Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips Memilih Kursus Coding untuk Barkarier Sebagai Data Scientist

Kursus Coding Online di GreatNusa

Belakangan ini perkembangan industri digital terus mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Hal ini membuat skill di bidang IT semakin dibutuhkan oleh banyak industri. Untuk menjawab tantangan ini, tidak sedikit orang yang mulai tertarik untuk belajar coding, agar bisa langsung berkarier di bidang IT, salah satunya adalah sebagai data scientist.

Sedikit cerita, saya pernah mengikuti salah satu seminar yang membahas tentang perkembangan dunia coding. Saya tertarik untuk hadir di seminar tersebut, karena temanya masih relevan dengan profesi yang saya geluti saat ini, yaitu sebagai blogger. 

Apalagi di era digital seperti sekarang ini, banyak industri besar yang membutuhkan sumber daya di bidang IT. Tidak hanya di perusahaan startup saja, tetapi juga di perusahaan multinasional.

Kabar gembira ini, tentu saja membawa angin segar bagi kita semua yang memang tertarik untuk berkarier di bidang IT. Siapapun punya kesempatan yang sama untuk bisa sukses berkarier di dunia IT. Bahkan ada salah satu peserta kursus coding online yang berprofesi sebagai ojek online, saat ini telah lulus dan sukses bekerja di salah satu perusahaan dengan gaji yang menggiurkan.

Mengenal Profesi Data Scientist

Memasuki era digital, data scientist merupakan salah satu profesi yang paling banyak dicari dan bergaji tinggi. Meski begitu, seorang data scientist memiliki tugas dan tanggung jawab yang tidak mudah. Sebagai data scientist, setiap harinya kamu akan berhadapan dengan angka dan data.

Seorang data scientist bertugas menganalisis berbagai macam data dalam jumlah besar (big data) yang terakumulasi pada suatu perusahaan. 

Kursus Data Science Online Berkualitas

Bagi kamu yang tertarik untuk berkarier di bidang ini, maka wajib memiliki kemampuan analisis data yang baik, mulai dari menggabungkan data dari berbagai sumber dan memastikan konsistensi dataset (data preparation), memilih algoritma yang memengaruhi hasil prediksi (data exploration) hingga membuat infografis yang akan memudahkan para pengambil keputusan dalam memahami data yang diberikan.

Tugas seorang data scientist erat kaitannya dengan artificial intelligence, machine learning hingga predictive modeling. Agar kamu bisa bekerja di profesi ini, tidak hanya dituntut jago matematika saja, tetapi kamu juga harus memahami statitiska, pemrograman hingga bisnis dan manajemen.

Tips Memilih Kursus Coding Agar Bisa Berkarier Sebagai Data Scientist

Nah, bagi kamu yang tertarik ingin kursus data science dan sukses berkarier menjadi seorang data scientist, sebaiknya lakukan 5 tips memilih kursus coding berikut ini :

1. Perhatikan kredibilitas penyelenggara kursus

Hal pertama yang sebaiknya kamu lakukan sebelum memilih tempat kursus coding adalah kredibilitas penyelenggaranya. Jangan hanya berpatokan dari lama berdirinya sebuah tempat kursus, tetapi kamu juga perlu memperhatikan kredibilitas alumni yang dihasilkan. Tidak hanya kuantitasnya saja, tetapi perhatikan juga kualitas alumni tersebut.

Kamu juga perlu memperhatikan ulasan positif atau testimoni dari para siswa maupun alumninya. Jika memang bagus, biasanya mereka tidak akan ragu untuk merekomendasikan tempat kursus kepada orang-orang, agar banyak orang yang juga ikut bergabung dengan tempat kursus tersebut.

2. Kemudahan akses kursus

Hingga saat ini semakin banyak penyelenggara kursus programming yang dilakukan secara online atau biasa kita sebut daring. Setidaknya terdapat dua alasan mengapa banyak orang yang ikutan kursus programming secara online, yaitu materi lebih mudah diakses dari mana saja dan kapan saja, serta para siswa bisa menentukan sendiri durasi pelajaran yang diinginkan.

Penting bagi kamu untuk memilih lembaga kursus programming yang menyediakan kursus secara online, terutama bagi kamu yang tidak punya banyak waktu untuk datang langsung ke tempat kursus. Kursus data science online dinilai jauh lebih efektif dan efisien.

3. Perhatikan kualitas layanan dan respon

Dalam proses pembelajaran, tentu saja kamu sering menghadapi kendala. Untuk mengatasi kendala ini, biasanya kamu akan menghubungi customer service tempat belajar tersebut. Pelayanan yang baik dan respon yang cepat, akan menjadi nilai tambah bagi para siswa yang sedang belajar. 

Coba kamu bayangkan jika kamu membutuhkan bantuan, sementara customer service sangat sulit untuk dihubungi. Hal ini tentu akan mengurangi semangat belajar kamu lagi ke depannya. Jadi, perhatikan dengan baik kualitas pelayanan dan respon yang diberikan oleh penyedia kursus coding.

4. Kurikulum pembelajaran yang update

Tips memilih kursus coding selanjutnya adalah pastikan kamu mendapatkan kurikulum pembelajaran yang paling update. Apalagi dunia coding dan programming berkembang dengan sangat cepat. Penyedia kursus coding tentu wajib memperhatikan perubahan tersebut, sehingga setiap peserta kursus bisa mendapatkan materi yang paling baru.

Sebelum kamu memutuskan untuk kursus, penting bagi kamu untuk mencari tahu terlebih dulu kurikulum yang ditawarkan. Lalu pastikan jika seluruh materi dan kurikulum yang diajarkan sudah sesuai dengan kebutuhanmu, dan pastinya up-to-date, seperti yang ditawarkan oleh GreatNusa.

5. Tenaga pengajar yang profesional dan berpengalaman

Agar bisa menjadi seorang data scientist yang andal, tentu kamu harus dibimbing oleh tenaga pengajar yang profesional dan memiliki pengalaman yang matang. Hal ini penting dilakukan agar materi dan pengalaman yang dibagikan bisa sesuai dengan kebutuhanmu. Hal ini juga bisa membuatmu lebih fokus pada materi yang memang benar-benar kamu butuhkan.

Tenaga pengajar yang berpengalaman biasanya akan lebih banyak membagikan pengalaman dalam hal praktik langsung yang disesuaikan dengan kurikulum pembelajaran di lembaga kursus terkait. Jadi, tidak hanya kebanyakan teori saja yang dibagikan.

Mengenal Lembaga Kursus GreatNusa

Memilih tempat kursus data science tentu harus dilakukan dengan cermat. Setidaknya terdapat salah satu atau bahkan kelima hal yang telah disebutkan di atas. Nah, salah satu lembaga kursus coding online yang recommended adalah GreatNusa.

Kursus Data Science di GreatNusa

Bagi yang belum pernah mendengar, GreatNusa merupakan portal pembelajaran online yang banyak menyajikan materi beragam yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Termasuk materi untuk belajar pemrograman. Akses pembelajaran berkualitas bisa diakses dengan mudah dari mana saja dan kapan saja. Setiap peserta bisa mengakses kursus gratis maupun kursus berbayar melalui website dan aplikasi GreatNusa.

GreatNusa memiliki visi untuk mencetak pemimpin masa depan Indonesia yang berani menjadi pribadi HEBAT, serta berkomitmen membentuk karakter yang HEBAT melalui nilai-nilai perusahaaan

Keunggulan Lembaga Kursus GreatNusa

Bagi kamu yang saat ini sedang mencari lembaga kursus pemrograman online berkualitas, GreatNusa adalah pilihan yang tepat. Setidaknya terdapat beberapa keunggulan yang dimiliki lembaga kursus online GreatNusa.

Berikut poin-poinnya :

1. Tersedia materi pembelajaran yang beragam

GreatNusa tidak hanya menyediakan materi untuk kursus pemrograman saja, tetapi juga materi umum lainnya, mulai dari kelas finance & accounting, business management hingga kursus bahasa Inggris, 

2. Biaya kursus terjangkau

Kamu tidak perlu khawatir akan biaya kursus di GreatNusa, karena biayanya terjangkau. Sesuai dengan isi kantong. Bahkan ada beberapa kursus yang gratis yang bisa kamu pilih.

3. Tenaga pengajar berpengalaman dan profesional

Team pengajar terdiri dari orang-orang yang berpengalaman dan profesional di bidangnya masing-masing, karena GreatNusa berkolaborasi dengan komunitas pemelajar dan berbagai mitra, salah satunya team pengajar dari Binus.

4. Materi relevan dan berkualitas

Materi pembelajaran yang disuguhkan pastinya disesuaikan dengan kondisi saat ini. Jadi, materinya selalu up-to-date, terutama materi untuk modul Data & Technology, di mana materi yang satu ini perkembangannya begitu cepat.

5. Proses pembelajaran fleksibel dan adaptif

Kamu bisa belajar kapan pun dan di mana pun asal terhubung dengan koneksi internet memadai, sehingga kamu bisa dengan mudah mengakses ratusan materi pembelajaran sesuai dengan kebutuhanmu.

Belajar Data Science dan Pemrograman untuk Pemula Hanya di GreatNusa

Khusus bagi kamu yang ingin belajar pemrograman, GreatNusa menyediakan beberapa pilihan jenis kursus yang disesuaikan dengan kebutuhan. Bahkan bagi pemula sekalipun bisa ikutan kursus ini loh. 

Salah satu materi yang bisa kamu pelajari adalah belajar & praktik data science untuk pemula. Beberapa keunggulan dari materi ini adalah biaya kursus gratis. Para siswa bisa mengakses kursus selama 12 bulan yang terdiri dari 4 sesi. Selain itu peserta akan mendapatkan sertifikat setelah menyelesaikan kursus.

Kursus Data Science Gratis

Materi ini terdiri dari 10 modul yang akan memberikan pengetahuan kepada para siswa mengenai teknis analisis data menggunakan machine learning, di antaranya decision tree dan random forest regression. Keunggulan dari modul ini adalah setiap siswa akan dihadapkan langsung dengan data riil dan kemudian mempraktikkannya pada software Python.

Kursus Pemrograman untuk Pemula

Selain itu, ada juga kursus algoritma dan pemrograma untuk pemula. Setiap siswa bisa mengakses kursus selama 12 bulan yang terdiri dari 3 sesi. Siswa yang lulus juga akan mendapatkan sertifikat.

Modul ini mengajarkan tentang algoritma dan pemrograman dengan membahas 3 judul bab, yaitu : 

  • Konsep C
  • Sintaks dan Fungsi di C
  • Sorting dan Searching

Materi pembelajaran ini dibagi menjadi 18 video dengan total durasi 118 menit. Setiap siswa diharapkan mampu memahami dan menerapkan konsep-konsep pemrograman pada C, membuat aplikasi menggunakan C dan menghasilkan aplikasi menggunakan C.

Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi alamat kantor maupun media sosial di bawah ini :

Alamat:

  • PT Gagas Edukasi Anantara
  • Jl. Jalur Sutera Barat Panunggangan Timur, Kota Tangerang 15143, Indonesia

Email:

  • kontak@greatnusa.com

Media Sosial:

  • Instagram : @GreatNusa
  • Facebook : Greatnusa
  • TikTok : @GreatNusa
  • LinkedIn : GreatNusa

Selain kedua materi tersebut, masih banyak lagi materi kursus lainnya yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhanmu. Kamu bisa mempelajari modul yang diberikan dengan seksama, agar hasilnya lebih optimal.

Demikian artikel tentang tips memilih kursus coding yang bisa Susahsinyal.com bagikan. Semoga informasi yang dibagikan bisa memberikan manfaat sekaligus menambah wawasan baru seputar dunia kursus coding online.

40 komentar untuk "5 Tips Memilih Kursus Coding untuk Barkarier Sebagai Data Scientist"

  1. kalo aku biasanya yang paling aku perhatiina adalah pengalaman pengajarnya sih. biasa aku kepoin dulu IG dan LinkedInnya hehe. syukur2 kalo di Ig sering sharing juga aku makin yakin ikut kursusnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes ini penting juga sih kita cari tau jam terbang si pengajarnya. Kalau memang sudah expert, pasti ilmunya sudah banyak yang akan dibagikan kepada anak didiknya. Cara mengajarnya juga profesional.

      Hapus
  2. oo jadi data scientist dan big data tuh itu kaitannya.. algoritma tuh ilmu dasar sih, kalau ikut kursusnya worthed aja. thank you infonya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya satu sama lain saling terkait. Kalo ikutan kursus pasti jadi tau semuanya deh. Worth it banget sih dengan hasil yang akan didapatkan nanti

      Hapus
  3. wowww pembelajaran tentang data scientist kudu bagus dalam matematika yak. karena setiap harinya akan berhadapan dengan angka dan data. Kudu telita dan beneran fokus kalau mau di bidang ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul, sambil belajar coding, sambil meningkatkan skill berhitung juga ya kan. Yang tidak kalah pentingnya juga mesti fokus dan teliti untuk praktek coding

      Hapus
  4. Seiring perkembangan zaman dan di era digital ini, pastinya berkarir sebagai data scientist sangat menjanjikan dan peluangnya bagus ya, Mas. Dan pastinya seorang data scientist ini sangat dibutuhkan. Makanya harus meningkatkan skill juga dengan ikut kursus coding yang bagus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul banget prediksi Mas Bambang, prospeknya cukup baik di masa depan. Jadi mulai dari sekarang bisa tuh belajar coding hingga menguasai ilmu lainnya.

      Hapus
  5. Bicara soal data science, beneran profesi ini banyak dibutuhkan sekarang. Meski terkesan ribet ilmunya, karena memadukan berbagai disiplin ilmu, tapi tetap bisa dipelajari. Salah satunya bisa kursus di GreatNusa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ilmu coding itu memang sangat luas ya, tapi kalau kita belajar serius , ya insha allah bisa tercapai kok keinginan di masa depan, bisa menguasai coding

      Hapus
  6. Kalau lihat lowongan kerja, posisi Data Science ini cukup banyak juga juga yang nyari. Sepertinya ini peluang nih buat daku dan yang lain juga buat berkarir. Maka dari itu bisa gali ilmu lagi nih ya biar makin ngelotok di GreatNusa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Zaman sekarang peluang karir di dunia coding cukup terbuka lebar. Nah maka dari itu, bisa mulai belajar coding di GreatNusa dong

      Hapus
  7. Belajar Coding untuk karier Data Scientist di kemudian hari akan sangat bermanfaat. Namun tetap harus mencari tempat yang terpercaya untuk belajar ya, Kak. GreatNusa bisa jadi pulihan nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. GreatNusa bisa jadi pilihan yang layak dipertimbangkan untuk belajar kursus coding nih Mas Sugianto

      Hapus
  8. Ini jadi salah satu pekerjaan masa depan yang bakal dicari banyak orang, kalo ngeliat prospek dunia bisnis di Indonesia kayak gini ya ngga sih, jadi ngga akan rugi kalo start sekarang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul banget, prospek skill coding dinilai cukup baik di masa depan. Jadi, ya bisa dimulai dari sekarang untuk belajar dunia coding

      Hapus
  9. Great Nusa bisa jadi pilihan menarik untuk mengembangkan skill coding ya. Apalagi banyak pilihan bahkan sampai di tingkat pemula

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yoi Mba Anggita, boleh dicoba nih kursus coding di GreatNusa

      Hapus
  10. Kursus data science ini emg bejibun bgt sih penyelenggaranya. Yg pastu, aku setuju dgn pendapat kakak soal lembaga yg menyelenggarakan hrs kredibel.

    GreatNusa ini jd platform belajar kursus data science yg plg kredibel deh. Hrs dicobain tuh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus dicobain Mas Didik, biar jadi ahli coding

      Hapus
  11. Yang paling disukai dari Great Nusa ini banyak banget kursus yg bisa diambil tapi harga terjangkau. Bisa melakukan daring jadi gak ada istilah kejauhan hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya banyak pilihan materi kursus yang bisa diikuti

      Hapus
  12. Wah menarik sekali kurikulum di great Nusa ini. Jadi kepikiran nih mau kursus data science diriku Buat nambah skill

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan dicoba Mba Antung ikutan kursus coding di GreatNusa

      Hapus
  13. Data Science memang bidang ilmu yang punya peluang kerja cukup tinggi. Di Era digital seperti sekarag banya yang membutuhkan profesi data science dan untuk belajar data science bisa di GreatNusa, ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memasuki era digital, profesi data scientist banyak dibutuhkan perusahaan besar Mba Erin. Bisa dibilang prospeknya cukup cerah

      Hapus
  14. Belajar Data Science dan Pemrograman untuk Pemula di GreatNusa yg fasilitasnya oke, biaya kursus gratis dan dapet sertifikat pula.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo Mba Kynda gaskeun belajar coding di GreatNusa

      Hapus
  15. menarik nih untuk kursus coding untuk punya karir data scientist, meski pasti berhubungan dengan matematika ya, auto belajar lagi nih, hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kursus coding cocok banget nih bagi blogger yang mau upgrade ilmu seputar dunia coding

      Hapus
  16. Ulasan yang kebetulan sedang aku cari, memilih kursus coding yang tepat diantara banyak pilihan lembaga.
    Dunia digital tak lepas juga dari ilmu coding, bagus menambah ilmu dengan kursus coding.
    Mau coba tanya2 di Great Nusa ah...(gusti yeni)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Langsung eksekusi tanya-tanya ke GreatNusa Mba

      Hapus
  17. Asik nih kursus buat jadi analis datanya bisa dilakukan secara daring lewat platform GreatNusa. Udah gitu modul pembelajarannya cukup lah ya buat mendalami bidang analis data yang memang belakangan ini sejak teknologi makin berkembang jadi makin dibutuhkan sehingga peluang untuk yang mampu mendalami bidang ini terbuka lebar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Peluang untuk berkarir di bidang analisis data akan terbuka lebar nih kalo kursus coding di GreatNusa

      Hapus
  18. Menarik nih, Kursus GreatNusa menawarkan kursus gratis dan berdurasi panjang, yang bisa sangat membantu bagi orang-orang yang mau belajar pemrograman atau data science. Penyertaan sertifikat juga memberikan nilai tambah karena dapat digunakan untuk menambah kredibilitas saat melamar pekerjaan atau posisi di bidang terkait.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo cobain Mas Kiky, kan lumayan bisa dapat sertifikat untuk menambah referensi

      Hapus
  19. Coba aha ajakin anakku mau atau enggak main Coding
    Soalnya kalau di GreatNusa dia maunya public speaking biar bisa depan orang lain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa coba tanyakan dulu ke anaknya Mba. Di GreatNusa juga cukup beragam pilihan materi pelajarannya.

      Hapus
  20. Nah ini nih yang lagi dicari, belajar coding dan tempat belajarnya. Sudah intip-intip sih di GreatNusa ini, sepertinya program kelasnya juga bagus dan bisa diikuti siapa saja, terutama yang mau jadi data analyst kan mau gak mau belajar coding dulu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa diikuti oleh pemula sekalipun hingga yang expert untuk upgrade skill coding. Penting banget bagi seorang blogger untuk belajar coding juga. Bisa kali belajar di GreatNusa

      Hapus