Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Rekomendasi Konten Edukasi untuk Anak

Konten Edukasi untuk Anak

Konten edukasi adalah solusi terbaik ketika orang tua telah memberikan anak-anak kesempatan untuk screen time. Dengan adanya konten edukasi ini, diharapkan ada informasi atau pengetahuan baru yang diterima anak meskipun tidak sedang dalam keadaan belajar.

Di bawah ini ada beberapa alternatif konten edukasi yang bisa Anda berikan pada anak.

5 Rekomendasi Konten Edukasi untuk Anak

1. Nussa Official

Untuk keluarga muslim, Nussa Official bisa menjadi salah satu referensi tontonan edukasi untuk anak-anak. Dibuat oleh anak bangsa, animasi yang menceritakan kehidupan kakak beradik ini memuat banyak pesan dan edukasi. 

Tidak hanya itu, lagu-lagu bernuansa Islami juga disajikan dalam bahasa yang sederhana, sehingga anak-anak mudah menghafalnya. 

2. Pinkfong! Kids’ Songs & Stories

Ingat lagu Baby Shark? Ya, lagu tersebut adalah satu konten dari channel Youtube Pinkfong. Isi konten pada kanal ini memang cocok untuk mengajak anak bergerak. 

Jadi, jika Anda memiliki anak yang aktif, tontonan ini sangat tepat untuk menyalurkan energinya sehari-hari. Sebab anak tidak hanya bergerak saja, tetapi juga mengenal ritme lagu.

3. Amy Poehler's Smart Girls

Salah satu yang menarik dari konten edukasi ini adalah mayoritas isi kontennya dibuat secara khusus untuk anak perempuan. Tentu saja ini terlihat dari nama kanal Youtube.

Di akun ini, anak-anak akan diberikan banyak pilihan video berisi tutorial membuat kerajinan tangan yang sederhana hingga edukasi perubahan iklim. Jangan khawatir, sebab bahasa yang digunakan tentu sangat sederhana, sehingga anak-anak usia dini mudah memahaminya.

4. Channel Lagu Anak Indonesia BaLiTa

Channel Youtube yang satu ini membuat banyak konten berisi lagu anak-anak dalam Bahasa Indonesia. Namun, konten lain seperti mengenal angka, warna hingga kegiatan sehari-hari juga bisa Anda temukan. 

Menariknya adalah lagu anak-anak yang dibuat bermula dari keresahan founder-nya langsung. Seperti yang kita tahu, lagu anak yang sering dimainkan sangat terbatas. 

5. Instagram bumiedu.id

Berada di platform Instagram, bumiedu.id banyak membahas mengenai kondisi lingkungan, khusus edukasi bencana alam. Konten-konten yang mereka sajikan dibuat dengan visual yang sangat menarik.

Selain itu, narasi yang ditulis juga menggunakan kalimat sederhana, sehingga anak-anak pada tingkat pendidikan dasar bisa memahaminya dengan mudah.

Selain konten-konten di atas, masih ada lagi media digital yang menyediakan berbagai konten edukasi yang aman, mendidik, dan interaktif bagi anak. Lanjutkan membaca, yuk.

3 Media Edukasi yang Aman, Mendidik, dan Interaktif Bagi Anak

IndiHome anak perusahaan Telkom Indonesia, merupakan salah satu provider internet terbesar dengan jaringan yang luas dan bisa menjangkau berbagai wilayah di Indonesia. Dengan jaringan internet yang kuat dan stabil, sudah banyak masyarakat Indonesia yang mengakses internet menggunakan layanan IndiHome.

Indihome Kids

Maka sebagai persembahan IndiHome untuk berperan serta dalam menciptakan generasi emas Indonesia di masa depan, IndiHome menyediakan berbagai materi edukasi yang bisa anak-anak akses dengan aman, mendidik, tetapi menyenangkan karena berbentuk interaktif. Nah, media edukasi yang dimaksud, yaitu:

1. Indihome Edukasi

IndiHome Edukasi merupakan sebuah layanan yang menawarkan akses online ke konten pendidikan dari usia SD hingga SMA. Layanan ini dilengkapi dengan berbagai fitur pendukung pembelajaran seperti video pembelajaran, latihan soal, dan ulangan online yang dapat memudahkan anak-anak untuk memahami dan menguasai materi pelajaran dengan mudah.

2. IndiHome Study 

IndiHome Study merupakan salah satu fitur dalam layanan IndiHome Edukasi yang dirancang khusus untuk memudahkan proses belajar anak. Dalam layanan ini, terdapat beberapa fitur yang sangat membantu anak-anak dalam belajar di rumah dengan lebih efektif, antara lain Online Class, Virtual Library, dan Online Exam.

Fitur Online Class memungkinkan anak-anak untuk mengikuti kelas online dengan guru secara langsung. Seluruh proses belajar dapat dilakukan secara daring melalui layanan ini, mulai dari pemberian materi pelajaran, tanya jawab, hingga pemberian tugas.

Fitur Virtual Library menyediakan akses ke berbagai jenis buku digital, termasuk buku pelajaran, ensiklopedia, dan buku-buku bacaan yang dapat membantu anak-anak untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan mereka.

Online Exam memungkinkan anak-anak untuk menguji kemampuan dan pengetahuan mereka secara online. Dalam fitur ini, anak-anak dapat mengikuti ujian online, mengetahui hasil ujian dengan cepat, dan mendapatkan rekomendasi bahan belajar selanjutnya berdasarkan hasil ujian tersebut.

3. IndiHome Kids

IndiHome Kids menyediakan berbagai konten edukasi yang aman dan bermanfaat untuk anak-anak, seperti video pembelajaran, lagu anak, dan permainan edukasi yang dapat membantu anak-anak belajar dengan cara yang menyenangkan.

Bahkan dilansir dari situs Pricebook, pelanggan IndiHome juga bisa mendapatkan akses untuk menggunakan platform belajar online secara gratis untuk jangka waktu tertentu di Quipper, Ruangguru, Khan Academy, Zenius, Rumah Belajar, bahkan bisa mengakses Kahoot! Untuk bermain kuis interaktif.

Dengan adanya layanan internet cepat dan stabil dari IndiHome dan fitur-fitur pendukungnya, diharapkan dapat membantu anak-anak untuk tetap bisa belajar dengan efektif di tengah pandemi ini. 

Layanan ini juga menjadi solusi bagi orang tua yang ingin memberikan pendidikan yang terbaik untuk anak-anaknya, tanpa harus khawatir dengan adanya batasan akses ke materi pelajaran.

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "5 Rekomendasi Konten Edukasi untuk Anak"