Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Renovasi Kamar Mandi Mewah dengan Interior Estetik

Tips Renovasi Kamar Mandi Mewah

Kamar mandi merupakan salah satu ruang di rumah yang perlu diperhatikan secara serius, baik dari segi kebersihan, desain, maupun interiornya. Apalagi tempat ini digunakan untuk mandi atau kegiatan membersihkan tubuh lainnya. Kamar mandi dengan suasana yang nyaman akan mendukung persiapan diri untuk mengawali aktivitas sehari-hari.

Jika kamar mandi Anda terasa membosankan atau monoton, maka perlu direnovasi agar tercipta kesegaran baru dan suasana yang menyenangkan. Untuk membuat kamar mandi Anda tampak mewah, estetik dan kekinian, maka ada beberapa elemen yang perlu diperbarui dan diganti. 

Namun keinginan untuk membuat kamar mandi mewah kerap tertunda karena biayanya yang cukup menguras saldo. Jika Anda mengalami masalah tersebut, mengajukan pinjaman tanpa jaminan atau KTA dari perbankan bisa menjadi solusinya. 

Dengan pinjaman KTA, Anda bisa mendapatkan tambahan modal untuk renovasi kamar mandi. Namun sebelum merealisasikan keinginan Anda tersebut, sebaiknya ketahui dulu tips renovasi kamar mandi. 

Tips Renovasi Kamar Mandi

Mungkin saat ini Anda sudah punya gambaran desain maupun interior kamar mandi yang Anda impikan. Namun Anda bingung ingin memulainya dari mana. Sebab ada berbagai elemen dalam kamar mandi yang perlu dipertimbangkan saat ingin merenovasi. 

Sebagai ruang yang fungsinya sangat esensial, sebaiknya jangan renovasi kamar mandi secara asal-asalan. Anda perlu tahu tips renovasi kamar mandi berikut ini supaya bisa memiliki ruang yang mewah dan estetik untuk keperluan membersihkan tubuh. 

1. Menentukan Ukuran Kamar Mandi

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan saat akan merenovasi kamar mandi adalah menentukan ukuran ruangannya. Anda bisa menerapkan renovasi dengan tetap mempertahankan ukuran semula kamar mandi Anda. Namun apabila terdapat space atau ruang sisa yang menempel dengan kamar mandi, Anda bisa memanfaatkannya untuk memperluas ukuran kamar mandi Anda. 

Pastikan ukuran kamar mandi disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi rumah Anda. Menentukan ukuran kamar mandi ini sangat penting dilakukan di awal karena akan menjadi acuan untuk membuat rancangan desain kamar mandi baru Anda. 

2. Merancang Gaya dan Desain Kamar Mandi

Selanjutnya Anda perlu menentukan gaya dan desain ruang kamar mandi Anda. Ada berbagai referensi gaya kamar mandi yang bisa Anda pilih sesuai selera. Anda bisa membuat kamar mandi bergaya minimalis, industrial, modern, scandinavian dan lainnya. 

Setelah menentukan gaya kamar mandi yang dinginkan, Anda tinggal merancang desain ruangannya. Ada beberapa elemen yang perlu diperhatikan saat mendesain kamar mandi, mulai dari pilihan lantai, perabot, pencahayaan, ventilasi, hingga tempat penyimpanan alat atau perlengkapan mandi.

3. Memperhatikan Masalah yang Ada di Kamar Mandi

Renovasi kamar mandi tidak hanya fokus pada desain dan perabot atau interior ruangan. Supaya aktivitas mandi Anda bisa nyaman dan lancar, pastikan kondisi kamar mandi dalam keadaan baik. Jadi, Anda perlu meninjau apakah ada kerusakan, seperti saluran air mampat, keran bocor, keramik pecah, perlengkapan berkarat dan lainnya. Jika ditemukan masalah tersebut, maka sekalian lakukan perbaikan.

4. Memilih Material Kamar Mandi

Saat memilih material untuk renovasi kamar mandi, sebaiknya pilih bahan yang berkualitas tahan lama dan tahan air. Mulai dari material untuk lantai, dinding, hingga perabot-perabotnya. Meski terkesan menyejukkan dan tampak natural, sebaiknya hindari penggunaan material seperti kayu atau bambu karena sangat rentan terhadap air. 

Selain itu, pastikan memilih material yang sesuai dengan desain dan tata letak kamar mandi. Dengan komposisi material dan desain yang selaras atau tepat, maka akan menciptakan tampilan yang serasi dan fungsional pada kamar mandi Anda.

5. Membuat Ventilasi Kamar Mandi

Ventilasi berperan penting sebagai sirkulasi udara di ruang kamar mandi. Perhatikan ukuran dan penempatan ventilasi agar keluar masuk udara bisa berjalan baik. Adanya ventilasi berfungsi untuk mencegah kelembaban, menghilangkan bau tidak sedap dan menghadirkan udara segar. 

6. Mengatur Pencahayaan Kamar Mandi

Pencahayaan kamar mandi merupakan hal penting yang tidak boleh diabaikan. Karena kamar mandi merupakan ruang yang sering tertutup, maka harus ada cahaya yang terang untuk mengurangi kesan gelap. Cahaya yang terang juga akan membuat ruangan menjadi lebih luas dan membantu mengurangi kelembaban. 

7. Menentukan Warna Kamar Mandi

Warna cat kamar mandi juga berperan mendukung kenyamanan ruangan. Sebaiknya pilihlah warna-warna terang untuk tembok kamar mandi Anda, agar ruangan tampak lebih lega atau luas. Pilihan penggunaan warna cerah tak hanya pada dinding, namun juga saat memilih perabotan kamar mandi.

Kebutuhan untuk Renovasi Kamar Mandi Mewah

Kamar mandi di rumah Anda bisa disulap agar menjadi seperti bathroom di hotel. Untuk menghadirkan kamar mandi mewah, ada beberapa interior atau perabotan yang perlu Anda beli sebagai berikut :

1. Material Lantai dan Dinding

Untuk lantai dan dinding kamar mandi, gunakan material-material berkualitas dan tampilannya elegan atau ekslusif agar ruangannya terlihat mewah. Anda bisa memilih material seperti marmer, granit atau keramik premium. 

Material-material mewah tidak hanya bisa Anda pasang untuk lantai saja. Namun Anda juga bisa menggunakannya untuk menutupi sebagian dinding. Jika menggunakan cat untuk pewarnaan dinding, gunakan cat berkualitas premium. 

2. Bathtub 

Biaya Renovasi Kamar Mandi

Ciri khas lainnya dari kamar mandi mewah adalah adanya bathtub atau bak untuk berendam. Saat merenovasi rumah, sisihkan sebagian space khusus untuk penempatan bathtub. Supaya tampak manis nan elegan, sebaiknya pilih bathtub berbentuk oval dan berbahan marmer.

3. Shower

Kamar mandi mewah seperti di hotel-hotel biasanya tidak memakai bak penampung air. Air yang digunakan untuk mandi dialirkan dari shower. Jadi Anda juga perlu memasang shower di kamar mandi Anda. Pilihlah shower dengan tiang minimalis dan menyediakan fitur air dingin dan air panas. 

4. Shower Screen

Selain shower, biasanya kamar mandi mewah juga memerlukan shower screen. Anda perlu memasang shower screen sebagai pembatas ruang basah dan kering agar penggunaan kamar mandi lebih nyaman. Apabila ruang kamar mandi tidak terlalu luas, Anda bisa menggunakan sliding door sebagai pembatasnya. 

5. Kloset

Perabot lain yang wajib ada untuk menghadirkan kamar mandi mewah adalah kloset. Ada berbagai merek kloset yang bisa Anda temukan di pasaran. Namun pastikan memilih kloset yang terbuat dari bahan berkualitas agar lebih aman saat digunakan dan bisa awet lama. Selain itu, pilihlah kloset yang memiliki fitur lengkap.

6. Rak Minimalis Serbaguna

Perkakas lain yang harus ada di kamar mandi Anda adalah rak serbaguna. Rak berguna sebagai tempat menaruh barang-barang (produk skincare, handuk, peralatan mandi, dan lain sebagainya), sehingga kamar mandi Anda lebih rapi dan estetik. Sebaiknya pilih rak minimalis agar tidak memakan banyak space, sehingga tidak mengganggu aktivitas di kamar mandi. 

7. Cermin

Sebagai tempat untuk membersihkan diri, kamar mandi juga perlu dipasangi cermin. Tidak hanya digunakan untuk berkaca, cermin dapat membuat ruangan tampak lebih luas. Jika Anda ingin menghadirkan kesan mewah, pilihlah cermin minimalis. Apabila Anda ingin ruangan terlihat estetik, gunakan cermin berbentuk unik. 

8. Wastafel 

Sebagai pendamping cermin, Anda juga perlu memasang wastafel di kamar mandi Anda. Tidak hanya berfungsi untuk tempat cuci wajah dan tangan, adanya wastafel juga akan membuat ruangan tampak mewah. Pilihlah wastafel dari bahan berkualitas agar awet dan berdesain minimalis supaya tidak memakan banyak ruang.

Itulah beberapa material dan perabot-perabot yang perlu Anda beli untuk membuat kamar mandi mewah. Saat menyiapkan dana untuk renovasi kamar mandi, Anda juga perlu menghitung biaya jasa tukang. 

Menggunakan Pinjaman KTA untuk Renovasi Kamar Mandi

Setelah membaca tips di atas, pastinya Anda sudah punya gambaran untuk renovasi kamar mandi. Membuat kamar mandi mewah dengan interior estetik memang membutuhkan biaya banyak. Namun tidak perlu memusingkan besaran dana yang diperlukan, sebab Anda bisa mengajukan pinjaman tanpa jaminan atau KTA untuk mendapat tambahan modal renovasi kamar mandi. 

Salah satu pinjaman uang tanpa jaminan yang bisa Anda pilih adalah PermataKTA. Layanan KTA dari PermataBank ini memberikan pinjaman dana dalam jumlah besar hingga Rp 300 juta, sehingga sangat mendukung kebutuhan untuk membuat kamar mandi mewah sesuai keinginan Anda dan keluarga. 

Pengajuan pinjaman tanpa jaminan ini bisa Anda lakukan melalui aplikasi mobile banking PermataMobile X yang tersedia di Play Store dan juga App Store. Untuk mengetahui informasi lebih lengkap mengenai PermataKTA, Anda bisa mengunjungi di sini.

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Tips Renovasi Kamar Mandi Mewah dengan Interior Estetik "