Cara Mengedit File MS Word yang Dikunci - Susah Sinyal
iklan banner

Cara Mengedit File MS Word yang Dikunci

Mungkin kamu pernah mengalami kesulitan untuk mengedit isi suatu file MS Word yang 'dikunci'. Padahal kamu harus mengedit dan menyelesaikan tugas dari dokumen tersebut. Dokumen yang telah dikunci tidak akan bisa diedit maupun di-copy. Kamu pun sebagai penerima dokumen hanya bisa membacanya tanpa dapat melakukan perubahan apa pun. Lalu bagaimana cara membuka dokumen Word yang terkunci tersebut? Mari simak ulasan selengkapnya di artikel ini hingga selesai.

Ada beberapa alasan mengapa seseorang memutuskan untuk mengunci file atau dokumen di MS Word. 

- Bisa jadi karena file atau dokumen tersebut bersifat penting atau rahasia, sehingga tidak ingin bocor oleh orang lain.

- Bagi seorang penulis, kemungkinan besar alasan mengunci file atau dokumen tersebut adalah untuk menghindari plagiarisme yang dilakukan oleh orang lain, sehingga tidak bisa mengubah isi dokumen yang dikunci tersebut.

Nah kalau kamu sedang membutuhkan artikel tentang cara mengedit file MS Word yang dikunci, maka berikut adalah penjelasan serta langkah-langkah untuk membukanya.

Cara Membuka File MS Word dengan WordPad

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan program WordPad di laptop ataupun komputer kamu. WordPad memiliki fungsi yang tidak jauh berbeda dengan MS Word, yakni untuk mengolah tulisan, hanya saja fiturnya lebih sederhana dibanding MS Word.

Berikut adalah langkah-langkah yang perlu kamu lakukan :

1. Buka file MS Word

Pertama kali kamu perlu membuka file MS Word yang terkunci dengan menggunakan WordPad. Namun sebelumnya kamu klik file di bagian pojok kiri atas dan pilih Save As untuk menyimpan file tersebut dengan menggunakan nama file yang berbeda.

2. Pilih folder untuk menyimpan file

Tentukan folder yang kamu inginkan untuk menyimpan file tersebut, agar kamu lebih mudah mencarinya saat ingin membukanya.

3. Ubah Ekstensi File Menjadi .rtf

Ketika kamu klik Save as Type, pilih ektensi nama file menjadi .rtf (Rich Text Format), lalu kamu klik Save. Selanjutnya akan muncul peringatan dari MS Word bahwa kamu akan kehilangan proteksi pada dokumen tersebut jika menyimpannya dalam ekstensi lain selain, .doc atau .docx. Abaikan saja, lalu kamu klik saja Yes.

4. Buka file tersebut menggunakan WordPad

Buka dokumen di folder tempat kamu menyimpan dokumen tadi. Lalu klik kanan klik Open With lalu pilih WordPad. Maka file tersebut akan muncul di program WordPad. Namun sebelumnya, kamu harus menutup program MS Word, agar file bisa dibuka di WordPad.

5. Simpan file di WordPad

Setelah file bisa dibuka di WordPad, kamu bisa menyimpannya dengan cara pilih menu Save di bagian pojok kiri atas.

6. Buka kembali file tersebut menggunakan MS Word. Nah sekarang kamu bisa mengedit kembali file tersebut.

Semoga artikel tentang cara mengedit file MS Word yang dikunci bisa memberi pencerahan.

Newest
Previous
Next Post »
Add Comments


EmoticonEmoticon