Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab WiFi Lemot dan Cara Ampuh Mengatasinya

Cara Mengatasi WiFi Lemot

Jaringan internet saat ini menjadi hal yang sangat penting, terutama bagi kamu yang bekerja mengandalkan WiFi. Namun ternyata tidak selamanya koneksi internet kencang, hal ini bisa jadi karena masalah pada WiFi. Masalah umum yang sering terjadi adalah WiFi lemot, sehingga membuat pekerjaan jadi terkendala.

Namun kamu tidak perlu terlalu khawatir, masalah WiFi lemot masih bisa diperbaiki. Dengan demikian koneksi internet akan kembali kencang seperti sedia kala. 

Berikut adalah cara ampuh mengatasi WiFi lemot di rumah yang bisa Anda coba terapkan :

1. Batasi Jumlah Pengguna

Jumlah pengguna terkadang akan memengaruhi kecepatan jaringan internet di rumah. Semakin banyak yang menggunakan internet, maka penggunaan bandwidth akan semakin bertambah. Hal ini akan membebani kinerja router (modem WiFi).

Solusi yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengurangi jumlah pengguna internet. Namun jika hal ini tidak bisa dihindari, misalnya saja kamu adalah keluarga besar yang jumlahnya puluhan orang, maka kamu bisa menambah kapasitas bandwidth. Misalnya yang tadinya hanya berlangganan 10 Mbps saja, maka kamu bisa menambah bandwidth menjadi 20 Mbps.

Mengubah atau menaikkan bandwidth tentu berpengaruh pada biaya tagihan WiFi setiap bulannya. Semakin besar bandwidth yang digunakan, maka semakin besar biaya langganannya.

2. Periksa Sistem Pada Perangkat yang Digunakan

Penyebab WiFi lemot bisa karena sistem pada perangkat yang digunakan sedang bermasalah. Misalnya saja laptop atau komputer kamu sedang melakukan download banyak file berukuran besar (misalnya film) secara bersamaan. Hal ini tentu akan menggunakan banyak bandwidth. 

Belum lagi kamu membuka banyak sekali tab dalam waktu bersamaan. Sinkronisasi data cloud juga akan memengaruhi jaringan internet. Jika memang kamu ingin download film atau file berukuran besar, sebaiknya lakukan secara bertahap, agar tidak mengganggu koneksi internet.

Semakin banyak file menumpuk di dalam laptop, akan membebani memori pada laptop yang digunakan, sehingga membuat laptop lemot. Apalagi jika kapasitas RAM yang digunakan sangat kecil, sudah pasti kinerjanya akan lambat. Kamu mengira jika koneksi internet yang lemot, ternyata laptop kamulah yang sebenarnya lemot, karena terlalu banyak file.

3. Upgrade Paket WiFi

Apabila kamu merasa koneksi WiFi semakin lemot setiap hari, mungkin saja paket internet yang kamu gunakan saat ini sudah tidak bisa mengakomodasi kebutuhan internet di rumah. Sudah saatnya kamu melakukan upgrade paket WiFi, agar internet bisa berjalan dengan lancar kembali.

Hal ini bisa saja terjadi jika pekerjaanmu selalu bertambah setiap harinya. Misalnya saja harus download banyak file setiap hari atau sebaliknya harus upload file ke cloud untuk menyimpan banyak file penting. Sementara kapasitas paket WiFi mu tidak bertambah.

Jika kamu mengalami hal ini, tidak ada salahnya kamu menghubungi provider untuk minta segera upgrade paket WiFi. Hal ini akan memengaruhi biaya langganan setiap bulannya. Namun dengan cara begini, kamu bakalan terhindar dari drama WiFi lemot. 

4. Restart Router

Jika kamu pelanggan setia IndiHome, pasti kamu akan disarankan untuk melakukan restart pada modem ketika internet lemot. Meski kamu kadang kesal dengan saran monoton yang itu-itu saja, tetapi tidak ada salahnya jika kamu coba dulu bukan? Mungkin saja memang masalahnya ada pada mesin modem yang mulai kepanasaran (over heat).

Coba lakukan restart router atau modem, dengan cara mematikan melalui tombol power. Atau kamu juga bisa langsung mencabut kabel adaptornya. Diamkan sejenak, sekitar 1 menit. Lalu nyalakan kembali. Kamu bisa sambil menyeduh kopi hangat selama menunggu proses tersebut.

Jika memang masalah ada pada modem yang kepanasan, biasanya jaringan internet akan kembali normal setelah kamu melakukan restart pada router. Jadi tidak ada salahnya jika kamu mencoba langkah ini bukan?

5. Periksa Posisi Antena Router

Untuk menghindari WiFi lemot, posisikan router di tempat yang lebih tinggi. Biasanya hal ini akan membantu meningkatkan kondisi sinyal menjadi lebih baik. Perhatikan juga posisi antena router. Atur posisi antena router agar tegak lurus jika hanya memiliki satu antena.

Namun jika router terdapat dua antena, pastikan posisinya sudah tepat. Kamu bisa mengatur salah satunya tetap tegak lurus, dan satu antena lainnya bisa posisi menyamping. Pastikan keduanya tidak dalam posisi yang sama.

6. Perhatikan Jarak Perangkat dengan Router

Jika rumahmu luas sekali, posisikan router pada tempat yang strategis dan mudah dijangkau semua perangkat, agar tidak ada drama WiFi lemot. Jarak perangkat yang terlalu jauh dengan router, biasanya akan membuat jaringan internet menjadi lambat. Misalnya saja saat kamu berada di luar pagar rumah, maka biasanya koneksi internet juga akan menurun, karena jarak perangkat dengan router yang terlalu jauh.

Jadi, sebisa mungkin untuk tetap menjaga jarak antara perangkat dengan router jangan terlalu jauh, agar penerimaan sinyal internet tidak terganggu. Apalagi jika di rumah banyak penghalang, seperti tembok atau dinding kayu, maka biasanya sinyal WiFi menjadi lemot.

7. Terlalu Banyak Penghalang

Sinyal WiFi tidak mampu menembus dengan baik melewati dinding atau lemari besar. Pada umumnya, jika di rumah kamu terlalu banyak dinding atau perabot berukuran besar, maka akan memengaruhi kecepatan WiFi. Semakin banyak dinding yang dilalui, maka kecepatan WiFi akan semakin menurun. 

Hal ini juga berlaku, ketika kamu berada di toilet sebuah gedung, perkantoran atau mall, biasanya kamu akan mengalami susah sinyal. Alasannya sama, karena sinyal WiFi kurang baik menembus dinding tembok dan penghalang lainnya.

Jika di rumahmu memang banyak tembok atau penghalang lainnya, pasang router di tempat yang tinggi agar sinyal yang dipanccarkan tidak terhalang, sehingga kecepatan internet tetap terjaga dengan baik dan lancar.

8. Ada Perangkat Lain yang Mengganggu Sinyal

Penyebab WiFi lemot lainnya adalah karena beberapa penggunaan perangkat berikut bisa mengganggu penerimaan sinyal WiFi, misalnya telepon nirkabel, microwave, CCTV wireless, baby monitor atau speaker nirkabel. Pasalnya, perangkat tersebut bekerja pada frekuensi yang sama dengan WiFi standar 2.5 GHz.

Jadi pastikan terlebih dulu jika tiba-tiba sinyal WiFi jadi lemot, mana tahu ada beberapa perangkat tersebut di rumah yang juga sama-sama sedang digunakan.

9. Ganti Internet Service Provider

Jika semua hal di atas telah kamu lakukan, akan tetapi sinyal WiFi masih saja lemot, maka sudah saatnya kamu pertimbangkan untuk mengganti layanan internet service provider. Kamu bisa tanya-tanya ke tetangga sekitar yang juga sama-sama pakai WiFi. Kira-kira layanan apa yang sinyalnya bagus.

Maka dari itu, sangat dianjurkan untuk melakukan survey terlebih dulu sebelum kamu berlangganan WiFi. Agar kamu tidak mengalami WiFi lemot seperti di atas. Hal ini penting dilakukan agar kamu bisa mendapatkan jaringan internet yang benar-benar bagus dan lancar.

Nah itu tadi cara mengatasi WiFi lemot dengan mudah bisa kamu lakukan. 

Semoga bermanfaat.

20 komentar untuk "Penyebab WiFi Lemot dan Cara Ampuh Mengatasinya"

  1. Ketika wifi ku lemot yg sering aku lakukan adalah merestart wifi lalu mengurangi orang yg pakai wifi kak, pasti bisa terkoneksi kembali dgn lancar Haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga paling restart modem, biar sinyalnya oke lagi. Kalo mengurangi pengguna sih nggak pernah, soalnya di rumah orangnya cuma sedikit. Pas lagi kumpul pun masih bisa terakomodasi dengan baik sih...

      Hapus
  2. Sering banget nih kejadian, pakai wifi tapi lemot sampai berkali kali kirim email dan open tiket. Akhirnya sih upgrade paket wifi karena mengurangi perangkat tidak mungkin hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah senangnya masalahnya sudah teratasi. Semoga artikel ini juga bisa bermanfaat ya Mba Indri

      Hapus
  3. Menggunakan wifi memang penting saat ini untuk menunjang kegiatan pas lemot perhatian beberapa hal diatas untuk lancar kembali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya bisa dicoba Kak. Semoga bermanfaat

      Hapus
  4. wah info baru nih kak, selama ini aq gak pernah utak atik wifi. kalo lemot ya tak biarkan aja, mungkin lagi banyak yang pake barengan gitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bermanfaat ya... Dan selamat mencoba!

      Hapus
  5. Belum pakai wifi karena belum nemu provider yang bisa dipasang di daerah domisili yang masih tergolong desa ini. Ulasan Kakak bisa ngebantu banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bermanfaat. Terima kasih sudah mampir ke blog ini...

      Hapus
  6. Umumnya kalau jaringan internet lemot, kitanya pasti nge restart router. Kalau di handphone biasanya aku aktifkan mode pesawat beberapa saat lalu aktifkan lagi jaringan. Habis itu ya balik lancar lagi. Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pada kasus ringan biasanya memang seperti itu Mba Yuni. Namun biasanya kasusnya berbeda-beda. Nah semoga saja tips di atas bisa sedikit membantu ya. Terima kasih atas kunjungannya....

      Hapus
  7. kadang tergantung provider juga sih kak, akhirnya ganti ke salah satu provider, wifi di rumah jadi lancar, apa betul ya provider itu otoritas per daerah, karena wifi yang di rumah kalau menggunakan provider lama sering bermasalah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin tergantung kepada sinyalnya. Ada provider yang menguasai wilayah A, sehingga hampir semua masyarakat di sana menggunakan provider tersebut. CMIIW

      Hapus
  8. Betul juga Mas, makin banyak pengguna jaringan makin lemot, dan letak router yang terlalu jauh serta bnyk penghalang alias berkelok2. Thanks for sharing mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih juga sudah berkunjung ya Mba Nita

      Hapus
  9. Wah jadi ini solusinya ya, pantes banget wifinya kadang Suka lemot... Trims tipsnya ya kak

    BalasHapus
  10. Nah kalau mulai lemot WiFi di rumah, saya langsung ngegas duluan ke CS nya via email, wkwkkw. Tapi bener sih mas, tips nya ini bermanfaat sekali. Jumlah anggota keluarga menentukan apalagi kalau pas mudik wah bisa lemot banget internet di rumah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan keseringan ngegas Mba, nanti nabrak lho, hahahaha.... Siap semoga masalahnya segera teratasi dengan baik ya

      Hapus