Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Mengatasi hp Cepat Panas Saat Bermain Game

Cara Mengatasi hp Cepat Panas Saat Bermain Game

Sebagai pengguna OPPO Reno6, saya jadi keranjingan main game di hp. Apalagi spesifikasinya memang cukup mumpuni untuk mengeksekusi beberapa game favorit saya, sebut saja game perang maupun game balapan. Berkat dukungan RAM sebesar 8 GB, saya bisa memainkan game-game tersebut tanpa mengalami ngelag

Salah satu game yang paling sering saya mainkan adalah game zombie, yaitu Dead Trigger. Dalam permainan ini, saya harus bertahan hidup dan mengalahkan zombi-zombi yang menyerang. Permainan ini cukup bikin saya addict, apalagi saat saya berhasil menembak semua zombi.

Agar permainan jadi semakin seru dan menyenangkan, saya sering menggunakan headset Bluetooth saat bermain Dead Trigger. Kualitas suaranya jadi terdengar lebih real dan jernih, mulai dari suara tembakan, suara derap langkah, suara peluru jatuh hingga suara raungan zombi.

Terkadang saking asyiknya bermain game, tanpa disadari hp saya jadi terasa panas. Rasanya sudah tidak nyaman lagi di tangan. Selain itu baterai hp juga jadi cepat habis.

Saya akui, secanggih apapun teknologi yang diusung sebuah hp, pasti akan terasa cepat panas dan baterai akan cepat habis saat dipakai bermain game dalam waktu yang lama. Apalagi jika digunakan bermain game dengan grafik HD.

Meski sebagian orang menganggap wajar, karena konsekuensi bermain game lewat hp bisa menyebabkan suhu hp cepat panas, akan tetapi tetap perlu mengetahui apa penyebabnya. Langkah ini penting dilakukan agar bisa meminimalisir kemungkinan hp cepat panas ketika ingin bermain game di hp dalam waktu yang cukup lama.

Cara Mengatasi Hp yang Cepat Panas

Perlu kamu ketahui, ada beberapa bagian pada hp yang bekerja keras untuk bisa menampilkan visual pada game yang kamu mainkan. Akibatnya suhu mesin di dalam hp akan meningkat. Hal ini akan berpengaruh terhadap konsumsi baterai yang lebih cepat habis.

Kamu tidak perlu terlalu khawatir, sebenarnya kamu masih bisa mengantisipasinya. Berikut cara mengatasi hp cepat panas saat bermain game yang perlu kamu coba terapkan.

1. Tutup aplikasi lain di background hp

Meski hp kamu punya RAM yang cukup besar dan leluasa untuk bermain game, kamu tetap perlu menutup aplikasi-aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang (background) sebelum membuka aplikasi permainan. 

Atasi hp Cepat Panas Saat Bermain Game

Perlu kamu ketahui, hp butuh ruang memori RAM yang cukup lega untuk mengeksekusi game, terutama game-game yang berat. Dengan menutup aplikasi di background, hp akan lebih lancar untuk menjalankan visual dan grafis game.

2. Lepas casing hp saat bermain game

Usut punya usut, salah satu penyebab hp cepat panas saat bermain game adalah penggunaan casing hp yang menutupi bodi hp. Sebagian orang melindungi bodi hp dengan menggunakan casing agar tidak mudah lecet atau baret. 

Penggunaan Casing hp Bisa Bikin hp Cepat Panas Saat Bermain Game

Namun jika kamu bermain game dengan hp terbungkus casing, kan menyulitkan hp untuk melepaskan panas dari bagian dalam. Sehingga menyebabkan hp jadi over heat. Jadi ketika kamu mau bermain game, sebaiknya lepas dulu casing biar hp bisa "bernapas" dengan lega..

3. Volume jangan terlalu keras

Suara yang terlalu keras, selain akan memperpendek usia speaker pada hp, juga berpengaruh terhadap kinerja hp saat sedang digunakan bermain game. Sehingga menyebabkan hp jadi cepat panas, karena hp harus bekerja ekstra.

Mengatasi hp Cepat Panas Saat Main Game

Solusinya, mainkan game dengan suara volume yang kecil saja. Atau jika perlu, tidak usah menyalakan volume. Meski terkesan kurang seru, tetapi cara ini bisa meminimalisir hp dari over heat. Kamu bisa mengubah suara volume langsung dari tombol volume atau lewat pengaturan game.

4. Layar hp jangan terlalu terang

Cara mengatasi hp cepat panas bisa juga dengan mengurangi tingkat kecerahan layar menjadi level rendah. Selain mengubah pengaturan lewat game, kamu juga bisa mengubah tingkat kecerahan layar langsung dari hp.

Layar hp Terlalu Terang Bisa Bikin hp Cepat Panas

Layar hp yang cenderung redup (tidak terlalu terang), akan membuat kinerja hp jadi lebih ringan. Selain itu juga akan membantu menjaga kesehatan mata agar tidak terlalu banyak terkena radiasi yang timbul saat layar hp terlalu terang dan juga bisa menghemat baterai hpmu.

5. Main game secukupnya saja

Bermain game terlalu lama, tidak hanya bisa membuat mata cepat lelah, tetapi juga bisa bikin mesin hp jadi cepat panas dan baterai cepat terkuras. Maka sebaiknya kamu bermain game secukupnya saja. Selain itu, pilih waktu bermain game yang tepat, misalnya saat waktu senggang, agar tidak mengganggu produktivitas sehari-hari.

Tips Mengatasi hp Cepat Panas Ketika Main Game

Kondisi badan bisa saja terasa cepat lelah jika kamu bermain game tidak ingat waktu. Apalagi hal ini dilakukan sangat sering, misalnya saja setiap hari bermain game lebih dari 10 jam. Ingat, kesehatan badan dan mata adalah yang utama!

Demikian tips mengatasi hp agar tidak cepat panas saat bermain game yang bisa kamu coba terapkan. Semoga saja tips-tips yang Susahsinyal.com bagikan bisa membantu, walau mungkin tidak menyeluruh, tetapi setidaknya bisa membantu menjaga kenyamanan saat bermain game.

Apalagi cara di atas bisa dilakukan dengan sangat mudah, tanpa perlu biaya ekstra, tanpa perlu mengeluarkan tenaga ekstra.

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "5 Cara Mengatasi hp Cepat Panas Saat Bermain Game"