Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Beli Tiket Bioskop Online di TIX ID. Nonton Film Jadi Lebih Mudah!

Aplikasi E-ticketing Online

Jujur saja, baru kali ini saya beli tiket bioskop online lewat aplikasi TIX ID. Biasanya saya selalu beli tiket langsung di counter bayar cash. Mau beli online atau langsung, masing-masing punya kelebihan dan kekurangannya. Nah, lewat artikel ini, saya mau berbagi pengalaman bagaimana cara membeli tiket bioskop online TIX ID.

Nonton film merupakan salah satu hobi yang biasa saya lakukan saat ada waktu senggang. Kebetulan di awal bulan Juni 2023 ini, ada salah satu film favorit saya yang tayang, yaitu Transformers: Rise of The Beasts (2023). Saya sudah menunggu cukup lama tayang di bioskop dan tidak mau melewatkan kesempatan ini.

Nah, tanggal 07 Juni 2023 ini ternyata filmnya sudah tayang di seluruh bioskop di Indonesia. Mumpung ada waktu, saya sempatkan untuk nonton filmnya di bioskop Bellevue Mall, Cinere, Depok. Lokasinya tidak jauh  dari Cinere Mall ya guys.

Cara Beli Tiket Bioskop Online di Aplikasi TIX ID

Sebenarnya aplikasi online e-ticketing bukanlah hal yang baru. Hingga saat ini, ada banyak aplikasi serupa yang tersedia di Play Store ataupun di App Store. Namun saya memilih TIX ID untuk beli tiket bioskop online, karena saya dapat rekomendasi dari adik saya yang sudah lebih dulu menggunakan aplikasi TIX ID. Katanya fiturnya lengkap dan aplikasinya juga mudah digunakan.

TIX ID merupakan salah satu aplikasi layanan hiburan penyedia e-ticketing bioskop yang dirilis pada 21 Maret 2018. Selain itu, kamu juga bisa beli voucher untuk nonton film online di beberapa aplikasi streaming film terkemuka, misalnya di aplikasi viu, WeTV, Catchplay+ , Vidio, Vision dan Bioskop Online.

Oke, langsung saja saya bagikan tutorial bagaimana cara membeli tiket bioskop online di Aplikasi TIX ID berikut ini :

1. Install aplikasi dan lakukan registrasi

Langkah pertama, install aplikasi di ponsel. Setelah terpasang, lakukan registrasi dengan mengisi nama lengkap dan nomor ponsel yang aktif. Nomor ini nantinya akan digunakan untuk proses pengiriman kode OTP lewat SMS. Selanjutnya klik 'DAFTAR TIX ID'.

Cara Beli Tiket Bioskop Online Lewat Aplikasi TIX ID

Selanjutnya kamu buat password minimum 8 karakter yang terdiri dari angka dan huruf saja. Ingat baik-baik password-nya biar tidak lupa. Atau kamu bisa simpan password di note atau Google Keep.

2. Hubungkan ke akun DANA

Berhubung pembayaran menggunakan DANA, maka hubungkan akun DANA kamu dengan aplikasi TIX ID. Belum punya aplikasi DANA? Ya buruan install dulu ya, lalu isi saldonya terserah mau berapa banyak. Jika sudah punya aplikasi DANA, langsung hubungkan dengan TIX ID. 

Beli Tiket Bioskop Online

Caranya cukup masukkan nomor ponsel yang terdaftar di akun DANA, masukkan PIN, lalu klik 'LANJUTKAN'. Kemudian masukkan kode OTP yang telah dikirim lewat SMS ke nomor ponselmu. Jika sudah, maka proses menghubungkan akun DANA dengan TIX ID sudah selesai.

3. Pilih film dan pesan tiketnya

Masuk ke aplikasi TIX ID. Lalu pilih film yang mau kamu tonton. Pilih lokasi bioskop, hari, tanggal dan jam tayang. Jika sudah menentukan pilihanmu, selanjutnya klik 'BELI TIKET'. Nanti akan tampil posisi tempat duduk di dalam bioskop. Pilih dulu tempat duduk yang diinginkan ya. Ingat ya, ini cuma kursi bioskop biasa, jangan rebutan kursi kayak di DPR loh ya!

Pesan Kursi Bioskop Online

Pilih tempat duduk yang nyaman ya. Jangan terlalu pinggir atau terlalu di depan juga biar nontonnya nggak nenggak kepalanya. Pengalaman saya sih paling pas nonton dari kursi paling belakang di bagian tengah. Jadi posisinya pas saat nonton.

4. Lakukan transaksi

Jika sudah yakin dengan posisi kursi di dalam bioskop, selanjutnya tinggal beli tiketnya. Ingat ya, isi saldo DANA nya terlebih dulu kalau belum ada saldo atau tidak cukup saldonya. 

Cara Pesan Tiket Bioskop Online

Nanti akan muncul detail transaksinya. Selain tertera harga tiket, akan kelihatan juga biaya layanan yang harus dibayarkan. Pilih 'BAYAR SEKARANG' untuk lanjut transaksi. Jika sudah selesai transaksi, nanti akan muncul notifikasi pembayaran berhasil.

5. E-ticket sudah tersedia. Print tiket di bioskop yang dituju

Sampai di sini, proses pembelian tiket bioskop sudah selesai. Nanti e-ticket akan muncul di aplikasi TIX ID, yang akan menjadi bukti sah pembelian tiket bioskop. Setelah kamu tiba di bioskop yang dituju, segera ke counter TIX ID untuk ngeprint tiket fisik.

Aplikasi TIX ID Tiket Bioskop Online

Caranya cukup mudah. Kamu hanya perlu scan barcode yang ada di e-ticketing lewat ponsel ke mesin penukaran m-tix yang tersedia di counter bioskop. Nanti tiketnya akan keluar dan tunjukkan tiketnya ke petugas. 

Cara Print E-tiket Bioskop Online
Scan aja barcode dari e-tiket lewat ponsel. Nanti tiketnya akan keluar dan tunjukkan tiket fisiknya ke petugas

Nah sampai di sini kamu sudah berhasil beli tiket bioskop online. Caranya cukup mudah bukan? 

Kelebihan dan Kekurangan Beli Tiket Bioskop Online Lewat Aplikasi E-ticketing

Setelah kamu tahu langkah membeli tiket bioskop online, sekarang saya mau berbagi pengalaman saya apa saja kelebihan dan kekurangan kalau kamu beli tiket secara online, berikut ini :

Kelebihan atau keuntungan beli tiket online :

  • Lebih praktis dan hemat waktu. Transaksi beli tiket bisa dilakukan lewat ponsel di mana saja selama terhubung dengan jaringan internet
  • Tidak perlu antri lagi di bioskop untuk membeli tiket
  • Bebas memilih waktu dan lokasi sesuai yang diinginkan
  • Bisa lihat-lihat jadwal film yang sedang tayang atau yang akan tayang periode berikutnya
  • Proses print tiket sangat mudah, bahkan bagi pemula sekalipun

Kekurangan atau kelemahan beli tiket online : 

  • Harus install aplikasinya dan registrasi dulu di ponsel
  • Ada biaya tambahan. Namanya yakni Biaya Layanan saat membeli tiket lewat aplikasi
  • Pembelian tiket tidak bisa diubah atau dibatalkan
  • Harus install e-money di ponsel terlebih dulu sebagai metode pembayaran yang dipilih

Nah itu tadi pengalaman saya beli tiket bioskop online lewat aplikasi TIX ID. Semoga artikelnya bisa bermanfaat terutama yang hobi nonton film bioskop. Sekarang terserah kamu mau beli tiket secara online atau beli langsung di tempat. Masing-masing ada plus minusnya.

Posting Komentar untuk "Beli Tiket Bioskop Online di TIX ID. Nonton Film Jadi Lebih Mudah!"