Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Servis Motor Secara Rutin

Manfaat Servis Motor Secara Rutin

Motor menjadi salah satu sarana transportasi paling populer di masyarakat. Selain harganya terjangkau, motor juga bisa menghemat waktu tempuh perjalanan, karena naik motor bisa lebih mudah sat set sat set, ketimbang mobil. Biaya perawatan motor juga terhitung lebih murah jika dibandingkan dengan mobil.

Saya termasuk salah satu pengguna sepeda motor di kota Jakarta. Seperti sama-sama kita tau, Jakarta merupakan kota termacet ke-29 dari 389 kota di 56 negara di dunia. Begitu seperti dikutip dari Tomtom Traffic Index pada tahun 2022 lalu. 

Macet, Jadi Salah Satu Penyebab Mesin Motor Cepat Panas 

Kondisi lalu lintas yang sering macet, selain membuat sebagian pengendara stress, juga menjadi penyebab mesin kendaraan cepat panas, salah satunya ya motor yang saya pakai sehari-hari ini.

Meski masih bisa sat set sat set, tapi terkadang naik motor juga bisa stuck terjebak macet. Mau selap selip sudah tidak bisa, alhasil harus ekstra sabar berkendara. Sementara mesin motor tetap harus menyala.

Mesin motor yang terus menyala, suhunya akan terus meningkat, sehingga bisa saja mesin motor jadi over heat (terlalu panas). Apalagi jika jarak tempuh cukup jauh. Jika hal ini terus menerus terjadi, maka kinerja motor akan semakin berat.

Efeknya, tarikan motor jadi terasa berat. Belum lagi ditambah debu dan kotoran setiap hari yang bisa saja masuk dan mengendap ke dalam mesin motor. Maka dari itu, kamu perlu melakukan servis motor secara rutin, agar mesin motor lebih awet dan tarikan motor jadi enteng lagi. 

Manfaat Servis Motor Secara Rutin

Tarikan motor yang terasa enteng, membuat perjalanan jadi lebih nyaman. Motor juga bisa melibas berbagai medan jalanan secara prima. Mau naik ke tanjakan juga tidak terlalu masalah. Motor melaju dengan optimal. Inilah yang saya rasakan ketika setelah motor selesai diservis secara berkala.

Berapa Biaya Servis Motor

Nah berikut ini ada beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan kalau kamu rajin servis motor secara berkala. Simak poin-poin pentingnya ya guys :

1. Menjaga performa kendaraan

Mekanik pastinya akan melakukan pemeriksaan kondisi mesin motor secara menyeluruh. Kalau di dunia otomotif, 'servis' disebut juga dengan istilah tune up. Adapun tujuan dari tune up ini untuk menjaga performa mesin motor agar tetap prima.

Tune up penting banget bagi kamu yang selalu memakai motor setiap hari, karena ada sebagian komponen pada mesin motor yang mengalami perubahan. Setiap bengkel tentu memiliki Standar Operasional Prosedur (SOP) yang berbeda-beda mengenai pelaksanaan servis. 

Setidaknya ada tiga kategori jenis perawatan yang biasanya dilakukan :

  • Mesin

Perawatan mesin ketika tune up adalah untuk menjaga agar mesin kendaraan bisa beroperasi secara normal. Beberapa bagian mesin yang akan dicek di antaranya karburator atau body throttle, transmisi/CVT, pompa oli, klep, kopling, busi, saluran udara hingga penggantian oli.

  • Chassis atau sasis

Pada bagian sasis akan dilakukan pengecekan hingga penyetelan ulang pada beberapa komponen, di antarana bagian kemudi, roda, suspensi, pengaturan rem, master silinder, jarak bebas kopling dan lain sebagainya.

  • Kelistrikan

Bagian kelistrikan juga sangat penting untuk dilakukan pengecekan, agar motor tetap aman saat dikendarai di jalan raya. Beberapa bagian yang biasanya diperiksa dan disetel ulang di antaranya adalah aki, lampu dan klakson.

2. Menghemat biaya

Manfaat servis motor secara rutin yang selanjutnya adalah mampu menghemat biaya operasional. Kalau kamu rajin servis motor, kamu bisa tahu kondisi motor secara menyeluruh. Kamu juga jadi tau komponen-komponen mana saja yang sudah aus atau yang harus diganti. Dengan demikian kamu bisa menyiapkan budget untuk membeli komponen tersebut.

Kamu bisa membeli komponen suku cadang yang asli. Meski harganya lebih mahal, tapi memiliki kualitas yang bagus dan daya tahan yang lebih lama. Ingat ya, untuk segera mengganti komponen, agar terhindar dari kerusakan yang lebih parah, yang tentu saja bakal mengeluarkan biaya yang lebih besar lagi.

3. Bisa konsultasi gratis

Ketika sedang servis motor, saya tidak segan untuk banyak bertanya ke mekanik yang mengecek motor. Dari sini saya bisa mendapatkan info baru ataupun tips penting untuk menjaga performa kendaraan. Enaknya lagi, konsultasi ini bisa didapatkan secara gratis.

Jika kamu ingin banyak bertanya atau konsultasi soal kendaraan, sebaiknya biasakan untuk servis motor di bengkel langganan. Kalau sudah kenal, jadi lebih enak lagi untuk berkonsultasi. Namun tetap menjaga hubungan baik dengan mekanik dan jangan terlalu mengganggu pekerjaannya. Pintar-pintar cari waktu yang tepat untuk konsultasi.

4. Motor jadi lebih awet

Manfaat yang tidak kalah pentingnya adalah performa mesin motor terjaga dengan baik, sehingga bisa digunakan lebih lama dibandingkan motor yang tidak dirawat. Pada umumnya motor bisa digunakan dengan nyaman lebih dari lima tahun jika rajin merawatnya. 

Kebiasaan dalam merawat dan servis motor akan memengaruhi usia pemakaian motor. Semakin rajin merawat motor, maka usia pemakaiannya bisa lebih lama lagi. Namun jika malas untuk servis motor rutin, performa motor kurang terjaga dengan baik, sehingga motor jadi cepat rusak.

5. Nilai jual motor tinggi

Servis motor secara rutin ternyata sangat memengaruhi pada harga jual kembali motor. Bisa kamu bayangkan, motor dengan kondisi mesin yang tidak nyaman, sering mogok hingga tampilan motor yang tidak mengenakkan mata, apakah bisa laku terjual dengan harga tinggi? Mungkin saja motor tetap laku terjual, tetapi tentu dengan harga yang lebih murah.

Begitu juga sebaliknya, jika motor terawat, tampilan kinclong dan jarang sekali mogok, tentu harga jualnya akan lebih baik lagi. Bahkan selisih harga jualnya bisa sangat jauh. Inilah manfaatnya jika kamu ingin menjual motor yang lebih sering diservis.

Konklusi

Nah itu tadi lima manfaat servis motor secara rutin yang akan kamu rasakan jika kamu rajin merawat motor. Jadi, jangan sampai malas merawat motor ya, jika tidak ingin performa mesin motor menurun dan cepat rusak. 

Hal yang paling penting juga kamu perhatikan adalah jangan sampai telat mengganti oli. Jika kamu sampai telat atau lupa mengganti oli, maka siap-siap untuk mengeluarkan biaya perbaikan motor yang lebih besar lagi. 

Semoga artikel ini bisa bermanfaat sekaligus membuka pintu hati kamu untuk lebih rajin lagi merawat motor

2 komentar untuk "Manfaat Servis Motor Secara Rutin"

  1. Nilai jual tetep tinggi itu beneeeer banget. Terbukti dari suamiku, yg rutin service mobil2 dan motornya dari zaman masih kuliah mas. Dia memang telaten dan sayang banget Ama kendaraan. Jadi sejak punya sendiri, selalu dirawat.

    Rata2 semua mobil dan motor punya suami, itu lakunya cepet Bahkan sebelum dijual kadang udh di tag duluan. Krn temen2nya dia tahu kalo suami rutin merawat dan service. Makanya mereka tau performa mobil2 dan motornya bagus walo udh berusia LBH dari 5thn. Biasanya tiap 5 THN dijual utk ganti baru, dan laku cepet.

    Jadi memang utk pemilik kendaraan, rutinin dan sediain budget deh buat service kendaraannya. Biar awet mesin dan ga malah bikin boros kalo rusak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah keren nih telaten banget merawat kendaraan ya. Efeknya malah banyak yang pengen beli kendaraannya, meski belum dijual, hehehe....

      Hapus