Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Apa Itu VoLTE dan Cara Mengaktifkannya

Mengenal Apa Itu VoLTE dan Cara Mengaktifkannya

Sebelum VoLTE muncul, saya seringkali mengalami koneksi internet yang lambat saat sedang menerima atau melakukan panggilan keluar. Kendala ini sangat mengganggu, karena saya tidak bisa teleponan lama-lama, saat sedang menggunakan internet secara bersamaan. Kendala ini tentu menghambat aktivitas online yang saya lakukan.

Namun setelah teknologi VoLTE hadir, beruntung masalah ini sudah tidak ada lagi. Saya bisa teleponan sambil internetan, tanpa khawatir koneksi internet jadi lambat. Bahkan kualitas suara yang dihasilkan juga cukup baik.

Mengenap Apa Itu VoLTE

Apa itu VoLTE? VoLTE merupakan kepanjangan dari Voice over Long Term Evolution (LTE), di mana teknologi ini memberikan layanan panggilan video dan suara berkualitas tinggi, yang mengandalkan data dari jaringan 4G LTE.

Beberapa pengguna ponsel mungkin ada yang mempertanyakan munculnya tulisan VoLTE yang berada di samping ikon sinyal hape. Hal ini mengindikasikan jika ponsel yang digunakan telah mendukung layanan VoLTE.

Namun, jika tulisan VoLTE tidak muncul di layar ponsel, maka mengindikasikan bahwa ponsel tersebut tidak mendukung jaringan VoLTE. Ponsel masih mengandalkan jaringan internet 3G atau 2G untuk kebutuhan data suara, sehingga kualitas suara yang dihasilkan ketika melakukan panggilan mungkin saja tidak sebaik jaringan 4G.

Hingga tulisan ini dibuat, operator selular di Indonesia yang telah mendukung layanan VoLTE antara lain Smartfren, Telkomsel, XL Axiata dan Indosat Ooredo. 

Adapun operator selular pertama di Indonesia yang mengenalkan layanan VoLTE adalah Smartfren pada 2016 lalu. Selanjutnya operator lain mengikuti jejak Smartfren mulai mengadopsi layanan tersebut pada 2020, yaitu Telkomsel, Indosat Ooredo dan XL Axiata.

Meski layanan 4G LTE belum menyasar wilayah terpencil di Indonesia, tetapi setiap operator selular berusaha sebaik mungkin untuk memberikan teknologi ini.

Cara Mengaktifkan Layanan VoLTE

Untuk dapat menikmati layanan VoLTE ini, terdapat cara dan persyaratan yang berbeda-beda untuk setiap operator selular. Misalnya saja, Telkomsel mewajibkan pengguna menggunakan kartu SIM 4G untuk menikmati layanan ini. Sementara pengguna Indosat Ooredoo harus menggunakan ponsel yang telah didukung jaringan 4G LTE.

Untuk mengaktifkan fungsi 4G dan layanan VoLTE, Anda dapat menghubungi operator selular yang digunakan. Jika kartu selular telah mendukung 4G dan VoLTE, maka dapat diaktifkan dengan cara membuka :

Pengaturan > Jaringan selular > Data selular. Pengaturan mungkin saja bisa berbeda tergantung pengaturan pada ponsel.

Agar dapat berfungsi, cek juga apakah di wilayah Anda telah tercover jaringan 4G atau belum. Jika belum, maka tidak dapat menikmati layanan VoLTE.

Panggilan video dapat dilakukan jika kedua pengguna sama-sama menggunakan perangkat yang telah didukung oleh layanan VoLTE dan telah mengaktifkannya. Selain itu kedua wilayah juga telah tercakup jaringan 4G.

Buka Telepon, sentuh tab Kontak di bagian bawah layar, lalu pilih kontak yang ingin dipanggil. Selanjutnya sentuh icon Video untuk melakukan panggilan video. Semoga saja kualitas jaringan internet di seluruh wilayah Indonesia terus meningkat, sehingga masyarakat bisa menikmati layanan internet yang cepat.

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Mengenal Apa Itu VoLTE dan Cara Mengaktifkannya"