Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alasan Memilih Sekolah Internasional untuk Pendidikan Anak

Memilih Sekolah Internasional

Semua orang tua pasti menginginkan pendidikan yang terbaik dan berkualitas untuk anaknya. Khususnya bagi mereka yang benar-benar mengerti dua hal tersebut, mereka sampai mengajukan pinjaman KTA guna memperlancar pendidikan anak di sekolah internasional. 

Namun apa sebenarnya alasan orang tua mendambakan sekolah macam ini untuk anaknya? Memang apa keunggulan yang ditawarkan oleh sekolah internasional? Untuk mengetahui jawabannya, lebih baik jangan lewatkan pembahasan berikut ini.

Alasan Memilih Sekolah Internasional

Sekolah internasional merupakan salah satu jenis sekolah yang saat ini sedang populer di kalangan masyarakat menengah ke atas. Inilah berbagai alasan mengapa mereka memilih sekolah tersebut hingga mengajukan pinjaman KTA untuk pendidikan anaknya :

Menggunakan Kurikulum Luar Negeri

Menurut buku Sekolah untuk Anakku, Ayoe Sutomo (2018:69), sekolah internasional menggunakan kurikulum dari negara tertentu dalam pembelajarannya. Biasanya negara yang dipilih merupakan negara maju terutama dalam bidang pendidikan.

Dengan kata lain, anak-anak yang bersekolah internasional mempunyai peluang untuk memperoleh pendidikan lebih baik dari mereka yang bersekolah di tempat lain. Bahkan anak-anak ini mempunyai peluang lebih besar untuk melanjutkan studi di sekolah ternama di luar negeri.

Mempelajari Bahasa Asing

Umumnya, sekolah internasional akan menggunakan bahasa Inggris sejak anak berusia dini sebagai bahasa pengantar. Oleh sebab itu, anak akan lebih terbiasa untuk menggunakannya, baik di kehidupan sehari-hari maupun dalam bidang akademik.

Tidak hanya terbiasa saja, anak-anak juga diarahkan untuk menggunakan bahasa Inggris dengan benar sesuai dengan struktur. Maka dari itu, mereka akan lebih siap untuk menghadapi era globalisasi.

Banyak Presentasi

Di sekolah internasional, anak akan didorong untuk lebih banyak mempresentasikan tugasnya. Oleh sebab itu, tidak heran anak-anak di sekolah ini bisa mempunyai kemampuan komunikasi yang lebih baik daripada anak-anak di sekolah lain seusianya.

Selain itu, presentasi ini juga bisa melatih kemandirian dan kepercayaan diri pada anak. Jadi, anak tidak takut lagi untuk melakukan berbagai hal sendiri meskipun usianya masih belia.

Bersosialisasi dengan Orang dari Latar Belakang Berbeda

Di sekolah internasional, anak-anak akan bertemu dengan teman-teman dari latar belakang berbeda. Mereka bisa berasal dari suku hingga negara yang berbeda. Hal ini bisa meningkatkan kemampuan bersosialisasi anak terhadap orang yang jauh berbeda darinya.

Tidak hanya itu saja, anak juga bisa mempelajari dan menghormati tradisi maupun kebudayaan temannya tersebut. Jadi, wawasan anak akan kehidupan sosial di dunia bisa lebih terbuka.

Berfokus pada Proses

Sekolah di Indonesia pada umumnya masih berfokus pada hasil atau rapor. Tidak jarang siswa melakukan kecurangan karena hal tersebut. 

Namun berbeda dengan sekolah internasional, pembelajarannya didesain untuk berfokus pada proses belajar siswa. Jadi, siswa akan dibimbing agar benar-benar paham dengan materi yang ada selama proses belajar. 

Selain itu, siswa juga dilatih untuk mengedepankan kejujuran selama proses tersebut berlangsung. Itulah mengapa banyak orang tua menggunakan pinjaman KTA terbaik untuk menyekolahkan anaknya di sini.

Jumlah Siswa Lebih Sedikit

Biasanya, jumlah siswa dalam satu kelas lebih sedikit daripada sekolah pada umumnya. Hal ini disebabkan oleh kurikulum sekolah itu sendiri yang membatasi jumlah siswa, sehingga anak bisa lebih fokus saat belajar. Anak-anak pun bisa mengenal teman-temannya dengan lebih baik.

Tidak hanya itu saja, guru juga bisa menyampaikan pembelajaran dengan lebih fokus pada masing-masing anak. Bahkan guru juga dapat memperhatikan perkembangan mereka dengan lebih detail dan lebih baik.

Belajar di Sekolah Internasional

Bentuk Rapor Berbeda

Kurikulum yang berbeda pada sekolah internasional juga membuat bentuk rapornya berbeda pula. Rapor yang disajikan ini tidak hanya memuat hasil akhir siswa saja, tetapi juga perkembangan siswa itu sendiri di berbagai aspek.

Oleh sebab itu, orang tua masih bisa mengetahui bagaimana anaknya belajar di sekolah tersebut meskipun tidak selalu bisa mengawasinya. Selain itu, orang tua bisa memperoleh panduan untuk memaksimalkan perkembangan anak di rumah.

Adanya Acara yang Menarik

Berbagai sekolah internasional juga kerap mengadakan acara yang menarik dan baik untuk perkembangan anak. Salah satunya adalah Hari Cita-Cita yang bisa dimanfaatkan anak-anak untuk menjadi apapun yang mereka mau di masa depan. Biasanya anak akan diminta untuk menjelaskannya juga di depan kelas.

Dengan adanya keberagaman acara ini, anak bisa belajar lebih banyak hal. Hal-hal tersebut tentu akan berpengaruh pada masa depannya kelak.

Lebih Disiplin

Anak-anak di sekolah internasional juga akan diajarkan untuk disiplin. Bahkan kedisiplinan yang diterapkan di sekolah ini bisa mengacu pada negara asal dari kurikulum sekolah itu. Salah satu contohnya adalah siswa akan dibiasakan untuk disiplin dalam mengerjakan tugas.

Hal ini akan membawa pengaruh baik pada masa depannya kelak. Bahkan jika nanti harus terjun ke dunia kerja di luar negeri yang memiliki etos tinggi, anak sudah tidak terlalu kaget lagi.

Pikiran yang Berbeda

Berbagai materi yang diajarkan di sekolah internasional akan membuat wawasan anak lebih terbuka. Terlebih lagi materi yang diajarkan tidak hanya berorientasi di Indonesia saja, tetapi juga negara-negara lainnya.

Tidak hanya meningkatkan wawasan, proses pembelajaran ini juga bisa membuka pola pikir anak-anak. Jadi, mereka bisa lebih terbuka dengan banyak hal yang terjadi di sekitarnya sekalipun dalam skala global.

Beragam alasan di atas membuat para orang tua menggunakan pinjaman KTA demi bisa menyekolahkan anak-anaknya di sekolah internasional terbaik. Kamu juga bisa melakukannya untuk si kecil dengan digibank KTA yang prosesnya mudah dan cepat. Klik di sini untuk informasi selengkapnya.

Semoga bermanfaat.

2 komentar untuk "Alasan Memilih Sekolah Internasional untuk Pendidikan Anak"

  1. Anak2ku memang ga sekolah di international school, tapi Krn aku dan suami pernah beberapa tahun sekolah di LN, jadi dalam beberapa hal, kami mengajarkan disiplin yg dulu kami dapat saat sekolah di luar mas.

    Contoh ttg on time saat pergi les, dalam belajar, pergi sekolah dll. Juga budaya mengantri, dan kejujuran dlm belajar pastinya.

    International school di Indonesia memang bagus, tapi biaya sekolahnya di luar kemampuan kami 😁. Mungkin buat Bbrp parents ga masalah utk berhutang, tapi rasanya kami lebih tenang kalo tidak berhutang dalam hal pelajaran anak. Tapi yg pasti cita2 aku dan suami, bisa mengirim anak2 kuliah ke LN nantinya. Makanya kami fokus utk menabung utk bekal kesana 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keren 👍 nih. Ilmu dan pengalaman yang didapatkan, langsung dipraktekkan di lingkungan keluarga. Sepertinya kedisiplinan memang perlu banget ditanamkan sejak usia dini, biar nanti terbiasa saat beranjak dewasa. Kalo masalah berhutang, itu hanya opsi saja. Mau ambil ya silakan, tidak pun ya oke oke aja

      Hapus