Pahlawan Digital untuk UMKM Indonesia - Susah Sinyal - Kumpulan Artikel Teknologi
iklan banner

Pahlawan Digital untuk UMKM Indonesia

Pahlawan Digital UMKM

Kita semua sudah tahu jika masa pandemi seperti saat ini, menjadi masa yang sangat sulit bagi para pelaku UMKM (Usaha Menengah Kecil dan Mikro) untuk bisa berkembang. Padahal berbagai strategi telah dicoba untuk bisa tetap bertahan di tengah kesulitan ekonomi. Namun sebagian di antaranya tidak mampu bertahan dan terpaksa harus gulung tikar.

Melihat situasi seperti ini, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM), Teten Masduki menggandeng Penggagas Pahlawan Digital UMKM, Putri Tanjung dalam peluncuran program "Pahlawan Digital UMKM". Adapun tujuan dari program ini adalah untuk memanfaatkan teknologi digital untuk mengembangkan UMKM di seluruh Indonesia.

Gagasan yang sangat baik ini tentu saja membuka peluang bagi para inovator digital untuk dipertemukan dengan pemodal agar mendapatkan investasi.

Sudah Saatnya Go Digital

Peluncuran program bertajuk "Inovasi untuk UMKM Go Digital" ini diselenggarakan dalam rangka memberikan apresiasi kepada para inovator digital UMKM dan menjaring lebih banyak lagi inovator lainnya.

Teten Masduki menjelaskan betapa pentingnya peran teknologi untuk mengakselerasi UMKM agar dapat berjalan secara online. Apalagi saat ini jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai lebih dari 200 juta pengguna. Ini artinya ada peluang yang sangat baik bagi pelaku UMKM (yang jumlahnya mencapai 64 juta di seluruh Indonesia) untuk bisa go digital.

Dengan memanfaatkan pasar digital hingga media sosial, akan membuka kesempatan besar untuk meningkatkan omset penjualan.

Kementerian Koperasi dan UKM berencana untuk memberikan insentif kepada para investor muda agar mereka dapat membantu pelaku UMKM di Indonesia secara lebih luas.

Platform-platform digital tersebut diberdayakan untuk membantu meningkatkan penjualan pelaku UMKM. Teten juga mengatakan, pada masa pandemi Covid-19, kita bisa jadi belajar betapa pentingnya jualan secara online.

Putri Tanjung juga mengatakan bahwa sangat penting bagi pelaku UMKM untuk bisa beradaptasi terhadap perubahan yang terjadi. Sebenarnya hal ini berlaku tidak hanya untuk UMKM saja, melainkan setiap orang juga sebaiknya berlaku adaptif dan kreatif untuk mencari cara dalam penyelesaian masalah.

Agar bisa menjadi seorang yang adaptif, tentu membutuhkan pelatihan maupun pendampingan. Di "Pahlawan Digital", termasuk para investor muda yang memiliki ide cemerlang pun tetap butuh pendampingan, agar bisa membantu lebih banyak lagi UMKM.

Koneksi Internet yang Memadai untuk Aktivitas Tanpa Batas

Agar program pahlawan digital untuk UMKM tetap berjalan dengan baik, maka perlu terhubung dengan koneksi internet yang memadai. Masih banyak UMKM yang belum terkoneksi dengan jaringan internet yang cepat dan stabil. Padahal di era digital seperti saat ini, kebutuhan internet sangatlah dibutuhkan.

Bayangkan saja ketika kita berjualan online dan ingin memasarkan produk, tetapi sinyal kurang bersahabat, tentu bisnis kita bakalan terhambat. Kita juga tidak bisa melakukan berbagai aktivitas online lainnya.

Memasuki era digital, sudah saatnya kita semua siap menghadapi segala perubahan. Dari yang awalnya hanya berjualan secara offline saja, maka sekarang bisa berjualan secara online melalui platform maupun marketplace. Jangan sampai kita ketinggalan hanya gara-gara tidak siap mengikuti perubahan yang ada di depan mata.

Sudah saatnya para pelaku UMKM untuk bangkit dan bersiap menghadapi tantangan global dengan menerapkan berbagai inovasi kreatif dan strategi bisnis yang tepat. Hal ini penting dilakukan agar UMKM semakin maju dan berjaya di Indonesia.

Akses internet tanpa batas, akan membawa dampak perubahan yang sangat besar, tidak hanya bagi pelaku UMKM dan inovator muda saja, melainkan bagi seluruh masyarakat, agar bisa tetap terhubung satu sama lain.

Semoga bermanfaat.

Previous
Next Post »

34 komentar

  1. Bener nihh, umkm kalo sekarang ngga mengandalkan internet untuk digital marketing, akan susah. Udah gitu sekarang harga internet juga murah kan ya ngga kayak dulu awal2 ada di Indonesia kayak untuk golongan eksklusif aja, sekarang mah engga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang akses internet sudah mulai merata di seluruh tanah air, meski mungkin masih ada saja wilayah yang belum terjangkau, tapi setidaknya sudah ada kemajuan lah ya. Jadi tinggal kita manfaatkan saja untuk mengembangkan bisnis, ya termasuk UMKM ini. Memang perlu sekali untuk Go Digital, biar lebih maju dan nggak kalah bersaing. Secara sekarang kebanyakan sudah mengandalkan internet dalam pemasaran bisnis atau produknya.

      Hapus
  2. Berjualan online, khususnya para pelaku UMKM memang membutuhkan internet yang tanpa batas. Hal ini agar penjualan lebih luas lagi. Kalau internet hanya memadai untuk wilayah tertentu saja ya susah berkembangnya juga pelaku UMKM.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, kalau sekiranya masih ada wilayah yang masih belum terjangkau akses internet, ini jadi PR besar bagi pemerintah, gimana caranya supaya setiap wilayah bisa terjangkau internet agar masyarakat bisa merasakan internet. Khususnya para pelaku UMKM yang ingin memasarkan produknya secara online. Gimana mau bisnis online lancar kalau internet aja masih lemot, hehehe.

      Hapus
  3. UMKM harus menyesuaikan diri dengan perkembangan digital untuk merebut pasar baru dan mempertahankan yg sudah ada krn lebih cepat terhubung.
    Beruntung sekarang ada Pahlawan Digital untuk UMKM Indonesia. Keren.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes beruntung banget ada inisiatif dan dukungan dari banyak pihak. Semoga saja UMKM di Indonesia semakin berkembang ya.

      Hapus
  4. di desa desa juga akan makin bnyak toko yang berkembang ya kalau udah pda go digital ini. jadi emang penting banget sih akses internet lancar nih untuk memudahkan umkm berjualan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sangat penting sekali akses internet bisa lancar, bukan cuma buat UMKM saja, tapi juga perkembangan di berbagai sektor kehidupan masyarakat, seperti pendidikan, bisnis dan informasi lainnya.

      Hapus
  5. Sepakat banget, UMKM memang mesti go digital. Ada nih kenalanku, UMKM di bidang kuliner. Usaha keluarga sih, dari ortunya. Tapi pas dipegang sama temanku (dan istrinya) dan masuk ke dunia digital, wuuush....melesat banget!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah ini dia ada pengalaman langsung dari temannya Mba Retno. sudah terbukti kalau bisnis zaman now memang harus dibantu dan didukung dengan internet dan teknologi.

      Hapus
  6. Aku setuju banget kalau UMKM go digital, produk2 UMKM itu bagus2 loh, kalau dijual secara online, pasti penjualan juga bakalan meningkat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insha Allah bakalan semakin meningkat Mba Witri.

      Hapus
  7. Internet dan pelaku UMKM memang harus berjalan beriringan. Pelaku UMKM di era digital seperti ini memang perlu go online agar bisa semakin maju dan berkembang. Semoga dengan akses internet tanpa batas bisa membuat UMKM bangkit kembali setelah lesu karena imbas pandemi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perlu banget go digital biar semakin berkembang pesat. Apalagi saat pandemi gini toh

      Hapus
  8. Setuju banget, nih. Di era digital sekarang internet sudah jadi kebutuhan primer ya. Termasuk untuk mendukung kemajuan UMKM.
    Semoga dengan dukungan internet tanpa batas, kemajuan UMKM semakin terasa di berbagai penjuru Indonesia ya. Makasih info dan insight-nya, bermanfaat banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih juga sudah berkunjung ke blog ini Mba Devi. Semoga saja UMKM di Indonesia semakin maju dan berkembang ya.

      Hapus
  9. Dukungan akses internet yang mumpuni memang sangat diperlukan untuk pelaku usaha dalam memasarkan bisnisnya.
    Soalnya kalau terhambat, jadi miris kan yang harusnya bisa berkembang.
    Dan tentunya ada support juga dari pelaku usaha untuk mau terbuka akan digitalisasi yang demikian pesat ini, sehingga sama-sama mendukung untuk maju

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah saatnya UMKM digitalisasi biar semakin maju dan berkembang.

      Hapus
  10. Aku dukung banget UMKM Go Digital. Jadi ingat pernah ikut pelatihan untuk makanan dn minuman, dan rata-rata para pemilik usaha belum begitu memperhatikan mengenai strategi marketingnya. Mereka juga nggak banyak memanfaatkan internet. padahal butuh banget ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak sedikit juga dari mereka yang berangkat dari nol, makanya mereka perlu banget pelatihan, termasuk untuk go digital ini.

      Hapus
  11. di era digital seperti ini, umkm juga harus ikut berbenah ya mas
    harus memanfaatkan digitalisasi juga, makanya penting banget akses internet

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus banget bebenah Mba Dee, biar bisa adaptasi dengan digitalisasi biar UMKM semakin maju dan berkembang.

      Hapus
  12. Pangsa pasar UMKM Indonesia emang besar dan luas banget
    Indonesia berhasil survive economy crisis 2008 karena UMKM kita kuat

    Tapi pandemi 2020 berbeda, orang-orang jadi jarang belanja offline dan menyebabkan UMKM guncang

    Program Go Digital dan jaringan internet yang luas adalah smart move perintah nih biar UMKM bisa bangkit lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah ini harus ada strategi baru agar UMKM bisa bertahan dan semakin berkembang. Salah satunya dengan digitalisasi, karena di era digital saat ini sebagian besar bisnis dilakukan secara online.

      Hapus
  13. Nah semoga dengan adanya program ini semakin mempermudah UMKM memperluas usahanya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaamiiin, makasih atas support nya Mba Mutia.

      Hapus
  14. Saatnya melihat dunia dengan lebih luas.
    Bersama internet lancar, kita bisa belajar banyak hal dan memasarkan ke khalayak ebih luas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes betul banget Mba Lendy. Dengan internet kita bisa melakukan banyak hal, termasuk pemasaran digital bagi para UMKM di Indonesia.

      Hapus
  15. Setuju banget sih, zaman now kalau mengandalkan penjualan offline saja nggak bakal berkembang. Memang dibutuhkan pahlawan-pahlawan digital untuk membantu UMKM mengibarkan sayapnya lebih luas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga saja semakin banyak pahlawan digital lainnya ya Mba Marita, biar UMKM di Indonesia semakin berkembang.

      Hapus
  16. UMKM go digital ini emang perlu banget ya mas. Jadi pemasarannya lebih luas dan bisa menjangkau banyak daerah bukan hanya tempat dimana UMKM berada. Usaha jadi lebih cepat berkembang. Nah internet lancar paling dibutuhin nih kalau kayak gini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Mba Nunung, memang zaman sekarang harus dibantu dengan pemasaran online juga agar lebih berkembang.

      Hapus
  17. Kalau mau memasarkan hasil kita secara daring, koneksi internet prima memang syarat utama. Dan melalui koneksi yang stabil ini, UKM di Indonesia makin berjaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaamiiin, semoga saja ya dengan adanya koneksi internet, UMKM Indonesia semakin berjaya.

      Hapus


EmoticonEmoticon