Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ubah Suasana Kerja Jadi Lebih Nyaman dengan Smart Lighting

Review Lampu Philips Smart Lighting

Sebagai seorang blogger, saya banyak menghabiskan waktu di depan laptop. Mungkin dalam sehari bisa lebih dari 9 jam. Apalagi jika sedang dikejar banyak deadline, bisa sampai malam. Kalau dibilang lelah, ya pasti lelah banget. Namun, karena sudah terbiasa, jadi ya badan dan otak saya seolah sudah beradaptasi dengan rutinitas ini.

Saya memaksimalkan waktu libur kerja untuk menulis artikel di beberapa blog yang saya kelola. Berhubung ngeblog sudah menjadi hobi, jadi saya sangat enjoy menjalaninya. Ya meski dalam setiap profesi pasti ada risiko yang harus dihadapi, termasuk seorang blogger sekalipun.

Lantas, risikonya apa aja ya? Yuk kita simak artikel ini selengkapnya ya guys!

Bekerja Terlalu Lama di Depan Laptop? Waspada Sindrom Gejala Mata Lelah

Saya sadar, menatap layar laptop dengan durasi yang lama juga kurang baik untuk kesehatan mata. Kebiasaan ini membuat mata saya cepat lelah. Jika dibiarkan, bisa memicu risiko Computer Vision Syndrome (CVS) atau Sindrom Penglihatan Komputer akibat ketegangan mata menatap layar laptop.

Untuk meringankan gejala mata lelah, biasanya saya menerapkan aturan 20-20-20. Dengan cara ini, saya mengistirahatkan mata sejenak setiap 20 menit sekali. Lalu melihat objek sejauh 20 kaki (sekitar 6 meter) selama 20 detik. 

Dengan menerapkan metode ini setidaknya bisa bikin mata saya lebih fresh sekaligus mengurangi paparan sinar radiasi dari layar laptop yang berlebihan, akibat terlalu lama menatap layar.

Seperti dilansir dari Healthline, dibutuhkan waktu sekitar 20 detik agar mata benar-benar terasa rileks setelah tegang, karena "dipaksa" menatap layar gadget

Selain itu, saya juga perlu mengatur pencayaan ruang yang pas selama bekerja, Karena jika tidak didukung dengan pencahayaan yang kurang baik, akan menambah parah gejala mata lelah. Jangan anggap enteng ya teman-teman. Faktanya, pencahayaan yang buruk juga bisa menyebabkan sakit kepala, stress hingga parahnya kecelakaan kerja.

Menurut International Labour Organization (ILO), kondisi pencahayaan di tempat kerja juga berpengaruh terhadap kualitas dan produktivitas kerja. Semakin baik pencahayaan, maka akan membuat suasana kerja menjadi lebih nyaman, sehingga mampu menjaga mood selama bekerja. 

Lampu Philips Smart LED Connected by WiZ Bantu Tingkatkan Konsentrasi dan Kenyamanan Saat Bekerja

Saya sempat kepikiran, kayaknya pakai lampu pintar atau smart lighting di meja kerja, bakalan bikin suasana kerja jadi makin nyaman deh. Selain itu, saya juga bisa dengan leluasa mengatur tingkat pencahayaan dari lampu pintar tersebut dan bebas meletakannya di mana saja, sesuai dengan kebutuhan. 

Daripada lampu biasa, ya cuma bisa nempel di atas plafon saja. Sama halnya kayak lampu belajar. Keduanya sama-sama tidak bisa diatur tingkat pencahayaannya. Jadi saya rasa kurang maksimal ya.

Ngomongin soal lampu pintar, saya punya rekomendasi smart lighting yang bisa teman-teman pilih, yaitu Philips Smart LED Connected by WiZ

Aplikasi WiZ

Lampu Pintar Merk Philips

Philips Smart LED Connected by WiZ

Philips lighting yang ahlinya di lampu pintar, memproduksi lampu Philips Smart LED Connected by WiZ yang mudah diatur tingkat pencahayaan dan diubah warna cahayanya melalui aplikasi WiZ. Kamu bisa mengontrol sepenuhnya melalui ponsel. Lampu juga mudah di-pairing dan dikontrol.

Teknologi Philips Smart LED Connected by WiZ dinilai mampu meningkatkan produktivitas kerja, membuat suasana ruangan menjadi lebih beragam cahayanya. Ruang kerja yang awalnya biasa saja, kini terasa seperti ruang kerja seorang CEO.

Keunggulan Philips Smart LED Connected by WiZ

Semenjak menggunakan lampu pintar dari Philips, saya jadi bisa dengan mudah mengatur tingkat pencahayaan di ruang kerja sesuai dengan kebutuhan, sehingga bisa membuat mata tetap nyaman selama bekerja menatap layar laptop. 

Selain itu, untuk membuat suasana kerja tetap menyenangkan, saya bisa mengganti warna lampu dengan gradasi warna lainnya. Sehingga saya tidak bosan dengan warna lampu yang itu-itu saja.

Review Lampu Pintar Philips

Cara Setting Philips Smart LED Connected by WiZ

Berikut adalah langkah-langkah menghubungkan Philips Smart LED dengan ponsel :

Review Smart Lighting Philips

1. Langkah pertama, install Aplikasi WiZ terlebih dulu di ponsel. Aplikasi tersedia bagi pengguna Android maupun iPhone. Setelah terpasang di ponsel, selanjutnya baca 'Terms of Use' dan klik 'I Acknowledge'. (Lihat gambar di bawah)

Term of Use Aplikasi Wiz

2. Selanjutnya, pilih 'Buat rumah' dan beri nama sesuai dengan kebutuhan. (Lihat gambar di bawah)

Tambahkan Rumah pada Aplikasi Wiz

3. Tambahkan ruangan untuk dipasang lampu pintar Philips. Pilih jenis ruangan yang diinginkan. Dalam hal ini, saya menambahkan kantor. Kamu juga bisa memberikan nama ruangan tersebut. (Lihat gambar di bawah)

Tambahkan Ruangan pada Aplikasi Wiz

4. Berikutnya, klik menu 'Tambahkan perangkat' untuk menyambungkan lampu dengan jaringan WiFi. Pilih menu lampu untuk memasang smart lighting. (Lihat gambar di bawah)

Tambahkan Perangkat pada Aplikasi Wiz

5. Pastikan kamu menghubungkan perangkat dengan hotspot yang sama. Jika tidak, maka lampu tidak akan bisa terhubung. Caranya cukup mudah bukan?

Spesifikasi Produk

Garansi sampai dengan 3 tahun berdasarkan 3 jam pemakaian per hari. Untuk detail ketentuan garansi, kunjungi laman www.philips.com/consumewarranties.

Review Smart Lighting

Paket sudah termasuk 1 buah adaptor dan 1 buah smart lighting.

Adaptor :

  • Masukan : 220-240Vac, 50/60Hz, 0.3A max
  • keluaran : 24Vdc, 0.25A, 6W

Luminer :

  • Masukan : 24Vdc, 0.21A, 5W

WiFi kompatibel :

  • WiFi CERTIFIED 2.4 GHz 802.11b/g/n
  • WPA3 - Personal

Membutuhkan koneksi WiFi untuk dapat berfungsi secara penuh. BlueTooth digunakan hanya saat pengaturan saja.

Konklusi

Nah, bagi kamu yang selalu bekerja menggunakan laptop, jangan sampai abai dengan kesehatan mata ya. Perhatikan dengan baik kualitas pencahayaan yang digunakan selama bekerja, agar kamu tetap merasa nyaman dan bisa fokus menjalani rutinitas harian.

Perlu diketahui, pencahayaan yang baik terbukti mampu memberikan efek positif bagi mereka yang sering bekerja di depan layar gadget, di antaranya sebagai berikut : 

  • Meningkatkan perasaan bahagia, jika tubuhmu sehat, kamu pun akan merasa lebih semangat dan bahagia saat bekerja
  • Meningkatkan produktivitas kerja, dengan pencahayaan yang cukup baik, kamu bisa lebih nyaman dan fokus dalam bekerja
  • Hemat energi, lampu yang bisa diatur tingkat penerangannya, mampu menghemat listrik lebih baik. Contohnya saja lampu pintar Philips Smart LED Connected by WiZ

Gimana teman-teman, apakah tertarik juga untuk mencoba smart lighting Philips Smart LED Connected by WiZ ini? Yuk segera beralih ke lampu pintar dan cobain teknologi keren dari lampu ini ya. 

Bagi yang penasaran dan ingin membelinya, bisa langsung mengecek ke laman Official Store di Tokopedia ya.

Semoga ulasan tentang Philips Smart LED Connected by WiZ ini bisa bermanfaat. Terutama bagi teman-teman yang saat ini sedang mencari smart lighting untuk dipasang di rumah, karena cocok banget bagi yang ingin menerapkan konsep smart home. Smartizen, yuk beralih ke lampu pintar/smart lighting!

36 komentar untuk "Ubah Suasana Kerja Jadi Lebih Nyaman dengan Smart Lighting"

  1. Lampu led tuh masa pakainya lebih lama ya daripada yg biasanya, dan sepertinya lebih nyaman di mata apalagi bisa disesuaikan dengan mode tertentu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tingkat pencahayaan bisa kita atur sesuai kebutuhan, makanya dianggap lebih nyaman dipakai selama bekerja di depan monitor gadget.

      Hapus
  2. Wah canggih banget, ya. Sekarang bisa atur pencahayaan sendiri. Tentunya akan memudahkan untuk bikin video juga ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Fiturnya canggih kalo smart lighting ini. Kita bisa atur sendiri pencahayaan sendiri lewat aplikasi.

      Hapus
  3. nah penting nih punya lampu yang nyaman di ruang kerja, kalau redup malah jadi gak semangat dong ya, kalau bisa ganti-ganti warna gini kayaknya seru ya, bisa menyesuaikan dengan mood juga ya, biar lebih semangat lagi saat kerjanya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo cahaya lampu redup, justru bikin nggak nyaman kerja. Belum lagi efek ke mata bikin cepat lelah

      Hapus
  4. Karena bisa terhubung dengan ponsel jadinya pencahayaan bisa kita atur ya mau warna apa..
    Cakep loh ini, jadi bisa disesuaikan dengan mood, atau lagi pingin yang suasana segar.
    Apalagi warnanya juga terang gak bikin sakit mati ya.
    Nice rekomennya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget nih. Bisa bebas atur pencahayaan lampu sesuai mood

      Hapus
  5. Itu lampunya memang warna-warni ya Kak...Memang sekarang zamannya lampu LED yang lebih hemat tetapi terangnya menyamai lampu pijar. Apalagi Philips memang udah jaminan mutu deh ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Warnanya bisa kita atur sendiri. Mau warna apa aja ada pilihannya sendiri lewat aplikasi. Brand Philips memang sudah jaminan mutu

      Hapus
  6. Suka banget.
    Suasana ruang kerja jadi mendadak nyaman, tenang dan bisa jadi full of energy tergantung dengan pengaturan warna Lampu Philips Smart LED Connected by WiZ. Mengaturnya pun mudah, sehingga hanya menggunakan aplikasi, bisa satset..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cukup lewat aplikasi aja, sat set sat set udah bisa mengubah warna ruangan menjadi lebih berwarna

      Hapus
  7. wah ini sih cocok nanti buat rumah baru saya kak, kebetulan banget belum persiapkan dan masih bingung soal lampunya, pastinya juga mencari jenis lampu yang hemat energi dan awet, kebetulan banget memang Philips kepercayaan keluarga sudah lama

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah bagus nih kalo rumah baru dipasang smart lighting Philips. Jadi deh Smart home 🏠

      Hapus
  8. Lampu Philip kereen selalu berinovasi memberikan produk baru dengan teknologi baru. Brand lampu fav sejak saya kecil. (Gusti yeni)

    BalasHapus
  9. Lampu LED dari Philips ini kereen
    Bisa kita atur sesuai mood

    BalasHapus
  10. Jadi ada cara buat atasi mata lelah ya, saya bakal ikuti tips kamu ya. Emang kalo ada lampu pintar mah suasana makin asoy, bisa diatur sesuai dg kebutuhan. Butuh untuk penerangan baca, nulis atau yg temaram untuk jam santai keluarga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan cara final, tapi setidaknya bisa mencegah sekaligus mengurangi mata lelah saat harus bekerja di depan layar laptop. Nah lampu pintar ini tingkat pencahayaan bisa kita atur sendiri

      Hapus
  11. asyik nich ada smart lighting, jadi seru ya dikamar. kamar pun serasa menyenangkan karena bisa menggunakan lampu yang sesuai mood kita

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya betul sekali, bukan hanya di kamar aja, tapi di berbagai ruang, baik di rumah maupun di gedung lainnya.

      Hapus
  12. ini aku banget nih yang sering ngalamain Sindrom Gejala Mata Lelah. apalagi aku kerja depan latop dan lebih banyak menggunakan tablet berjam-jam. mataku sering kering dan berakhir sakit kepala. aku cobain nih tips 20-20 nya. thank ya kak. aku juga mau nyobain nih lampu Philips Smart LED Connected by WiZ-nya, terlihat nyaman digunakan ketika bekerja ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih juga sudah berkunjung ke blog ini ya. Semoga artikelnya bermanfaat

      Hapus
  13. Pengen juga punya lighting estetik simpel begini, btw baru tau ternyata lighting juga berpengaruh pada kesehatan mata ya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya berpengaruh Mas, makanya dengan smart lighting ini setidaknya kita bisa atur tingkat pencahayaan sesuai kebutuhan

      Hapus
  14. Saya juga pakai lampu Philips di rumah, karena hemat sih. Wah sekarang ada yang smart light yaaaa, boleh nih dicoba buat upgrade lampu-lampu di rumah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh dicoba dong yang smart lighting nya hehehe

      Hapus
  15. Keren nih, lampu pintar philip ada garansi sampai 3 tahun. Makin mantep lah nggak ragu dengan kualitasnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kualitas memang sudah terbukti jaminan mutu. Belum lagi fitur terbaru yang disematkan ke lampu pintar ini.

      Hapus
  16. Hmm lampunya cocok nih di kamarku apalagi anak anak sedang eksplor berbagai situasi
    Coba cari di marketplace ah untuk nikmati sensasinya juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba dong ah beli satu lampu Philips LED, biar bisa nyobain explore fitur-fiturnya dan nyobain warna pencahayaan yang cocok buat di kamar

      Hapus
  17. Waah asik pakai lampu pintar bisa gonta ganti warna dan bisa dikendalikan jarak jauh. Kalau kamar anak diberi lampu ini mereka akan betah di kamar kali ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan betah lagi, tapi bakal dimainin terus tuh lampu pintar nya hehehe... Apalagi pilihan warnanya banyak banget Philips ini

      Hapus
  18. canggih ya lampu sekarang bisa jadi smart lamp dan dikoneksikan ke handphone juga. jadinya kita bisa atur sendiri deh cahayanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup betul banget. Jauh lebih praktis dan pastinya lebih berwarna

      Hapus