Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Anti Lemas, Ini 9 Tips Agar Tubuh Tetap Fit Saat Berpuasa!

Tips Tubuh Tetap Fit Saat Berpuasa

Menjalani aktivitas selama berpuasa, tentu saja tidak sama ketika beraktivitas di hari biasa. Terdapat beberapa perubahan pola hidup selama berpuasa, misalnya saja pola tidur, waktu makan hingga rutinitas sehari-hari. Selama berpuasa memulai sahur di waktu sepertiga malam. Lalu tubuh kita tidak menerima asupan makanan dan minuman mulai dari waktu subuh hingga maghrib.

Meski begitu, puasa jangan dijadikan alasan untuk bermalas-malasan atau rebahan seharian. Kita juga tetap mesti menjalani rutinitas sehari-hari seperti biasanya, mulai dari bekerja, berbisnis, sekolah atau kuliah tetap harus dijalankan. Nah, di sinilah pentingnya kita menjaga tubuh agar tetap fit saat berpuasa. Agar kita bisa tetap semangat menjalani rutinitas sehari-hari.

Tips Agar Tubuh Tetap Fit Saat Berpuasa

Menjaga tubuh agar tetap fit, sangat penting untuk menunjang berbagai aktivitas setiap harinya. Jika tubuh tidak fit, maka tubuh akan mudah lelah dan kinerja jadi tidak maksimal. Penasaran bagaimana cara yang tepat untuk menjaga tubuh agar tetap fit selama berpuasa? Berikut ulasannya :

1. Tubuh jangan sampai kekurangan cairan

Saat sedang puasa, tubuh akan lebih mudah mengalami dehidrasi. Maka dari itu, kebutuhan hidrasi tubuh tetap perlu diperhatikan dengan baik, yaitu dengan cara minum air yang cukup ketika waktu sahur dan waktu berbuka. Meski sedang berpuasa, dianjurkan agar kita tetap minum air mineral minimal 8 gelas setiap harinya. 

Pola mengonsumsi air mineral selama puasa bisa diatur sebagai berikut : 2-4-2, yaitu 2 gelas saat berbuka, 4 gelas antara buka dan sahur serta 2 gelas lagi saat sahur. 

Tidak hanya minum air mineral saja, kita juga bisa mengonsumsi air kelapa saat berbuka puasa untuk menghilangkan hidrasi tubuh yang hilang. Seperti dilansir dari laman The Center for Mind-Body Medicine, khasiat air kelapa bisa memulihkan dehidrasi lebih cepat dibandingkan air mineral biasa.

Hal ini karena air kelapa memiliki beberapa elektrolit yang baik untuk tubuh, seperti kalium, magnesium dan natrium. Selain bermanfaat untuk menghidrasi tubuh, kandungan serat dan elektrolit dalam air kelapa bisa membantu mencegah gangguan pencernaan selama berpuasa.

2. Ingat, sahur itu penting

Selain menjaga sunnah Nabi, makan sahur juga terbukti sangat baik untuk menjaga tubuh tetap fit selama berpuasa. Sama seperti saat sarapan pagi, makan sahur merupakan bagian paling penting untuk menambah asupan energi selama seharian hingga waktu berbuka.

Sahur adalah waktu terbaik untuk memenuhi kebutuhan tubuh dengan mengonsumsi cukup nutrisi dan zat gizi seimbang, mulai dari karbohidrat kompleks, serat dan protein. Kita bisa mengonsumsi makanan yang kenyangnya lebih lama, misalnya saja beras merah, gandum dan oat.

Sementara makanan yang mengandung serat tinggi berasal dari buah-buahan dan sayuran. Untuk kebutuhan protein, bisa mengonsumsi ayam, ikan, daging, telur, tempe atau tahu, yang mana protein yang cukup sangat baik untuk menambah energi sepanjang hari.

3. Jangan kebanyakan makan ya 

Mentang-mentang waktu sahur, kita makan sebanyak mungkin agar tubuh tidak mudah lapar dan lemas. Padahal, kebanyakan makan waktu sahur malah membuat perut kekenyagan, menimbulkan rasa tidak nyaman pada perut hingga gangguan pencernaan.

Tidak hanya saat sahur saja, kebanyakan orang juga terkadang kalap ketika menyantap hidangan berbuka. Langsung mengonsumsi makanan berat ketika berbuka, sehingga membuat perut terasa kembung dan begah. Inilah alasan mengapa makan secukupnya dianjurkan saat sahur dan saat berbuka puasa agar tubuh tetap fit.

Cobalah atur pola makan secara bertahap, misalnya saat berbuka awali dengan minum air putih dan beberapa butir kurma (hitungan ganjil). Lalu, lanjutnya makan besar setelah selesai sholat Tarawih. Setelah itu, saat sahur tiba, makanlah dengan porsi yang pas.

4. Batasi makanan yang berminyak

Selama menjalani puasa, sebaiknya hindari mengonsumsi makanan berminyak secara berlebihan. Menu gorengan untuk berbuka puasa memang paling menggoda, akan tetapi ternyata tidak baik terlalu banyak makan gorengan. Pasalnya, makanan ini akan menyebabkan kadar kolesterol meningkat di dalam tubuh. Tidak hanya itu saja, terjadi penumpukkan lemak yang bisa membuat berat badan malah naik saat berpuasa.

Sebagai alternatif makanan pengganti gorengan, cobalah untuk memilih makanan yang direbus, dikukus atau dipepes yang biasanya mengandung lemak yang sedikit. Lalu pilih juga minyak zaitun, minyak kanola atau biji bunga matahari sebagai pengganti minyak untuk menggoreng. Sebaiknya hindari minyak kelapa dan juga minyak kelapa sawit yang tinggi lemak jenuh.

5. Batasi makanan dan minuman yang manis

Tips tubuh tetap fit selama berpuasa selanjutnya adalah berusaha untuk mengurangi makanan dan minuman manis berlebihan saat berpuasa. Minuman manis memang cukup penting dikonsumsi saat berbuka untuk menormalkan kembali gula darah setelah berpuasa seharian, tetapi jangan berlebihan ya guys!

Pada umumnya, kita mengonsumsi minuman manis dan dingin untuk melepas rasa dahaga setelah berpuasa seharian. Namun, perlu diperhatikan jumlah asupan gula harian yang aman dikonsumsi adalah sebanyak 50 gram per hari.

Sebagai alternatifnya, daripada mengonsumsi minuman manis yang terbuat dari gula pasir, sebaiknya pilih jus buah tanpa tambahan gula yang terlalu tinggi yang mengandung serat yang baik untuk kesehatan.

6. Meski puasa, jangan malas untuk berolahraga ya

Tips puasa sehat yang berikutnya adalah lakukan olahraga secara rutin. Melakukan banyak gerak atau aktivitas fisik memang punya banyak manfaat yang baik bagi kesehatan fisik dan mental, bahkan saat sedang berpuasa sekalipun. Kita bisa melakukan olahraga saat puasa dengan intensitas ringan hingga sedang menjelang berbuka puasa atau bisa juga setelah berbuka puasa.

Tidak disarankan melakukan olahraga secara intens ketika sedang terik matahari atau di saat perut kosong agar tubuh tidak mengalami dehidrasi atau kehausan. Setidaknya lakukan olahraga selama 30 menit dengan jalan kaki, bersepeda, joging ataupun latihan fisik lainnya yang sesuai dengan kondisi tubuh kita.

7. Usahakan istirahat dan tidur yang cukup

Mengatur asupan makan saat berpuasa memang cukup penting. Namun mengatur pola tidur juga tidak kalah pentingnya ketika berpuasa. Gejala mengantuk saat sedang puasa bukan disebabkan karena tidak makan dan minum seharian, melainkan karena kita tidak punya waktu tidur yang cukup.

Jadi, ketika ingin bangun pagi untuk menyiapkan makan sahur, sebaiknya jangan tidur terlalu larut malam, apalagi sampai begadang. Hal ini bisa membuat tubuh menjadi lemas. Sebisa mungkin untuk tidur lebih cepat, misalnya saja setelah sholat Tarawih. Tidur yang kurang akan memengaruhi kinerja otak, sehingga akan menghambat aktivitas kita nantinya.

8. Pilih buah yang mengandung banyak air

Cukup konsumsi buah bisa membuat tubuh tetap sehat. Selama berpuasa, konsumsilah buah yang mengandung air yang cukup. Hal ini karena buah yang mengandung banyak air, sangat baik untuk menjaga hidrasi dan memenuhi kebutuhan zat gizi selama bulan puasa.

Kita bisa mengonsumsi beberapa buah yang mengandung banyak air, yaitu semangka, melon, jeruk, pepaya atau pir. Selain kandungan air dan serat yang tinggi, buah-buahan ini juga mengandung Vitamin C yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh selama menjalankan puasa.

Pastikan untuk menambahkan beberapa jenis buah dalam menu sahur dan berbuka agar tubuh tetap sehat selama berpuasa. Buah-buahan juga bisa menjadi alternatif yang lebih sehat dibandingkan harus mengonsumsi makanan atau minuman manis lainnya.

9. Makan kurma ketika berbuka puasa

Tips tubuh tetap sehat selama menjalankan ibadah puasa selanjutnya adalah dengan mengonsumsi kurma ketika berbuka puasa. Kurma merupakan sumber energi cepat, karena mengandung gula alami, seperti glukosa, fruktosa dan sukrosa. Kurma juga sangat baik untuk mengembalikan kadar gula darah yang rendah selama berpuasa.

Buah kurma juga mengandung cukup air dan elektrolit, seperti kalium, magnesium dan natrium. Kandungan ini terbukti bisa membantu menggantikan cairan dan elektrolit yang hilang selama berpuasa. Tidak hanya itu saja, kandungan serat dalam kurma juga bisa mencegah makan berlebihan ketika kita berbuka puasa. Hal ini karena serat mampu mengontrol nafsu makan dan membuat kenyang lebih lama.

Konklusi

Berpuasa selama sebulan penuh tidak hanya berpahala, tetapi juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Jadi, jangan sia-siakan kesempatan ini untuk tetap berpuasa dan mengisinya dengan hal-hal yang positif. Satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan adalah jangan abaikan kesehatan selama berpuasa. 

Agar mendapatkan manfaat puasa yang optimal dan tubuh tetap fit selama puasa, lakukan ke-9 tips di atas dan konsisten menjalaninya selama berpuasa. Namun tidak tertutup kemungkinan, bisa juga diterapkan setelah tidak berpuasa. Karena walau bagaimanapun, yang namanya menjaga kesehatan itu sangat prioritas, agar kita tetap bisa menjalani rutinitas sehari-hari tanpa kendala yang berarti.

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Anti Lemas, Ini 9 Tips Agar Tubuh Tetap Fit Saat Berpuasa!"