Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Manfaat Menggunakan Software Akuntansi untuk Tingkatkan Bisnis

Manfaat Software Akuntansi untuk Bisnis

Memasuki era digital seperti saat ini, tidak sedikit pelaku bisnis yang mulai tertarik menggunakan software akuntansi untuk memudahkan pencatatan keuangan. Berkat bantuan software akuntansi, para pebisnis dapat menyelesaikan pekerjaannya dengan lebih cepat dan maksimal. Proses pembuatan laporan keuangan jadi lebih rapi dan tertata dengan baik.

Software akuntansi bertujuan untuk memudahkan penyusunan laporan keuangan pada suatu bisnis, mulai dari menyusun buku besar, menyusun laporan laba rugi, cash flow hingga laporan neraca keuangan. Pada umumnya, software akuntansi dikembangkan secara mandiri oleh perusahaan. Namun, saat ini sudah banyak perusahaan penyedia software akuntansi untuk meningkatkan bisnis lebih baik.

Kelemahan Laporan Keuangan Secara Manual

Mungkin saja saat ini masih banyak pebisnis yang membuat laporan keuangan manual, misalnya saja masih menggunakan buku besar, alat tulis hingga kalkulator untuk mencatat seluruh transaksi keuangan. Jika Anda salah satunya, maka sudah sebaiknya Anda melakukan review, apakah sistem yang Anda gunakan sudah tepat untuk bisnis Anda.

Kelemahan Laporan Keuangan Manual

Sistem pembukuan konvensional sudah mulai ditinggalkan, karena dianggap memiliki beberapa kelemahan yang sangat berisiko terhadap keamanan data, di antaranya adalah : 

1. Biaya yang besar

Untuk mencatat laporan keuangan secara manual, tentu saja Anda membutuhkan tenaga akuntan untuk menyelesaikan pembukuan bisnis yang Anda kelola. Biaya yang dikeluarkan tentu tidak sedikit untuk membayar seorang akuntan profesional.

2. Akses yang terbatas

Kelemahan berikutnya ada pada terbatasnya akses data keuangan perusahaan, terutama jika Anda sedang berada di luar kota. Anda akan kesulitan untuk mendapatkan informasi keuangan. Hal ini dikhawatikan akan menghambat bisnis Anda. Selain itu, Anda juga harus rajin memonitor dan update aktivitas keuangan usaha.

3. Pengawasan yang rendah 

Pelaku usaha akan kesulitan untuk mengawasi secara langsung laporan keuangan perusahaan, hal ini karena biasanya data keuangan perusahaan dipegang oleh satu orang atau beberapa orang dalam satu departemen. Hal ini juga berisiko terjadinya kecurangan terhadap laporan keuangan perusahaan.

4. Risiko kehilangan data

Sistem pembukuan keuangan konvensional memiliki risiko hilangnya data keuangan atau rusak hingga hilang tidak sengaja terbuang. Kehilangan data dapat menyebabkan terganggunya bisnis Anda. Sebelum Anda mengalami kejadian ini, sebaiknya pikir dua kali jika ingin membuat laporan keuangan manual.

Oleh karena beberapa alasan di atas, saat ini sudah banyak pelaku bisnis yang mulai meninggalkan pembukuan konvensional dan beralih menggunakan software akuntansi, karena dinilai jauh lebih praktis dan efisien. Mampu menghemat waktu dan juga biaya.

5 Manfaat Software Akuntansi bagi Bisnis yang Wajib Diketahui Pelaku Bisnis

Sofware akuntansi, menjadi solusi yang tepat, terutama bagi Anda pelaku bisnis yang ingin serba praktis dalam membuat laporan keuangan. Mari kita sama-sama simak terlebih dulu manfaat software akuntansi untuk bisnis yang Anda jalani berikut ini :

1. Efisiensi waktu

Proses rekap arus kas masuk dan kas keluar (cash flow) bisnis jadi lebih mudah dan cepat. Hal ini karena berkat software akuntansi yang memungkinkan Anda untuk mencatat pengeluaran dan pemasukan secara otomatis. Tidak hanya cepat dan mudah, tampilan laporan keuangan jadi terlihat lebih profesional.

2. Integrasi keuangan bisnis jadi lebih praktis

Manfaat menggunakan software akuntnasi selanjutnya adalah mampu mengelola seluruh aspek keuangan bisnis secara lebih mudah. Hal ini karena software telah dilengkapi dengan fitur sinkronisasi yang akan memudahkan pebisnis untuk mengintegrasikan setiap aspek keuangan suatu bisnis.

3. Data keuangan lebih akurat

Dibanding sistem pembukuan manual, pencatatan laporan keuangan dengan menggunakan software akuntansi juga telah terjamin lebih akurat. Hal ini disebabkan karena software akuntansi biasanya telah dilengkapi dengan fitur yang bisa mengelola keuangan bisnis secara otomatis. Hal ini juga bisa meminimalisir tingkat kesalahan yang dilakukan oleh manusia.

4. Data bisnis tersimpan lebih rapi dan aman

Selain lebih praktis dan akurat, manfaat software akuntansi yang lainnya adalah bisa menyimpan data dan informasi bisnis secara lebih aman dalam sistem. Data bisnis bisa diakses secara online dan dinilai lebih aman, karena sebagian besar perangkat lunak akuntansi biasanya telah dilengkapi dengan kata sandi untuk mengaksesnya.

5. Mudah diakses kapan saja

Manfaat software akuntansi juga sangat membantu pebisnis untuk mengakses data keuangan dari mana saja dan kapan saja, selama tersambung dengan jaringan internet. Apalagi biasanya pebisnis yang sering mobile, sehingga penggunaan software akuntansi dinilai solusi yang sangat tepat. Pebisnis bisa menggunakan software akuntansi secara online dari PC, tablet dan juga ponselnya.

Kledo, Software Akuntansi yang Mudah Digunakan dan Punya Fitur Lengkap

Salah satu software akuntansi online yang direkomendasikan adalah Kledo. Kledo adalah software akuntansi berbasis cloud yang membantu para pebisnis untuk mencatat dan mengelola keuangan yang lebih baik. Hingga kini telah telah dipercaya lebih dari 35.000 pebisnis, mulai dari usaha kecil hingga menengah. 

software Akuntansi Online Kledo Mudah Digunakan

Kledo hadir untuk mendekatkan pebisnis dengan teknologi paling baru, sehingga bisnis yang dijalankan bisa naik level yang lebih tinggi.

Berikut beberapa fitur yang ditawarkan Kledo untuk memberikan kemudahan dalam menyusun laporan keuangan bisnis Anda.

1. Invoice

Fitur Invoice Kledo

Anda bisa memanfaatkan fitur invoice untuk membuat invoice secara mudah dan praktis. Dengan demikian, laporan keuangan yang disajikan bisa lebih detail secara real-time.

2. Purchasing

Fitur Purchasing Software Akuntansi Kledo

Fitur purchasing akan membantu Anda dalam membuat purchase order dan mengonversi purchase order menjadi faktur pembelian secara cepat hanya dengan satu klik saja. Anda juga akan mendapatkan informasi yang lebih detail, apa saja yang dibeli vendor, berapa harga yang disepakati dan lain sebagainya.

3. Biaya

Fitur Biaya Software Akuntansi Kledo

Anda juga bisa mencatat seluruh pengeluaran bisnis dengan menggunakan fitur Biaya. Laporan pengeluaran bisnis yang disajikan juga lebih detail.

4. Laporan bisnis

Fitur Laporan Software Akuntansi Kledo

Ingin membuat laporan bisnis secara terperinci? Bisa banget di Kledo. Anda bisa memantau performa bisnis melalui data secara aktual, sehingga Anda bisa membuat keputusan bisnis melalui laporan tersebut.

5. Aset tetap

Fitur Aset Tetap Software Akuntansi Kledo

Melalui fitur Aset Tetap di Kledo, Anda bisa melacak dan mengatur aset tetap dari suatu bisnis yang dijalankan. Dengan fitur ini, Anda bisa melakukan perhitungan depresiasi secara otomatis, mengatur penjualan aset hingga mendapatkan laporan aset secara real-time.

6. Inventori

Fitur Inventori Software Akuntansi Kledo

Untuk memudahkan mengatur stok dalam bisnis, Anda bisa memanfaatkan fitur Inventori, sehingga Anda bisa memantau stok secara real-time. Selain itu juga bisa melakukan stock opname hing
ga mendapatkan perhitungan Harga Pokok Penjualan (HPP) secara otomatis.

Keuntungan Menggunakan Software Akuntansi Kledo

Software akuntansi berbasis cloud dianggap memiliki banyak keuntungan bagi para pebisnis. Selain praktis, data keuangan juga akan disimpan secara aman. Pebisnis jadi lebih tenang dalam mengolah data keuangan perusahaan.

Nah, berikut ini adalah beberapa keuntungan bagi Anda pebisnis yang menggunakan software akuntansi online Kledo :

1. Bisa diakses kapan saja dan di mana saja

Keuntungan yang pertama adalah Anda bisa mengakses data keuangan online dari PC, laptop, tablet dan ponsel. Pastikan Anda terhubung ke internet dan browser atau aplikasi untuk ponsel.

2. Keamanan data keuangan meningkat dua kali lipat

Salah satu keuntungan dari menggunakan software akuntansi berbasis cloud adalah semua data keuangan akan tersimpan dengan aman di cloud. Data keuangan juga akan disinkronisasi setiap saat, sehingga data akan selalu up to date.

3. Laporan keuangan secara real-time

Keuntungan lainnya adalah Anda bisa memeriksa dan melacak seluruh aktivitas keuangan perusahaan, seperti pengeluaran, pembelian, penjualan hingga inventaris secara real-time. Cukup integrasikan perangkat lunak akuntansi online dengan rekening bank bisnis Anda.

4. Menghemat biaya dan pengeluaran

Dengan menggunakan software akuntansi online Kledo, Anda hanya cukup mengeluarkan uang antara 130 ribu hingga 190 ribu saja per bulan. Cara ini jauh lebih menghemat biaya, jika dibandingkan menggunakan perangkat lunak ERP, yang biayanya bisa mencapai lebih dari $10.000 per bulan.

5. Kemudahan pengelolaan pajak

Keuntungan menggunakan software akuntansi online selanjutnya adalah membantu Anda dalam pengelolaan dan penghitungan pajak. Dengan mengandalkan catatan keuangan yang akurat, data dan laporan keuangan terkini, sehingga lebih mudah untuk mengumpulkan dokumen dan informasi yang diperlukan untuk penghitungan pajak.

Konklusi

Lakukan yang terbaik untuk bisnis Anda, termasuk urusan membuat laporan keuangan dengan software akuntansi yang mudah digunakan dari Kledo. Sejatinya laporan keuangan yang baik, tentu akan membuat bisnis berjalan dengan lancar dan baik juga.

Jadi, jangan ragu-ragu segera install Aplikasi Kledo di perangkat Anroid maupun Apple agar Anda lebih mudah untuk menyusun laporan keuangan bisnis Anda. 

Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda, terutama yang saat ini tengah mencari software akuntansi yang pas untuk bisnis.

39 komentar untuk "5 Manfaat Menggunakan Software Akuntansi untuk Tingkatkan Bisnis"

  1. Paling dirasakan manfaat dari menggunakan Software Akuntansi. Memggunakan software pengelolaan bisnis menjadi lebih terdata, tertata juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Data keuangan jadi lebih aman, tersimpan rapi dan tertata dengan baik Mas

      Hapus
    2. Betul sekali, pastinyakita sebagai pemilik usaha menjadi lebih fokus juga dalam mengelola usaha, fokus pada pengembangan usaha, karen amasalah pencatatan dan kontrol bisa dilakukan dengan aplikasi akuntansi

      Hapus
  2. Wow sekarang ada software akuntansi juga bisa membantu kelancaran bisnis. Jadi ga repot lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget sih, urusan menyusun laporan keuangan jadi lebih mudah dan efisien.

      Hapus
  3. Alhamdulillah semakin dimudahkan berbagai aktivitas ya. termasuk dalam membuat laporan keuangan. Dengan hadirnya sofware akuntansi, laporan akan semakin cepat selesai, dan akurat. Jadi lebih efisen juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mase, pake software akuntansi jadi lebih mudah untuk pembukuan keuangan. Hemat waktu, biaya dan tenaga. Mantap deh software Kledo

      Hapus
    2. Bisa diakses dimana saja dan kapan saja itu yang jadi kriteria wajib ya pak.

      Hapus
  4. Sangat membantu untuk mengelola dan mengembangkan usaha, ya Mas. Kalau nggak tertib dari awal, urusan keuangan bisa jadi masalah besar, soalnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perlu banget menjaga kerapihan pembukuan keuangan, biar bisnis jadi lancar,

      Hapus
  5. ketika kita memulai bisnis memang dibutuhkan jasa akuntan profesional untungnya sekarang ada kledo aplikasi yang memudahkan semua aktivitas keuangan, akurat dan efiseien jadi bisa fokus bisnis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pembukuan keuangan yang rapi dan terperinci bakalan bikin fokus untuk bisnis lebih baik.

      Hapus
  6. Mantap ya sekarang dipermudah dengan soft ware akuntansi Kledo. gak bingung lagi bikin laporan keuangan secara manual. Bisnis pun jadi lancar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya dong, daripada pembukuan manual, ya mending pakai software Kledo saja.

      Hapus
  7. Software akuntansi seperti Kledo emang banyak dibutuhin buat bisnis UMKM. Termasuk pencatatan dan pengelolaan arus kas harian.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget Mas, sudah banyak kok UMKM yang mulai beralih menggunakan software akuntansi online, karena dinilai jauh lebih praktis dibanding melakukan pembukuan secara manual.

      Hapus
  8. betul kak kalau pakai software akuntansi jadi lebih efisien dan efektif yaa apalagi buat bisnis kecil yang mungkin susah mau hire akuntan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah makanya bisnis level UMKM cocok banget nih pake software akuntansi Kledo Mba Nabilla

      Hapus
  9. Deket rumah ada yg buka bisnis laundry. Bagus juga ya kalau menggunakan software akuntansi buat bisnisnya. Kledo lengkap banget dan akurat. Engga pusing lagi pakai manual...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba aja Bu, tawarin pakai software akuntansi untuk menyusun laporan keuangannya. Atau sodorin aja artikel ini, hehehe

      Hapus
  10. Ini nih yang bakal mengancam profesi akuntan di masa depan. Aku sih setuju bgt software seperti ini. Kerjaan kita buat perencanaan keuangan makin gampang. Semua arus keluar masuk uang tertata rapi. Plus kita ga repot ngerjainnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya rasa bukan mengancam ya, justru mempermudah pekerjaan , termasuk profesi seorang akuntan sekalipun

      Hapus
  11. enaknya klo pake software akuntasi lebih praktis dan banyak pilihan template atau pun fungsi akuntansi nya ya, jadi tinggal pake aja, monitoring dan recheck

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul Mba, pembuatan laporan keuangan jadi lebih mudah dan praktis

      Hapus
  12. Dulu pernah di posisi bendahara dan laporan keuangan masih manual, asli dah memang menyita waktu dan sangat rentan dengan kesalahan. Sekarang posisi keuangan sudah diganti anak baru dan sudah menggunakan software juga untuk laporannya, dan kelihatan banget dong bedanya, memang ngebantu banget software akuntansi seperti Kledo ini untuk pekerjaan jadi lebih efisien

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sangat direkomendasikan kalo perusahaan besar biasanya pakai software akuntansi biar penyusunan laporan keuangan lebih cepat.

      Hapus
    2. Bagus ya aplikasinya karena bikin pencatatan jauh lebih bisa teratur
      Bisnis pun bisa survive terus asalkan tahu jalannya

      Hapus
  13. Adanya software seperti ini bisnis apapun yang dijalankan bisa lebih mudah, karena urusan transaksi keuangan hingga pelaporan pajak sudah tersedia. Jadinya gak perlu dengan cara manual lagi ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah nggak zamannya sih kalo masih pakai cara manual. Hampir sebagian besar sudah beralih menggunakan software akuntansi..

      Hapus
  14. Asli dah, bikin laporan keuangan manual, bikin pusing. Udah gitu kadang ada selisih kalau kita pas meleng dikit.

    Pas tiba-tiba eror, lupa belum kesave. Hahaha lengkap sudah oenderitaan.

    Kalau pakai software gitu, asyik, lebih efisien, efektif, dan mempermudahkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes setuju banget, kalo masih pake cara manual biasanya banyak ditemui kesahalan...

      Hapus
  15. Praktis banget berarti ya kalo pakai Kledo. Bisa invoice juga sekalian manage rekapannya

    BalasHapus
  16. Teknologi makin maju. Aku senang sekali jika para pedagang bisa melek teknologo apapgi dalm hal pencatatan kayak gini ya

    BalasHapus
  17. Sangat membantu sekali nih dgn adanya software akuntasi. Terutama buat pengusaha yg ga paham soal akuntasi.

    BalasHapus
  18. Dengan menggunakan software akutansi seperti ini, mencatat transaksi keuangan jadi lebih mudah ya
    Bisa meningkatkan bisnis juga

    BalasHapus
  19. wah bisa banget nih UMKM juga pakai aplikasi Software Akuntansi kledo, sekaligus belajar pembukuan jika dimasa depan UMKM nya berkembang menjadi lebih sukses dan besar ya. kelemahan UMKM tuh pencatatan akuntansi masih manual. ini banyak banget kerugiannya, yang paling fatal sering lupa sampai hilang bukunya.

    BalasHapus
  20. enak banget emang kalau pakai aplikasi, kalau ada yang kelewat bisa lebih gampang ngebenerinnya. lumayan ngurangin kepuyengan

    BalasHapus
  21. Bagusnya era digital ini bisa double crosscheck ya.. Misalnya takut ada apa-apa dengan apps yang digunakan untuk mengatur keuangan. Jadi bisa sama-sama saling back up data. Kalau kelebihan menggunakan Software Akuntansi Kledo ini pastinya lebih teliti dan cepat serta gak butuh biaya (gaji), selain langganan agar dapat fitur premium.

    BalasHapus
  22. Saya cari yg bisa bikin invoice gratis beberapa waktu lalu tapi kok berbayar semuaal yaa.. apa karena bisnis jadi tetap dihitung berbayar hehe.. besok kalo mau bikin invoice ke kledo aja ya

    BalasHapus