ASUS VivoBook 14 (A416), untuk Produktivitas Tanpa Batas! - Susah Sinyal - Kumpulan Artikel Teknologi
iklan banner

ASUS VivoBook 14 (A416), untuk Produktivitas Tanpa Batas!

ASUS VivoBook 14 (A416)

Di bulan Mei 2020 lalu, saya harus menerima kenyataan pahit. Saat itu pihak manajemen hotel tempat saya bekerja memutuskan untuk menutup operasional hotel. Akibatnya saya dan ratusan karyawan lainnya harus kehilangan pekerjaan. Hal ini membuat saya terpukul dan lemas seketika. Apalagi mencari pekerjaan baru adalah hal yang nggak mudah saat ini. Ditambah lagi jumlah pengangguran terus saja bertambah. Pastinya akan menjadi tantangan berat bagi saya.

Penyebab ditutupnya hotel ini karena tingkat hunian yang sangat rendah. Daripada harus menanggung biaya operasional yang sangat besar, sementara nggak ada tamu yang menginap, maka solusinya adalah dengan menutup hotel. Imbasnya tentu saja PHK besar-besaran.

Kalian mungkin sudah bisa menebak ya. Penyebabnya adalah pandemi virus corona yang sudah menyerang ke berbagai penjuru dunia, termasuk Indonesia. Pandemi ini menghajar semua sektor kehidupan manusia, termasuk industri hotel dan pariwisata yang dinilai paling parah. Pandemi corona membuat orang enggan untuk bepergian. Pandemi juga membuat kondisi ekonomi menjadi carut marut.

Mengubah Tulisan Menjadi Cuan!

Selama belum mendapatkan pekerjaan baru, saya memanfaatkan internet sebaik mungkin untuk mencari penghasilan tambahan. Karena saya berpikir, potensi bisnis online rupanya cukup menjanjikan saat pandemi seperti ini. Saya tau hal ini memang nggak mudah, tapi kalau nggak dicoba, kita nggak akan pernah tau hasilnya bukan? Intinya jangan menyerah dengan keadaan dan tetap harus kreatif mencari cuan lewat internet.

Sebenarnya ada banyak banget cara mencari uang lewat internet. Mulai dari berjualan online, membuka jasa pembuatan website/web design, jasa design grafis hingga jasa menulis artikel (blogging). Tinggal kitanya saja menyesuaikan dengan kemampuan atau skill yang kita miliki.

Karena saya ini hobi menulis, jadi saya berinisiatif untuk mencari penghasilan tambahan melalui beberapa blog yang saya kelola. Dengan blog tersebut, saya bisa menawarkan jasa menulis artikel serta product review. Saya pun mengajukan tawaran ke beberapa klien lewat email. Kalau pas lagi rezekinya, tawaran saya diterima dan lanjut ke kerja sama berikutnya. 

Kelihatannya mudah, tapi pada kenyataannya cukup sulit. Nggak jarang tawaran saya ditolak klien, dengan alasan produk yang mereka jual nggak sesuai dengan kriteria blog yang mereka cari. Atau harga yang saya tawarkan terlalu tinggi. Dan berbagai alasan lainnya yang terkadang bikin jidat ini mengernyit. Tapi ya itulah risikonya, kita harus siap diterima atau ditolak oleh klien.

Bekerja Sebagai Content Creator? Ternyata Asyik Juga!

Kini eranya serba online, apalagi saat pandemi seperti ini, hampir semua aktivitas dilakukan dari rumah saja, bahkan termasuk bekerja dan belajar. Dengan mengandalkan jaringan WiFi di rumah, selain mencari uang dari internet, saya juga mencari pekerjaan secara online.

Setelah 17 tahun bekerja di industri perhotelan, saya memutuskan ingin mencoba profesi sebagai content creator. Keliatannya asyik banget ya, kalau kita bekerja sesuai dengan passion. Ini yang sempat terpikirkan oleh saya waktu itu. Apalagi saya tau situasinya saat ini industri perhotelan masih terpuruk diterpa pandemi. Jadi rasanya peluangnya sangat kecil untuk bisa bekerja di hotel lagi. Bahkan sebagian besar teman-teman saya juga belum bekerja lagi. Menyedihkan banget. 😞

Mencari lowongan kerja online juga nggak mudah loh. Pasti ada saja risikonya. Bahkan saya pernah hampir tertipu dengan lowongan kerja palsu. Untungnya saya ngeuh, kalau pihak penipu mengirimkan undangan interview menggunakan email gratisan, bukan lewat email resmi perusahaan. Ternyata ada untungnya juga jadi blogger, bisa membedakan antara email resmi atau bukan.

Singkat cerita, di bulan November 2020, saya mendapat panggilan untuk mengisi posisi sebagai content creator di sebuah perusahaan travel. Saya pikir kerjaan ini bakalan cocok banget sama hobi saya saat ini. Mungkin ini sudah jadi jalan yang ditakdirkan oleh Tuhan. Setelah kita berusaha dan berdoa, kita tinggal mengikuti skenarioNya saja. 

Asyiknya jadi content creator, saya bisa menyelesaikan pekerjaan dari jarak jauh, alias nggak harus datang setiap hari ke kantor. Apalagi saat ini pandemi masih berlangsung, jadi saya bisa remote pekerjaan saya dari rumah (Work From Home). Kalau kerjaan sudah beres, saya tinggal bikin report ke boss lewat WA saja. Tapi yang namanya content creator, ide dan kreativitas itu harus selalu update setiap harinya!

Kendala yang Sering Dihadapi Saat Bekerja dengan Laptop

Selain mengandalkan smartphone ASUS Zenfone Max Pro M1, saya juga bekerja menggunakan sebuah laptop jadul dengan spek yang sudah ketinggalan. Selain menulis artikel di website, saya juga harus membuat konten sosial media, mulai dari IG, Facebook, YouTube hingga Twitter. Mau nggak mau saya seringkali (multitasking) di laptop untuk memudahkan pekerjaan saya.

Berhubung spesifikasi laptop saya yang sudah cukup ketinggalan jauh, ada saja kendala yang saya rasakan, mulai dari kinerjanya yang lemot, suara laptop berisik, laptop cepat panas, baterainya juga sudah mulai ngedrop serta dimensi laptopnya gede dan berat.

Nggak make sense banget sih, kerjaan banyak setiap hari, tapi kinerja laptop lambat. Otomatis kendala ini membuat pekerjaan saya jadi terhambat. Kalian tau sendiri dong, yang namanya proses photo editing, video editing hingga upload video ke YouTube membutuhkan proses yang nggak sebentar. Apalagi kalau laptopnya lemot, maka prosesnya bisa lebih lama lagi.

Resolusi 2021! Ganti Laptop yang Workable Banget!

Biar bikin konten menjadi lebih lancar dan nggak banyak drama lagi, di tahun 2021 ini saya pengen banget ganti laptop yang baru dengan spesifikasi lebih gahar. Dari sekian banyak merek yang ada, saya terlanjur pilih merek ASUS. 

Kredibilitasnya sudah nggak perlu diragukan lagi, karena ASUS sendiri adalah perusahaan multinasional sekaligus produsen motherboard, PC, monitor, kartu grafis dan router terbaik di dunia dengan visi sebagai perusahaan teknologi terdepan dan paling inovatif di dunia.

Bahkan ASUS telah berhasil mendapatkan berbagai penghargaan sepanjang tahun 2018, termasuk Forbes' Global 2000 Top Regarded Companies, Thomson Reuters' Top 100 Global Tech Leaders dan Fortune's World's Most Admired Companies.

Alasan Memilih ASUS VivoBook 14 A416

ASUS VivoBook 14 (A416) merupakan laptop yang dirancang sebagai perangkat andalan bagi semua kalangan, karena dilengkapi dengan fitur dan teknologi terkini, sehingga mampu memenuhi kebutuhan untuk bekerja, bermain dan multimedia.

Jadi nggak heran kalau laptop ini bisa diandalkan berbagai kalangan untuk membantu meringakan pekerjaan komputasi sehari-hari. Setidaknya saya punya beberapa alasan mengapa saya memilih VivoBook 14 (A416) berikut ini :

1. Kinerja Cepat, Produktivitas Meningkat

Laptop ini sangat ringkas dan cocok banget digunakan oleh berbagai kalangan. Asus sendiri telah membekali laptop ini dengan prosesor Intel Core i5 generasi ke-10 yang ditujukan untuk produktivitas sehari-hari.

Varian tertingginya hadir dengan prosesor Intel Core i5-1035G1 yang memiliki konfigurasi 4 core dan 8 thread, serta boost clock hingga 3.6GHz. Konfigurasi dan kemampuan prosesor tersebut membuat ASUS VivoBook 14 (A416) dapat diandalkan untuk berbagai kegiatan, mulai dari bekerja, berselancar di internet hingga menikmati multimedia.


Sementara untuk grafisnya merupakan besutan dari NVIDIA GeForce MX330 yang memberikan performa grafis ekstra, sehingga mampu menjalankan berbagai aplikasi yang membutuhkan performa grafis ekstra, seperti aplikasi photo editing, video editing hingga casual game. Inilah mengapa laptop ini cocok banget bagi seorang content creator seperti saya.

2. Memori Lega, Bisa Muat Banyak Data

Dari segi penyimpanan, ASUS telah menghadirkan memori penyimpanan yang cukup besar. Apalagi laptop ini hadir dengan konfigurasi hardware yang beragam, termasuk pada jenis media penyimpanan data serta memori. VivoBook 14 (A416) telah dibekali dengan memori DDR4 yang merupakan standar laptop modern dengan kapasitas yang dapat ditingkatkan hingga mencapai 12GB.

Sementara untuk media penyimpanan data, laptop ini mengandalkan dua jenis penyimpanan, yaitu 2.5" SATA dan M.2 PCle. Hal ini tergantung dari jenis konfigurasinya, kalian bisa menyematkan SSD sekaligus HDD ke dalam laptop ini.

3. Lebih Mudah dengan MyASUS

Yang menarik sekaligus menjadi keunggulannya dari VivoBook 14 (A416) adalah hadirnya sebuah aplikasi bawaan yang merupakan pusat kontrol untuk laptop ini, yakni MyASUS. 

Dengan fitur ini, pengguna dapat memindai sistem pada laptop, menemukan sebuah masalah serta memperbaikinya secara otomatis. Tidak hanya itu saja loh, MyASUS juga dapat memperlihatkan status garansi perangkat serta fasilitas untuk menghubungi layanan konsumen ASUS.

Nggak hanya itu saja, ada sebuah fitur yang paling menarik dari MyASUS, yakni Link to MyASUS. Dengan fitur ini, pengguna VivoBook 14 (A416) dapat menghubungkan ponselnya dengan laptop agar dapat beraktivitas secara lebih produktif. 

Link to MyASUS punya beberapa fungsi, mulai dari menampilkan pesan dan notifikasi dari ponsel ke layar laptop, melakukan panggilan telepon langsung dari laptop hingga membuat ponsel menjadi layar kedua untuk laptop. Link to MyASUS bahkan telah menyediakan fasilitas untuk berbagi file secara instan antara laptop dengan ponsel.

4. Layarnya Bening, Nggak Bikin Pusing

Berhubung saya selalu bekerja di depan monitor, terkadang membuat mata saya menjadi cepat lelah. Inilah alasannya saya pengen banget ganti ke laptop ASUS ini. Karena laptop ini dilengkapi fitur lapisan anti-silau yang terbukti bisa memanjakan mata.

Ukuran layarnya sebesar 14 inchi dengan resolusi Full HD dan memiliki sudut pandang lebar, serta dilengkapi dengan lapisan anti-silau untuk mengurangi gangguan, seperti pantulan dan silau yang mengganggu. Sehingga kita bisa benar-benar fokus bekerja di depan monitor.

5. Body Tipis, Nggak Malu untuk Eksis

Ukuran laptop yang tebal dan berat, membuat ruang gerak menjadi agak terbatas. Selain itu juga punggung harus menahan beban berat laptop saat membawanya di dalam tas ransel. Nah VivoBook 14 (A416) ini sangat cocok untuk dibawa ke mana saja dan nggak makan banyak tempat, sehingga cocok bagi yang punya mobilitas cukup tinggi.

Dengan bobot keseluruhan hanya 1.5 kg, VivoBook 14 (A416) sangat portabel sekaligus laptop ringan yang mengikuti gaya hidup kalian yang serba cepat.

6. Konektivitas Lengkap

VivoBook 14 (416) dirancang sebagai laptop modern dan mengedepankan mobilitas tinggi. Maka dari itu, laptop ini telah dibekali dengan serangkaian fitur konektivitas yang lengkap, mulai dari port USB Type-C, USB Type-A, HDMI, serta combo audio jack untuk memenuhi kebutuhan konektivitas sehari-hari.

Sementara di sisi konektivitas nirkabel, laptop ini telah dibekali dengan WiFi 5 (802.11ac) untuk terhubung dengan jaringan internet, serta Bluetooth 4.1 sehingga pengguna dapat menghubungkan berbagai aksesoris nirkabel.

7. Praktis dan Ergonomis

ASUS telah membekali VivoBook 14 (A416) dengan keyboard full-size yang telah dilengkapi dengan backlit, sehingga laptop akan tetap bisa digunakan meski dalam kondisi gelap sekalipun. Keyboard juga didesain secara ergonomis dan lebih kokoh. Setiap tombol keyboard-nya memiliki key travel sejauh 1.4 mm yang sangat ideal digunakan untuk mengetik.


Tidak hanya itu saja, bahkan beberapa varian lainnya juga telah dilengkapi dengan keamanan biometrik melalui fingerprint sensor. Dengan fitur ini, memungkinkan pengguna untuk dapat masuk ke dalam sistem Windows 10 Home melalui Windows Hello, sehingga tidak perlu capek-capek mengetikkan password lagi.

8. Hadir dengan Microsoft Office Pre-Installed

Pengguna tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli software office, karena laptop ini telah dilengkapi dengan Microsoft Office Pre-Installed. Program ini merupakan aplikasi office terbaik di dunia dan digunakan sebagai aplikasi standar dalam pengolahan data dan dokumen kantor oleh sebagian besar institusi di dunia. 

Microsoft Office Home & Student 2019 ini terdiri dari tiga program utama, yaitu Word, Excel dan PowerPoint. Selain dilengkapi dengan fitur office terkini, Microsoft Office Home & Student 2019 juga dapat terus di-update, sehingga pengguna dapat terbebas dari berbagai ancaman celah keamanan dan malware. Program ini tersedia secara gratis atau tanpa biaya tambahan.

9. Proteksi HDD yang Lebih Baik

VivoBook 14 (A416) memiliki konstruksi yang tangguh di berbagai bagiannya, mulai dari sasis utama dan rangka layar, terbuat dari bahan logam untuk memperkuat keseluruhan konstruksi body-nya. Sasis yang diperkuat tersebut untuk meningkatkan pengalaman mengetik dan memungkinkan cover bisa dibuka-tutup dengan satu gerakan yang mulus.

ASUS juga telah menghadirkan perlindungan ekstra untuk HDD yang diberi nama E-A-R HDD Protection. Perlindungan tersebut dapat menyerap getaran yang dihasilkan saat perangkat terguncang dan menyelematkan HDD pengguna yang ada di dalamnya.

Spesifikasi Lengkap ASUS VivoBook 14 (416)
VivoBook 14 (A416) memiliki banyak varian harga yang ditawarkan, yakni mulai dari Rp. 4.799.000 hingga Rp. 10.799.000. Berikut adalah spesifikasi lengkapnya :


Semoga bermanfaat
Previous
Next Post »

3 komentar

  1. Asus memang brand top. Saya sendiri pakai Asus udah 5 tahun lebih tapi masih ngebut aja performanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Merek profesional mah beda Mas, biasanya awet dan berkualitas baik.

      Hapus
  2. Pernah liat sepupu pakai Asus, memang bandel banget. Awet laptopnya!

    BalasHapus


EmoticonEmoticon