Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Meningkatkan Efektivitas & Efisiensi Bisnis dengan Penggunaan e-Meterai

Aplikasi e-Meterai

Jauh sebelum perkembangan era digital masif seperti sekarang, meterai fisik digunakan untuk kelengkapan berbagai dokumen yang dianggap penting. Waktu itu, penjualan meterai fisik masih sangat terbatas, yakni hanya dijual di kantor pos saja. Berhubung lokasi kantor pos cukup jauh dari rumah, pastinya saya membutuhkan effort yang besar untuk mendapatkan meterai fisik.

Seiring berjalannya waktu, meterai fisik sudah bisa dibeli di beberapa tempat alternatif selain kantor pos, misalnya saja Indomaret, Alfamart maupun toko-toko tertentu. Hal ini tentu sangat memudahkan saya untuk membeli meterai. Tidak perlu repot-repot lagi ke kantor pos, yang mana lokasinya cukup jauh dari rumah.

Namun, memasuki era digital seperti saat ini, kita semua dituntut untuk bergerak secara dinamis dan harus mampu beradaptasi dengan teknologi baru. Maka dari itu, kemudahan dan kecepatan akses data menjadi kebutuhan bagi setiap orang. Hal ini menjadikan efektivitas dan efisiensi menjadi tujuan yang ingin dicapai dalam era digital saat ini.

Salah satu bentuk perubahan signifikan dengan memanfaatkan teknologi digital adalah penggunaan meterai elektronik (e-meterai) untuk dokumen elektronik. Keberadaan e-meterai ini diharapkan mampu memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk membubuhkan meterai pada dokumen elektronik. Dalam hal ini, masyarakat tentu dihadapkan pada pilihan untuk menggunakan meterai fisik atau digital.

Mengenal Apa Itu e-Meterai

Berdasarkan Pasal 1 Undang-Undang No 10 Tahun 2020, meterai elektronik adalah meterai yang digunakan untuk dokumen elektronik yang memiliki ciri khusus dan mengandung unsur pengaman yang dikeluarkan oleh Pemerintah Republik Indonesia. Biasanya e-meterai digunakan untuk membayar pajak atas dokumen elektronik dan terhubung dengan sistem elektronik yang memuat dokumen elektronik.

Meterai yang dirilis oleh Perum Peruri ini dilengkapi dengan kode unik berupa nomor seri dan keterangan tertentu. Nilainya terdiri dari nominal Rp 10.000 dan berbentuk persegi berwarna dominan merah muda. Setiap e-meterai memiliki gambar lambang negara Garuda Pancasila, dengan tulisan "METERAI ELEKTRONIK", serta angka dan tulisan yang menunjukkan tarif bea meterai, yaitu angka 10000 dan tulisan "SEPULUH RIBU RUPIAH".

Keuntungan Menggunakan e-Meterai 

Kehadiran meterai elektronik diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi banyak pihak, termasuk untuk bisnis di era digital saat ini. e-Meterai menjadi solusi tepat untuk bisnis, sehingga memberikan keuntungan yang signifikan. 

e-Meterai Tingkatkan Efektivitas dan Efisiensi Bisnis

Pada awalnya mungkin akan terasa asing, akan tetapi seiring berjalannya waktu, penggunaan e-meterai makin umum digunakan dalam berbagai transaksi bisnis. Maka dari itu, penting bagi kamu untuk mengetahui cara menandatangani dokumen menggunakan e-meterai dengan tepat. Agar e-meterai tidak tumpang tindih dengan tanda tangan digital.

Selanjutnya, mari kita cari tahu lebih lanjut beberapa keuntungan penggunaan e-meterai yang perlu kamu ketahui :

1. Lebih praktis dan efisien

Setiap orang bisa membeli e-meterai secara online mengandalkan jaringan internet. Hal ini tentu akan memudahkan kita untuk membelinya kapan pun dan dari mana saja. Tidak perlu repot-repot keluar rumah lagi untuk mendapatkan e-meterai. 

Pembubuhan e-meterai bisa langsung dilakukan pada dokumen elektronik. Tidak perlu mencetaknya, tidak perlu menempel, tidak perlu scan ulang, sehingga prosesnya jauh lebih praktis, terutama pada transaksi elektronik.

2. Meminimalisir pemalsuan

Meterai elektronik dilengkapi dengan unsur pengaman di dalamnya, yaitu digital signature X.509 SHA 512. Selain itu, e-meterai juga memiliki desain berbeda dan sebanyak 70 persen desain meterai memiliki barcode yang unik, sehingga mengurangi risiko pemalsuan meterai yang dilakukan oleh oknum tidak bertanggung jawab.

e-Meterai dilengkapi dengan berbagai fitur yang memudahkan untuk bisa dibaca dengan menggunakan aplikasi e-meterai serta fitur validasi berupa pembuktian secara forensik oleh Perum Peruri untuk menjaga dan mencegah meterai dari tindakan pemalsuan.

3. Menambah sumber pendapatan negara

Seperti dilansir dari liputan6.com, penerimaan negara dari meterai elektronik telah mencapai Rp 6,7 triliun. DJP memperkirakan potensi penerimaan negara dari e-meterai ini masih sangat besar dan bisa berkontribusi secara signifikan dalam pembangunan negara.

"Pemungut diberikan amanah oleh undang-undang melalui DJP untuk melakukan kegiatan pungutan pajak objektif berupa materai elektronik  Pemerintah mempersiapkan infrastruktur dan regulasinya. Hasil pungutan tersebut akan digunakan untuk pembangunan negara. Oleh karena itu, DJP berterima kasih kepada PERUM PERURI, PDS dan para Pemungut atas kerja sama kolaborasi yang baik selama ini," ujar Muhammad Tunjung Nugroho, Kepala Subdirektorat Peraturan PPN Perdagangan Jasa dan Pajak Tidak Langsung Lainnya DJP I.

4. Mengurangi biaya pengiriman surat dan dokumen resmi

Dalam dunia bisnis, kehadiran e-meterai ini mampu memangkas biaya pengiriman surat dan dokumen resmi. Apalagi jika bisnis tersebut sering melakukan pengiriman ke berbagai wilayah. Dengan menggunakan e-meterai ini, bisnis mampu meminimalisir biaya tersebut, karena tidak perlu lagi membeli meterai fisik atau membayar biaya tambahan untuk meterai fisik.

5. Meningkatkan efisiensi dan produktivitas bisnis

Penggunaan e-meterai tentu membawa perubahan positif dalam suatu bisnis, sehingga mampu meningkatkan efisiensi dan produktivitas bisnis itu sendiri. Berkat e-meterai, bisnis mampu menghemat waktu, karena tidak perlu lagi menghabiskan waktu untuk membeli meterai fisik, mengirim dokumen resmi ke kantor pos atau mengantri untuk membeli meterai fisik di kantor pos.

6. Meminimalisir risiko kehilangan meterai fisik

Berbeda dengan meterai fisik yang sering terselip atau hilang dicuri, e-meterai jauh lebih aman, karena tersimpan secara online. Berkat e-meterai, risiko kehilangan meterai fisik menjadi berkurang. Bisnis juga tidak perlu mengeluarkan biaya lagi untuk membeli meterai fisik baru jika meterai fisik tersebut hilang.

7. e-Meterai lebih ramah lingkungan

Tidak seperti meterai fisik yang membutuhkan kertas untuk membuatnya. Sementara e-meterai tidak membutuhkan kertas dan tinta untuk dicetak. Hal ini tentu menjadikan e-meterai jauh lebih ramah lingkungan, karena tidak membutuhkan bahan-bahan yang tidak ramah lingkungan dalam proses produksinya.

Dapatkan e-Meterai Melalui Platform Privy

Saat ini, mudah bagi kamu untuk menemukan aplikasi e-meterai, salah satunya adalah Privy, yang menjadi pilihan tepat sebagai penyedia identitas digital dan tanda tangan digital di Indonesia. 

Solusi Tanda Tangan Digital

Privy merupakan pemimpin pasar dalam kepercayaan digital dengan lebih dari 40 juta pengguna terverifikasi dan lebih dari 2.600 pelanggan perusahaan. Privy juga telah mendapatkan akreditasi Webtrust for Certification Authority (CA) untuk memperkuat jaminan pembuktian tanda tangan digital Privy serta keamanan data para pengguna.

Lima manfaat tanda tangan digital dan e-meterai tersertifikasi Privy :

1. Lebih hemat waktu dan biaya

Kamu bisa menghemat waktu dan biaya untuk mencetak, memindai dan menyimpan dokumen. Selain itu juga bisa menghemat pemakaian kertas.

2. Sah secara hukum

Tanda tangan digital Privy sesuai dengan Peraturan Perundang-undangan Indonesia pasal 11 UUITE. Selain itu juga telah terdaftar sebagai PSrE di bawah Kementerian Komunikasi dan Informatika serta telah diakui oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bank Indonesia (BI).

3. Terlindungi dengan baik

Privy memastikan keamanan dokumen yang ditandatangani secara digital, mengurangi ancaman pemalsuan dokumen atau tanda tangan serta meminimalkan risiko dokumen hilang atau rusak.

4. Penyedia layanan tanda tangan digital dan identitas digital terpercaya

Privy sendiri merupakan pemimpin pasar dalam Kepercayaan Digital dengan lebih dari 40 juta pengguna terverifikasi dan lebih dari 2.600 pelanggan perusahaan.

5. Terlindung dari ancaman

Privy telah mendapatkan sertifikasi Sistem Manajemen Keamanan Informasi ISO/IEC 27001:2013 untuk menjaga kerahasiaan dan keamanan data.

Konklusi

Seiring perubahan teknologi informasi yang semakin dinamis, hal ini berimbas pada perubahan bentuk dokumen atau modifikasi dari bentuk sebelumnya. Teknologi informasi telah mendorong berkurangnya penggunaan kertas (paperless). Seperti diketahui, paperless salah satu langkah untuk meningkatkan efisiensi dalam bisnis.

Tanda Tangan Digital Privy

Sejalan dengan itu, transaksi elektronik semakin mudah dilakukan dengan mengandalkan jaringan internet, sehingga jauh lebih efektif dan efisien. Setiap dokumen elektronik dapat dengan mudah ditandatangani secara online dengan menggunakan tanda tangan digital serta e-meterai. Maka dari itu, dapat disimpulkan jika penggunaan e-meterai turut andil dalam meningkatkan efektivitas dan efisiensi bisnis.

Referensi :

https://blog.privy.id/

https://www.online-pajak.com/seputar-ppn-efaktur/3-keuntungan-menggunakan-e-meterai#:~:text=Dengan%20menggunakan%20e%2Dmeterai%2C%20bisnis%20dapat%20menghemat%20waktu%20dan%20meningkatkan,meterai%20fisik%20di%20kantor%20pos.

https://indonesiabaik.id/infografis/mengenal-e-meterai

Semoga bermanfaat.

23 komentar untuk "Meningkatkan Efektivitas & Efisiensi Bisnis dengan Penggunaan e-Meterai"

  1. Praktis banget ya sekarang ada e-meterai dan belinya juga mudah. Di era digital, materainya juga ada versi elektroniknya. Sama sahnya dan lebih ramah lingkungan.

    BalasHapus
  2. Aku sebagai salah satu pegiat digital yang terbantu banget dengan adanya layanan e-materai. Jadi nggak perlu repot2 ke toko kelontong/mini market untuk tempel materai di printed dokumen hehe

    BalasHapus
  3. Era digital saat ini memberikan dampak yang cukup signifikan bagi bisnis ya mas. salah satunya mulai beralih ke e-materai karena lebih efisien, otentik, aman dan tentunya ramah lingkungan

    BalasHapus
  4. Saya masih ingat saat Bapak saya membutuhkan meterai. itu harus ke kantor pos dulu yang jaraknya lumayan jauh. Butuh waktu dan tenaga. Namun seiring waktu, meterai sudah mudah didapat di banyak tempat, termasuk minimarket. Dan Alhamdulillah sekarang semakin dimudahkan lagi dengan adanya e-meterai. Lebih praktis.

    BalasHapus
  5. Selama ini manual banget. Surat diprint, lalu ditempel meterai, kemudian ditandatangani, abis itu discan, baru deh jadi file digital. Tapi sungguh tidak efektif dan efisien. Bersyukur sekarang ada Privy, jadi jauh lebih mudah dan hemat segalanya.

    BalasHapus
  6. urusan biaya pengiriman jadinya lebih hemat kalau pakai e-materai yah kak
    soalnya bisa lewat digital pengiriman dokumennya, jadi gak khawatir kalau dokumen yang dikirimkan bakalan telat sampainya.

    BalasHapus
  7. Beberapa kali aku udah coba pakai materai elektronik, emang sepraktis itu kak. Kita jadi gak perlu keluar rumah untuk beli materai, bisa langsung via ponsel.

    BalasHapus
  8. Inget banget duluuu bingung nyari materai fisik buat kelengkapan berbagai dokumen penting. Sekarang era digital semua udah maju dan serba digital yah. Kemarin aku juga udah nyobain e-materai, ternyata lebih mudah dan praktis. Apalagi bisa meminimalisir pemalsuan. Pastikan coba lewat Privy yang aman dan terpercaya.

    BalasHapus
  9. Wah, keren banget ya Privy ini! Dengan e-materai, nggak cuma hemat waktu dan biaya, tapi juga terjamin sah secara hukum. Plus, dengan jaminan keamanan data dan sertifikasi yang lengkap, bener-bener bikin tenang deh. Nggak heran banyak perusahaan dan individu yang mempercayai Privy sebagai solusi e-materai 👍🔒

    BalasHapus
  10. kehadiran e-Meterai benar benar sangat membantu sih terutama kebutuhan legalitas dokumen agar lebih cepat, praktis dan gak ribet tapi aman. saya udah mencoba dan ternyata memang semudah itu. apalagi sekarang udah ada Privy yang memiliki semua kebutuhan legalitas dan identitas digital

    BalasHapus
  11. Asli sih, jadi praktis banget kalo ada e-meterai ini, apalagi untuk aktivitas bisnis, nggak perlu print² lagi. Dapetinnya juga gampang banget, karena udah ada Privy yg memudahkan segalanya.

    BalasHapus
  12. wah, ini nih yang ditunggu-tunggu. akhirnya ada ematerai. secara gtu kan sekarang eranya digital jadi semuanya serba sat set. paling sebel kalo harus ttd pake materai karena harus di print dulu. sekarang mah udah enak ya ada ematerai. oke bgt nih Privy

    BalasHapus
  13. Setuju banget nih. Kita bakal lebih efektif dan efisien mengurus perdokumenan. Terlebih yang menggunakan tanda tangan digital dan e-meterai.

    Nggak prlu repot beli meterai fisik di toko. Wkt ga terbuang. Biaya pun bisa ditekan krn ga hrs ke mana utk beli e-meterai ini. Privy emg mantap solusinya.

    BalasHapus
  14. Sejak pindah rumah ke daerah yang ke mana-mana jauh, aku bersyukur banget sudah jadi pengguna Privy, jadi urusan ttd digital dokumen, termasuk beli e-meterai jadi mudah dan praktis banget

    BalasHapus
  15. Dengan e-materai ini keamanan bisa terjaga yaaa.. enggak lagi ada pemalsuan karena materai jenis ini sudah dilengkapi dengan barcode khusus untuk materai tersebut. Pun tidak repot lagi harus mencari materai fisik ketika kita terdesak waktu untuk segera menandatangani dokumen.

    BalasHapus
  16. Kalau ada e-materai, terbantu banget, nih, terutama aku juga paling males kalau ribet beli materai saat harus ada dokumen yang perlu diurus. Mana materainya kecil pula, gampang ilang. Hehe. Untungnya sekarang ada yang praktis.

    BalasHapus
  17. Hidup jauh membuat aku juga kesusahan untuk dapat meterai fisik yang sewaktu waktu diperlukan. Dengan adanya E meterai ini benar-benar akan sangat membantu, apalagi dalam keadaan urgent

    BalasHapus
  18. oalah, ternyata ada e-materai ya xD ya ampun baru tau aku ^^ jadi lebih praktis dong ya.. kadang aku bingung beli materai fisik dimana.

    BalasHapus
  19. Zaman makin maju, materai jg kini ada yg elektronik. Sangat bermanfaat nih... Jd hemat waktu dan efisiensi. Ga perlu cari2 materai fisik. Pakai Privy keamanan jg terjaga.

    BalasHapus
  20. Jaman sekarang canggih banget ya, semua menjadi lebih praktis. Beberapa tahun lalu gak pernah kebayang akan ada materi dengan versi elektronik yang bisa digunakan masyakat luas kek gini. Aku pelajari juga lewat Privy relatif mudah.

    BalasHapus
  21. Wah iya, sekarang ada e-materai ya
    Lebih efisien untuk urusan bisnis ya
    Lebih mudah dan hemat

    BalasHapus
  22. Jadi biasanya e-meterai ini penggunaannya untuk membayar pajak dokumen elektronik yang terhubung dengan sistem elektronik gitu ya kak.

    Terus yang rilis meterainya itu Perum Peruri. Selain lambang garuda, ada kode unik berupa nomor seri dan keterangan tertentu di meterainya ya. Ternyata sedetail itu e-meterai

    BalasHapus
  23. Zaman dulu, liat tanda tangan digital aja rasanya uda praktis banget.
    Kini, semakin canggih karena dokumen digital pun bisa diperkuat dari sisi hukum menggunakan e-Meterai Melalui Platform Privy.

    BalasHapus