Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Apa Itu Virtual Reality

Jika teknologi Augmented Reality memungkinkan kita untuk mensimulasikan objek virtual (maya) di dunia nyata, maka virtual reality adalah sebaliknya, justru kita lah yang dari dunia nyata dimasukkan ke dalam dunia maya. Biasanya virtual reality digunakan dalam dunia permainan maupun video.

Lantas, apa itu virtual reality?

Mungkin masih banyak masyarakat yang masih awam dengan istilah virtual reality. Arti dari kata 'Virtual' adalah dekat atau hampir nyata, sedangkan 'Reality' berarti hal-hal yang nyata yang kita alami. Jadi bisa disimpulkan jika virtual reality adalah sebuah teknologi yang menggabungkan objek nyata ke dunia virtual (maya).

Apa Itu Virtual Reality
Image : grid.id

Virtual reality
atau VR juga bisa disebut sebagai simulasi, di mana biasanya suasananya mirip seperti di dunia nyata, misalnya saat kamu jalan-jalan di sebuah kota di luar negeri secara virtual. Nah biasanya saat pandemi seperti sekarang ini, tidak sedikit masyarakat yang memilih traveling secara virtual.

VR memungkinkan kita untuk berkreasi menciptakan imajinasi keren, misalnya kita membuat suasana seperti di zaman kerajaan atau seperti berada di luar angkasa.

Sejarah Virtual Reality

Tahun 1800-an : 

Virtual Reality telah dikembangkan. Namun hanya sebatas ide untuk membuat sebuah alternatif realitas seiring mulai munculnya praktik fotografi

Tahun 1838 : 

Pertama kali ditemukan stereoskop yang menggunakan dua cermin kembar untuk memproyeksikan sebuah gambar

Tahun 1839 : 

Stereoskop terus mengalami perkembangan hingga menjadi View-Master dan selanjutnya dipatenkan satu abad kemudian pada tahun 1939

Tahun 1956 : 

Morton Heilig membuat simulasi Sensorama yang bisa membuat penggunanya merasakan suasana lingkungan perkotaan layaknya sedang menaiki sepeda motor. Pada tahap ini, pengguna sudah bisa melihat jalan, mendengar mesin motor berbunyi, merasakan getaran motor dan mencium bau mesin motor di sebuah dunia yang didesain teknologi.

Tahun 1960 : 

Morton Heilig mematenkan peralatan yang dinamakan dengan Telesphere Mask. 

Tahun 1977 : 

MIT (Massachusetts Institute of Technology membuat teknologi yang mirip seperti Peta Bioskop Aspen. Simulasi ini dilakukan di kota Aspen, Colorado, AS, di mana para pengguna VR bisa mengembara dalam salah satu dari tiga gaya yang ada, yaitu musim panas, musim dingin dan musim gugur

Tahun 1980 :

Terjadi penggantian nama menjadi virtual reality yang dipopulerkan oleh Jaron Lanier, mulai dari goggle (kaca mata) dan sarung tangan yang dibutuhkan seseorang untuk merasakan pengalaman VR.

Virtual Reality untuk Apa Saja?

Keberadaan VR telah banyak dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan. Misalnya dalam sebuah training atau pelatihan penerbangan. Seorang pilot bisa memanfaatkan teknologi VR untuk latihan menerbangkan pesawat. Sehingga ia seolah-olah sedang menerbangkan pesawat di tempat yang berbeda.

Lalu dari dunia medis, seorang dokter bisa berlatih untuk menangani operasi pasien secara VR.

Sejarah Virtual Reality
image : mediaindonesia.com

VR juga bisa digunakan untuk melakukan kegiatan rapat, entah rapat di kantor, rumah atau di kedai kopi. Setiap anggota rapat tidak perlu repot datang ke acara rapat. Mereka hanya perlu menggunakan headset VR dan menghubungkannya ke aplikasi.

Saat telah terhubung, masing-masing anggota dapat melihat wajah layaknya sedang berada di dalam satu ruangan yang sama. Rapat secara virtual sangat bermanfaat ketika akan mengadakan rapat jarak jauh. 

Teknologi Virtual Reality juga kerap digunakan untuk dunia pendidikan. Adapun tujuannya adalah memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengetahui pengembangan program VR, mengeksplorasi aplikasi pendukung hingga mampu menyelesaikan proyek mereka sendiri. 

VR juga bermanfaat selama Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) saat terjadi pandemi seperti sekarang ini.

Yang paling populer adalah penggunaan VR untuk bermain game atau video. Seorang player bisa bermain jenis permainan simulasi yang memberikan pengalaman jauh lebih menyenangkan. 

Sumber referensi :

[akurat.co] - Mengenal Sejarah Virtual Reality

[millealab.com] - Penggunaan Virtual Reality (VR) Populer di Bidang Pendidikan

[smarteye.id] - Mengenal Virtual Reality (VR) dan Kegunaannya yang Dapat Semua Kalangan Nikmati, Terutama Kalangan Bisnis

Posting Komentar untuk "Mengenal Apa Itu Virtual Reality"