Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Dia Tips Memilih TV LED dan OLED yang Tepat

Menonton film menjadi salah satu cara untuk melepaskan penat dari berbagai aktivitas. Banyak orang mencari hiburan dengan menonton tayangan melalui TV, entah itu menonton film, musik atau konten video lainnya. Ditambah saat ini bermunculan TV berteknologi canggih yang bisa memanjakan penggunanya.

Belum lagi saat ini ada berbagai layanan video streaming yang bisa kita nikmati dari rumah, misalnya saja Netflix, Disney+ Hotstar VIU, WeTV dan lain sebagainya. Hal ini tentu saja membuat aktivitas menonton film jadi lebih menyenangkan dan hemat, karena tidak perlu pergi ke bioskop.

Tips Memilih TV LED dan TV OLED

Menonton film atau hiburan lewat ponsel Android memang lebih praktis dan mudah. Namun jujur saja, keberadaan televisi masih sangat dibutuhkan di rumah. Apalagi televisi sekarang mampu menghasilkan kualitas gambar beresolusi tinggi.

Tips Memilih TV LED dan OLED

Ada dua jenis TV yang sedang populer saat ini, yaitu TV LED dan OLED. Hal ini karena teknologi keduanya mampu menyajikan kualitas visual terbaik, tajam dan beresolusi tinggi, sehingga akan memberikan pengalaman menonton yang lebih baik.

Menonton tayangan film, tentu jauh lebih menyenangkan melalui televisi, karena televisi memiliki ukuran layar yang lebih besar, sehingga mata kita akan dimanjakan dengan kualitas gambar yang lebih detail dan cerah.

Apalagi televisi saat ini telah dilengkapi dengan berbagai konektivitas yang cukup lengkap, mulai dari port HDMI, port USB hingga koneksi dengan ponsel melalui Bluetooth.

Lantas, bagaimana tips memilih TV yang tepat agar kita bisa mendapatkan produk yang benar-benar berkualitas dan awet, serta kita bisa merasakan pengalaman menonton yang berbeda dari biasanya?

Berikut adalah beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan sebelum memutuskan membeli televisi di rumah :

1. Ukur luas ruangan

Tips memilih TV yang pertama adalah sesuaikan luas ruangan dengan ukuran TV yang akan dibeli. Jika ruangan terlalu kecil, hindari untuk memilih TV berukuran besar, karena justru akan membuat mata menjadi tidak nyaman. Hal ini disebabkan jarak pandang ke layar terlalu dekat, akibat ruangan yang sempit.

Begitu juga sebaliknya, jika ruangan berukuran besar, pilihlah ukuran TV yang tidak terlalu kecil. Idealnya berukuran antara 55 inci hingga 65 inci.

Lebih mudahnya, kamu bisa ikuti tips memilih TV berikut, mulai dari minimal sepertiga jarak duduk dari TV kualitas HD atau 1 1/2 jarak duduk dari TV kualitas 4K. Tempat duduk yang paling nyaman di depan TV adalah tiga kali ukuran layar TV kualitas HD atau 1,5 x layar TV UHD.

Misalnya, ruangan berukuran 5x5 meter, maka posisi TV yang ideal adalah 1/3 dari 5 meter, yakni 1,6 meter atau sekitar 60 inci. Ini artinya, kamu sebaiknya membeli TV ukuran 60 inci agar nyaman di mata.

2. Periksa refresh rate pada layar

Perhatikan juga tips memilih TV yang satu ini, yaitu periksa berapa besar refresh rate pada layar TV. Refresh rate sendiri adalah berapa kali gambar di-refresh dalam satu detik. Semakin tinggi refresh rate, maka semakin bagus kualitas gambarnya.

Standar refresh rate adalah 60Hz yang berarti gambar di layar akan "refresh" sebanyak 60x dalam satu detik. Jika kurang dari 60Hz, maka gambar seakan berkedip. Maka dari itu refresh rate menjadi pertimbangan yang cukup penting sebelum memilih TV, demi kenyamanan mata. Refresh rate paling tinggi saat ini adalah 240Hz.

3. Pilih kualitas layar TV paling baru

Teknologi layar televisi terus mengalami perkembangan. Saat ini kualitas layar TV semakin jernih saja. Namun sebaiknya pilih jenis layar TV kualitas LED dan OLED, karena keduanya mampu menyajikan visual yang jauh lebih baik, lebih jernih dan lebih jelas.

Adapun resolusi layar TV semakin beragam, mulai dari standar hingga layar 4K. TV HD standar beresolusi 720p. Lalu kualitas Full HD beresolusi 1080p. Dan yang paling tinggi adalah kualitas Ultra HD yang beresolusi 4K (2160p).

4. Perhatikan port dan sambungan lainnya

Televisi modern telah dilengkapi dengan berbagai sambungan yang cukup lengkap untuk menunjang aktivitas menonton jadi lebih menyenangkan. Sebelum membeli TV, periksa terlebih dulu apakah koneksinya cukup lengkap, seperti port HDMI, port USB, I/O RCA dan konektivitas lainnya.

Televisi yang memiliki konektivitas cukup lengkap, akan lebih mudah untuk menyambungkan ke berbagai perangkat lainnya, seperti proyektor maupun speaker. Sekedar saran, saat ingin membeli TV, pastikan terdapat sedikitnya dua atau lebih port HDMI 2.0 atau 2.0a, HDCP 2.2 dan HEVC decoding. Semakin banyak, tentu semakin baik.

5. Pertimbangkan menggunakan speaker tambahan

Menonton film di TV akan jauh lebih berkesan dan menyenangkan jika suaranya terdengar menggelegar serta perpaduan antara suara bass dan tweeter terdengar pas. Namun sayangnya kualitas suara dari TV saja dirasa kurang memadai. 

Maka dari itu, kita bisa pertimbangkan untuk menambahkan speaker tambahan untuk mendapatkan kualitas suara yang lebih baik dan mirip seperti di bioskop. Apalagi saat ini sudah semakin banyak speaker aktif Bluetooth yang bisa disinkronkan dengan Smart TV.

6. Memilih merek tv terpercaya

Tips memilih tv yang terakhir adalah dengan memilih merek TV yang sudah terpercaya di pasaran. Merek TV yang terkenal dan terpercaya juga akan mempengaruhi kualitas dari TV itu sendiri, karena biasanya TV bermerek memiliki kualitas yang baik dan lebih awet.

Namun hal ini bukanlah kewajiban jika bujet yang dimiliki terbatas, maka kita bisa membeli TV LED dan OLED yang murah di pasaran. Dan terkadang, TV dengan merek yang tidak populer di pasaran memiliki produk TV yang juga bagus dan berkualitas.

Hal-hal yang Sebaiknya Diperhatikan Sebelum Membeli TV Agar Tidak Kecewa

Agar kita bisa mendapatkan TV LED atau TV OLED yang berkualitas dan awet, ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan sebagai berikut :

  • Jika ingin mendapatkan kualitas gambar yang tajam, pilihlah TV beresolusi 4K
  • Jika ingin menggunakan TV sekaligus untuk gaming, sebaiknya pilih TV dengan refresh rate minimum 120Hz
  • Pilih TV yang dilengkapi dengan fitur HDR untuk mendapatkan warna yang jauh lebih realistis dan kontras yang lebih baik
  • Bagi yang hobi nonton film atau video lewat harddisk eksternal atau flashdik, pilih TV yang telah dilengkapi dengan koneksi HDMI dan koneksi port USB
  • Agar bisa menikmati streaming film lewat aplikasi Netflix dan aplikasi streaming lainnya, pilih Smart TV
  • Agar mata tetap nyaman saat menonton TV, sesuaikan ukuran ruangan di rumah dengan ukuran TV yang ingin dibeli
  • Bagi yang hobi streaming melalui TV, sebaiknya langganan WiFi di rumah, agar lebih hemat

Semoga tips memilih TV LED dan TV OLED yang susahsinyal.com bagikan bisa bermanfaat sekaligus memberikan pencerahan. Dengan mengikuti panduan dan tips di atas, acara menonton menjadi lebih nyaman dan menyenangkan. 

Posting Komentar untuk "Ini Dia Tips Memilih TV LED dan OLED yang Tepat"