Tips Aman Menggunakan WiFi Gratisan (Do and Don't) - Susah Sinyal - Kumpulan Artikel Teknologi
iklan banner

Tips Aman Menggunakan WiFi Gratisan (Do and Don't)

Tips Aman Menggunakan Wifi Gratisan

Di era digital seperti sekarang, internet telah menjadi kebutuhan hampir setiap orang. Melalui internet, banyak hal bisa dilakukan secara daring, mulai dari bekerja, belajar atau belanja online. Maka dari itu, fasilitas umum pun saat ini telah dilengkapi dengan WiFi (hotspot). Sebagai contoh saat kita makan di restoran atau sekedar ngopi santai di cafe, kita bisa terhubung dengan internet secara gratis melalui hotspot tersebut.

Namun menggunakan WiFi di tempat umum, dengan di rumah tentu saja memiliki tingkat keamanan yang berbeda. Ketika kita mengakses internet di tempat umum, maka kita harus ekstra waspada dan hati-hati, karena ada bahaya yang akan mengancam keamanan identitas kita yang dibawa oleh WiFi publik, sebagai contoh kejahatan pencurian identitas, malware maupun phishing.

Hal yang Sebaiknya Dihindari Saat Menggunakan WiFi Gratisan

Hal yang Sebaiknya Dihindari Saat Menggunakan WiFi Gratisan

Nah maka dari itu, Susahsinyal.com ingin berbagi trik aman dan nyaman menggunakan WiFi di tempat umum, agar aktivitas berselancar di dunia maya menjadi tidak was-was lagi. Berikut beberapa poin penting yang sebaiknya kita hindari :

1. Hindari untuk membuka akun bank, kartu kredit maupun akun finansial lainnya

Sangat tidak disarankan bagi untuk melakukan transaksi online saat menggunakan hotspot di tempat publik. Saat kita bertransksi menggunakan m-banking lewat ponsel, maka bisa saja seorang hacker membobol akses password maupun nomor pin m-banking milik kita.

Pada dasarnya mudah saja bagi seorang penjahat siber untuk memonitor semua aktivitas yang kita lakukan melalui ponsel maupun laptop. Tentu kita tidak mau uang di rekening habis terkuras bukan?

2. Hindari login menggunakan password ke akun milik kita

Trik menggunakan WiFi di tempat umum berikutnya adalah tidak login ke akun yang membutuhkan username dan password, karena aktivitas ini bisa saja dimanfaatkan oleh para penjahat siber untuk mencuri identitas kita. Misalnya saja akun email maupun sosial media milik kita.

3. Tidak membuka file perusahaan

Jangan sekali-kali membuka file milik perusahaan, karena biasanya file tersebut bersifat konfidensial, alias rahasia, sehingga tidak boleh diketahui oleh orang lain. Membuka file milik perusahaan rentan terjadi peretasan maupun malware yang akan menyerang file tersebut.

Hindari juga untuk mengakses email bisnis atau milik perusahaan serta beberapa perangkat milik perusahaan di tempat umum. Apalagi login menggunakan WiFi gratis, ini sangat berbahaya.

4. Hindari mengakses website yang tidak terenkripsi

Bermain aman! Ini yang harus menjadi pedoman saat sedang menggunakan WiFi gratisan di tempat publik. Salah satunya dengan hanya mengakses website yang telah terenkripsi. Apa maksudnya? Sebuah website yang terenkripsi akan memproteksi informasi yang dikirimkan hanya ke dan dari website itu saja.

Jika kita mengirimkan informasi pribadi maupun finansial ke website yang belum terenkripsi, maka sangat berisiko terhadap terjadinya pencurian data penting.

Website yang belum terenkripsi dengan baik, biasanya hanya diawali dengan "http" saja. Sementara yang telah terenkripsi telah menggunakan "https".

5. Berpikir 10 kali saat ingin belanja online

Mau belanja online menggunakan WiFi gratis? Duuh sebaiknya kita hindari saja deh, pasalnya saat kita check out keranjang belanja, maka website akan menampilkan beberapa informasi yang sifatnya konfidensial, misalnya saja nomor telepon, informasi nomor rekening bank, alamat rumah dan nama lengkap. Aktivitas ini sangat berisiko terjadi pembobolan akun dan uang tabungan di bank.

Sebaiknya Lakukan Ini Saat Menggunakan WiFi Gratisan

Berselancar di dunia maya terkadang membuat lupa waktu, hingga parahnya sampai mengabaikan keselamatan data diri dan informasi penting lainnya. Apalagi jika kita menggunakan WiFi gratisan, saking asyiknya, malah mengabaikan hal-hal paling penting di atas.

Sebelum kita tersambung dengan WiFi gratisan, berikut beberapa hal yang sebaiknya kita lakukan, agar data pribadi dan finansial kita tetap aman.

1. Menggunakan data internet pribadi

Jika kita ingin melakukan transaksi online atau mengakses akun penting atau membuka email pribadi, maka sebaiknya menggunakan data internet pribadi saja. Langkah ini dinilai cukup aman dari serangan kejahatan siber. Namun intinya kita tetap waspada untuk melakukan transaksi online ya guys.

2. Matikan pilihan sambung WiFi secara otomatis

Kelihatannya sepele, tapi risikonya sangat tinggi. Saat kita mencentang pilihan sambung WiFi secara otomatis, maka pilihan tersebut membuat kita tidak sadar sedang terkoneksi. Apalagi jika WiFi tersebut gratis dan tanpa password, ini semacam jebakan betmen yang perlu diwaspadai ya. Hal ini sama saja seperti membuka portal kepada para penjahat siber untuk bisa masuk ke file kita di ponsel atau laptop.

3. Waspada hotspot palsu

Ketika kita ingin mengakses WiFi gratis di tempat umum, pastikan nama WiFi yang akan dihubungkan adalah benar, karena bisa saja peretas membuat nama hotspot yang serupa dengan yang aslinya. Misalnya saat kita ingin menyambung ke jaringan WiFi bernama "Kafe Susahsinyal123", padahal nama hotspot yang aslinya adalah "Kafe Susahsinyal".

Sampai di sini, mungkin kita menganggapnya sama saja, padahal sebenarnya ini adalah jebakan peretas untuk mengelabui pengguna. Jadi sebaiknya tanyakan ke pihak pengelola nama jaringan WiFi yang asli.

Meski tidak semua hacker itu jahat, tapi ada beberapa oknum yang tidak bertanggungjawab justru memanfaatkan keahliannya (hack) untuk berbuat jahat. Maka dari itu, tidak ada salahnya bagi kita untuk selalu waspada dan hati-hati saat mengakses internet melalui hotspot gratisan.

Demikian informasi yang bisa saya sampaikan terkait tips aman menggunakan WiFi gratisan di tempat umum yang sebaiknya kita waspadai.

Previous
Next Post »

16 komentar

  1. Wah, jadi penasaran bagaimana cara mengetahui hotspot palsu itu seperti apa 🤔. Betul ey jangan buka sembarangan data pribadi di tempat umum, bahaya pencurian identitas. Terima kasih sarannya ya, koh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hotspot dianggap palsu, saat kita terkoneksi ke bukan penyedia jaringan yang asli. Biasanya nama hostpsot memiliki kemiripan. Nah saat kita mengakses internet di hotspot abal-abal tersebut, ya sudah, segala data kita akan mudah dicuri dong, apalagi kalau kita mengakses akun email atau m-banking.

      Hapus
  2. Waduuh... Selama ini asal nemu wifi gratisan langusng aja nyambunign. Gak ada pertimbangan apa-apa. Baca artikel ini jadi lebih aware buat pakai wifi. Terima kasih untuk informasi berharganya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih juga sudah berkunjung ke blog sederhana ini

      Hapus
  3. Dulu saya hobi banget pakai WiFi gratisan, memang cuma WiFi kampus sih, untuk buka akun website dan sebagainya. Masih merasa aman dan nyaman saja, berbaik sangka tidak ada orang jahil yang ikut nebeng di WiFi tersebut dan mencuri data kita.

    Tapi semakin hari, saya semakin berusaha untuk selalu punya paket data sendiri. Pun ketika habis, minta hotspot sama orang yang dipercayai. Data itu sangat penting, jauh lebih penting dari sedikit uang yang kita hemat dengan nebeng di WiFi gratisan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Data pribadi dan finansial itu sangat krusial, nggak ternilai, makanya sebaiknya beli paket data internet saja saat lagi di luar rumah, daripada harus nebeng WiFi di tempat umum. Harganya juga terjangkau.

      Hapus
  4. Memang yang paling aman itu pakai paket data sendiri aja..
    Kalau di kafe, jarang pake WiFi gratis sih..
    Pake WiFi paling di pustaka, kantor.. eh tapi itu sama aja ya😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, saya selalu menggunakan paket data internet sendiri saat berada di luar rumah. WiFi kantor dan pustaka juga sama-sama WiFi publik sih, tapi tetap harus waspada, jangan sembrono

      Hapus
  5. Saya salah satu yg memburu wifi gratis, seringnya ke warkop hehe
    Makaaih sharingnya. Saya jd lebih aware nih kl gitu, sering lupa pake wifi buka akun bank huhu

    BalasHapus
  6. Serius bahaya ya mas kalau kita akses internet banking di wifi gratis. Aku jadi takut karena suka banget kalau udh ada yang namanya wifi gratis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mulai sekarang harus lebih waspada lagi Mba. Mencegah lebih baik daripada data harus tersebar lewat internet

      Hapus
  7. Nah iya tuh. Kita suka lalai di cafe, kampus, bandara, suka ada wifi gratis main samber aja...hehe. Mumpung gratis...
    Setuju, jangan buka data pribadi pakai wifi gratis. Makasih tipsnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat ya Mba

      Hapus
  8. ternyata pake wifi ada juga tips amannya yaaaa mas, noted bgt, kadang suka sembarang akuh wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak boleh sembarangan Mba, harus patuh, hehehehe

      Hapus


EmoticonEmoticon