Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenali Perbedaan Montir dan Mekanik

Perbedaan Montir dan Mekanik

Dalam dunia otomotif, pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan istilah montir dan mekanik bukan? Kedua profesi ini selalu ada di dalam setiap bengkal mobil maupun motor. Selama ini mungkin banyak yang mengira jika montir dan mekanik itu sama. Padahal keduanya berbeda lho. Nah, di sinilah pentingnya kamu memahami apa saja perbedaan antara montir dan mekanik.

Pemahaman tentang perbedaan keduanya ini akan membantu kamu dalam memahami lebih jauh peran dan layanan yang ditawarkan oleh kedua profesi tersebut. Jadi, ketika kamu berkunjung ke bengkel, kamu bisa dengan mudah mengetahui peranannya masing-masing.

Baca terus artikelnya hingga selesai agar kamu mengetahui lebih lanjut definisi masing-masing profesi tersebut ya guys!

Definisi Montir

Mengutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti montir adalah orang yang pekerjaannya memasang, memperbaiki mesin kendaraan bermotor yang rusak. Adapun tugas dari seorang montir adalah memperbaiki kerusakan dan menjaga kualitas performa mesin pada kendaraan bermotor, seperti mobil dan motor. 

Berikut tugas dan tanggung jawab montir di bengkel yang perlu kamu ketahui :

  • Mencari tahu dan mengetahui penyebab kerusakan pada kendaraan
  • Memperbaiki kerusakan pada kendaraan sesuai dengan tingkat dan jenis kerusakannya
  • Memeriksa terhadap bagian lain dari kendaraan
  • Melakukan pemeriksaan suku cadang atau kelengkapan kendaraan yang harus diganti, serta membuat pembukuan laporan kondisi kendaraan setelah dilakukan perawatan.

Definisi Mekanik

Masih menurut KBBI, mekanik merupakan profesi ahli permesinan pada kendaraan. Seorang mekanik bertanggung jawab dalam pemeliharaan dan perbaikan kendaraan ketika terjadi kerusakan. Namun, tugas seorang mekanik tidak hanya sebatas menangani kerusakan saja, seorang mekanik juga melakukan pengecekan secara menyeluruh pada kendaraan.

Berikut adalah tugas dan tanggung jawab seorang mekanik :

  • Menguji komponen dan sistem pada suatu kendaraan
  • Melakukan pemeriksaan kendaraan untuk mengetahui tingkat kerusakan ataupun malfungsi
  • Memperbaiki, menyusun ulang, mengganti dan menyesuaikan kondisi rem
  • Menyelesaikan checklist untuk memastikan semua bagian penting pada kendaraan

Perbedaan Montir dan Mekanik

Setelah kamu mengetahui apa itu montir dan mekanik, sekarang mari kita ambil kesimpulan antara perbedaan montir dan mekanik. Satu hal yang paling membedakan di antara keduanya adalah jangkauan pekerjaannya.

Secara garus besar, tugas dari seorang montir adalah memperbaiki, mengecek dan memasang bagian-bagian pada kendaraan secara umum. Sementara, seorang mekanik bertugas untuk memeriksa kondisi kendaraan secara keseluruhan.

Jadi, bisa dikatakan profesi montir meliputi pekerjaan di bengkel yang bertanggung jawab untuk memperbaiki dan memasang bagian kendaraan secara umum. Sedangkan profesi mekanik adalah seseorang yang memiliki ilmu lebih dalam tentang mesin kendaraan. Artinya, jika terjadi kerusakan seirus, kendaraan harus ditangani oleh mekanik, karena biasanya ada mekanik yang khusus untuk memperbaiki karburator, radiator ataupun kompresor.

Nah, kamu sudah tau kan perbedaan keduanya. Jangan lupa juga lakukan service motor secara rutin bagi kamu para biker ya. Agar mesin motor kamu lebih awet.

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Kenali Perbedaan Montir dan Mekanik"