berikan dukungan kepada pemerintah. Manfaatkan internet sebaik mungkin untuk sesuatu yang bermanfaat, baik untuk bisnis, pendidikan maupun kemaslahatan lainnya.

Semoga bermanfaat.

26 komentar untuk "Mengenal Satelit Satria Buatan Indonesia untuk Konektivitas Internet yang Lebih Baik"

  1. Keren nih. Aku cuma berharap, kedepannya internet Indonesia gak hanya kencang karena peluncuran satelit baru ini. Tapi juga dari segi keamanan semoga lebih ditingkatkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups betul banget. Harapan kita semua. Enggak cuma lancar dan stabil, tapi juga keamanannya lebih ditingkatkan lagi, sehingga bisa berselancar di dunia maya dengan aman dan nyaman.

      Hapus
  2. Berarti banyak dampak positif yang kita terima ya kak dengan adanya satelit ini, keren..
    Oh iya, kan itu tulisannya Satria-1 ya, apakah nanti akan ada kelanjutan Satria-2 gitu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Manfaat positifnya pasti banyak banget bagi masyarakat Indonesia ya, terutama konektivitas internet yang lebih baik di seluruh wilayah Indonesia, termasuk daerah 3T. Kalo liat namanya sih, kemungkinan besar akan ada kelanjutannya kali ya. Ya kayak sekuel film gitu deh, hehehe...

      Hapus
  3. kemarin saya sejak subuh sudah pantengin YT Kominfo, Mas, untuk menyaksikan peluncuran satelit SATRIA 1 ini. Sangat bangga dan senang, karena nantinya Indonesia akan terkoneksi dengan internet lewat angkasa ya, Mas. Apalagi SATRIA 1 merupakan satelit terbesar di Asia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keren ya. Jadi puas banget nonton live peluncuran satelit meski waktu subuh sekalipun. Semoga saja internet cepat dan stabil bisa terwujud di Indonesia ya, aaamiiin...

      Hapus
  4. Berarti sekarang udah mengudara ya satelit SATRIA? Keren sekali, semoga bisa bermanfaat untuk perkembangan internet seperti yang diharapkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sudah dong. Tinggal tunggu saja apakah kualitas internetnya membaik atau sama saja. Semoga aja sih kualitas konektivitas meningkat ya

      Hapus
  5. keren nih Indonesia terus memperluas jaringan telekomunikasi. Semoga semua daerah bisa merasakan internet cepat dan bisa mengakses informasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keren banget sih. Aaamiiin, kita sama-sama doakan yang terbaik untuk internet Indonesia ya. Semoga saja kualitasnya meningkat, sehingga setiap orang yang ada di wilayah Indonesia bisa merasakan internet dan mengakses berbagai informasi

      Hapus
  6. Keren namanya, Indonesia bangett! Kalo dikenal di luar negeri pasti tahu lah nih satelitnya punya Indonesia, gitu kira-kira hehehe. ternyata dampaknya banyak yaa, aku baru tahu lho fungsi satelit ternyata ngga hanya seputar komunikasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya salah satu fungsi satelit ya untuk meningkatkan kualitas konektivitas, seperti Satelit Satria ini.

      Hapus
  7. Ikut bangga dengan Indonesia hang memiliki Satelit dengan berbagai kelebihan dan fitur yang lengkap. Info ini adalah info pertama yang saya dapatkan. Semoga SATRIA nantinya semakin mendukung internet yang cepat dan stabil.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga saja kehadiran Satelit Satria ini punya pengaruh yang sangat baik untuk konektivitas internet di Indonesia, termasuk wilayah 3T

      Hapus
  8. Kaget jg pas baca berita ini, ternyata gede bgt ya satelitnya. Ini nomor 6 terbesar di dunia loh. Dan emg fungsinya bgs bgt buat memperlancar koneksi internet sekaligus mendukung interkoneksi smua hal pelayanan yg terhubung internet nantinya.

    Dab terjawab sudah jg soal knp hrs mengorbit di atas langit Papua. Smg jaringan internet makin merata ya stlh peluncuran Satria ini. Btw aku suka bgt akronim Satria ini. Kereeenn.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kereen ya Satelit Satria ini. Akronimnya juga keren pisan euy...

      Hapus
  9. Keren banget ini SATRIA, Masya Allah semoga menjadi sebuah jalan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia Amiiiinnnn ❤️❤️❤️

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaamiiin, kualitas internet yang baik, tentu punya pengaruh yang besar bagi pelaku bisnis digital di pedesaan. Hal ini tentu secara tidak langsung jua akan berpengaruh terhadap kualitas hidup masyarakat di pedesaan.

      Hapus
  10. Kemarin sempat nonton live bentar di YouTube pas peluncuran satelitnya. Baru tahu biaya yg dibutuhkan pe triliunan gitu. Semoga setelah ini internet di Indonesia makin bagus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaamiiin, semoga saja membawa banyak perubahan untuk internet Indonesia ya

      Hapus
  11. saya ngikutin detik2 peluncurannya, keren banget ya, Indonesia akhirnya punya satelit baru, walaupun bkn utk publik, tp plg gak utk perbaikan layanan pemerintah biar lebih sat set

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wuih keren sekali Anda Mba. Exited banget ya nonton siaran live peluncuran satelit Satria

      Hapus
  12. So Proud Indonesia punya satelit Satria yang dibuat sendiri oleh kita. Semoga semakin dapat membantu warga Indonesia dalam kemudahan mengakses internet dengan lancar dan stabil, ya dengan peluncuran satelit Satria ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes betul banget Mas Yonal. Semoga aja sih internet Indonesia bisa meningkat lebih baik lagi ya..

      Hapus
  13. Selamat bertugas satelit Satria.
    Semoga dengan adanya satelit Satria yang mengudara, kecepatan internet Indonesia semakin bagus dan lancar.

    BalasHapus
  14. Terima kasih . Semoga kualitas internet Indonesia lebih baik lagi ya Mba Jihan

    BalasHapus