Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perhatikan 10 Tips Memilih Printer Sesuai Kebutuhan

Tips Memilih Printer Sesuai Kebutuhan

Membeli printer baru memang tidaklah mudah, karena di pasaran ada begitu banyak merek dan jenis printer yang beredar. Setiap printer punya keunggulannya masing-masing. Hal inilah yang kerap membuat kita bingung mau beli printer yang seperti apa. Bagi yang tidak terlalu paham dengan teknologi, mungkin akan menjadi tantangan yang cukup sulit.

Maka dari itu, kamu perlu banget untuk memperhatikan tips memilih printer, agar kamu tidak salah membeli printer. Apalagi fungsi printer saat ini sudah sangat bervariasi, tidak hanya mencetak dokumen saja, tapi juga bisa memindai (scan) atau fotokopi.

Masing-masing produsen printer menawarkan produk printer dengan harga yang terjangkau dan model yang sangat menarik. Namun kamu jangan keburu tergiur, sebelum kamu mengetahui secara detail spesifikasinya.

Ada beberapa risiko yang perlu kamu ketahui jika kamu salah memilih printer :

  • Garansi yang sulit diklaim atau bahkan tidak ada garansi sama sekali
  • Printer cepat rusak dan sering mengalami masalah, padahal printer baru dibeli
  • Mesin printer cepat panas dan butuh perawatan khusus
  • Ada printer dengan murah, tetapi harga spare part, seperti cartridge yang lebih mahal dari harga printernya

10 Cara Memilih Printer Sesuai Kebutuhan Agar Lebih Awet

Sebagai konsumen, kamu wajib mengetahui tips memilih printer agar kamu tidak kecewa saat membeli printer. Apalagi kamu menggunakan printer untuk jangka panjang bukan? Maka dari itu, sangat penting bagi kamu untuk mengetahui tips memilih printer sesuai kebutuhan.

Melalui artikel ini, Susahsinyal.com ingin membagikan cara memilih printer yang bagus dan lebih awet, berikut ini :

1. Kenali jenis printer

Tips yang pertama adalah kamu perlu mengenali terlebih dulu jenis-jenis printer yang ada di pasaran. Tujuannya agar kamu bisa membeli printer yang tepat yang sesuai dengan kebutuhan. 

Jika kamu ingin menggunakan printer untuk pribadi, maka membeli printer dengan fitur standar saja sudah cukup. Berbeda dengan printer untuk keperluan bisnis, maka kamu membutuhkan printer dengan fitur yang cukup lengkap.

Maka dari itu, perhatikan baik-baik beberapa jenis printer yang ada di pasaran di bawah ini :

- Printer inkjet

Printer jenis inkjet adalah yang paling populer digunakan, baik untuk kebutuhan pribadi maupun bisnis. Printer inkjet menggunakan cartridge berbagai kombinasi warna agar menghasilkan cetakan yang bermacam warna di atas kertas. Salah satu contoh printer inkjet adalah printer HP Deskjet Ink Advantage 2135.

- Printer all-in-one

Fitur yang dimiliki lebih lengkap, karena selain bisa mencetak dokumen, juga bisa printing standar, scan bahkan bisa juga mengirimkan fax. Makanya dinamakan all-in-one karena memang multifungsi sekali.

- Printer LED

Printer jenis ini menggunakan teknologi light emitting diode untuk membentuk cetakan di atas permukaan kertas.

- Printer laser

Tidak jauh berbeda dengan printer jenis LED, printer laser menggunakan teknologi laser untuk mencetak berbagai dokumen.

Printer dot matrix

Bisa dibilang printer jenis ini adalah yang paling senior, karena masih menggunakan titik-titik (dot) untuk mencetak, sehingga hasilnya kurang tajam. Biasanya printer dot matrik digunakan untuk mencetak struk atau lembar angka dan tabel.

2. Sesuaikan dengan kebutuhan

Kamu mau beli printer untuk pribadi atau bisnis? Poin ini cukup penting kamu perhatikan, karena hal ini berkaitan erat dengan fitur pada printer yang ingin kamu beli. Jika kamu ingin membuka usaha percetakan, sebaiknya kamu memilih printer all-in-one yang menawarkan banyak fungsi dan fitur dalam satu perangkat. Cara ini akan menghemat bujet untuk bisnis percetakanmu.

Sementara jika kamu ingin menggunakan printer untuk pribadi, kamu bisa memilih printer jenis inkjet dengan fitur standar. Namun semua kembali ke kamu, mau pilih jenis printer yang mana untuk kebutuhan sehari-hari di rumah.

3. Fitur printer

Tips memilih printer berikutnya adalah perhatikan fitur pada printer yang ingin kamu beli. Jika kamu punya bujet lebih, ada baiknya jika kamu membeli printer dengan fitur yang paling baru, misalnya konektivitas wireless, sehingga bisa mencetak lewat jaringain WiFi hotspot maupun Bluetooth.

Tips Memilih Printer yang Bagus

Perhatikan juga apakah printer incaranmu dilengkapi dengan port USB atau tidak. Pertimbangkan baik-baik, karena terkadang konektivitas USB konevensional masih cukup membantu di saat yang tidak kamu duga. Jadi intinya, pilih printer yang akan membantu pekerjaanmu jadi lebih mudah.

4. Printer baru atau bekas?

Tidak ada salahnya jika kamu ingin membeli printer bekas, apalagi jika bujet kamu terbatas. Namun perlu kamu ingat bahwa printer bekas punya banyak kekurangan, baik dari segi kualitas, tinta sudah tidak utuh, garansi sudah habis dan lain sebagainya. 

Sementara jika kamu membeli printer baru, akan menjamin penggunaan printer yang lebih awet, meski kamu perlu merogoh kocek yang tidak sedikit. Namun jika kamu mengutamakan kualitas dan penggunaan printer jangka panjang, maka membeli printer baru merupakan sebuah solusi.

5. Layanan aftersales

Cara memilih printer yang bagus adalah memastikan apakah produsen pembuat printer punya garansi dan layanan aftersales (purnajual) yang baik. Pada umumnya, layanan garansi dan aftersales ini meliputi perlindungan perangkat, perbaikan hingga garansi cartridge tinta. Pelajari secara detail mengenai garansi printer yang ingin kamu beli.

Jangan sampai setelah kamu membeli printer, kamu jadi kecewa lantaran produsen printer tidak punya layanan purnajual yang memadai. Sehingga akan menyulitkanmu ketika ingin memperbaiki atau mencari spare part printer yang kamu beli.

6. Sesuaikan dengan bujet

Saking banyaknya model dan merek printer, terkadang membuat kamu bingung mau beli printer yang mana. Mau beli printer yang punya fitur lengkap (all-in-one), tetapi bujet kamu terbatas. Jika kamu galau, kamu bisa menunda dulu dan menabung hingga uangmu cukup.

Namun jika kamu sudah tidak sabar ingin punya printer baru, maka kamu bisa membeli printer yang sesuai dengan bujet. Namun tetap perhatikan fungsi, fitur dan kebutuhan dari printer yang ingin kamu beli.

7. Ukuran printer

Tips memilih printer yang ketujuh adalah memilih ukuran printer yang sesuai dengan kebutuhan. Jika kamu tidak punya tempat yang terlalu luas, disarankan agar kamu membeli printer yang berukuran kecil atau sedang saja. Jangan sampai ukuran printer yang terlalu besar akan menyulitkanmu untuk bekerja.

Jika kamu punya tempat kerja yang cukup luas, maka kamu bisa mempertimbangkan membeli printer dengan ukuran yang lebih besar, misalnya saja jenis printer all-in-one. Selain lebih efisien, tentu akan membantu memudahkan pekerjaanmu sehari-hari.

8. Kecepatan mencetak

Mau buka usaha digital printing? Hal pertama yang sebaiknya kamu perhatikan adalah kecepatan dalam mencetak. Pada umumnya bisnis digital printing sangat membutuhkan printer berkecepatan tinggi dalam mencetak. Bahkan bisa saja rata-rata membutuhkan kecepatan lebih dari 50 halaman per menit.

Salah satu printer yang biasa digunakan adalah printer multifungsi HP PageWide Enterprise dengan kecepatan rata-rata hingga 70 halaman per menit. Namun sebaliknya, jika kamu tidak terlalu membutuhkan printer yang mencetak dengan cepat, kamu bisa memilih printer standar.

9. Kualitas cetak yang bagus

Selain faktor kecepatan, kamu juga perlu menentukan kualitas percetakan yang bagus. Saat ini di pasaran telah banyak beredar printer yang punya kualitas mencetak biasa hingga yang kualitas bagus. Biasanya printer yang punya kualitas cetak foto yang bagus dilengkapi dengan seri "Photo / Image", contohnya seperti Epson Stylus Photo R2000.

Jika pada printer seri "Photo / Image" hasil cetakan foto maupun dokumen akan terlihat lebih bagus dan jelas, karena piksel yang sangat rapat. Sementara pada printer biasa / standar. hasil cetakan foto akan terlihat pecah, teutama saat mencetak ukuran gambar yang lebih besar.

10. Pertimbangkan harga tinta

Tidak sedikit saat ini banyak printer standar dengan harga yang lebih terjangkau, tetapi harga tintanya malah cukup mahal. Penting bagi kamu untuk kembali mempertimbangkan harga tinta sebelum membeli printer.

Coba kamu bandingkan harga antara cartridge tinta dan pastikan kamu dapat membeli tinta secara teraur, jika memang kamu akan lebih sering mencetak.

Nah demikian 10 tips dalam memilih printer yang bagus agar lebih awet dan tidak cepat rusak. Apalagi jika printer akan digunakan mencetak banyak dokumen dan foto, maka kamu harus lebih teliti lagi sebelum membeli printer.

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Perhatikan 10 Tips Memilih Printer Sesuai Kebutuhan"