Kelebihan dan Kekurangan Windows 10 yang Perlu Kamu Ketahui - Susah Sinyal
iklan banner

Kelebihan dan Kekurangan Windows 10 yang Perlu Kamu Ketahui

Kelebihan dan Kekurangan Windows 10

Bagi pengguna perangkat IT, tentu tidak asing lagi dengan sistem operasi Windows. Windows merupakan sistem operasi yang paling banyak digunakan orang hingga saat ini. Sistem operasi besutan Microsoft ini selalu memberikan upgrade versi terbaru dari waktu ke waktu. Dan kini sistem operasi yang paling unggul dan terbaru adalah Windows 10. Apa saja kelebihan Windows 10 dan kekurangannya?

Dan mengapa harus dinamakan Windows 10, bukan Windows 9? Nah pertanyaan ini seringkali dilontarkan oleh banyak orang, bahkan menjadi alasan mengapa kebanyakan orang enggan melakukan upgrade Windows mereka menjadi Windows 10.

Pihak Microsoft sendiri telah menuturkan alasannya mengapa menamakannya dengan Windows 10, karena platform jangka panjang yang komprehensif sehingga kurang cocok jika dinamakan 'Windows 9'.

Selain itu, Windows 10 adalah sistem operasi yang paling terbaru, maka tidak heran ada banyak kelebihan Windows 10 yang tidak dimiliki oleh Windows 7 dan 8. Salah satu kelebihan Windows 10 dibanding Windows versi sebelumnya, yaitu adanya fitur bernama Cortana yang hampir mirip dengan Siri milik Apple.

Dengan fitur Cortana ini akan membantu pengguna Windows 10 untuk mengerjakan beberapa pekerjaan, mulai dari mengatur alarm, menanyakan keadaan cuaca hingga memainkan musik hanya dengan melakukan perintah suara. 

Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah kelebihan dan kekurangan Windows 10 yang perlu kamu ketahui :

Kelebihan Windows 10
Pertama yang akan dibahas adalah kelebihannya dulu yang dinilai lebih unggul dibanding sistem operasi Windows 7 dan 8. Mengikuti perkembangan teknologi, Microsoft pun banyak melakukan update di Windows 10 ini, sehingga akan semakin memanjakan penggunanya di seluruh dunia.

1. Multi Aplikasi dalam Satu Layar
Kelebihan Windows 10 ini sangat membantu pengguna dalam menyelesaikan pekerjaan, karena kemampuannya untuk dapat bekerja secara multitasking. Artinya, pengguna tidak perlu lagi membuka, lalu menutup program yang satu untuk berpindah ke program lainnya. Hal ini tentu dapat menghemat waktu yang kamu butuhkan dalam bekerja, sehingga jauh lebih efisien dan efektif.

2. Tersedia Fitur Game Mode
Kamu sering merasa kesal saat bermain game di laptop karena terus menerus loading? Di Windows 10 ini kamu tidak perlu khawatir akan mengalami hal ini. Pasalnya Windows 10 telah dilengkapi dengan DirectX12 dan Game Mode, sehingga pengguna tidak perlu menunggu loading yang terlalu lama, ketika sedang bermain game. Semoga ini menjadi kabar baik bagi kamu pencinta game.

3. Sistem Keamanan yang Lebih Baik
Kelebihan Windows 10 berikutnya adalah hadirnya fitur keamanan yang jauh lebih maksimal yang diberi nama Windows Hello. Fitur keren ini memungkinkan pengguna untuk mengakses Windows 10 dengan hanya menggunakan retina scanner ataupun fingerprint sensor. Bukan hanya itu saja, Windows 10 juga telah menyediakan antivirus bawaan yang terpercaya sekaligus mumpuni untuk memberikan proteksi laptop ataupun komputer pengguna.

4. Fitur Desktop Virtual
Windows 10 sangat menghargai waktu yang kamu miliki. Hal ini berkat hadirnya teknologi yang telah disematkan di Windows 10, yang akan memudahkan pengguna dalam melakukan perpindahan antar program, sehingga proses pencarian akan menjadi lebih cepat dari sebelumnya. Dengan demikian waktu kamu tidak akan terbuang percuma dan lebih efisien.

5. Menu Start yang Lebih Praktis
Praktis! Hal itulah yang ditawarkan bagi pengguna Windows 10 agar pekerjaan menjadi lebih ringkas. Pasalnya menu Start yang tersedia di Windows 10 dinilai jauh lebih praktis sekaligus dinamis, sehingga lebih mudah digunakan.

6. Tersedia Fitur Windows Store
Fitur ini lebih mirip Play Store, gudang aplikasi yang bisa pengguna smartphone pilih dan unduh. Karena di Windows 10 ini telah tersedia Windows Store, di mana pengguna bisa memiliki beragam aplikasi, seperti layaknya sebuah smartphone.

7. Free Update
Menariknya di Windows 10 ini, pihak Microsoft telah memberikan kelebihan pada Windows 10 berupa upgrade secara berkala pada sistem operasi tersebut. Jadi bagi kamu yang rutin menggunakan perangkat Windows 10 dengan versi terbaru, cukup memastikan jaringan internet berjalan dengan baik dan lancar, agar perangkat yang kamu gunakan bisa diperbarui secara otomatis.

Windows 10

Kekurangan Windows 10
Di balik kelebihan, tentu saja terdapat kekurangan yang sudah pasti selalu ada. Pun demikian dengan sistem operasi Windows 10 ini. Meski hadir dengan fitur yang jauh lebih baik dari versi sebelumnya, namun tetap saja Windows 10 ini memiliki beberapa kekurangan, di antaranya adalah sebagai berikut :

1. Pengoperasiannya Lebih Sulit
Bagi orang yang telah terbiasa menggunakan perangkat IT dalam bekerja, mungkin saja tidak menganggap hal ini menjadi sebuah kekurangan. Namun bagi orang yang belum terbiasa dan hanya sesekali menggunakan komputer, merasa Windows 10 ini sedikit lebih sulit digunakan. Itu dikarenakan tidak semua orang familiar dengan berbagai fitur yang tersedia.

2. Boros Kuota Internet
Pembaruan sistem (automatic update) yang secara otomatis dilakukan secara berkala, akan menguras banyak kuota internet. Ditambah lagi banyak program yang harus membutuhkan koneksi internet agar tetap dapat dijalankan dengan lancar.

Dan yang terakhir perlu kamu ketahui adalah bahwa Windows 10 memiliki dua jenis, yaitu Windows 10 Home dan Windows 10 Pro. Adapun kelebihan Windows 10 Pro dibandingkan dengan Windows 10 Home karena adanya beberapa fitur yang memudahkan kalangan profesional dalam melakukan pekerjaannya secara rutin, seperti fitur Group Policy, Mobile Device Management, Enterprise State Roaming with Azure Directory, Windows Store for Business dan Assigned Access.

Nah demikian artikel tentang kelebihan dan kekurangan pada Windows 10 yang Susahsinyal.com bisa bagikan. Semoga bisa memberikan wawasan baru bagi kamu yang masih penasaran tentang sistem operasi Windows 10 tersebut.
Previous
Next Post »
Add Comments


EmoticonEmoticon