Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merawat AC Mobil Agar Lebih Awet

Cara Merawat AC Mobil

Cara merawat AC mobil memang tidaklah mudah. Pastinya kita perlu mengetahui triknya dengan tepat, agar tidak terjadi kesalahan dalam proses perawatannya. Alih-alih ingin AC mobil tetap awet, karena kurangnya informasi, malah membuat AC mobil jadi cepat rusak.

AC menjadi salah satu komponen pada mobil yang sangat penting, karena bisa membantu  menjaga kenyamanan selama berkendara. Terutama saat kondisi sedang macet ditambah musim kemarau, biasanya suhu udara semakin meningkat.

AC yang terawat dengan baik, akan bekerja lebih optimal dalam mendinginkan suhu ruangan di dalam kendaraan. Dengan demikian pengemudi dan juga penumpang akan sama-sama merasa nyaman.

Pada umumnya cara merawat AC mobil dengan AC di rumah memiliki kemiripan, meski tidak terlalu signifikan. Jika kondisi AC selalu dalam keadaan bersih dan terawat, kualitasnya akan tetap terjaga dengan baik. 

Tips Merawat AC Mobil Agar Tetap Awet dan Tahan Lama

Mengingat AC memiliki fungsi dan peranan yang penting, maka pemilik kendaraan wajib mengetahui bagaimana cara merawat AC mobil dengan baik dan benar.

Tips Merawat AC Mobil

Lalu, bagaimana langkah dan caranya? Berikut Susahsinyal.com bagikan beberapa tips yang bisa kamu coba :

1. Jaga kebersihan dashboard atau kabin mobil

Sebagai pemilik mobil, kita wajib menjaga kebersihan dashboard atau kabin mobil. Apapun jenis mobilnya. Kabin mobil yang kotor, akan menghasilkan debu-debu yang tidak hanya akan mengancam kesehatan pengemudi mobil, melainkan debu juga akan masuk ke dalam AC.

Debu yang masuk ke dalam komponen AC menyebabkan kinerja AC akan berkurang, sehingga AC jadi kurang terasa sejuk, karena telah tercampur dengan debu dan akan menimbulkan bau.

Jika hal ini dibiarkan, debu akan merusak komponen pada AC, seperti evaporator, blower dan filter AC. Sehingga performa AC akan menurun dan cepat rusak. Udara yang dihasilkan tidak terlalu sejuk lagi dan tentu saja akan mengganggu kenyamanan pengemudi dan penumpang.

Jadi, jangan biarkan dashboard kendaraanmu kotor terlalu lama ya.

2. Hindari mematikan AC dalam jangka waktu lama

Ketika kita tidak menggunakan mobil untuk waktu yang lama, jangan biarkan AC dalam keadaan mati terlalu lama. Hal ini akan menyebabkan timbulnya endapan debu di seluruh bagian saluran pendingin.

AC yang mati terlalu lama juga akan memengaruhi kualitas udara di dalam kabin mobil, ketika kita ingin menyalakan kembali mobil.

Agar kualitas AC tetap terjaga dan bekerja secara optimal, maka kita bisa memanaskan mobil secara rutin, sambil menyalakan AC sekitar 5 - 10 menit. 

Hal ini penting dilakukan agar tidak timbul endapan di dalam pendingin freon, sekaligus memperbaiki sirkulasi udara di dalam mobil menjadi lebih baik.

3. Perhatikan penggunaan AC mobil yang benar

Tips cara merawat AC mobil selanjutnya adalah dengan menggunakan AC secara tepat. Misalnya saja kita buru-buru menyalakan AC ketika baru masuk ke dalam mobil, sementara suhu di kabin masih terasa panas 

Langkah yang tepat adalah buka jendela mobil agar udara dari dalam mobil bisa bertukar dengan udara baru dari luar. Setelah itu tutup kembali jendela dan baru nyalakan AC.

Perlu kamu ketahui, salah satu manfaat dari membuang udara panas dan menggantinya dengan udara baru adalah mampu mencegah efek buruk pada kesehatan. Udara panas dari kabin bersifat karsinogen dan menjadi penyebab kanker.

4. Hindari membuka jendela mobil saat AC menyala

AC pada mobil tidak didesain untuk mendinginkan ruangan berukuran besar. Agar performa AC mobil bisa terjaga, hindari membuka jendela mobil ketika AC dalam keadaan menyala.

Hal ini bisa menimbulkan partikel debu dan kotoran masuk ke dalam filter AC, sehingga kinerjanya akan menurun. 

Selain itu juga untuk menjaga kendaraan agar tidak terkontaminasi oleh partikel berbahaya dari lingkungan luar mobil.

5. Jaga kebersihan kondensor AC

Langkah selanjutnya dalam merawat AC mobil yang perlu kamu lakukan adalah rutin membersihkan komponen pada AC, salah satunya yaitu kondensor AC.

Komponen ini berfungsi untuk mengubah gas (freon) tekanan tinggi menjadi cairan. Maka dari itu penting bagi pemilik mobil untuk melakukan perawatan rutin pada kondensor AC. Fokus bersihkan debu dan kotoran yang bisa menimbulkan korosi dan kebocoran.

Demikian cara mudah merawat AC mobil yang bisa kamu lakukan. Sehingga tidak sering pergi ke bengkel hanya untuk membersihkan AC, karena pada dasarnya kita bisa melakukannya secara mandiri.

Apapun jenis kendaraanmu, baik itu jenis sedan, APV (all purpose vehicle), SUV (sport utility vehicle) maupun MPV (multi-purpose vehicle), jaga dan rawat AC mobil dengan baik dan tepat.

Semoga bisa bermanfaat, terutama bagi yang memiliki mobil, tapi belum mengetahui cara merawat AC mobil yang benar.

30 komentar untuk "Cara Merawat AC Mobil Agar Lebih Awet"

  1. Penting banget ini jaga kebersihan ac mobil biar tetap segar dan bekerja prima, ya

    BalasHapus
  2. Paling sering itu langsung ada terikan, saat mobil jalan, lalu ada yang membuka jendela, "Buruan tutup jendela, AC lagi hidup tuh!" hehehe.
    Terus soal debu, memang paling rawan ya, Mas. Soalnya tertutup bagaimana pun mobil, pasti debu masuk. Jadi harus rajin dibersihkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Meski kelihatannya sepele, tapi efek jangka panjang kurang baik bagi kesehatan...

      Hapus
  3. Nice artikel 👍 jadi paham kenapa di saat AC nyala tidak boleh buka kaca setauku hanya biar ga boros sama mencemari lingkungan luar. Ternyata partikel debu jd masuk yaa kalau AC nyala kaca kebuka (gusti yeni)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ada efeknya jika jendela kaca mobil dibuka saat AC menyala, salah satunya debu yang bisa masuk ke dalam mobil

      Hapus
  4. Ternyata harus membuka jendela saat AC mobil nyala ga bagus ya. Sayangnya itu sering dilakukan anak-anak kami. Mereka sukanya angin alami padahal aku sukanya AC mobil. Jadi ya gitu AC mbil nyala, anak-anak yang duduk dibelakang tetep buka jendela

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beli mobil yang bak terbuka aja. Anak-anak numpang di belakang tanpa AC. Mba Dyah di dalamnya 😅😅😂

      Hapus
  5. Pantas saja AC mobil saya tidak dingin, sudah lama mobil saya diamkan bahkan tidak saya panasi mesinnya secara rutin. Maklum Bali makin macet saja, pergi naik mobil malah tidak cepat sampai tujuan, akhirnya saya memilih naik motor. Terimakasih tipsnya mas...jadi ingin melakukan 5 steps diatas supaya AC mobil saya tetap terjaga dan tahan lama.

    BalasHapus
  6. Kadang memang terabaikan masalah AC mobil ini, padahal sekalinya AC ngadat, bakal uring-uringan deh si kecil selama perjalanan, apalagi perjalanan jauh.
    Terima kasih Mas Hendra untuk ilmunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih juga sudah mampir ke blog ya. Semoga bermanfaat

      Hapus
  7. Jadi keinget pernah naik mobilnya kakakku yg ACnya rusak, wkwkw dia males banget benerin begituan. Padahal mah kalau dirawat gini insyaAllah akan menghindari kerusakan fatal yaa mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Padahal biayanya malah jauh lebih mahal kalo service AC terus menerus. Sebaiknya rajin merawat AC sangat penting agar tidak cepat rusak dan pastinya bisa sedikit menghemat pengeluaran

      Hapus
  8. Wah iya, penting banget untuk merawat AC mobil
    G bayangin kalau sampai AC mobil ngadat
    Pasti perjalanan jadi g nyaman

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setiap saya naik mobil, paling concern sama yang namanya AC. Biar selama perjalanan tetap nyaman

      Hapus
  9. cocok banget dibaca sama aku atau siapapun yang biasanya pakai mobil hanya tinggal pakai saja, ga pernah bersihin atau rawat. nah dengan baca ini jadi tahu bagaimana cara merawat AC mobil

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah berkunjung ke blog ini. Semoga artikelnya bermanfaat ya

      Hapus
  10. AC mobil ini adalah salah satu hal terpenting dalam mobil. Karena kalau sedang mati gak mau dingin, ini bikin gondok banget sih.. Selama perjalanan rasanya masuk ke dalam oven berjalan.
    Sebaiknya sebelum hal itu terjadi, ada baiknya belajar cara merawat AC mobil agar awet dan dingin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah makanya sebelum AC rusak, perhatikan juga cara merawatnya ya

      Hapus
  11. Saya belum punya mobil. Tapi artikelnya bermanfaat banget nih nanti klo punya mobil. Btw pernah sih naik gocar, ACnya keknya nggak berfungsi bagus, jadinya pengin muntah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagi beberapa orang memang kadang merasa pusing atau mual ketika AC mobil nggak berfungsi secara maksimal.

      Hapus
  12. Ternyata ada cara khusus ya untuk merawat AC mobil biar awet. Baiklah next kalau dah punya mobil, aku akan praktekkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke deh KAKAK. Semoga bisa segera punya kendaraan sendiri ya, aaamiiin 🤲

      Hapus
  13. nah mantep nih tipsnya. aku kirimin kali ya buat yang mobilnya pada mati AC-nya, panas coy wkwkwk

    BalasHapus
  14. AC mobil harus dirawat juga ya agar udara yang mengalir di dalamnya bersih dan sehat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Agar semua pemilik tetap sehat dan pastinya bisa lebih menghemat pengeluaran untuk servis AC

      Hapus
  15. Pengetahuan baru nih soal merawat AC mobil, selama ini mobil cuma diurus sama adek hahaha saya cuma tau jadi penumpang aja 🙈

    BalasHapus