Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cek Harga Mobil Terpercaya untuk Hindari Depresiasi dalam Jual Beli Mobil Bekas

Jual Beli Mobil Bekas

Memiliki kendaraan, seperti mobil tentu menjadi suatu kebangaan tersendiri. Bukan tanpa alasan, mobil pribadi menjadi moda tranportasi andalan bagi keluarga ketika ingin pergi berlibur. Dengan memiliki mobil sendiri, tentu akan memudahkan mobilitas, sekaligus dapat memangkas pengeluaran ongkos transportasi ketika liburan. Makanya tidak heran jika banyak orang mengidam-idamkan ingin memiliki mobil pribadi.

Untuk mewujudkan memiliki mobil idaman, tidak sedikit masyarakat yang memilih membeli mobil bekas ketimbang membeli mobil baru, karena berbagai pertimbangan. Misalnya saja harganya lebih terjangkau, bisa memilih kriteria mobil idaman sesuai budget hingga pilihan mobil bekas pun cukup beragam.

Bahkan beberapa tetangga saya pun tidak sedikit juga yang memutuskan untuk membeli mobil bekas. Apalagi menurut mereka kualitas mobil bekas juga tidak kalah bagus dengan mobil baru, asalkan cermat dan teliti ketika membelinya. Dengan membeli mobil bekas, mereka tidak perlu menyiapkan dana yang lebih besar seperti ketika ingin membeli mobil baru.

Dari obrolan ringan sehari-hari, mereka kerap menceritakan bahwa mobil bekas yang mereka beli masih dalam kondisi cukup prima. Suara mesinnya masih lumayan mulus. Mobil juga masih cukup nyaman untuk dibawa jarak jauh. Intinya tidak rugi-rugi amat kalau beli mobil bekas, asalkan tahu bagaimana triknya sebelum membeli mobil bekas.

Apa itu Depresiasi Mobil?

Hanya saja ada satu hal yang perlu dipertimbangkan juga sebelum transaksi jual beli mobil bekas adalah depresiasi mobil itu sendiri. Istilah depresiasi erat kaitannya dengan penyusutan atau turunnya nilai, dalam hal ini adalah harga mobil. Sederhananya, depresiasi mobil adalah penyusutan nilai yang mengakibatkan penurunan harga saat dijual.

Seperti diketahui, beberapa aset, seperti tanah dan rumah memang bisa memiliki nilai yang lebih tinggi saat dijual. Namun hal ini tidak berlaku bagi aset seperti kendaraan. Biasanya, nilai kendaraan seperti mobil akan mengalami penurunan atau depresiasi ketika akan dijual.

Faktor-faktor yang Bisa Memengaruhi Depresiasi Mobil

Lantas, faktor-faktor apa saja yang bisa memengerauhi depresiasi mobil? Berikut poin-poin penting yang perlu kamu ketahui :

1. Usia mobil

Walau bagaimanapun, depresiasi mobil adalah hal yang tidak bisa dihindari, bahkan pada mobil baru sekalipun. Misalnya kamu beli mobil baru dan telah digunakan selama satu minggu. Jika mobil tersebut telah dipakai dan menginjak aspal, maka harganya akan menurun sekitar 15-20 persen.

Alasannya karena mobil tersebut sudah dianggap sebagai mobil bekas, meskipun baru digunakan selama satu minggu. Jadi, misalnya harga mobil baru adalah Rp 400 juta, maka dengan besar penyusutan hingga 20 persen, berarti nilai jualnya langsung terpotong Rp 80 juta.

Pada umumnya, depresiasi mobil terbesar terjadi di tahun pertama pembelian. Setelah itu, persentase penyusutannya akan menurun menjadi sekitar 5-10 persen saja. 

2. Kondisi mobil

Faktor yang juga ikut memengaruhi nilai depresiasi mobil adalah kondisi dari kendaraan itu sendiri. Mobil dengan kondisi mesin yang masih baik dan body cat yang masih mulus, pastinya memiliki nilai lebih ketika dijual. Mobil bekas dengan kondisi yang baik, tentu bakalan lebih banyak diminati.

3. Merek mobil

Selain usia dan kondisi mobil, merek mobil juga bisa memengaruhi nilai depresiasi mobil. Biasanya, merek mobil mewah cenderung mengalami penyusutan nilai depresiasi lebih besar dibandingkan merek mobil yang biasa. Hal ini disebabkan mobil mewah identik dengan biaya perawatan yang cukup mahal, karena itu ketika dijual kembali harganya cenderung jatuh.

4. Permintaan mobil bekas

Pada suatu proses jual beli mobil bekas, jumlah permintaan juga berpean penting dalam menentukan naik turunnya harga mobil. Sesuai dengan hukum ekonomi yang ada, jika permintaan tinggi dan ketersediaan barang sedikit, maka harga akan semakin mahal. Namun, jika permintaan sedikit sementara ketersediaan mobil cukup banyak, maka harganya juga akan cenderung menurun. 

5. Jarak tempuh

Jarak tempuh suatu kendaraan juga ikut memengaruhi nilai depresiasi mobil.  Tidak sedikit orang yang enggan membeli mobil bekas dengan jarak tempuh yang cukup jauh. Mereka beranggapan bisa saja kondisi mesin sudah tidak terlalu prima. Apalagi jika mobil tidak dirawat dengan benar.

Cek Harga Mobil Terpercaya untuk Hindari Depresiasi Harga Mobil Hanya di Caroline.id

Tingginya minat masyarakat terhadap mobil bekas, membuat semakin menjamurnya platform jual beli mobil bekas. Bahkan kamu bisa cek harga mobil terpercaya untuk hindari depresiasi jual beli mobil secara online. Dengan cara ini, tentu akan lebih menghemat waktu dan kamu juga tidak perlu repot-repot datang ke dealer hanya untuk mencari informasi seputar harga mobil bekas. Cukup dari ponsel saja bisa sambil rebahan.

Susahsinyal.com ingin merekomendasikan Caroline.id sebagai salah satu platform jual beli mobil bergaransi yang menawarkan tiga layanan utama, yakni jual, beli, preorder dan tukar tambah. Melalui Caroline.id, kamu akan lebih aman untuk melakukan transaksi jual beli mobil. Caroline.id juga telah memastikan setiap mobil yang dijual dalam kondisi terbaik dan layak pakai, tetapi dengan harga yang lebih terjangkau.

Jual Beli Mobil Bekas Berkualitas di Caroline.id

Memeriksa harga kendaraan adalah salah satu hal yang perlu kamu perhatikan ketika ingin membeli mobil bekas. Selain bisa lebih mudah untuk menyiapkan dananya, kamu juga bisa mengetahui dengan pasti berapa nilai depresiasi yang terjadi.

Alasan Mengapa Harus Jual Beli Mobil Bekas di Caroline.id

Caroline.id menjadi salah satu platform jual beli mobil bekas yang menawarkan layanan yang mudah dan pastinya terpercaya. Di ini, kamu bisa membeli atau menjual mobil dari berbagai model dan merek dengan tahun dan tipe apapun secara lebih mudah dan aman, sehingga tidak perlu khawatir lagi ketika ingin bertransaksi di Caroline.id.

Garansi Beli Mobil Bekas di Caroline.id

Kepuasan dan pengalaman pelanggan bukanlah satu-satunya prioritas bagi Caroline.id, karena masih ada begitu banyak benefit dan layanan yang bisa kamu dapatkan ketika bertransaksi Caroline.id. Berikut adalah alasan mengapa kamu harus jual beli mobil di Caroline.id :

1. Tersedia garansi 7G+

Garansi merupakan layanan yang cukup penting yang perlu kamu perhatikan ketika ingin membeli mobil baru ataupun bekas. Apalagi harga mobil tidaklah murah, jadi kamu harus benar-benar memastikan mendapatkan garansi dari penjual.

Namun, ketika kamu jual beli mobil bekas di Carolinelid, kamu tidak hanya mendapatkan satu garansi saja, melainkan tujuh garansi sekaligus. Penasaran apa saja? Simak beberapa garansi yang akan kamu dapatkan di sini :

- Garansi mesin

Garansi mesin sesuai dengan dokumen, sehingga menunjukkan mesin tidak diganti

- Garansi transmisi

Jika sewaktu-waktu kamu mengalami kendala, kamu bisa melakukan klaim garansi transmisi selama satu tahun

- Garansi AC

AC merupakan salah satu aksesoris yang cukup penting dari sebuah mobil. Kamu bisa mengklaim secara gratis untuk garansi AC selama satu tahun

- Garansi rem

Kamu juga bisa mengklaim garansi rem selama satu tahun jika sewaktu-waktu menemui kendala

- Garansi electrical

Dapatkan garansi electrical selama satu tahun secara gratis

- Garansi penggerak

Kamu akan mendapatkan garansi penggerak yang bisa kamu klaim selama satu tahun secara gratis

- Garansi kemudi

Dapatkan juga garansi kemudi selama satu tahun secara gratis

- Garansi buyback oli dan filter oli

Jika kendaraan mengalami kendala, kamu akan mendapatkan garansi pembelian 100 persen dan mobil menggunakan oli dan filter oli baru

2. Harga yang ditawarkan kompetitif

Alasan kedua mengapa kamu harus jual beli mobil bekas di Caroline.id adalah akan mendapatkan harga yang wajar dan kompetitif. Mengapa demikian? Hal ini disebabkan para teknisi ahli akan melakukan penilaian yang lebih akurat terhadap mobil yang kamu jual berdasarkan kondisi, umur kendaraan dan berbagai faktor lainnya untuk menentukan harya yang pas.

3. Proses transaksi yang lebih mudah dan cepat

Caroline.id sangat menghargai waktu yang kamu miliki, dengan cara menawarkan kemudahan dalam proses transaksi jual beli mobil bekas. Hanya dengan beberapa langkah saja, kamu sudah bisa membawa pulang mobil impian, mulai dari mengisi data penilaian secara online dan atur jadwal inspeksi untuk melakukan pemeriksaan kendaraan. Lalu, kamu bisa mendapatkan penawaran harga yang cepat dan akurat tidak kurang dari 30 menit.

Jika penawaran telah diterima, kamu bisa langsung mengecek kendaraan dan melakukan verifikasi dokumen di lokasi yang telah disepakati bersama. Seluruh prosesnya sangat mudah dan cepat, sehingga tidak akan menyita banyak waktu yang kamu miliki.

4. Caroline.id telah hadir di beberapa kota besar di Indonesia

Kamu bisa mengakses Caroline.id secara online atau bisa mengunjungi langsung ke dealer terdekat. Caroline.id telah memiliki jaringan cabang di beberapa kota di Indonesia, mulai dari Jabodetabek, Bandung hingga Medan. Bahkan kamu juga bisa melihat alamat lengkap, jam operasional hingga peta lokasi dealer melalui website.

5. Kondisi mobil bekas berkualitas

Meski kendaraan bekas, akan tetapi memiliki kualitas yang baik dan masih sangat layak pakai, sehingga kamu tidak perlu khawatir mobil bekas yang kamu beli akan cepat rusak atau mesinnya tidak beres, karena suku cadang mobil telah diganti.

Seluruh mobil di Caroline.id telah melalui proses seleksi mobil bekas yang sangat ketat, karena para teknisi ahli akan melakukan inpeksi tidak kurang dari 150 titik mobil untuk memastikan bahwa mobil tidak pernah terendam banjir ataupun mengalami kecelakaan parah.

Jika kondisi mobil telah sesuai dengan standar kualitas penilaian, serta dokumen asli dan sesuai dengan nomor rangka, tidak memanipulasi odometer, maka tim ali akan memberikan penawaran harga yang pas sesuai dengan merek, model, tipe, tahun, jarak tempuh dan kondisi mobil.

Konklusi

Pasar mobil bekas memang tidak ada matinya, karena permintaannya masih cukup tinggi. Hal ini disebabkan masyarakat cenderung tertarik untuk membeli mobil bekas berkualitas dengan harga yang lebih terjangkau. Meski mobil bekas, tetapi masih sangat layak jalan dan masih mulus.

Memilih mobil bekas memang bisa dibilang susah-susah gampang. Jika bertransaksi di tempat yang tidak jelas, maka bisa saja kamu akan ditipu dan mengalami kerugian yang tidak sedikit. Nah, sebelum kamu mengalami hal ini, maka sebaiknya membeli mobil melalui platform jual beli mobil bekas hanya di Caroline.id.

Platform Jual Beli Mobil Bekas

Manfaatkan kesempatan untuk memiliki mobil bekas berkualitas di Caroline.id, karena selain banyak benefitnya, kamu juga bisa mendapatkan tawaran promo spesial setiap saat. Kapan lagi kamu bisa beli mobil bekas berkualitas dengan harga lebih terjangkau, kalau bukan di Caroline.id!

Semoga bermanfaat.

18 komentar untuk "Cek Harga Mobil Terpercaya untuk Hindari Depresiasi dalam Jual Beli Mobil Bekas"

  1. Wah di Caroline banyak sekali jenis garansinya, pastinya yang beli akan puas banget nih dapat layanan yang lengkap seperti itu. belum lagi kemudahan layanan lainnya yang diberikan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itulah salah satu keunggulan Caroline Mase. Punya beberapa jenis garansi yang bisa didapatkan oleh konsumen. Yaa barangkali Mase tertarik mau beli mobil bekas

      Hapus
  2. Oh itu bahasanya adalah depresiasi ya.
    daku suka dengar itu, orang yang mau jual atau beli kendaraan pre-loved selalu melihat dulu kilometernya udah berapa. ternyata jadi bagian poin yang penting dalam penentuan harga

    BalasHapus
  3. Apalagi keluarga besar macem aku, punya mobil udah kek kebutuhan lah. Karena bisa lebih mudah mobilitas apalagi kalau liburan bisa memangkas ongkos transport. Dan memilih mobil bekas bisa jadi solusi, asalkan udah tahu triknya. Makanya mending ceki-ceki di Caroline.id sii lebih terpercaya. Sambil rebahan bisa menghemat waktu juga tapi tetep bisa pilih mobil idaman.

    BalasHapus
  4. Benar banget mobil bekas di tempat yang tepat memilih benefit yang banyak. Selain itu juga mendapatkan promo menarik.

    BalasHapus
  5. Wah banyak sekali garansi yang ditawarkan ya.. ini menjadi nilai lebih caroline sih karena memang agak trucky kalau mau cari mobil second :)

    BalasHapus
  6. Ternyata kalau punya mobil mewah nilai depresiasinya lebih tinggi ya? Wah ilmu baru nih.

    Iyaa nyesek jg sih karena depresiasi. Baru setahun eh harga mobil udh turun 1 juta kalau dijual lagi.

    BalasHapus
  7. Makanya untuk investasi, orang lebih suka beli tanah, rumah atau emas, karena harganya akan naik. Beda sama kendaraan yang pastinya tiap tahun akan turun. Apalagi tiap tahun hadir juga mobil-mobil baru. Makanya saat mau jual mobil, cek dulu harga pasarannya ya, Mas.

    BalasHapus
  8. Mobil bekas pun tak apa-apa, asal kita teliti sebelum membeli, ya. Kalau tak tahu persis bagaimana cara menginspeksi kendaraan bekas, tinggal kita serahkan saja ke ahlinya, dan Caroline.id sudah terpercaya sebagai tempat jual beli mobil yang mana mobilnya telah diinspeksi terlebih dahulu oleh mekanik dari caroline.id

    BalasHapus
  9. Barang semacam elektronik atau kendaraan memang punya nilai depresiasi yang cenderung tinggi. Makanya kudu pinter-pinter ngerawat dan nyari tempat penjualan yang oke sih kak.

    BalasHapus
  10. Banyak pilihan juga ya di Caroline. Memang kalo salah pilih mobil dan mengakibatkan depresiasi jadi sedih dan nyesel banget belinya

    BalasHapus
  11. Baru tau dong kalo ada istilah depresiasi mobil. Dan memang harus dipahami yah, supaya nggak salah pilih mobil bekas. Caroline.id nih bisa jadi pilihan tepat buat terhindar dari depresiasi mobil.

    BalasHapus
  12. kebetulan banget lagi nyari mobil bekas, dan untungnya nemu ini bisa jadi referensi buat saya, apalagi melihat keunggulannya ternyata banyak sekali ya jual beli mobil di sini

    BalasHapus
  13. aku tahunya caroline.id itu menyediakan mobil second aja, ternyata bisa juga ya cekd epresiasi juga ya. sayangnya mobil kami udah di jual tanpa cek cek terlebih dahulu. dan iya, dapetnya harga yang agak melenceng dari target.

    BalasHapus
  14. nah dulu hal jual beli mobil gini biasanya urusan suami. tapi skr perlu juga kepoin informasinya nih. baru tau juga mengenai istilah depresiasi ini.

    BalasHapus
  15. Ternyata banyak juga yaa pertimbangan agar kita gak salah-salah kalau mau beli mobil bekas, mau jual atau beli jadi gak rugi, sama-sama untung hehehe.

    BalasHapus
  16. Wah, cakep banget nih.. jual beli di Caroline.id.
    Karena aku juga pingin dapet mobil best price dengan umur kendaraan yang masih muda dan kondisi yang terbaik.

    BalasHapus
  17. keren si aplikasi caroline.id yang bisa jadi perantara utk jual beli mobil bekas, bahkan menawarakan banyak garansi dan pastinya turut menguntungkan pengguna aplikasinya itu sendiri,

    BalasHapus