Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ASUS ROG Phone 8: Saya Menyebutnya Mewah dan Elegan!

Spesifikasi ASUS ROG Phone 8
Image: detik.com

Kesan pertama saat melihat ponsel ASUS ROG Phone 8 adalah mewah dan elegan. Mewah, karena memang harganya sekelas sultan. Elegan, karena ponsel ini menawarkan fitur-fitur yang canggih dan kekinian. Jadi, ya wajar saja jika julukan ini saya sematkan dan ini bukan main-main. Ini adalah ponsel Beyond Gaming!

ASUS telah berhasil menyita perhatian publik dengan menghadirkan ponsel gaming yang memiliki fitur premium futuristik. Bukan hanya sekadar ponsel gaming biasa, melainkan lebih dari itu, karena berbalut spesifikasi luar biasa.

Sebagai seorang blogger sekaligus gamer, saya memimpikan sebuah perangkat yang mampu memenuhi kebutuhan saya untuk membuat konten, menulis artikel, mengedit foto dan video hingga membuat infografis. Tidak hanya itu saja, perangkat tersebut tentunya bisa diandalkan untuk menikmati ragam hiburan, misalnya saja nonton film, mendengarkan musik hingga bermain gim.

Urusan nonton film dan mendengarkan musik, hampir setiap ponsel bisa diandalkan. Namun untuk bermain gim, belum tentu semua ponsel mampu mengeksekusinya dengan baik. Apalagi saat ini sudah banyak sekali gim berkualitas HD.


Jadi bisa dibilang, hanya ponsel-ponsel yang memiliki spesifikasi andal saja yang mampu mengeksekusi gim-gim kualitas HD, misalnya saja gim LifeAfter, Super Mecha Champions, PUBG Mobile, Asphalt Legends, Chimeraland dan gim favorit saya Call of Duty Mobile.

Agar bisa mengeksekusi semua gim mobile HD tersebut, saya benar-benar membutuhkan sebuah ponsel gaming yang powerful. Tidak hanya untuk bermain gim saja, tetapi juga andal untuk multitasking di saat yang bersamaan, terutama untuk membuat konten.

Dari sekian banyak ponsel gaming yang beredar, salah satu yang paling recommended adalah ASUS ROG Phone 8 ini! Dengan segala keunggulannya, ponsel keluaran ASUS ini mampu memenuhi ekspektasi penggunanya, terutama bagi para gamers maupun content creator.

Saya akan mengajak Anda untuk mengenali lebih jauh kecanggihan dan kemewahan apa saja yang terdapat pada ponsel gaming premium ini. Jadi, lanjut terus membaca artikel ini hingga selesai ya.

6 Alasan yang Membuat Saya Jatuh Cinta dengan ASUS ROG Phone 8

Semenjak ROG Phone 8 Series dikenalkan ke publik pada 9 Januari 2024 lalu, seolah menjadi titik awal dimulainya perjalanan revolusioner sebagai penyempurna teknologi mobile gaming. Bayangkan saja, ROG Phone 8 menjelma menjadi sebuah perangkat premium berteknologi masa depan, yang tidak hanya andal untuk bermain gim saja, tetapi mampu menjadi perangkat yang serba bisa.

1. Bukan sekadar ponsel gaming biasa

ROG Phone 8 hadir sebagai ponsel serba bisa yang cocok untuk memenuhi kebutuhan gamer, streamer, content creator dan masih banyak lagi. Sebagai penyempurna mobile gaming dari generasi sebelumnya, ROG Phone 8 hadir dengan desain yang slim dan ringan, sehingga terasa nyaman berada di genggaman.


Bezel yang lebih tipis 15 persen, menambah kesan premium yang begitu melekat, sehingga membuat siapapun yang melihatnya akan terpikat. Hadir dengan dimensi 153.8 x 76.8 x 89 mm dan berbobot 225 gram yang diklaim lebih mungil dari generasi pendahulunya, yakni ROG Phone 7 (173 x 77 x 10.3 mm berbobot 239 gram).

Urusan baterai mampu memberikan pengalaman menyenangkan bagi para gamer dan tidak perlu khawatir baterai ponsel cepat habis, karena kapasitas baterai hingga 5.500 mAh. Dengan teknologi quick charge 65 W, mampu mengisi baterai hingga penuh hanya dalam waktu 39 menit saja.

2. Performa ponsel di luar batas

Untuk meningkatkan kinerjanya, ROG Phone 8 telah dilengkapi dengan prosesor paling anyar dari Snapdragon® 8 Gen 3 Mobile Platform tangguh yang didukung oleh RAM LPDDR5X 8533 Mbps serta penyimpanan UFS 4.0.


Berkat prosesor gahar ini, pengguna tidak perlu khawatir lagi ponsel akan mengalami panas yang berlebih. Sangat cocok bagi gamers yang hobi sesi maraton gaming. Hal ini disebabkan berkat dukungan desain Rapid-Cooling Conductor Revolusioner serta kecanggihan desain thermal GameCool 8 yang akan mengalirkan panas secara langsung dari prosesor ke penutup belakang.


Teknologi tidak berhenti sampai di situ saja. ROG Phone 8 juga telah disematkan pendingin clip-on AeroActive Cooler X paling baru. Meski ukurannya 29 persen lebih kecil, tetapi menawarkan efisiensi thermal 1.2 x lebih tinggi, sehingga bisa mengurangi suhu pada penutup belakang hingga 26° C.

Kecanggihan lainnya adalah sebagai ponsel gaming premium pertama di dunia yang telah memenuhi standar IP68, sehingga perangkat akan tahan terhadap air dan debu. 

3. Dukungan layar AMOLED Ultra-Bright Display

Untuk memberikan kenyamanan selama bermain gim , ASUS ROG Phone 8 telah dibekali dengan layar AMOLED terbaru fleksibel 6.78 inci (Samsung E6) dan telah mengadopsi teknologi LTPO (Low Temperature Polycrystalline Oxid), yang dirancang khusus agar mampu mengatur refresh rate menjadi serendah mungkin ketika tidak terdeteksi adanya aktivitas di layar.

Berkat dukungan teknologi LTPO ini, sistem mampu menyesuaikan kecepatan refresh dengan otomatis dari 1 hingga 120 Hz, tergantung dari tugas yang sedang dieksekusi oleh ponsel untuk mengurangi konsumsi daya. Agar permainan menjadi lebih lancar, pengguna bisa memilih hingga kecepatan refresh 165 Hz serta kecepatan sampling sentuh hingga 170 Hz.


Ingin bermain gim atau nonton film favorit ketika berada di luar ruangan pun bisa, bahkan di bawah terik matahari sekalipun, visibilitas akan tetap terasa nyaman di mata, karena tingkat kecerahan mencapai 2.500 nits.

Komposisi akurasi warna yang dihasilkan layar ROG Phone 8 ini merupakan visual yang tiada tanding, karena ASUS berkolaborasi dengan perusahaan pemrosesan visual terkemuka, yakni Pixelworks®. Untuk memberikan proteksi maksimal, ASUS membekalinya dengan lapisan kaca pelindung dari Corning Gorilla Glass Victus 2.

4. Dukungan AI kamera pro 

Pengguna dapat merasakan fotografi pada level yang berbeda. Jauh lebih kreatif dan tanpa batas. Hal ini berkat dukungan tri-camera system yang telah diadopsi oleh ponsel gaming premium ini. Tidak hanya itu saja, pengguna akan dimanjakan dengan hadirnya teknologi OZO, di mana pengguna dapat menghilangkan suara angin ketika melakukan perekaman atau pengambilan gambar di luar ruangan secara jernih, atau menangkap 3D Surround Spatial Audio berkecepatan tinggi.


Agar mendapatkan pengalaman fotografi terbaik, ROG Phone 8 telah menggunakan sensor gambar Sony 50 MP paling anyar, sehingga akan menghasilkan kualitas gambar yang lebih jelas dan jernih. Dilengkapi dengan fitur lensa sudut lebar 24 mm yang diklaim sangat baik untuk pengambilan gambar di jalanan yang dinamis. 

Untuk fotografi potret dan fotografi makanan, telah dilengkapi dengan mode Zoom 2x yang mampu mengubahnya menjadi lensa utama 50 mm yang serbaguna.

Gimbal Stabilizer

Content creator
akan dimanjakan dengan 6-Axis Hybrid Gimbal Stabilizer 3.0 yang memungkinkan hasil video lebih stabil dan bebas guncangan. Kamera ultrawide 13 MP memiliki fitur lensa free-form dan algoritma canggih yang akan menghasilkan gambar cantik yang terlihat tetap natural.

Beralih ke kamera depan, memiliki ultrawide 32 MP yang telah dilengkapi dengan Field of View (bidang pandang), sehingga menghasilkan gambar yang lebih bersih dengan minim noise. Bahkan ketika mengambil gambar dengan minim cahaya sekalipun.

Untuk mengambil gambar jarak jauh, ROG Phone 8 telah dibekali dengan lensa telefoto 3x, sehingga menghasilkan hasil gambar yang lebih jernih dan tajam, bahkan ketika dalam kondisi minim cahaya berkat bantuan mode Night Photography.

5. Fitur-fitur yang telah disempurnakan AI

Hadirnya fitur-fitur canggih pada ROG Phone 8 telah disempurnakan dengan teknologi AI, sehingga akan memberikan amazing experience kepada setiap penggunanya. Berikut ini adalah fitur-fitur yang dimaksud :

  • Background Mode : pengguna dapat dengan mudah beralih dari permainan ke latar belakang
  • X Capture : pengguna dapat mengabadikan setiap momen berharga secara otomatis, misalnya saja ketika mengalahkan musuh saat bermain gim pertempuran
  • AI Grabber - berkat dukungan teknologi Machine-Learning Recognition, pengguna dapat menangkap teks secara langsung dari gim yang dimainkan
  • X Sense 2.0 : fitur yang bermanfaat untuk memberikan tips dan bantuan ketika bermain gim dengan menggunakan teknologi AI
  • AI Wallpaper : pengguna dapat membuat wallpaper lebih menarik dengan menggunakan teknologi Stable Diffusion
  • AI Noise-Cancellation : fitur yang dapat membantu meredam suara yang bising dari dua arah agar menghasilkan suara yang jernih selama melakukan panggilan suara, panggilan video hingga komunikasi saat gaming

6. Fitur AniMe Vision

Fitur AniMe Vision ini memungkinkan pengguna untuk mengekspresikan kreativitas, melalui cahaya lampu LED kecil berjumlah 341 buah yang terletak di bagian punggung ponsel. Seri ROG Phone 8 memang dilengkapi dengan elemen yang unik, termasuk logo Aura RGB Lightning (ROG Phone 8) dan layar Mini-LED Anime Vision (ROG Phone 8 Pro/Pro Edition).


Hal menarik lainnya adalah cukup dengan menempelkan punggung kedua perangkat, maka sesama pengguna ROG Phone 8 Pro/Pro Edition dapat membuka kunci animasi rahasia.

Spesifikasi Lengkap ASUS ROG Phone 8

Berikut informasi mengenai spesifikasi lengkap ROG Phone 8 :

UMUM
Tahun Rilis2024
Jaringan2G, 3G, 4G, 5G
SIM CardDual SIM (Slot Khusus)
eSIMTidak
BODY
Dimensi163.8 x 76.8 x 8.9 mm
Berat225 gram
KetahananIP68
Fitur Lainnya- Tahan debu dan tahan air
- Logo iluminasi Aura RGB (bagian belakang)
- Zona sensitif tekanan (Air Trigger; dua tombol)
LAYAR UTAMA
JenisLTPO AMOLED
Ukuran6.78 inci
Refresh Rate165 Hz
Resolusi1080 x 2400 piksel
Rasio20.4:9
Kerapatan395 ppi
ProteksiCorning Gorilla Glass Victus 2
Fitur Lainnya- 1,07 miliar warna, HDR10+
- Touch sampling rate 720 Hz
- Tingkat kecerahan: 1600 nit (khas), 2500 nit (puncak)
HARDWARE
ChipsetQualcomm Snapdragon 8 Gen 3
CPUOcta-core (1x3.3 GHz Cortex-X4 & 5x3.2 GHz Cortex-A720 & 2x2.3 GHz Cortex-A520)
GPUAdreno 750
MEMORI
RAM12 GB, 16 GB
Memori Internal256 GB
Memori EksternalTidak Ada
KAMERA UTAMA
Jumlah Kamera3
Konfigurasi
50 MP (wide), f/1.9
13 MP (ultrawide), f/2.2
32 MP (telephoto), f/2.4
FiturWide: PDAF, gimbal OIS; Ultrawide: FoV 120˚; Tele: AF, OIS, perbesaran optik 3x; Umum: LED flash, HDR, panorama, Video: Hingga 8K@24fps, gyro-EIS
KAMERA DEPAN
Jumlah Kamera1
Konfigurasi
32 MP (wide), f/2.5
FiturPanorama, HDR, Video: 1080p@30fps
KONEKTIVITAS
WLANWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/6e/7, tri-band, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth5.3, A2DP, LE, aptX HD, aptX Adaptive
InfraredTidak Ada
NFCAda
GPSGPS, A-GPS, GLONASS, BDS, GALILEO, NavIC
USBTipe-C 3.1 (bawah), Tipe-C 2.0 (samping), USB On-The-Go
BATERAI
JenisLi-Po
Kapasitas5500 mAh
FiturPengisian cepat 65W (klaim 100% dalam 39 menit), pengisian nirkabel 15W (Qi), pengisian balik 10W, bypass charging
FITUR
OS (Saat Rilis)Android 14, ROG UI
SensorFingerprint (optik, di bawah permukaan layar), akselerometer, cahaya, giroskop, proksimitas, kompas
Jack 3.5mmAda
WarnaPhantom Black, Rebel Grey
Fitur Lainnya- Audio resolusi tinggi 32-bit/384kHz
- Speaker stereo dengan dua amplifier
- Mikrofon berjumlah tiga dengan Noise Reduction
- Konektor aksesori (POGO pin)

Promo ROG Phone 8

First sale promo :

Dapatkan Free Aero Cooler Fan untuk setiap pembelian ROG Phone 8 dengan harga mulai dari Rp. 10.999.000. Promo berlaku mulai tanggal 20 Mar hingga 30 Apr 2024 di semua partners penjualan resmi ASUS Offline dan Online.

Online : Eraspace, Tokopedia, Blibli dan Asus Online Store.

Offline : Erafone, Urban Republic, ROG Store, Asus Exclusive Store dan Asus Authorized Partner.

Consumer sales promo :

Dapatkan Free Aero Cooler Fan + Free Exclusive merchandise kolaborasi ROG X PUBGM + Lucky draw dengan berbagai macam hadiah menarik untuk setiap pembelian ROG Phone 8 dengan harga mulai dari Rp. 10.999.000. Promo hanya berlaku di offline event Consumer Launch ROG 8 di FX Sudirman dari tanggal 20 Maret hingga 23 Maret 2024.

Harga dan Ketersediaan ROG Phone 8

ROG Phone 8 (12/256) Phantom Black : Rp 10.999.000

ROG Phone 8 (12/256) Storm Grey : Rp 10.999.000

ROG Phone 8 Pro (16/512) Phantom Black : Rp 14.999.000

ROG Phone 8 Pro Edition (24/1T) Phantom Black : Rp 19.999.000

Posting Komentar untuk "ASUS ROG Phone 8: Saya Menyebutnya Mewah dan Elegan!"