Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Cara Kerja WiFi yang Belum Diketahui Banyak Orang

Bagaimana Cara Kerja WiFi

Siapa di sini yang memasang WiFi di rumah? Sudahkah kamu tahu apa itu WiFi dan bagaimana cara kerja WiFi? Jika belum tahu, saya akan membahasnya di artikel kali ini. Materi mengenai WiFi ini cukup menyenangkan untuk dibahas, karena bisa menambah wawasan baru di bidang teknologi. Jadi, tidak hanya memakainya saja, tetapi juga tahu cara kerjanya.

Seperti kita ketahui bersama, keberadaan WiFi saat ini begitu penting bagi sebagian besar orang, khususnya masyarakat di perkotaan yang mesti tersambung dengan koneksi internet. Jika mereka pergi ke tempat umum, misalnya saja restoran atau cafe, hotel, stasiun ataupun fasilitas umum lainnya, biasanya mereka akan mencari dan memanfaatkan WiFi agar tetap terkoneksi dengan internet.

Namun, tetap hati-hati dan waspada ketika kamu menyambungkan dengan WiFi di tempat umum, karena bisa saja kamu kena hacker ketika mengakses informasi penting di tempat umum. Maka dari itu, coba deh ketahui terlebih dulu tips aman menggunakan WiFi gratisan, agar kamu bisa lebih waspada lagi ketika nebeng WiFi di tempat umum.

Oke, terlepas dari itu semua, mari kita gali lebih dalam mengenai WiFi dan bagaimana cara kerjanya berikut ini ya. Jadi, baca terus hingga selesai ya guys!

Mengenal Apa Itu WiFi?

WiFi atau Wireless Fidelity merupakan suatu teknologi yang digunakan untuk bisa saling bertukar data menggunakan frekuensi gelombang radio (secara nirkabel) dalam rentang 2,4 GHz hingga 5 GHz, dengan memanfaatkan berbagai peralatan elektronik. Beberapa peralatan elektronik yang bisa terhubung melalui WiFi, di antaranya adalah ponsel, tablet, komputer hingga video game console.

Jika ingin terhubung dengan WiFi, maka perangkat elektronik harus berada di dalam sebuah titik akses, atau biasa disebut hotspot. Dalam sebuah jaringan WiFi, pada umumnya hotspot memiliki jangkauan hingga 20 meter di dalam ruangan. Bahkan ada juga yang jangkauannya bisa lebih jauh lagi.

Cara Kerja WiFi

Secara sederhana, cara kerja WiFi sangat mengandalkan gelombang radio. Pasalnya, gelombang tersebut akan mengirim sinyal untuk bisa diterima oleh berbagai perangkat elektronik, sehingga bisa menerima dan menggunakan data internet dengan baik.

Ketika kamu berlangganan internet, maka biasanya pihak penyedia layanan akan menarik kabel dari tiang telekomunikasi terdekat. Kabel tersebut, nantinya akan disambungkan ke modem atau router di dalam rumah. Perangkat tersebut akan mengkonversi data dari kabel menjadi gelombang radio. 

Pancaran gelombang dari modem atau router tersebut, akan disalurkan ke ruangan melalui antena built-in atau eksternal untuk bisa diterima dengan mudah oleh perangkat di sekitarnya, seperti ponsel, komputer, tablet ataupun game console. Semakin baik pancaran gelombang yang disalurkan, maka semakin cepat koneksi internet. Begitu juga sebaliknya, jika gelombang mengalami masalah, maka koneksi internet akan terkendala.

Berhubung cara kerja WiFi mengandalkan gelombang radio, maka bisa saja jaringan WiFi jadi tidak optimal. Hal ini bisa disebabkan karena adanya pembatas, seperti tembok ataupun elemen lainnya yang bisa menghambat gelombang radio. 

Namun, seiring berkembangnya teknologi, performa modem WiFi saat ini semakin mengalami peningkatan yang baik, sehingga latensi atau hambatan dalam jaringan internet nirkabel sudah tidak terlalu signifikan. Tidak hanya itu saja, saat ini sudah banyak perangkat harian yamg memang perlu menggunakan koneksi internet nirkabel.

Cari Tahu Yuk Apa Saja Fungsi WiFi

Setelah kamu tahu bagaimana cara kerja WiFi, selanjutnya kita bahas apa saja fungsi dari WiFi di dalam kehidupan sehari-hari yang notabene kita semua sangat tergantung dengan koneksi internet. Memang sih, fungsi WiFi untuk memudahkan banyak orang agar bisa terhubung dengan koneksi internet secara cepat. Namun, mari kita bahas selengkapnya berikut ini :

1. Menghubungkan banyak perangkat ke jaringan internet

Fungsi utama WiFi adalah untuk menghubungkan perangkat ke dalam jaringan internet dalam waktu yang bersamaan. Saat ini tidak hanya ponsel dan komputer saja yang bisa terhubung dengan jaringan WiFi, tetapi perangkat elektronik Smart Home pun membutuhkan koneksi internet agar bisa bekerja secara optimal. Misalnya saja lampu pintar atau smart lighting yang bisa kita atur sendiri warnanya sesuai kebutuhan.

Selain itu, perangkat seperti kamera pengawas atau CCTV untuk rumahan juga membutuhkan koneksi internet yang stabil melalui WiFi. Koneksi internet tersebut digunakan untuk menyimpan rekaman video ke cloud. Meskipun tidak semua perangkat CCTV dibekali dengan fitur penyimpanan cloud.

2. Sebagai koneksi internet darurat

Ketika kamu berada di luar rumah dan membutuhkan koneksi internet, maka keberadaan WiFi sangat membantu agar tetap terkoneksi dengan jaringan internet. Bahkan kamu juga bisa menggunakan ponsel sebagai modem untuk menyalurkan internet ke perangkat lainnya, misalnya saja laptop. Hal ini sangat membantu sekali ketika kamu berada di lapangan dan ingin bekerja menggunakan laptop.

Cara kerja dari WiFi pada ponsel ini terletak di dalam chipset-nya. Biasanya di dalam chip yang tertanam terdapat modul WiFi. Sebagaimana yang kamu ketahui, bahwa komponen WiFi bekerja secara dua arah, yaitu menerima dan juga memancarkan gelombang radio.

Jadi, kamu bisa memanfaatkan ponsel yang canggih sebagai modem darurat untuk memancarkan sinyal internet. Sinyal atau koneksi internet yang dipancarkan merupakan konversi dari paket data seluler yang kamu miliki. 

3. Koneksi internet lebih mudah dan cepat

Kecepatan jaringan internet dari suatu WiFi, tentu saja tergantung dari paket dan provider langganan kamu saat ini. Meski begitu, koneksi internet melalui WiFi memang lebih unggul, karena bisa tersambung dengan mudah dan cepat. Dengan menggunakan WiFi, kamu bisa dengan mudah menyambungkan ke jaringan internet. Terlebih jika kamu sebelumnya menggunakan jaringan tersebut, maka perangkat akan tersambung secara otomatis.

Kemudahan ini sangat berbeda jika dibandingkan dengan LAN (Local Area Network), di mana setiap pengguna harus memastikan bahwa kabel LAN benar-benar tersambung ke perangkat, seperti laptop ataupun komputer. Berbeda dengan WiFi, kamu bisa menyambungkan koneksi internet secara leluasa di mana pun berada. Sementara, LAN hanya terbatas di ruangan saja, karena terkendala dengan kabel-kabel.

Konklusi

Secara singkat, cara kerja WiFi jauh lebih mudah dan praktis jika dibandingkan dengan LAN. WiFi mampu menerima data internet yang tersalurkan melalui kabel dan mengubahnya kembali ke dalam bentuk gelombang radio. Kemudian, gelombang radio tersebut dipancarkan kembali oleh modem atau router WiFi untuk perangkat di sekitarnya, seperti ponsel, laptop, komputer ataupun perangkat Smart Home yang membutuhkan koneksi internet.

Keberadaan WiFi di dalam kehidupan sehari-hari, sangat membantu memudahkan terhubung dengan internet dan bekerja menggunakan internet. Kamu juga tidak perlu selalu berada di dekat modem agar bisa menikmati koneksi internet yang stabil berkat cara kerja WiFi saat ini.

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Mengenal Cara Kerja WiFi yang Belum Diketahui Banyak Orang"