Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Game Simulasi Terbaik dan Apa Saja Manfaatnya!

Game Simulasi Online Gratis

Selain ngeblog, bermain game juga menjadi salah satu hobi yang kerap saya lakukan saat sedang santai. Saya rasakan saat ini bermain game jauh lebih praktis, karena tidak hanya mengandalkan game console saja, tetapi bisa bermain game lewat ponsel sambil rebahan sekalipun. Bahkan kita bisa bermain game dari mana saja asalkan terhubung dengan jaringan internet.

Ketika melakukan perjalanan jarak jauh, seperti mudik misalnya, saya kerap bermain game untuk mengusir rasa bosan selama duduk di dalam bus. Dengan begini, waktu tempuh perjalanan pun jadi tidak terlalu terasa. Selain itu juga perasaan saya juga ikutan jadi happy. Apalagi jika saya sukses menyelesaikan misi permainan, rasanya senang bukan main.

Salah satu genre game (kategori game yang lebih spesifik) yang paling sering saya mainkan adalah jenis game simulator atau simulasi. Saya menyukai jenis game ini, karena mirip seperti sedang beraktivitas di dunia nyata. Saya bisa bebas berkreasi serta belajar banyak hal sambil menyelesaikan misi dalam sebuah permainan.

Bermain game simulasi juga tidak terlalu menegangkan seperti game perang tembak-tembakan atau balap mobil. Permainan simulasi berusaha untuk meniru berbagai aktivitas dari kehidupan nyata dalam bentuk sebuah permainan dengan berbagai tujuan, seperti pelatihan, analisis atau prediksi.

Permainan simulasi dinilai bisa memberikan impact yang lebih baik untuk memberikan edukasi kepada pemainnya, karena konteksnya yang lebih detail dan terkesan nyata. Apalagi bagi kamu yang berada di posisi manajerial atau seorang entrepreneur, maka game simulasi ini bakalan sangat cocok unttuk dicoba.

Perlu kamu ketahui, ada begitu banyak jenis permainan simulasi yang bisa kamu mainkan, mulai dari menjalankan usaha restoran, berkebun, mengendarai bus, membangun kota, membangun rumah hingga mengelola sebuah bisnis. 

Manfaat Game Simulasi

Setiap pemain akan diajak untuk merasakan secara langsung, bagaimana melakukan sebuah tindakan, misalnya mengambil keputusan untuk menyelesaikan game tersebut. Banyak hal yang perlu diperhatikan ketika memainkan game simulasi ini, misalnya saja tindakan apa yang perlu dilakukan, komunikasi apa yang dipilih, ikuti setiap perintah yang ada pada game. Seperti itulah cara kerja dari sebuah game simulasi.

Dari situlah, kita sebagai pemain bisa belajar secara langsung dari game tersebut. Berikut adalah empat manfaat yang akan kita dapatkan dari game simulasi :

1. Mengasah daya ingat para pemain

Biasanya, game simulasi dilengkapi dengan banyak tombol dan fungsi yang memungkinkan pemain untuk memilih berbagai aktivitas atau tindakan yang dibutuhkan dalam permainan tersebut. 

Tidak hanya itu saja, bahkan pada beberapa game simulasi juga telah dilengkapi dengan alur cerita yang menarik, sehingga untuk mencapai skor akhir game ini, setiap pemain perlu mengingat semuanya. Secara otomatis, pemain bisa mengasah kemampuan daya ingatnya.

2. Membantu mengenal fungsi dari peralatan sehari-hari

Manfaat game simulasi berikutnya adalah pemain bisa mengenal fungsi peralatan sehari-hari. Pada umumnya dalam game simulasi banyak digunakan berbagai peralatan yang sesuai dengan tema dari game tersebut, mulai dari bengkel, restoran, pabrik, rumah sakit, konstruksi dan lain sebagainya. Dengan begitu, kita bisa belajar dan memahami berbagai macam peralatan yang ada untuk memenangkan permainan.

3. Membantu mengasah logika

Manfaat game simulasi juga mampu membantu mengasah nalar atau logika kita sebagai pemain. Sebagai contoh adalah game simulasi parkir kendaraan. Dalam game ini, pemain harus mengontrol setir yang digunakan untuk memperhitungkan posisi kendaraan agar bisa terparkir dengan baik. Dalam hal ini, penalaran kita juga akan diuji. 

4. Kemampuan beradaptasi yang lebih mudah

Tampilan dalam game simulasi dibuat menyerupai dengan yang tersedia di dunia nyata, sehingga kita tidak ada ubahnya seperti melihat visual dunia nyata. Keadaan ini membuat kita bisa belajar mengenai kondisi atau situasi di sekitarnya secara detail, yang mana nantinya akan sangat bermanfaat ketika kita bersosialisasi dengan banyak orang di sekitar.

Rekomendasi 5 Game Simulasi Terbaik. Game Ringan dan Seru!

Kamu bakalan bingung ya, karena game simulasi itu sangat banyak. Tidak hanya lewat aplikasi saja, tetapi kita bisa mengakses lewat website. Melalui artikel ini, Susahsinyal.com bakalan kasih kamu rekomendasi 5 game simulasi terbaik yang seru dan cukup ringan untuk kamu cobain. 

Kelima game ini semuanya membutuhkan koneksi internet ya. Jika koneksi internet kamu kurang stabil dan kurang lancar, kamu bisa memutuskan untuk berlangganan Wi-Fi di rumah. Dengan demikian pengalaman bermain game akan jauh lebih menyenangkan.

1. Hero Elementary Treehouse Trouble

Salah satu game simulasi terbaik adalah Hero Elementary Treehouse Trouble yang terbilang susah-susah gampang. Dalam permainan ini, kita harus membangun rumah pohon yang stabil dengan menggunakan potongan balok yang ada di sebelah kiri layar. Balok-balok tersebut bisa langsung diletakkan atau diputar agar rumah pohon tetap kokoh.

Permainan Simulasi Treehouse Trouble

Game Simulasi Treehouse Trouble

Setelah menempatkan balok hingga stabil, selanjutnya tekan panah bawah untuk mengetes kestabilan rumah pohon tersebut. Pastikan tidak ada balok puzzle yang terjatuh, karena misi akan gagal. Setelah semua balok puzzle terpasang dan rumah pohon stabil, maka kita telah berhasil menyelesaikan misi permainan.

Dengan bermain game simulasi balok puzzle ini, kita harus mengatur strategi, bagaimana caranya agar rumah pohon tersebut tetap berdiri kokoh. Kita diberikan kesempatan mencoba tutorial gratis pada dua level pertama. Game ini tersedia hingga level 22 yang terbagi menjadi 3 area, yaitu Hero Elementary, Downtown dan Citytown Park.

2. Merge Blocks

Konsep permanan ini adalah menggabungkan (merge) balok kecil menjadi balok ukuran lebih besar. Kelihatannya mudah, tetapi sebenarnya membutuhkan strategi yang tepat agar semua balok bisa tergabung menjadi lebih besar. 

Game Simulasi Merge Blocks

Bagian bawah layar menunjukkan bangunan berikutnya yang akan dimainkan dan lalu 3 balok berikutnya. Pilih kotak tempat di mana kita ingin meletakkan balok tersebut. Tempatkan 3 balok yang sama dalam satu baris, atau 3 balok yang dihubungkan membentuk L dan balok-balok tersebut akan tergabung menjadi bentuk bangunan yang lebih besar.

Setiap kali kita telah mencapai kelipatan 1000 poin, maka kita akan mendapatkan palu yang memungkinkan untuk menghancurkan salah satu bangunan di kotak untuk menciptakan ruang baru yang akan digunakan untuk meletakkan bangunan lainnya.

3. Pizza Baker

Sebagai penggemar pizza kelas berat banget, saya penasaran ingin mencoba game simulasi restoran ini. Cukup menarik grafis yang disajikan. Game ini sebenarnya cukup mudah, hanya saja jangan sampai salah membuat topping sesuai orderan. Jika salah, maka kita disuruh mengulang kembali.

Game Simulasi Pizza Baker

Perhatikan orderan pizza yang ada di sebelah kiri atas. Pilih bumbu atau topping pizza yang pas sesuai dengan orderan. Jika semua adonan roti, saus dan topping sudah sesuai, selanjutnya klik gambar beruang putih tersebut untuk selanjutnya memanggang pizza.

Jika kita keliru membuat pizza, kita cukup menggeret adonan pizza ke icon tempat sampah yang ada di bawah layar. Lalu kita buat pizza baru lagi. Pastikan kita membuat pizza secara benar dan memanggangnya sebelum waktu yang ditentukan habis.

4. LEGO City Adventures Build and Protect

Game selanjutnya yang saya coba adalah permainan membangun kota. Kita membantu Mayor Solomon Fleck untuk membangun sebuah kota LEGO dengan menggunakan ragam bangunan. Bangun gedung-gedung yang diperlukan untuk menciptakan kota metropolitan yang berkembang.

Game Simulasi Lego City

Kita bisa menggali minipiece tersembunyi yang bisa digunakan untuk membangun tipe bangunan unik yang tersedia di setiap zona. Kumpulkan pajak dari setiap bangunan untuk mendanai penggalian dan pengembangan lebih lanjut. Kita harus memiliki tabungan LEGO yang cukup untuk membeli minipiece yang dibutuhkan.

Buka kunci masing-masing dari enam zona kota dengan mengisi setiap zona dengan 25 bangunan. Setiap zona memiliki kepingan LEGO dan tipe bangunan uniknya masing-masing dengan jadwal penghasilannya sendiri. Pastikan juga setiap zona memiliki setidaknya satu kantor polisi dan pemadam kebakaran, sehingga bisa melindungi warga lebih aman.

5. Farm Factory

Salah satu game simulasi favorit di website ini adalah Farm Factory atau Pabrik Pertanian. Sesuai dengan namanya, di game ini kita diminta untuk menghasilkan telur ayam sebanyak mungkin sebelum waktu yang ditentukan habis, yakni 5 menit.

Game Simulasi Farm Factory

Awal permainan, kita akan dibekali 2 ekor ayam. Klik pada ayam tersebut untuk meningkatkan kecepatan produksinya. Kita bisa menambahkan ayam baru dengan membeli sebanyak 500 koin. Semakin banyak ayam yang kita tambahkan, maka semakin banyak telur yang bisa dihasilkan.

Ketika truk datang, klik truk untuk meningkatkan kecepatan pemuatannya. Kita juga bisa menambahkan sapi dan domba ke peternakan dan klik pada badan mereka, sama seperti ayam untuk meningkatkan produksi pertanian.

Serunya, kita bisa mengelola peternakan semampu kita dengan waktu yang terbatas. Jadi, atur strategi sebaik mungkin agar produksi peternakan tetap terjaga dengan baik dan uang tabungan kita tidak habis.

Kelima game simulasi di atas cocok dimainkan mulai dari usia anak-anak bahkan hingga orang dewasa. Meski kelihatan sederhana, tetapi rintangannnya lumayan cukup sulit. Jika tidak pintar mengatur strategi permainan, bisa saja kita bakalan kalah di babak-babak awal.

Serunya Bermain Game Online di Mortgagecalculator.org

Sebenarnya Mortgagecalculator.org merupakan sebuah website berbasis finansial yang menyediakan perhitungan simulasi untuk berbagai kebutuhan keuangan. Bahasa sederhananya untuk menghitung cicilan utang atau pinjaman. Kita bisa dengan mudah mengakses website tersebut melalui mesin peramban populer, seperti Chrome, Mozilla, Opera atau Edge dengan menggunakan PC, laptop ataupun ponsel.

Website Game Simulasi Onlie Gratis

Namun, melalui website ini, kita bisa bermain banyak game online dan sebagian besar adalah game simulasi. Kita bisa bebas memilih game dan memainkannya secara gratis. Klik saja judul perminannya, lalu mainkan. Untuk mendapatkan pengalaman bermain game yang lebih seru, saya sarankan gunakan headphone di ponsel.

Berikut daftar game yang bisa dimainkan : 

  • Real Estate Games
  • Money Games
  • Cryptocurrency Games
  • Farming Simulation Games
  • Grocery Store Games
  • Restaurant Simulation Games
  • Software Development Games
  • Office Politics Games
  • Environmental Games

Masih banyak lagi game lainnya yang bisa dipilih. Yuk buruan langsung eksplor websitenya agar kamu tidak penasaran lagi.

Konklusi

Meski website finansial, tetapi tersedia banyak pilihan permainan yang bisa dicoba. Mungkin bisa jadi tujuannya untuk mengusir rasa tegang dari melihat njlimetnya angka-angka cicilan. Dengan bermain game, diharapkan mampu mengurangi rasa tegang sekaligus mengusir rasa bosan dengan tampilan website yang terlalu formal.

Pengalaman bermain game online di website ini juga terbilang cukup lancar, ringan dan menyenangkan. Saya menggunakan ponsel Oppo Reno 6 untuk mengeksekusi seluruh game tersebut. Untuk jaringan internet saya mengandalkan XL saja. So far, masih bisalah bermain game sambil multitasking menyelesaikan pekerjaan lainnya.

Dengan memainkan game simulasi tersebut, saya bisa belajar bagaimana menyelesaikan perintah yang diberikan dengan tepat. Selain itu juga bisa belajar mengatur waktu sebaik mungkin untuk menjaga produktivitas, menyelesaikan pekerjaan sebelum waktu yang diberikan hingga belajar mengatur strategi terbaik untuk bertahan hidup.

Rasanya kamu perlu banget untuk mencoba game-game seru lainnya biar tidak penasaran lagi ya. Temukan beragam jenis permainan favorit kamu di Mortgagecalculator.org dan rasakan sensasi seru permainannya!

Semoga bermanfaat.

43 komentar untuk "5 Game Simulasi Terbaik dan Apa Saja Manfaatnya!"

  1. game simulasi memang bukan hanya sekedar menjual grafis saja. tapi kita btuuh strategi, aku main game jenis tycoon jadinya kayak jalanin di kehisupan real. Wah ada referensi nih, aku bakal coba nanti

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baru tau juga kalo ada jenis game namanya tycoon. Daripada penasaran, mending cobain aja langsung ke website nya yaaa

      Hapus
  2. Toss dulu, pemakai Oppo juga.

    Main game emang seruu ya dan sekarang ada game macam2 termasuk yg simulasi. Pengen coba game yg bikin pizza itu, kayaknya bagus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Toss dulu aaah...

      Ayo cobain game simulasi restoran membuat pizza ๐Ÿ•, siapa tau suatu saat nanti akan menjadi seorang koki pizza ๐Ÿ• yang andal

      Hapus
  3. Sudah lama tidak ngegame nih saya. Selain gak sempat, juga karena hapenya suka dipinjam anak (untuk ngegame). Tapi sejujurnya saya kangen juga iseng-iseng ngegame lagi, buat refreshing. Jadi pengin nyobain game online di Mortgagecalculator.org

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah tau deh Mba Wiwin ini super sibuk, jadi kelupaan main game. Jangan sampai lupa lagi yak. Manfaatin waktu luang untuk bermain game, ya selain sebagai hiburan, sekaligus untuk mengasah otak juga kaan

      Hapus
  4. Banyak banget pilihan game-nya di mortgagecalcultar nih. Semua jenis gamenya engga sembarang game, karena ada unsur edukasinya yah...
    Apalagi mainnya pun langsung, engga perlu download dulu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Naaaah iya nih memang banyak banget pilihan game yang bisa kita mainkan. Berhubung hampir seluruhnya game simulasi, jadi sarat dengan edukasi dan cocok untuk anak-anak juga

      Hapus
  5. Main game simulasi emang menyenangkan sih. Asyik aja gitu. Mana tuh banyak manfaatnya pula.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seru banget Mba main game simulasi. Pilihannya cukup banyak, jadi nggak cepat bosan

      Hapus
  6. Wah seru banget ya gamenya.. jadi penasaran nih pengen coba main juga, apalagi kalau gratis. Lumayan untuk mengisi waktu luang hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pastinya seru dan menyenangkan ๐Ÿ˜€ dooong. Daripada bengong ngabisin waktu, ya mending main game ๐ŸŽฎ

      Hapus
  7. Aku juga suka nih game simulasi, soalnya punya gameplay seperti di real life. Dan game yg Lego city itu sepertinya cukup menarik tuh,, bisa bangun kota sesuka kita. Nanti ku coba itu game

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cobain main game simulasi dong Mas. Yang Lego City oke juga tuh

      Hapus
  8. Wah seru banget di Mortgagecalculator.org bisa bermain game juga. Apalagi game simulasi gini mengasah analisis kita juga ya. Belum pernah sih aku coba game simulasi, baca ini jadi penasaran serunya gimana ๐Ÿ˜…

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo kakak cobain dulu main game simulasi, yaa siapa tau bakalan ketagihan ya kann

      Hapus
  9. Pilihan game di Mortgagecalculator.org banyak juga ya, jadi ngga bosen nunggu seseorang karena bisa sambil main game dari Mortgagecalculator.org

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bermain game untuk mengusir rasa bosan dan jenuh. Termasuk urusan nunggu orang pun jadi nggak terlalu bosan, karena bisa sambil bermain game ๐ŸŽฎ

      Hapus
  10. seru juga gamenya ya, selain sebagai hiburan juga bisa mengasah daya ingat dan memacu adrenalin, selama tidak berlebihan hingga sampai kecanduan, boleh-boleh aja sih main game

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh kok main game. Ya itu asalkan nggak berlebihan sah-sah aja ya. Malah bermain game itu punya manfaat yang bagus lohh

      Hapus
  11. Seru banget main game simulasi emang. Selain itu, manfaatnya banyak ternyata. Saya paling suka main simulasi restoran dan pertanian.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya memang seru banget. Apalagi kita sudah tau manfaat bermain game simulasi, pasti bakalan lebih semangat lagi nge-game

      Hapus
  12. Aah udah lama nggak ngegame nih. Seringnya ngegame bareng s kecil di dunia nyata yang banyakan butuh fisik ahaha. Next mau coba nih buat me time

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah itu jauh lebih seru main bareng anak ya. Namun bolehlah sesekali main game sendirian di waktu luang ya

      Hapus
  13. Suka banget kalau main game-game simpel kayak gini. Soalnya lucu dan seru. Apalagi ini berbau simulasi, jadi ada pengetahuannya juga. Harusnya game kayak gini nih yang dimainkan anak-anak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini memang sebenarnya untuk anak-anak, tapi sepertinya jarang yang main ya. Makanya saya mengenalkan website ini ke publik, biar anak-anak juga ikut bermain game online

      Hapus
  14. Terima kasih atas rekomendasi game simulasi terbaik ini! Saya yakin memang sangat bermanfaat.bCan't wait to try them out!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih juga sudah berkunjung ke blog ini ya

      Hapus
  15. Memang tebaik sih. Dan ternyata mainnya di Mortgagecalculator.org yah. Ini sih situs main game favorit aku, xixi.. Selain simulasi juga ada banyak kategori gane lainnya, kalo favoritku sih money gamesnya, hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah keren nih sudah sering main game simulasi di sini

      Hapus
  16. Seru yaa..
    Sekarang setiap ponsel pintar bisa mengakses games online dengan grafis yang cakep.
    Main di Mortgagecalculator.org ini juga menyenangkan sekali karena gak bikin memori full sama apps. Bisa diakses melalui website aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menyenangkan sekali. Nggak perlu install aplikasi lagi. Cukup buka browser dari hape atau laptop, bisa langsung dimainkan. Mantap ๐Ÿ‘

      Hapus
  17. Saya juga suka game simulator, Mbak. kalau saya sukanya mobil atau motor balap. Dan sekarang enak ya, ada Game Online di Mortgagecalculator.org. Terus bisa diakses tidak hanya di hape, di PC juga. permainannya juga banyak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak dooong wkwkwkwk...

      Betul Mase. Banyak pilihan game yang tersedia dan bisa dimainkan gratis

      Hapus
  18. Wah, seru banget ini. Memang bener, game juga banyak yang edukatif. Tinggal pinter-pinternya kita milih sih.

    BalasHapus
  19. Seru banget kak permainannya. Si kecilku suka banget tuh main masak2an. Terutama yg pizza baker. Dia kalo udh besar mau bikin usaha pizza. Dan biar bs makan pizza sepuasnya. Hehe.

    Ntr aku rekomenin si kecilmu utk main game lainnya ya kak.

    BalasHapus
  20. Aku sering main nih, kalau lagi kesel karena kalah langsung ganti game kainnya. Gak bakalan takut kehabisan game, karena koleksinya banyak banget..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan sering kesel Kakak. Kalo kalah, bisa coba lagi hehehehe

      Hapus
  21. anakku pasti suka nih kalau dikasih game LEGO City Adventures Build and Protect, dia suka game yang ngebuilding kek gini. gak nyangka di mortagecalculator ada game sebagus ini juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo segera mainkan game nya ya. Selain Lego City, juga ada banyak game seru lainnya

      Hapus
  22. Maaf kang baru mampir lagi.

    Saya paling suka game bertema simulasi, bisa mengasah ketrampilan dan uji keberanian. Saat ada waktu luang, saya biasanya bermain game sederhana untuk mengusir kepenatan.

    BalasHapus