Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Simak Tips Ganti Oli Motor Matic Agar Mesin Lebih Awet

Tips Ganti Oli Motor Matic

Motor masih menjadi alat transportasi andalan saya dalam melakukan mobilitas sehari-hari. Saya memilih menggunakan motor matic, karena jauh lebih simpel dan pastinya efisien. Tau sendiri kan, kondisi jalanan Kota Jakarta selalu padat, terutama saat jam berangkat dan pulang kantor. Makanya tidak heran jika sebagian besar masyarakat lebih memilih motor ketimbang mobil untuk rutinitas harian.

Untuk menjaga performa motor matic agar mesinnya tetap awet dan terawat, hal utama yang saya perhatikan adalah rutin mengganti oli. Jangan sampai telat mengganti oli, karena dampaknya bisa fatal. 

Asupan oli yang kurang akan meningkatkan gesekan antara piston dengan blok silinder. Mesin akan cepat panas (overheating) jika kamu sering menunda mengganti oli. Kerusakan pada panas ini akan memengaruhi komponen kepala silinder menjadi melengkung. Jika ini terjadi, kepala silinder harus diganti.

Saya pribadi punya pengalaman buruk di tahun 2015 lalu. Waktu itu saya telat mengganti oli motor. Alhasil efeknya merembet ke komponen lainnya, terutama bagian dalam mesin. Kebiasaan sepele telat ganti oli, membuat saya harus merogoh kocek lebih dalam untuk melakukan servis besar.

Tips Ganti Oli Motor Matic

Perawatan mesin motor mampu menjaga kinerja tetap optimal dan juga dapat memperpanjang usia mesin. Apalagi jika motor digunakan setiap hari, servis rutin mengganti oli motor adalah hal yang wajib dilakukan. 

Ganti Oli Motor Matic di Planet Ban

Fungsi oli sendiri adalah untuk melumasi mesin agar gesekan yang terjadi antar komponen berjalan dengan lancar. Oli juga akan bekerja menyerap panas dari gesekan antara mesin tersebut.

Berikut adalah tips ganti oli motor matic yang perlu kamu ketahui, agar mesin motor tetap terawat dan terjaga dengan baik :

1. Perhatikan waktu penggantian oli

Penting bagi pemilik motor matic untuk memperhatikan jadwal mengganti oli. Disarankan untuk mengikuti jadwal perawatan berkala pada buku servis jika pemakaian motor normal. Penggantian oli akan lebih sering jika sering melewati jalur macet, karena mesin akan tetap bekerja saat motor dalam keadaan diam di tengah kemacetan.

Saya sendiri rutin mengganti motor setiap satu bulan sekali untuk pemakaian normal. Jarak dari rumah ke tempat kerja tidak terlalu jauh, yakni sekitar 12 km saja. Namun jika jarak tempuh cukup jauh, maka pertimbangkan untuk mengganti oli kurang dari satu bulan, misalnya dua minggu sekali.

2. Ganti oli transmisi

Berbeda dengan motor bebek yang hanya menggunakan satu oli saja, pada motor matic terdapat dua jenis oli yang digunakan dan sebaiknya harus rutin diganti. Yang pertama adalah oli mesin dan kedua oli transmisi (oli gardan).

Oli gardan berfungsi untuk melumasi dan melancarkan kinerja gear ratio pada sistem transmisi otomatis. Jika kamu sering menunda mengganti oli gardan, maka bisa terjadi kerusakan pada gear ratio. Biasanya hal ini ditandai dengan munculnya suara bising dari dalam boks CVT.

3. Jangan tunggu performa mesin menurun

Meski mesin masih dalam kondisi opimal, tetapi jika interval penggantian oli sudah tercapai, baik dari waktu pemakaian ataupun jarak tempuh, sebaiknya segera mengganti oli motor matic. Jadi, jangan tunggu performa mesin menurun, baru melakukan penggantian oli.

Daya lumas pada ruang mesin akan berkurang seiring dengan pemakaian dan kerja oli. Alhasil menyebabkan performa mesin akan ikut menurun, karena disebabkan zat adiktif di dalam kandungan oli yang bekerja untuk melindungi dan membersihkan berkurang. 

4. Cek volume dan kondisi oli

Tidak hanya memperhatikan waktu penggantian oli saja, tetapi perlu juga untuk rutin melakukan pengecekan volume dan kondisi oli di dalam mesin. Pasalnya, oli motor matic bisa menguap, sehingga membuat volumenya ikut berkurang.

Jika volume oli berkurang, dapat menyebabkan kinerja mesin ikutan menurun serta mengakibatkan kerusakan komponen di dalam mesin. Penyebabnya karena daya lumas pada komponen yang saling bergesekan menurun. Jadi, rajin periksa volume oli ya guys, jika sudah berkurang, bisa segera mengganti oli.

5. Pilih oli motor matic yang tepat

Tidak hanya memilih bengkel motor yang tepat untuk mengganti oli, seperti di Planet Ban, tetapi kamu juga perlu memilih oli motor matic yang tepat. Salah satu yang biasa saya pakai untuk Matic Scoopy adalah oli X-Ten. Di Planet Ban, ternyata tidak hanya menjual ban motor saja lho, tetapi juga menyediakan layanan lainnya, mulai dari servis motor hingga menjual spare part.

Harga Oli Motor Matic X-Ten

Oli X-Ten memiliki kelebihan dibanding oli biasa, yaitu kandungan bahan ester yang tidak dimiliki oleh oli lainnya. Sehingga mampu bertahan lebih lama, bahkan bisa dipakai hingga mencapai 15.000 km untuk oli mobil dan 5.000 km untuk oli motor.

Selain itu juga tarikan mesin menjadi terasa lebih enteng, karena bahan yang digunakan diklaim mampu menjaga tingkat keausan mesin hanya 5 hingga 10 persen dari mesin kendaraan yang menggunakan oli full synthetic.

Bahan ester khusus ini membentuk semacam lapisan yang akan melindungi permukaan mesin dari gesekan. Hal ini juga yang membuat pemakaian BBM jadi lebih hemat.

Untuk informasi lebih lengkap, bisa klik : https://planetban.com/

Planet Ban Cirendeu

Nah, demikian tadi tips ganti oli motor matic agar mesin lebih awet yang bisa Susahsinyal.com bagikan. Jadi, jangan malas untuk mengganti oli ya guys, terutama bagi kaum hawa nih yang suka malas ganti oli. Begitu dibawa ke bengkel, ternyata olinya sudah kosong, hehehe...

Semoga bermanfaat.

28 komentar untuk "Simak Tips Ganti Oli Motor Matic Agar Mesin Lebih Awet"

  1. Penting banget ini ganti oli buat motor matic secara berkala biar motor gak rewel saat dikendarai.
    dan kalau gak ada waktu, bisa langsung di bengkel Planet Ban sekalian ganti olinya pakai X-Ten yang terkenal terbaik untuk motor matic. paket lengkap dah Planet Ban ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mas, biar mesin motor awet, ya harus rutin ganti oli dong. Bisa ke bengkel motor terdekat, salah satunya di Planet Ban

      Hapus
    2. di daerahku planet ban agak jauh,, tapi salut sih.. bengkel planet ban bisa menjangkau daerah agak pelosok desa juga

      Hapus
    3. Iya Planet Ban sudah hadir di beberapa wilayah pelosok lho

      Hapus
  2. Jadi kalau motornya matic olinya beda ama oli motor bebek ya? Maklum ga pernah bawa matic, eh ga bisa mengendarai sepeda motor juga aku wkwkwk.

    Bener banget Bang, kudu rutin ganti oli. Pengalaman suamiku, lupa ganti oli lalu kudu servis dan habisnya hampir 1 juta rupiah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul banget, beda olinya. Ayo belajar dong Mba, hehehe... Nah kan kalo kelupaan atau malas ganti oli, pasti mesin jadi cepat rusak. Bahkan hingga harus servis besar.

      Hapus
  3. Rutin ganti oli bikin motor jadi awet ya. Terbukti motor punya mamaku meski sudah hampir 10 tahun masih prima dan ga pernah rewel.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya dong kalo rajin merawat motor, mesin motor jarang rewel dan selalu tampil prima

      Hapus
  4. Bersyukur saya membaca artikel ini. Saya termasuk malas ganti oli motor. Padahal motor saya matic. Harus rajin ganti motor supaya motor pun awet dan performanya membaik. Planet Ban memang bisa diandalkan...selain piawai dalam ganti ban motor juga selalu ngecek kondisi motor kita, bahkan pegawainya selalu mengingatkan untuk ganti oli mesin, isi air radiator dan sebagainya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rajin ya montirnya selalu mengingatkan customer.

      Hapus
  5. mengganti oli motor matic dengan rutin itu sebuah kewajiban sih ya, ibarat kesehatan harus rajin kontrol secara rutin biar tetap sehat, apalagi jika memang motor jadi satu-satunya kendaraan yang kita gunakan untuk bekerja dan berkegiatan, harus rajin diperhatikan dong.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wajib rajin menjaga dan merawat mesin motor. Biar awet dan nggak cepat rusak

      Hapus
  6. Setuju daku nih, jangan tunggu mesin kendaraan kenapa² deh. Cek berkala kendaraan itu penting. Apalagi kan kitanya sendiri yang berkendara, bahkan bisa juga mengajak serta kesayangan kan. Maka pentingkan keselamatan berkendara

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penting banget untuk melakukan pengecekan berkala

      Hapus
  7. Motor matic memang lebih praktis, khususnya di kota macet seperti Jakarta ya, Mas. Tetapi, harus memerhatikan juga nih untuk rutin ganti oli agar mesin tetap awet.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba, matic jadi pilihan banyak warga Jakarta untuk mobilitas sehari-hari.

      Hapus
  8. Motor memang harus dirawat dengan rutin mengganti oli ya mas
    Planet ban juga bisa menjadi tempat terbaik untuk ganti oli motor matic

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pastinya Mba Dian. Kalo nggak mau cepat rusak, ya harus rutin merawat motor, terutama rajin ganti oli

      Hapus
  9. Kalo aku emang jadi kebiasaan kalo ganti oli ngga telat dan sesuai jadwal supaya mesin bisa kerja optimal plus bisa awet mesinnya. jangan ditunda deh pokoknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah iki mantap tenan Mase. Jangan nunggu keburu habis olinya....

      Hapus
  10. Bener banget ini, sembarangan pake oli motor yang ngga berkualitasngefeknya ke mesin dan ntr habisnya malah makin banyak yaa mas kalo dah kena mesinnya gitu, servicenya ampun2 deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo komponen lain sudah kena, biasanya biayanya bakalan membengkak

      Hapus
  11. Aku tu juga tipikal yang harus ontime kalo ganti oli dan service motor.. Karena kan motor tu dipakai untuk kerja sehari-hari jadi kudu dirawat dengan baik biar nggak gampang mogok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup betul banget deh, jangan sampai telat intinya ya Kak

      Hapus
  12. Saya jg punya pengalaman buruk dimana telat ganti oli dan jd merembet ke komponen lain. Motor rasanya berat dan berisik. Beruntung sekarang udah pasang alarm ganti oli dan pilih oli terbaik jg demi kesehatan motor yg jd 'kaki' saya ke mana2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah kan efeknya bakalan fatal banget deh kalo telat ganti oli. Kalo bisa sih memang dipasang jadwal penggantian oli biar nggak lupa lagi deh ya

      Hapus
  13. Bagiku semua kendaraan bermotor itu emang harus ganti oli berkala biar mesinnya awet. Apalagi kalo kilometernya udah buanyak dari terakhir ganti oli.. jangan pake lama itu sih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap om, sepakat lah kita ya. Makasih suhu sudah sudi mampir ke blog sederhana ini yaaa

      Hapus