5 Daftar Aplikasi Desain Grafis Terbaik - Susah Sinyal
iklan banner

5 Daftar Aplikasi Desain Grafis Terbaik

Aplikasi Desain Grafis Terbaik

Di era serba digital seperti saat ini, desain grafis begitu penting di dalam keseharian, terutama bagi para desainer grafis. Fungsinya tentu sebagai media promosi, media informasi dan lain sebagainya. Setiap karya yang dibuat menggunakan aplikasi desain grafis oleh seorang desainer grafis agar hasilnya menjadi lebih maksimal. Semakin canggih aplikasi yang digunakan, maka desain yang dihasilkan juga akan semakin bagus.

Dengan adanya desain grafis, sebuah informasi yang disampaikan akan lebih diperhatikan oleh orang lain. Karena di dalam sebuah desain grafis biasanya terdapat beberapa penambahan, mulai dari karakter, ikon, ilustrasi dan lain sebagainya. Tidak hanya sebatas tulisan saja. Jika mencoba membuat sebuah desain, maka cobalah aplikasi desain grafis terbaik di bawah ini :

5 Daftar Aplikasi Desain Grafis Terbaik
Sebenarnya ada begitu banyak aplikasi yang digunakan untuk membuat desain grafis. Setiap aplikasi tentu memiliki fitur yang berbeda. Mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun, ke-5 daftar aplikasi berikut ini adalah aplikasi desain grafis yang paling banyak digunakan, paling populer dan biasanya paling banyak dipilih untuk menghasilkan karya desain grafis yang luar biasa.

1. CorelDraw
CorelDraw merupakan aplikasi berbasis vector yang paling umum digunakan saat ini. Penggunanya biasanya berasal dari kalangan pengusaha percetakan, anak sekolahan, anak kuliahan, hingga desainer grafis profesional.

Sebagian besar orang memakai aplikasi ini karena akan mendapatkan file vector-nya. Jenis file ini memiliki kelebihan di mana ketika diperbesar (zoom) gambarnya tidak pecah, selain itu juga bisa dibuka kembali di aplikasi berbasis vector lainnya.

User interface dari CorelDraw bisa dibilang cukup simpel. Siapapun yang sedang belajar desain grafis disarankan untuk mencoba menggunakan aplikasi ini. Mulai dari menu hingga toolbar-nya cukup mudah untuk dipelajari. Hasil desain yang telah dibuat bisa di-export dalam bentuk file AI, DWG, AutoCAD, TIF dan file yang lainnya. Selain itu juga bisa import file desain dari aplikasi lain yang formatnya mendukung.

2. Adobe Illustrator
Di kalangan desainer profesional, Adobe Illustrator (AI) begitu populer hingga saat ini. Bahkan tidak jarang pengguna CorelDraw memilih untuk beralih menggunakan aplikasi dari produk Adobe ini. Khususnya untuk desainer vector, Adobe Illustrator memiliki berbagai tools yang akan memudahkan ketika membuat desain grafis. Jika sudah memasuki tahap profesional, maka aplikasi ini bisa dibilang merupakan aplikasi pilihan yang tepat.

Tidak sedikit yang mengatakan bahwa Adobe Illustrator ini merupakan gabungan antara Photoshop dan juga CorelDraw. Pada umumnya, desainer grafis menggunakan aplikasi ini untuk membuat logo, ilustrasi atau gambar vector lain. Melakukan desain dengan AI juga bisa membuat resolusi yang dihasilkan lebih tinggi.

3. Adobe Photoshop
Hampir setiap orang yang menggemari dunia desain grafis, pasti mengenal dengan Adobe Photoshop. Aplikasi ini memiliki berbagai fitur yang akan membuat hasil desain menjadi lebih bagus. Adobe Photoshop memang lebih identik untuk memanipulasi sebuah foto.

Seorang desainer bisa membuat foto buram menjadi lebih jelas dengan menggunakan aplikasi ini. Banyaknya efek yang bisa dipilih dan digunakan secara gratis juga menjadi salah satu alasan mengapa aplikasi ini begitu banyak diminati. Adobe Photoshop tetap bisa juga digunakan untuk membuat banner, logo ataupun berbagai gambar ilustrasi lainnya.

4. Afinity Designer
Aplikasi Afinity Designer sebenarnya belum terlalu lama booming di Indonesia. Saat ini banyak desainer grafis yang telah beralih menggunakan aplikasi ini. Apalagi harganya juga terbilang cukup terjangkau, karena menerapkan satu kali pembayaran saja. Di dalam aplikasi Afinity Designer tersedia tiga jenis persona, mulai dari Designer Persona, Pixel Persona dan Export Persona.

Afinity Designer tidak hanya tersedia untuk versi desktop saja, melainkan tersedia juga untuk iPad. Jadi pengguna bisa juga menggunakan pen tools agar lebih mudah ketika menggambar (drawing). Beberapa desainer grafis bahkan menyebut aplikasi ini jauh lebih baik dibanding Adobe Illustrator ataupun CorelDraw.

5. Inkscape
Inkscape juga menjadi salah satu aplikasi desain grafis gratis yang memiliki fitur cukup lengkap. Aplikasi ini memang tersedia lisensi GNU GPL. jadi bisa dibilang open source. Ketika menggunakan aplikasi ini, pengguna tidak perlu membayar sama sekali. Jadi memang cocok digunakan untuk para pemula.

Cocok digunakan di komputer atau laptop yang memiliki spesifikasi yang standar, karena aplikasi desain grafis ini cukup ringan untuk dijalankan, sehingga tidak membuat komputer atau laptop lemot. Meski begitu, berbagai tools yang disediakan juga cukup lengkap.

Ke-5 aplikasi desain grafis di atas menjadi aplikasi desain grafis terbaik yang populer saat ini. Sebagian besar desainer di Indonesia bahkan juga di seluruh dunia juga menggunakan aplikasi tersebut. Jadi memang bisa dibilang cukup direkomendasikan bagi para desainer grafis pemula hingga profesional.
Previous
Next Post »

2 komentar

  1. Dikarenakan spek laptop saya menengah kebawah jadinya hanya mampu menggunakan aplikasi adobe photoshop dan coreldraw versi x5. Sekarang pakai coreldraw x7, itupun maksa banget.. Hehe

    Kedua aplikasi ini bagi saya sudah cukup baik dalam menciptakan desain yg bagus, menarik dan unik untuk pembuatan desain banner, spanduk, edit foto, brosur, pamflet, bannerX, logo maupun undangan..

    Sebenarnya Mau nyoba aplikasi lain seperti adobe illustrator.. Tp karena spek laptop gak kuat akhirnya gagal install. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ta doakan semoga suatu hari kebeli laptop dengan spek yang lebih baik lagi, aaamiiin. Biar bisa install adobe illustrator, sehingga bisa menghasilkan karya desain grafis yang jauh lebih baik lagi.

      Tapi keren loh, udah install adobe photoshop dan coreldraw, dan yang terpenting udah bisa gunainnya.

      Hapus


EmoticonEmoticon