Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis-jenis Granit yang Populer Digunakan

Image : Freepik

Granit adalah batuan beku yang terbentuk dari proses pendinginan magma di dalam bumi. Kekuatan, keindahan dan ketahanannya terhadap goresan membuat jenis keramik ini menjadi pilihan utama untuk berbagai proyek konstruksi dan desain interior. 

Ada berbagai jenis granit yang populer digunakan, masing-masing menawarkan karakteristik unik yang memikat, mulai dari pola warna yang menawan hingga kepadatan yang kokoh. Untuk tahu semuanya, lebih baik jangan lewatkan informasi berikut!

8 Jenis Granit yang Banyak Diminati

Tahukah Anda jika warna pada granit ini ditentukan oleh komposisi dari mineral penyusunnya? Maka dari itu, tidak ada granit yang polanya sama persis. Sebab unsur penyusunnya pun terjadi secara alami.

Sebelum memilih granit, sebaiknya pahami dulu jenis-jenis yang banyak diminati orang. Dengan begitu, Anda dapat memilih dengan baik dan sesuai selera. 

Berikut ini jenis keramik varian granit yang populer:

1. Granit Ubatuba

Granit Ubatuba berasal dari Brasil dan dikenal karena warnanya yang hijau gelap dengan kilauan emas dan hitam. Kekuatan dan daya tahan terhadap cuaca membuatnya menjadi pilihan yang populer untuk lantai, dinding dan countertop.

Pola serat dan kilauannya memberikan sentuhan elegan pada ruangan mana pun. Maka dari itu, banyak yang menggunakan granit ini pada ruangan outdoor maupun indoor.

2. Granit Kashmir White

Granit Kashmir White, yang berasal dari India, menampilkan latar belakang putih bersih dengan serpihan abu-abu dan hitam yang tersebar secara acak. Keanggunannya membuat granit jenis ini cukup populer. 

Biasanya granit yang satu ini digunakan untuk dapur khususnya countertop. Dapur Anda akan terlihat sangat mewah dengan adanya granit ini. 

3. Granit Blue Pearl

Berikutnya ada jenis granit yang berasal dari Norwegia. Granit Blue Pearl, menampilkan warna biru gelap hingga hitam dengan refleksi kilauan perak yang mencolok. 

Kombinasi warna dan kilauannya membuat granit ini menjadi pilihan yang menarik untuk lantai, backsplash, atau elemen dekoratif lainnya. Cocok digunakan dalam desain interior modern.

4. Granit Black Galaxy

Tidak kalah populer dengan yang lain, Granit Black Galaxy berasal dari  India. Granit  ini juga populer bernama Star Galaxy. Sebab, dasar granit berwarna hitam yang pekat dengan kilauan emas dan perak yang menakjubkan. 

Biasanya granit yang satu ini digunakan untuk countertop, lantai, dan panel dinding. Anda bisa membuat granit ini lebih tahan lama dan terlihat begitu kokoh dengan perekat atau lem keramik lantai.

Apa itu perekat keramik lantai? Ini adalah komponen yang berfungsi untuk merekatkan keramik. SikaCeram®-180 GA TileFix menjadi pilihan tepat untuk merekatkan Granit Black Galaxy ini. Daya rekatnya sangat baik, dan cocok untuk penggunaan pada granit, dinding dan area basah tidak terendam. Anda cukup menambahkan air untuk penggunaannya. Mudah digunakan dan diaplikasikan!

Mengenal Jenis Granit
Image : Freepik 

5. Granit Absolute Black

Granit Absolute Black, seperti namanya, menampilkan dasar warna hitam murni tanpa pola atau serpihan lainnya. Kekuatan dan ketahanannya terhadap goresan membuatnya sangat cocok untuk penggunaan di area dengan lalu lintas tinggi, seperti dapur atau kamar mandi.

Beberapa orang memasang granit ini untuk meja bar di kafe atau restoran. Granit kemudian dipasang dengan perekat keramik lantai restoran supaya lebih kokoh.

6. Colonial White Granite

Granit Colonial White, merupakan jenis keramik yang berasal dari India. Latar belakangnya putih bersih dengan serpihan abu-abu dan merah yang mencolok. Pola alami dan keunikan warnanya membuat jenis ini lebih banyak digunakan di dapur sebagai pelengkap.

Namun Anda juga bisa menggunakan granit ini pada beberapa tempat. Misalnya saja untuk meja makan di berbagai ruangan, hingga untuk lantai ruangan Anda.

7. Colonial Gold Granite

Granit Colonial Gold, juga berasal dari India. Jenis ini memiliki dasar kuning keemasan dengan serpihan hitam dan abu-abu yang tersebar secara acak. Maka dari itu, granit terlihat lebih anggun dan terkesan “hangat”. Cocok untuk Anda pilih untuk dapur atau kamar mandi yang mewah.

Namun, Anda juga bisa memasang granit ini pada luar ruangan atau outdoor, untuk menghadapi cuaca yang dingin. Anda bisa memasangnya pada dinding, meja bahkan lantai rumah.

8. Ivory Fantasy Granite

Terakhir adalah Granit Ivory Fantasy, yang juga berasal dari India. Pada granit ini, Anda akan disajikan dengan dasar warna krem dengan serpihan beige, abu-abu, dan putih. Namun ada juga sentuhan coklat kemerahan yang memberikan kesan unik.

Jika Anda memperhatikannya secara detail, maka terlihat pola yang rumit dan terlihat mewah. Meski begitu, pola alami dari granit membuatnya cocok untuk berbagai aplikasi di rumah. Mulai dari lantai hingga backsplash.

Setiap jenis granit memiliki karakteristik uniknya sendiri. Sehingga dapat memengaruhi penampilan dan fungsinya dalam berbagai pengaplikasian. Ketika memilih tipe granit untuk proyek Anda, pertimbangkan faktor-faktor seperti gaya desain, kebutuhan fungsional dan anggaran. 

Dengan berbagai pilihan yang tersedia, Anda pasti akan menemukan granit yang sempurna untuk meningkatkan keindahan dan fungsionalitas ruangan Anda. Jangan lupa untuk merekatkan granit ini dengan perekat atau lem keramik lantai.

Apa fungsi perekat keramik lantai? Perekat ini berfungsi untuk menempelkan material seperti granit ke permukaan lantai, sehingga mampu membentuk lapisan yang merata dan menyediakan kekuatan tambahan pada lantai. Pilihlah SikaCeram®-180 GA TileFix untuk merekatkan granit.

Tidak perlu ragu lagi dengan produk Sika karena kualitas produknya unggulan dan telah berpengalaman selama 113 tahun serta telah dipercaya menjadi bagian dari proyek besar seperti MRT di Indonesia. 

Selain itu, Sika merupakan pencetus waterproofing semen pertama di Indonesia. Untuk itu, jangan ragu dengan produk perekat keramik lantai untuk berbagai jenis keramik, granit dan parket kayu SikaCeram 180 GA TileFix. Informasi lebih lanjut, klik di sini!

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Jenis-jenis Granit yang Populer Digunakan "