Review OPPO Reno6. Kameranya Oke Banget! - Susah Sinyal - Kumpulan Artikel Teknologi
iklan banner

Review OPPO Reno6. Kameranya Oke Banget!

Review Hape OPPO Reno6

Pada kesempatan yang baik ini, saya ingin membagikan artikel tentang review OPPO Reno6 sekaligus berbagi pengalaman setelah menggunakan ponsel keren bertabur fitur kekinian tersebut. Terutama dari segi kameranya yang keren banget. Yuk yang penasaran dengan OPPO Reno6, simak terus artikelnya hingga selesai ya.

FYI, OPPO Reno6 sendiri dirilis ke Indonesia pada pertengahan Juli 2021 lalu. Harganya saat itu Rp 5.199.000. Nah mumpung masih segar, saya ingin membagikan pengalaman menggunakan OPPO Reno6 ini. 

Apakah ponsel ini sesuai dengan ekspektasi pengguna atau tidak. Apakah harganya worth it atau tidak dengan fitur yang ditawarkan. Terutama bagi seorang konten kreator, yang katanya butuh device yang andal untuk mengolah konten.

Daripada panjang lebar, yuk langsung saja ke inti permasalahannya. Simak baik-baik ya, biar kamu lebih paham.

1. Kualitas kamera oke banget

OPPO Reno6 dilengkapi dengan empat buah kamera di bagian belakang, dengan resolusi utamanya sebesar 64 MP. Sementara kamera depan resolusinya 44 MP. Bagaimana hasil fotonya? Keren banget!! Jujur saja, baru kali ini saya punya ponsel dengan hasil kamera yang sejernih ini.

Hasil foto kamera utama (64 MP) terbilang sangat bening, jernih dan terang. Meski di dalam ruang minim cahaya sekalipun. Pada bagian pengaturan, kamu bisa mengatur kualitas kamera ke 64 MP atau tidak, karena hasil foto beresolusi maksimal (64 MP), ukuran file fotonya juga sangat besar (sekitar 3 MB).

Saya coba mengambil foto dengan kamera utama di waktu yang berbeda. Mulai dari siang hari, malam hari, saat cuaca mendung, saat cuaca cerah dan menggunakan efek bokeh. Untuk hasilnya, kamu bisa lihat di bawah ini :

Foto Bokeh OPPO Reno6
Efek kamera bokeh

Hasil Foto Ooutdoor OPPO Reno6
Kualitas kamera OPPO Reno6 outdoor cuaca mendung

Kualitas Foto Outdoor Siang Hari OPPO Reno6
Kualitas OPPO Reno6 siang hari

Kualitas Kamera OPPO Reno6 Malam Hari
Meski malam hari, hasil foto OPPO Reno6 tetap terlihat terang

Kualitas kamera depan juga tidak kalah beningnya, apalagi resolusinya juga tinggi (44 MP). Cocok banget bagi kamu yang hobi selfie. Tidak akan salah pilih deh jika membeli OPPO Reno6 ini guys untuk selfi-selfian.

2. Kualitas suara oke

Bagi yang hobi dengerin musik atau nonton film di ponsel, kualitas suara OPPO Reno6 ini bisa dibilang cukup oke. Suaranya terdengar jelas dan tidak pecah (sember) meski diatur ke volume tinggi. Suaranya terdengar empuk di telinga. Apalagi kalau kamu pakai wireless headset, pasti suaranya bakalan terdengar semakin bagus.

Untuk kualitas suara saat melakukan panggilan atau teleponan, suaranya terdengar cukup jelas dan keras. Jadi tidak perlu teriak-teriak, suara lawan bicara sudah terdengar baik kok, kecuali sinyalnya jelek, itu lain cerita lagi.

3. Belum pernah ngelag

Yes, memori internalnya cukup besar, yakni 128 GB. Masih bisa ditambah lagi dengan memori eksternal lho. Jadi makin besar kapasitasnya. Cocok banget bagi kamu yang hobi jepret sana jepret sini, tidak usah khawatir memori ponsel akan penuh. Apalagi kamu juga bisa menyimpan hasil foto atau video ke penyimpanan cloud.

OPPO Reno6 dibekali dengan RAM sebesar 8 GB. Sewaktu saya bermain game perang, loading-nya cepat banget. Tidak perlu menunggu terlalu lama. Permainan jadi lancar. Selain itu, untuk multitasking juga sangat mulus. Perpindahan antar aplikasi, belum pernah mengalami yang namanya ngelag. Apalagi ngehang.

Saya bisa bilang, kalau OPPO Reno6 ini cocok dimasukkan ke jejeran ponsel gaming berkualitas. Mengingat kapasitas RAM yang besar, jadi mau main game HD pun bisa lancar.

4. Baterai cepat habis gara-gara dijadikan hotspot

OPPO Reno6 ini sudah mendukung jaringan 4G, jadi sinyalnya cukup baik dan lancar. Namun kembali lagi ke kartu operatornya, apakah sudah mendukung 4G atau belum. Kalau belum mendukung, ya sinyalnya biasa saja.

Nah berhubung lancar buat internetan, saya seringkali jadikan OPPO Reno6 ini sebagai hotspot. Setiap hari, ada sekitar 3 - 4 device yang terhubung ke ponsel saya. Ternyata kebiasaan ini berpengaruh pada baterai ponsel.

Tampilan Hape OPPO Reno6

Baterai ponsel jadi cepat habis. Padahal kapasitas baterainya besar lho, yakni 4.310 mAh. Selain itu, karena sering dijadikan hotspot, ponsel jadi cepat panas. Makanya jika terlalu lama dijadikan hotspot, akan ada warning dari sistem, dan secara otomatis koneksi hotspot akan terputus sendiri.

Makanya saya saranin, lebih baik beli modem tersendiri untuk hotspot di rumah. Daripada baterai ponsel cepat habis. Mungkin bukan hanya terjadi sama OPPO Reno6 saja, ponsel lainnya juga pasti akan sama. Ya bayangin saja, seharian dipakai hotspot!

5. Nge-charge baterai bisa cepat banget

Saya baru merasakan nge-charge ponsel bisa secepat ini. Bayangin saja, dari baterai 20 persen, saya charge sampai 90 persen, hanya dalam waktu 30 menit saja.

Ya wajar saja sih bisa secepat itu. Soalnya OPPO Reno6 ini telah dilengkapi dengan fitur 50 W Fast Charging yang mampu mengisi daya 100 persen hanya dalam waktu 45 menit. Ukuran kepala charger-nya juga lebih besar jika dibandingkan dengan charger Android biasa.

Oh iya, colokan charger ini beda dengan charger Android yang biasa ya guys. Ukurannya lebih besar. Jadi kamu harus bawa charger sendiri saat bepergian.

6. Ada fitur Bullet Screen Message

Fitur apaan itu? Jadi sewaktu saya main game atau lagi nonton video, kalau ada pesan masuk (misalnya WA), saya tidak perlu pindah aplikasi untuk membaca atau membalas WA yang masuk. Saya bisa langsung membalas pesan sambil nonton video. Asyik banget kan? Tidak perlu repot pindah-pindah aplikasi.

7. Dapat apa saja di paket pembelian?

Unboxing Hape OPPO Reno6

Pada paket pembeliannya, sudah dapat satu unit ponsel, satu buah charger, satu kabel data, buku panduan, satu soft casing warna bening dan satu buah earphone. Oh iya, ada juga untuk ngeluarin SIM Card, apa namanya ya, saya lupa, hehehe...

Konklusi

Overall, saya suka banget dengan kualitas dan fitur-fitur canggih yang dibawa OPPO Reno6 ini. Terutama hasil fotonya benar-benar oke banget. Cocok banget untuk bikin konten artikel maupun video di YouTube, Instagram, TikTok dan lain sebagainya.

Oh iya guys, Reno6 series ternyata punya beberapa varian. Saya pernah membahasnya di sini : Harga dan Spesifikasi OPPO Reno6, OPPO Reno6 5G dan OPPO Reno6 Pro 5G.

Semoga bermanfaat ya, terutama bagi kamu yang tertarik banget ingin membeli ponsel ini. Jadi kurang lebih itulah review jujur atau pengalaman saya menggunakan OPPO Reno6. Pastinya pengalaman setiap orang akan berbeda-beda. Jadi jangan disamaratakan ya guys.

Previous
Next Post »

30 komentar

  1. Cakep banget deh, kameranya beneran oke, terus fast charging. Beneran HP yang kece nih.

    Harganya mungkin saat ini sudah turun, yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harganya perlahan turun sih. Ayo jangan kelamaan nunggu, nanti keburu datang seri terbarunya lagi, hehehe.

      Hapus
  2. Hasil fotonya oke banget terutama saat ambil foto malam hari. Keren. Menururku wajar sih kalo buat hotspot memang biasanya bikin baterai cepat habis. Mending pake modem kalo mau buat beberapa perangkat sekaligus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes perangkat paling pas buat hotspot ya pakai modem. Makasih sudah berkunjung Mba Yustrini.

      Hapus
  3. Widiih, kamera malemnya cakep banget kak! Waduh racun nih, pas banget lagi ngumpulin tabungan buat beli ponsel baru. Si Reno6 ini nggak cuma keren tampilan, kamera tapi juga spek ya, worth-to-buy banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Worth it banget lah dengan fiturnya. Semoga bisa terbeli ya Mba Arai.

      Hapus
  4. Aku pakai Oppo seri di bawah ini dan sering dipakai buat hotspot juga di rumah. Biasanya untuk 1-2 perangkat. Dan iya, hape jadi cepet panas dan habis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya penggunaan hot spot bisa bikin baterai hape jadi cepat habis. Apapun ponselnya.

      Hapus
  5. Saya selalu kagum dengan foto bagus Padahal dihasilkan dengan Smartphone. Jelas kalau seperti Oppo Reno ini ya.
    Kecanggihan dan fiturnya memang bikin ngiri
    Pengen punya juga maksudnya, hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga kesampaian ya punya OPPO Reno6 ini Mba Okti. Terima kasih sudah berkunjung ke blog ini.

      Hapus
  6. Dengan resolusi kamera utama sebesar 64 MP dan kamera depan resolusi 44 MP, emang bakalan puas banget deh dengan hasil fotonya. Kalau kayak gini jadi males pake kamera DSLR lagi. Xixixi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Daripada kamera DSLR, ya mendingan OPPO Reno6 dong. Bisa ngelakuin semuanya. Sementara kamera cuma buat foto doang, hehehe.

      Hapus
  7. Oppo memang terkenal bagus banget sih kualitas kameranya. Nggak heran kalau untuk oppo keluaran terbaru lebih dan lebih bagus lagi kameranya. Kayaknya emang spesifikasinya kamera nih oppo.

    Kalau ternyata ditambah nggak ngelag kalau dipake main game sih nilai plus. Apalagi bagi yang suka main game. The best...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba Yuni, saya coba main game, lancar-lancar aja tuh. RAMnya soalnya 8 GB, jadi jarang sekali ngelag.

      Hapus
  8. Pernah nyoba kamera oppo reno ini dan benar ih hasilnya itu beniiiing banget. Keren pokoknya. Sayangnya waktu itu nggak lagi pegang uang padahal lagi nyari hp baru.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bisa kesampaian ya punya hape OPPO Reno6 ini. Hasil kameranya memang oke punya sih. Cocok buat ngonten deh pokoknya.

      Hapus
  9. Woaahh bisa jadi smartphone yang rekomended nih untuk keperluan membuat konten, apalagi yang suka foto-foto eksis selama perjalanan seperti saja. Btwe saya tertarik dengan kecepatan mengisi baterai hp ini, pasti lebih efektif

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mengenai pengisian daya baterai yang cepat ini sangat efektif lho. Berbeda dengan Android biasanya yang butuh waktu agak lama buat mengisi daya baterai.

      Hapus
  10. Oppo emang enggak perlu diragukan lagi sama hasil jepretannya. enggak kalah sama merk mahal sebelah dengan harga yang lebih membumi. gak nyangka hasil low lightnya sebagus itu, cocok banget buat bikin konten konten tiktok atau IG reels

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih, jadi makin semangat buat bikin konten di medsos dan blog.

      Hapus
  11. Yaampunn jadi mau beli hp baru, hp ku yang sekarang setelah update sistem kameranya jadi jelek, jadi mo nanges aku..

    terus sebagai cewe yang sering nongkrong sama cowo-cowo alias temen kantornya cowo semua, kalo diajak mabar main pubg aku ga akan panik nih karena ga pernah ngelang.

    meluncur ah liat-liat hpnya, pumpung mall disini udah mulai buka dan udah vaksin juga jadi boleh masuk mall hahaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lah kok bisa Mba? Bukannya malah tambah oke, tapi malah jadi jelek sih. Selamat berburu OPPO Reno6.

      Hapus
  12. Kalo pakai Oppo Reno6 ini udah pasti kualitas foto bakal ciamik ya mas, selama ini aq sering belajar nyari engle yang bagus buat foto tapi ya gitu hasilnya masih kurang ok karena hpnya yang gak mendukung. Huhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bisa kesampaian punya device yang mumpuni untuk fotografi ya Mba Fionaz, salah satunya kayak OPPO Reno6 ini.

      Hapus
  13. wah emang ya kak, oppo selalu pas buat berburu konten
    pas banget dimiliki oleh konten kreator

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba, pas banget bagi seorang konten kreator. Makasih atas kunjungannya.

      Hapus
  14. Fitur nomor 5 dan 6 itu emang ga ada yg ngalahin sih. Haha..Aku suka banget ponsel Oppo juga karena fitur fast chargingnya. Gila aja ngisi full cuma 50 menit. Zaman skrg (krn demi ngejar setoran cuan), ngecharge jd sesuatu yg penting sih.

    Fitur yg nomor 6 ini jg penting krn kadang kita prlu ngebalas cepat saat ada notifikasi. Tp kita jg ga mau terganggu saat ngelakuin hal khusus, entah ngegame/nonton video. Tinggal swipe up dikit, lgsg bs balas pesan/apapun itu ya. Kereeen.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mas Didik, OPPO Reno6 ini banyak keunggulannya. Saya ngerasain asyik banget balas pesan tanpa harus pindah aplikasi. Jadi mumpuni banget untuk multitasking.

      Hapus
  15. Untuk yang tipe ini, apakah hybrid atau bagaimana untuk Simcard dengan memorycardnya?

    Karena kebanyakan sistem juga menerapkan hybrid ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Slot simcard di OPPO Reno6 bukan hybrid Mas. Jadi masih bisa lah buat nyimpan dua simcard + memory card eksternal.

      Hapus


EmoticonEmoticon