Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peran Farmasi untuk Kesejahteraan Kesehatan Masyarakat

Apa Itu Farmasi

Siapa sangka, keberadaan para ahli farmasi begitu penting dalam memberikan pelayanan kesehatan yang optimal kepada masyarakat luas. Tidak hanya dalam pengelolaan maupun distribusi obat-obatan saja, tetapi juga turut andil dalam memberikan informasi seputar edukasi kesehatan.

Farmasi dan apoteker merupakan bagian dari ilmu bidang kesehatan, akan tetapi memiliki peran yang berbeda. Meski demikian, ahli farmasi dan apoteker keduanya saling melengkapi dalam rangka memberikan layanan kesehatan bagi masyarakat.

Jika farmasi fokus pada penelitian, pengembangan dan produksi obat-obatan, sementara apoteker terlibat dalam pemberian obat kepada pasien, memberikan informasi mengenai penggunaan obat serta menjaga agar proses distribusi obat berjalan dengan lancar.

Apa Itu Farmasi

Farmasi berasal dari kata "pharmacy" (bahasa Inggris), yang merupakan serapan dari kata "pharmacon" yang artinya adalah obat. Farmasi merupakan kombinasi dari dua bidang ilmu kesehatan dan ilmu kimia yang memiliki tanggung jawab memastikan efektivitas dan keamanan penggunaan obat.

Ruang lingkup farmasi berkaitan erat dengan produksi, pengembangan, formulasi, pengujian dan pengelolaan obat-obatan, sehingga obat yang akan dikonsumsi masyarakat aman, efektif dan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

Bidang farmasi memiliki peran penting dalam memberikan pelayanan kesehatan. Berikut beberapa di antaranya :

1. Penelitian dan pengembangan obat

Seorang ahli farmasi secara langsung terlibat dalam proses penelitian untuk mengembangkan obat-obatan terbaru, atau meningkatkan formulasi yang sudah ada.

2. Pengujian klinis

Peran ahli farmasi selanjutnya adalah merencanakan dan mengawasi uji klinis yang melibatkan pengujian obat pada manusia untuk memastikan keamanan dan efektivitasnya.

3. Pengelolaan produksi obat

Ahli farmasi juga turut serta dalam produksi obat-obatan secara ketat, apakah sudah sesuai dengan standar dan pedoman yang berlaku.

4. Konsultasi kesehatan

Peran farmasi berikutnya memberikan informasi mengenai penggunaan obat, dosis yang tepat, efek samping dan interaksi obat kepada profesional kesehatan dan pasien.

Mengenal Organisasi PAFI

Para profesional farmasi sendiri ternyata memiliki sebuah organisasi yang telah berdiri sejak 13 Februari 1946 di Hotel Merdeka, Yogyakarta. Organisasi yang dimaksud bernama PAFI. Organisasi ini merupakan organisasi asosiasi farmasi tertua yang ada di Indonesia.

Organisasi PAFI

PAFI merupakan akronim dari Persatuan Ahli Farmasi Indonesia yang didirikan untuk mengumpulkan para ahli farmasi yang saat itu jumlahnya masih sangat terbatas, yang berlandaskan oleh keinginan yang kuat untuk turut andil dalam membangun bangsa melalui keahlian yang dimiliki oleh para ahli farmasi di Indonesia.

Organisasi PAFI adalah suatu organisasi yang bersifat Kekaryaan dan Pengabdian serta berazaskan Pancasila. PAFI dan Pengurus Pusat PAFI berada di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Tujuan berdirinya PAFI adalah untuk kepentingan dan kesejahteraan bersama. Berikut beberapa poin penting dari tujuan organisasi PAFI yang perlu Anda ketahui :

  • Mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945
  • Mewujudkan derajat kesehatan yang optimal dan berkualitas bagi masyarakat Indonesia
  • Mengembangkan dan meningkatkan pembangunan farmasi Indonesia
  • Meningkatkan kesejahteraan antara sesama anggota 

Misi mulia yang diemban oleh PAFI yaitu turut bersama memerangi obat ilegal, mencegah terjadinya penyalahgunaan dan penggunaan obat. 

Mengenal PAFI Kabupaten Pasuruan

Setiap daerah, PAFI mendirikan cabang masing-masing, termasuk salah satunya adalah cabang PAFI Kabupaten Pasuruan dengan alamat lengkap di Jl. Wonosari, Wonosari, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

PAFI Kabupaten Pasuruan memiliki peran penting dalam memaksimalkan fungsi maupun kinerja para ahli farmasi yang ada, sehingga diharapkan akan mampu mewujudkan visi Indonesia Sehat pada tahun 2025. 

Konklusi 

Melalui perpanjangan tangan dari PAFI Pusat, Persatuan Ahli Farmasi Indonesia Kabupaten Pasuruan turut memiliki andil yang cukup besar untuk membantu mewujudkan Indonesia Sehat pada tahun 2025. 

Semoga dengan hadirnya cabang PAFI Kabupaten Pasuruan, dapat membantu memudahkan masyarakat untuk mendapatkan informasi kesehatan yang akurat dan terpercaya. Sekaligus dapat menghindarkan dari peredaran obat palsu dan ilegal.

Demikian artikel kesehatan yang bisa Susahsinyal.com bagikan. Semoga bisa menambah wawasan sekaligus menjadi referensi bagi Anda, terutama yang tertarik dengan informasi dari dunia kesehatan. sampai jumpa di postingan kesehatan lainnya.

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Peran Farmasi untuk Kesejahteraan Kesehatan Masyarakat "