15+ Hal yang Tidak Boleh Kamu Lakukan Saat Liburan ke Jepang - Susah Sinyal
iklan banner

15+ Hal yang Tidak Boleh Kamu Lakukan Saat Liburan ke Jepang

Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Berada di Jepang

Salah satu negara di Asia yang cukup menarik dan sering dikunjungi oleh para wisatawan Indonesia adalah Jepang. Selain memiliki banyak tempat wisaya yang indah, Jepang juga memiliki kuliner yang sudah cukup dikenal di seluruh dunia. Maka dari itu tidak heran jika banyak yang ingin liburan ke Jepang. Mungkin saja salah satunya adalah kamu bukan?

Selama kamu liburan ke Jepang, tentu kamu menginginkan jika semuanya berjalan lancar dan aman terkendali. Kamu juga tidak ingin terlibat masalah selama berada di sana. Nah maka dari itu, ada baiknya jika kamu selalu mempelajari setiap aturan dan kebudayaan di setiap negara yang ingin kamu kunjungi.

Oleh karena kebudayaan dan kebiasaan di setiap negara pastilah berbeda-beda, termasuk negara Jepang yang tentu saja memiliki kebudayaan yang berbeda dengan Indonesia. Kamu perlu memperhatikan setiap etika dan budaya mulai dari hal-hal yang kecil, seperti saat sedang makan, sedang berjalan, belanja hingga menginap di Jepang.

Seperti Susahsinyal kutip dari kyuhoshi.com, setidaknya ada 20 hal yang sebaiknya tidak boleh kamu lakukan saat sedang berkunjung ke Jepang :

1. Jangan Pernah Terlambat di Jepang
Negara Jepang terkenal dengan disiplin waktu yang tinggi. Maka dari itu, saat kamu sedang mengunjungi Jepang, usahakan unuk tidak pernah terlambat, karena masyarakat Jepang sangat menghargai waktu dengan baik.

2.  Hindari Kebiasaan Mengetuk Kaki
Kebiasaan mengguncang dan mengetuk kaki ternyata harus kamu hindari di sini, terutama saat kamu sedang berbicara dengan seseorang yang duduk di kursi.

3. Buanglah Sampah Pada Tempatnya
Aturan ini sebenarnya berlaku di manapun saat kamu sedang bepergian. Apalagi di Jepang, tentu kebiasaan buruk ini harus kamu hindari.

4. Jangan Menggigit Kuku
Jangan sekali-kali kamu menunjukkan kebiasaan menggigit kuku di depan orang lain selama berada di Jepang.

5. Bersin Teratur
Hindari untuk bersin ke arah meja atau bersin di meja saat kamu sedang makan atau berbicara dengan orang lain.

6. Pakai Masker Saat Sedang Sakit
Hargai dan lindungi orang lain di sekitar kamu untuk selalu memakai masker saat kamu sedang sakit dan ingin jalan-jalan keluar rumah selama berada di Jepang.

7. Berkendara di Sisi yang Tepat
Jika kamu bepergian dengan mengendarai mobil di Jepang, pastikan kamu mengendarainya di sisi sebelah kiri. Jika kamu nekat melanggarnya, maka di sana punya sanksi yang sangat tegas, mulai dikenakan denda hingga hukuman penjara.

8. Jangan Mengambil Foto Sembarangan
Bagi kamu yang hobi berfoto, sebaiknya berpikir dua kali saat ingin mengambil foto selama berada di Jepang. Sebaiknya kamu izin terlebih dulu saat ingin mengambil foto dengan orang lain atau mengambil foto tempat yang sedang kamu kunjungi. Jika tidak ada izin, maka kamu tidak dapat mengambil foto secara sembarangan.

9. Dilarang Membuang Sampah Sembarangan
Aturan ini berlaku di mana saja, termasuk di Jepang yang memiliki aturan yang sangat ketat mengenai hal ini. 

10. Hindari berkomunikasi dengan bahasa tubuh dan gerakan tubuh yang salah.

11. Ketika kamu berada di Jepang, jangan sungkan untuk meminta bantuan atau bertanya kepada orang Jepang.

12. Ketika kamu sedang berjalan di luar, jangan pernah makan atau minum sambil berjalan.

13. Perhtatikan Baik-baik Tatacara Makan dengan Menggunakan Sumpit
Ketika kamu makan dengan menggunakan sumpit, sebaiknya tidak menggosok, mengetuk sumpit hingga menunjuk seseorang dengan sumpit.

14. Bersihkan Tubuh Sebelum Masuk ke Dalam Bathtub
Kebiasaan ini sudah ada sejak lama dan masih berlangsung hingga saat ini. Jadi sebaiknya kamu disarankan membersihkan tubuh dulu sebelum memutuskan masuk ke dalam bak mandi (bathtub).

15. Hindari Mengacuhkan Lawan Bicara
Ketika kamu sedang berbicara dengan orang Jepang, sebaiknya kamu bersikap tenang dan berikan perhatian penuh. Jika tidak, kamu akan dianggap berlaku tidak sopan.

16. Gunakan Kedua Tangan Saat Kamu Menerima Sesuatu
Budaya di Jepang lainnya yang perlu kamu ketahui adalah kebiasaan untuk menerima sesuatu, seperti hadiah, kartu atau lainnya, usahakan untuk selalu menggunakan kedua tangan kamu. Jika kamu hanya menerima dengan menggunakan satu tangan saja, maka akan membuat mereka merasa canggung.

17. Jangan menulis nama dengan tinta warna merah.

18. Hindari untuk memberikan tip kepada pelayan atau siapapun yang telah membantu kamu.

19. Jangan masuk ke dalam rumah atau kuil menggunakan sepatu.

20. Jangan Lupa Mengucapkan Terima Kasih
Ketika kamu menerima pemberian ataupun bantuan sesuatu, jangan lupa untuk selalu mengucapkan terima kasih. Hal sederhana ini akan membuat kamu terlihat lebih sopan.

Demikian beberapa hal yang sebaiknya tidak kamu lakukan saat berada di Jepang hal yang sebaiknya tidak kamu lakukan saat sedang berada di Jepang. Jadi sebelum kamu memutuskan untuk liburan ke Jepang, ada baiknya kamu mengetahui beberapa kebiasaan di atas. Ketika kamu menerapkannya, maka kamu dianggap orang yang pandai menghargai kebudayaan negara lain.
Previous
Next Post »
Add Comments


EmoticonEmoticon