Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Alasan Mengapa Saya Jarang Menggunakan WiFi Gratisan

Jangan Sembarangan Nebeng WiFi Gratisan

Menggunakan WiFi gratisan memang sangat menyenangkan, karena kita bisa dengan mudah bermain internet sepuasnya, tanpa membutuhkan kuota internet. Namun meski begitu, saya ini termasuk yang jarang sekali memanfaatkan WiFi gratisan di tempat umum. Jarang bukan berarti tidak pernah ya. Saya hanya sesekali saja nebeng WiFi, itupun di tempat kerjaan.

Seperti kita ketahui bersama, WiFi menjadi kebutuhan hampir sebagian besar orang, terutama masyarakat perkotaan. Apalagi bagi mereka yang sangat mengandalkan jaringan internet untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Makanya tidak heran, jika banyak orang mengandalkan WiFi gratisan ketika mereka berada di suatu tempat atau fasilitas umum.

5 Alasan Mengapa Saya Jarang Menggunakan WiFi Gratisan di Tempat Umum

Namun, saya termasuk orang yang jarang memanfaatkan WiFi gratisan ketika saya mampir di suatu tempat atau fasilitas umum. Bukannya so banyak kuota ya, tapi memang ada hal-hal tertentu yang membuat saya enggan nebeng WiFi. 

Mungkin bukan saya aja yang seperti ini, bisa jadi ada salah satu dari kamu yang malas nebeng WiFi di tempat umum bukan? Pasti kamu juga punya alasan tertentu. Coba deh bisa komen di kolom komentar di bawah ya. 

Nah, berikut adalah alasan-alasan saya mengapa jarang menggunakan WiFi gratisan ketika berada di tempat umum :

1. Jaringan internet yang lemot

Pernah ketika menginap, niat hati ingin nebeng WiFi di sana. Namun, ketika sudah berhasil terhubung ke salah satu hotspot, internetnya malah lemot. Kami sekeluarga tidak bisa menikmati internet secara maksimal. Boro-boro mau streaming film, untuk browsing saja terlalu lama menunggu. Alhasil saya mengandalkan kuota internet sendiri saja.

Penyebabnya bisa jadi karena saat itu penginapan sedang ramai oleh penghuni. Hampir sebagian besar tamu menggunakan WiFi secara bersamaan. Makanya tidak heran jika koneksi internet terasa sangat lemot. Tidak hanya saat ramai saja, bahkan ketika kondisi sepi pun, koneksi internet terasa lemot. Inilah alasan mengapa saya jarang menggunakan WiFi gratisan.

2. Perangkat sulit terdeteksi

Alasan berikutnya adalah karena perangkat sulit terdeteksi. Pengalaman selanjutnya ketika saya mau koneksikan ponsel ke WiFi, tapi malah tidak terdeteksi. Padahal password dan nama hotspot sudah benar semuanya, tetapi tetap saja masih belum berhasil juga terhubung dengan jaringan wifi tersebut.

Meski sudah dibantu petugas, akan tetapi belum berhasil terhubung juga, akhirnya saya urungkan niat internetan gratisan lewat WiFi tersebut. Saya pun mengandalkan kuota internet pribadi saja. Syukurnya internetan pakai XL, koneksinya masih bagus.

3. Masih ada kuota internet

Jika koneksi internet dari WiFi sudah terasa lemot, saya lebih memilih kuota internet saja. Daripada bikes alias bikin kesel, ya saya manfaatkan kuota internet pribadi saja. Inilah alasan mengapa saya tidak mau menggunakan WiFi gratisan ketika berada di tempat umum, karena memang masih ada kuota internet juga dong.

Apalagi jika masa berlaku paket internet mau habis, sementara kuota internetnya masih banyak, ya saya selalu pakai internetan tanpa mengandalkan jaringan WiFi. Tidak perlu repot tanya password WiFi sana sini juga kan. Tinggal internetan langsung dari ponsel pakai paket data sendiri.

4. Situasi tidak terlalu urgent atau darurat

Ketika berada di luar rumah dan situasi tidak terlalu urgent, lebih baik saya mengandalkan kuota internet pribadi saja. Koneksi internet tidak ngelag, karena tidak terpengaruh oleh jumlah pengguna, seperti WiFi. 

Sementara, jika dalam keadaan darurat, barulah saya mengandalkan koneksi WiFi, misalnya ketika berada di tempat umum, kuota internet saya sudah habis, mau tidak mau saya menggunakan WiFi untuk berselancar di internet.

5. Waspada bahaya mengancam

Dari semua poin di atas, poin nomor lima yang paling penting dan membuat saya tidak menggunakan WiFi sembarangan di tempat umum. Pasalnya koneksi WiFi di tempat umum dinilai kurang aman. Apalagi jika kita melakukan transaksi m-banking yang membutuhkan password untuk mengaksesnya.

Atau kita mencantumkan informasi penting dan rahasia menggunakan WiFi gratisan. Bisa saja informasi penting akan bocor disebabkan koneksi yang tidak aman. Belum lagi ancaman peretas yang berkeliaran di dunia maya.

Saya juga pernah membahas tips aman menggunakan WiFi di artikel ini guys : Tips Aman Menggunakan WiFi di Tempat Umum 

Konklusi

Intinya, setiap kita berselancar di internet, kita mesti waspada di manapun berada, baik itu menggunakan kuota internet pribadi apalagi nebeng WiFi gratisan, yang notabene sangat rentan terhadap kejahatan hacker

Jujurly, keberadaan WiFi di tempat umum atau fasilitas umum sangat membantu kita tetap terhubung dengan internet. Meski begitu, yang namanya waspada itu sangat penting dilakukan di manapun kita berada.

Apalagi jenis kejahatan cyber selalu mengancam setiap saat di era serba digital saat ini. Namun tidak semua tempat atau fasilitas memiliki kualitas WiFi yang buruk. Hal ini tergantung dari perusahaan penyedia layanan internet.

Semoga bermanfaat. 

Posting Komentar untuk "5 Alasan Mengapa Saya Jarang Menggunakan WiFi Gratisan"