Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bangun Rumah Modal 50 Juta? Praktikkan Tips Cerdas Berikut!

Bangun Rumah Modal Kecil

Kaum milenial kian sulit memiliki hunian karena harga rumah yang kian meningkat pesat dari tahun ke tahun. Bahkan, untuk melakukan cicilan juga terlampau mahal dengan kisaran puluhan juta per bulan bahkan ratusan juta sampai lunas. Maka dari itu, pilihan yang paling memungkinkan, yakni dengan membangun rumah sendiri karena kamu bisa mengendalikan budget sesuai kemampuan dan kebutuhan.

Dengan besaran 50 juta rupiah, kamu sudah bisa memulai membangun rumah. Tentunya dengan memperhatikan beberapa tips cerdas yang akan diulas dalam artikel ini. Yang tidak kalah menarik, keberadaan bank digital memudahkanmu untuk mengatur dana pembangunan rumah. 

Terlebih, jika kamu mendapatkan promo bank digital, maka ini jauh lebih mudah untuk bisa mendapatkan pinjaman dengan suku bunga yang lebih kecil. Lantas, bagaimana tips cerdas membangun rumah dengan modal 50 juta?

Tips Cerdas Membangun Rumah dengan Modal 50 Juta Saja

Uang 50 juta bisa dibikin rumah seperti apa? Tidak dipungkiri jika membangun rumah memang membutuhkan biaya tidak sedikit. Apalagi di era sekarang harga tanah sudah semakin naik. Namun, tenang saja, kamu bisa membangun rumah budget 50 juta saja. Terapkan beberapa tips cerdas berikut agar rumah yang kamu bangun bisa terwujud. Apa saja tips yang dimaksud? Berikut ulasannya :

1. Menghitung Luas Bangunan

Menghitung luas bangunan secara lebih rinci sebelum memutuskan untuk membangun rumah, pasalnya memengaruhi budget yang dibutuhkan. Sebab, secara otomatis materialnya juga akan bertambah. Umumnya, material utama yang digunakan, yakni lantai keramik, batu bata hingga plafon.

Untuk mengetahui besaran yang perlu kamu keluarkan, sebaiknya hitunglah material yang akan digunakan per meter, sehingga nantinya akan mengetahui total seluruh material yang digunakan. Jika perhitungan luas bangunan bisa dipastikan, maka untuk dana yang dikeluarkan juga dapat diperkirakan dengan pasti. Sehingga, bisa mengantisipasi anggaran membengkak.

2. Gunakan Konsep Rumah Tumbuh

Konsep rumah tumbuh bisa membuat kamu lebih hemat saat membangun rumah. Konsep rumah tumbuh, yakni proses pembangunan rumah dengan cara bertahap. Ini bukan diartikan sebagai bangunan mangkrak, akan tetapi kamu hanya perlu mempertimbangkan ruang mana yang perlu diprioritaskan. 

Misalnya saja, jika kamu hanya memiliki keluarga kecil, maka prioritaskan untuk membangun dua kamar, dapur, kamar mandi dan ruang tamu yang sekaligus bisa difungsikan untuk ruang keluarga. Konsep rumah tumbuh ini sangat cocok bagi kamu yang memiliki budget terbatas. Pada tahap pembangunan selanjutnya, kamu bisa memanfaatkan layanan pinjaman dari bank digital dengan kemudahan transaksi. Terlebih, jika kamu memiliki promo bank digital, maka bunga yang dibayarkan jauh lebih sedikit.

3. Pilih Material Pondasi yang Tetap

Pondasi menjadi bagian utama yang perlu dikerjakan ketika kamu membangun rumah. Tentu, pondasi harus kuat karena menyokong rumah secara keseluruhan. Jadi, pastikan kamu memilih material pondasi yang kuat dengan menyesuaikan bentuk rumah. 

Untuk rumah satu lantai, kamu bisa membuat pondasi menggunakan batu bata dan tidak perlu menggunakan batu kali supaya menghemat budget. Karena pada dasarnya untuk ukuran rumah lantai satu, pondasi batu bata sudah cukup kuat. Jika memungkinkan kamu bisa menambahkan sloof beton di atas tanah. 

4. Pemilihan Bahan Dinding Penyekat

Penyekat di dalam rumah merupakan sebuah keharusan untuk memberi batasan ruang satu dengan yang lain. Jika kamu ingin membangun rumah, tetapi dengan budget yang minim sebesar 50 juta saja, maka sebaiknya hindari penyekat dengan tembok. Kamu bisa menggunakan penyekat bahan kayu seperti triplek. Dengan demikian, material untuk tembok dapat diminimalisir.

Selain memilih bahan penyekat yang tepat, kamu bisa juga memilih model rumah industrial. Model rumah tidak terlalu memakan biaya yang besar, karena tidak menggunakan cat tembok. Jangan lupa, agar rumah impian segera wujudkan, kamu bisa memanfaatkan layanan bank digital seperti kartu kredit dan pinjaman.

5. Pilih Desain Rumah Minimalis

Desain rumah minimalis menjadi pilihan tepat bagi kamu yang hanya memiliki modal Rp 50 juta. Desain rumah minimalis saat ini sangat digemari kaum milenial, pasalnya selain menghemat anggaran juga mudah dalam perawatan. Desain rumah minimalis bukan berarti mengorbankan banyak ruangan, akan tetapi lebih kepada bagaimana me-manage luas setiap ruangan dengan proposional.

Rumah minimalis juga bisa memberikan kesan luas dengan cara menyisakan sebagian tanah untuk dijadikan halaman depan yang bisa difungsikan untuk taman. Konsep rumah minimalis sangat eye catching jika dilihat. Penataan rumah yang rapi juga menjadi ruangan terasa lebih luas.

Wujudkan Rumah Impian Modal 50 Juta Bersama Bank Digital 

Wujudkan Rumah Impian

Memiliki hunian yang nyaman kini tidak lagi hanya di angan-angan. Jika kamu mengikuti beberapa tips cerdas di atas, tentu dengan modal 50 juta sudah bisa memiliki rumah layak huni. Agar tidak kesulitan dalam mengatur keuangan untuk mewujudkan rumah impian, sebaiknya gunakan layanan bank digital dari digibank by DBS yang memberikan banyak kemudahan.

digibank by DBS menjadi bank digital terpercaya di Indonesia dengan beragam fitur user friendly. Salah satu keunggulan digibank by DBS yang bisa mendukungmu mewujudkan rumah impian yakni tersedianya fasilitas kartu kredit dan pinjaman. Sehingga kamu bisa mengajukan pinjaman untuk pembelian material rumah, yang konon harganya tidak murah. 

Pastinya akan sangat menguntungkan jika kamu memanfaatkan promo bank digital. Yang mana akan dikenakan suku bunga yang lebih kecil. Kamu juga tidak perlu khawatir karena layanan bank digital ini sangat aman, mudah dan simpel.

Melihat banyak kemudahan dari bank digital di atas, lantas kamu tunggu apalagi? Segera wujudkan rumah impian bersama digibank by DBS sekarang juga. Yuk, cari tahu banyak informasinya di sini.

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Bangun Rumah Modal 50 Juta? Praktikkan Tips Cerdas Berikut!"