Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Fitur Disappearing Messages di WhatsApp

Fitur Disappearing Messages WhatsApp

WhatsApp merupakan aplikasi chatting yang paling populer dan paling banyak digunakan di dunia. Untuk memberikan kenyamanan bagi para pengguna secara optimal, akhir tahun lalu, pengguna WhatsApp bisa menghapus pesan yang dikirim secara otomatis menggunakan fitur Disappearing Messages. Satu tahun berikutnya, WhatsApp menghadirkan versi paling baru.

Setiap harinya pengguna WhatsApp mengirimkan puluhan bahkan ratusan pesan kepada keluarga, rekan kerja, teman atau rekan bisnis.

Semakin banyak pesan yang dikirim atau pesan yang diterima, akan membuat memori pada ponsel jadi cepat penuh. Belum lagi jika kamu sering mengirim file berukuran besar, seperti foto atau video.

Fitur Disappearing Messages

Kabar baiknya, WhatsApp telah merilis fitur canggih yang akan menjawab permasalahan memori pada ponselmu. Pasalnya fitu terbarunya, yakni Disappearing Messages dapat menghapus pesan secara otomatis.

Melalui fitur ini, pesan yang dikirim pengguna dalam sebuah obrolan secara otomatis akan dihapus. Pengguna bisa menghapus seluruh oborolan, baik secara pribadi maupun obrolan di group. 

Fitur ini dinilai jauh lebih nyaman bagi pengguna yang ingin memastikan privasi tingkat tinggi. FYI, WhatsApp sendiri telah mendukung enkripsi ujung-ke-ujung untuk memastikan keamanan pengguna, tetapi fitur itu akan menambah lapisan tambahan jika seseorang mengakses ponsel kamu.

Namun, pesan yang dikirim atau diterima sebelum kamu mengaktifkan fitur disappearing messages tidak akan terpengaruh.

Cara Mengaktifkan Fitur Disappearing Messages

Pada chat personal, masing-masing bisa mengaktifkan atau mematikan fitur ini. Hal yang sama juga berlaku pada chat group, semua pesera group bisa mengaktifkan atau mematikan fitur ini. Namun admin dapat mengubah setelan group agar hanya admin yang dapat mengaktifkan atau mematikan fitur tersebut.

Fitur ini sebenarnya hanya opsional saja. Kamu bebas mau mengaktifkan atau tidak. Pengaturan fitur ini hanya akan berlaku untuk chat yang baru saja. Chat yang sebelumnya tidak akan terpengaruh.

Namun jika kamu tertarik untuk mengaktifkan fitur ini, berikut caranya :

Buka aplikasi WhatsApp. Lalu kamu pilih salah satu kontak atau group. Kemudian pilih Disappearing Messages. Kamu bisa pilih kapan durasi chat akan dihapus, 24 jam, 7 hari atau 90 hari (lihat gambar di bawah).

Cara Mengaktifkan Fitur Disappearing Messages di WhatsApp

Jika kamu tidak membuka WhatsApp selama periode waktu 24 jam, 7 hari atau 90 hari, pesan tersebut akan hilang dari chat. Namun pratinjau pesan mungkin masih akan ditampilkan di notifikasi sampai WhatsApp dibuka.

Ketika kamu membalas sebuah pesan, maka pesan asli akan dikutip. Jika pesan yang kamu balas adalah pesan sementara, pesan yang dikutip mungkin akan tetap ada di chat setelah durasi yang kamu pilih.

Jika pesan sementara diteruskan ke chat yang mematikan fitur pesan sementara, pesan tidak akan hilang di chat yang diteruskan.

Jika kamu membuat cadangan sebelum pesan hilang, pesan sementara akan disertakan dalam cadangan tersebut. Pesan sementara akan dihapus ketika pengguna memulihkan dari cadangan.

Demikian artikel yang Susahsinyal.com bisa bagikan mengenai fitur Disappearing Messages. Kamu bisa mencoba mengaktifkan fitur ini jika dirasa memang perlu, terutama saat memori ponsel sudah mulai tersisa sedikit.

Posting Komentar untuk "Mengenal Fitur Disappearing Messages di WhatsApp"