Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Koneksi Internet Tidak Stabil Saat Bermain Game Online

Penyebab Koneksi Internet Tidak Stabil Saat Bermain Game Online

Bermain game online, tentu saja membutuhkan koneksi internet cepat agar permainan tetap berjalan dengan lancar. Koneksi internet yang tidak stabil, membuat aktivitas online gaming menjadi tersendat. Hal ini juga akan memengaruhi mood kita selama bermain game. Mood yang buruk, akan menyebabkan kualitas permainan menjadi menurun.

Ujung-ujungnya, kita bakalan uring-uringan sendiri karena bermain game menjadi tidak seru lagi. Tidak hanya itu saja, koneksi internet yang lemot juga akan memengaruhi aktivitas online lainnya misalnya saja bisnis online, belajar online hingga bekerja dari rumah. Maka dari itu, koneksi internet yang cepat dan stabil sangat dibutuhkan saat ini.

Faktor-faktor yang Memengaruhi Kecepatan Internet

Mungkin saja kita pernah mengalami koneksi internet terasa begitu lemot saat kita sedang bermain game online. Sementara, di saat yang bersamaan, kita bisa menonton video di YouTube dengan lancar. Terkadang saya juga mengalamai hal yang sama. Padahal, saya menggunakan jaringan internet dari WiFi yang sama di rumah. Namun, aktivitas bermain game online tidak semulus seperti saat nonton YouTube.

Usut punya usut, ada beberapa faktor yang menjadi penyebabnya. Di antaranya adalah sebagai berikut :

1. Spesifikasi perangkat

Spesifikasi perangkat yang digunakan untuk bermain game online, ternyata juga memengaruhi kinerja saat bermain game. Semakin canggih spesifikasinya, maka kemungkinan ngelag saat bermain game pun semakin kecil.

2. Koneksi internet lambat

Koneksi internet yang lambat biasanya akan memuat data yang lebih lama, sehingga menyebabkan aktivitas online gaming menjadi lemot. Maka dari itu, pastikan kita terhubung dengan koneksi internet cepat dan internet stabil sebelum bermain game online.

3. Optimasi konten

Menonton YouTube cenderung lebih stabil, karena biasanya konten pada YouTube sering kali dioptimalkan agar bisa diputar dengan cepat. Berbeda dengan game online pada umumnya lebih sulit dioptimalkan untuk berjalan di berbagai perangkat.

4. Jenis konten

Bermain game online, tentunya membutuhkan progress input dan grafis yang cepat. Sementara menonton video di YouTube biasanya membutuhkan sumber daya yang lebih sedikit.

5. Jumlah perangkat

Jumlah perangkat yang terhubung ke router atau modem WiFi juga biasanya akan memengaruhi kualitas koneksi internet. Semakin banyak perangkat yang terhubung secara bersamaan, membuat traffic internet menjadi semakin tinggi, sehingga semakin lambat kecepatan internetnya.

6. Jarak perangkat dengan router WiFi

Semakin jauh jarak antara perangkat dengan router WiFi, maka memengaruhi kualitas internet yang semakin lambat. Jadi pastikan, jarak keduanya tidak terlalu jauh ya.

7. Jarak server game dengan perangkat

Koneksi internet yang lambat juga dipengaruhi oleh jarak antara server game dengan perangkat. Semakin jauh jarak keduanya, maka koneksi internet juga akan lemot.

8. Faktor gangguan eksternal

Penyebab koneksi internet tidak stabil juga disebabkan oleh adanya gangguan elektromagnetik dari perangkat elektronik lain yang ada di sekitar lingungan.

9. Perhatikan perangkat keras

Selain itu, masalah pada modem atau perangkat yang digunakan untuk bermain game merupakan segala faktor yang harus kamu perhatikan untuk membangun jaringan internet yang cepat dan stabil. 

10. Ada virus dan malware

Terdapat virus ataupun malware pada perangkat yang digunakan untuk bermain game online, misalnya laptop maupun ponsel, membuat koneksi internet menjadi lemot, sehingga menyebabkan kualitas permainan menjadi menurun. 

Seperti dilansir dari salah satu situs teknologi ternama, Pricebook, terdapat faktor-faktor lainnya terkait jenis aktivitas online yang dilakukan dan juga jumlah data yang diunduh akan memengaruhi kinerja koneksi internet.

Sebagai contoh, jika kamu memiliki koneksi internet dengan kecepatan 100 Mbps, lalu kamu menghubungkannya ke tiga perangkat, maka setiap perangkat akan mendapatkan kecepatan internet sekitar 33 Mbps.

Perlu kamu ketahui, mengapa bermain game online lebih sering ngelag ketimbang nonton video di YouTube? Hal ini disebabkan bermain game online membutuhkan proses transfer data real-time yang lebih besar antara server dengan komputer yang digunakan. Sementara menonton video membutuhkan data lebih sedikit yang diunduh dari server YouTube.

Atasi Masalah Koneksi Internet Lambat Saat Bermain Game

Koneksi internet yang cepat dan stabil merupakan faktor penting agar bermain game online tetap berjalan lancar. Nah, berikut adalah beberapa solusi yang bisa kamu coba untuk meningkatkan kualitas koneksi internet dan mengurangi lag saat bermain game online :

  1. Gunakan koneksi internet yang stabil dan lancar
  2. Batasi penggunaan perangkat yang terhubung ke WiFi secara bersamaan
  3. Kamu bisa mempertimbangkan untuk memilih kabel Ethernet (LAN) daripada WiFi
  4. Tutup aplikasi lain yang tidak digunakan pada perangkat saat bermain game
  5. Kamu juga bisa menggunakan software atau aplikasi untuk mengoptimalkan koneksi internet.
  6. Pilih server game yang lokasinya tidak jauh dari lokasi kamu
  7. Atur resolusi dan grafis pada game
  8. Upgrade paket internet ke yang lebih besar untuk mendapatkan koneksi internet yang stabil dan lancar

Nah, demikian beberapa penyebab koneksi internet tidak stabil yang bisa kamu alami ketika bermain game beserta solusinya yang bisa kamu coba. Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Penyebab Koneksi Internet Tidak Stabil Saat Bermain Game Online"