Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Bing Chat dan Berbagai Keunggulannya

Mengenal Apa Itu Bing Chat

Memasuki era digital seperti sekarang ini, perkembangan teknologi semakin canggih saja. Mau tidak mau, kita harus beradaptasi dengan perubahan teknologi yang begitu pesat. Keberadaan teknologi sejatinya bertujuan untuk membantu memudahkan aktivitas kita sehari-hari. Salah satu jenis teknologi yang saat ini sering digunakan dan populer di kalangan masyarakat luas adalah chatbot berbasis AI (artificial intelligence). 

Adalah Profesor John McCarthy, seorang ilmuwan komputer sekaligus tokoh yang memperkenalkan konsep AI pada tahun 1956. Pada umumnya, AI merujuk pada program komputer yang dirancang untuk meniru kecerdasan manusia, termasuk kemampuan dalam pengambilan keputusan, logika serta karakteristik kecerdasan lainnya.

Mungkin kamu pernah atau sering memanfaatkan chatbot untuk membantu mencari ragam informasi yang ada di internet. Nah, AI ini dikenal juga sebagai teknologi yang memiliki potensi besar untuk mengubah kehidupan manusia di masa depan.

Mengapa demikian?

Hal ini karena teknologi AI telah banyak digunakan di berbagai aplikasi, mulai dari search engine, asisten virtual, seperti Siri, Google Assistant hingga Cortana. Keberadaan teknologi AI telah membawa kemajuan yang sangat mengagumkan, misalnya saja pada penggunaan kendaraan otonom (self-drive) yang memungkinkan kendaraan dapat melaju dengan sendirinya tanpa dikendalikan oleh manusia.

Selain itu juga dapat digunakan untuk berbagai bidang lainnya, mulai dari bidang kesehatan, pendidikan, pariwisata, ketahanan pangan hingga reformasi birokrasi.

Mengenal Bing Chat 

Nah kali ini, saya ingin membahas tentang Bing Chat dan mari sama-sama kita cari tahu apa saja keunggulan dan kekurangannya. Bing Chat adalah fitur chatbot AI yang terintegrasi dengan browser Edge dan search engine Bing, sehingga pengguna dapat mengakses informasi yang lebih baru. 

Microsoft Meluncurkan Bing Chatbot

Bing Chat menggunakan teknologi GPT-4 generative machine learning model. Bing Chat diluncurkan oleh Microsoft pada 4 Mei 2023 yang memiliki kemampuan untuk berinteraksi dengan pengguna melalui percakapan online. Chatbot besutan Microsoft ini hadir dalam upaya meningkatkan layanan mesin pencarian Bing yang memanfaatkan kecerdasan buatan untuk memberikan pengalaman pencarian yang lebih unggul bagi pengguna.

Perlu kamu ketahui, Bing Chat ini tidak hadir dalam satu platform tersendiri seperti chatbot yang lainnya, melainkan hadir bersama bawaan browser Microsoft Edge dan search engine Bing. Jadi, bagi pengguna yang ingin menggunakan teknologi Bing Chat ini, perlu memiliki aplikasi Microsoft Edge di laptop, PC ataupun ponsel.

Keunggulan dan Kekurangan Bing Chat 

Pengembangan Bing Chat terus berlanjut dengan tujuan untuk memberikan pengalaman pencarian yang lebih baik, akurat dan membantu pengguna untuk menjawab berbagai pertanyaan atau menyelesaikan tugas mereka secara lebih efektif. Meski demikian, Bing Chat juga memiliki keunggulan dan kekurangannya. Berikut ulasannya.

Apa saja keunggulan Bing Chat?

  • Chatbot sangat andal dalam memahami dan memberikan jawaban secara natural. Sesi tanya-jawab dengan menggunakan Bing Chat akan terasa seperti sedang mengobrol dengan manusia
  • Chatbot memungkinkan untuk melakukan komunikasi dua arah secara akurat dengan masyarakat selama 24 jam. Hal ini dapat membantu meningkatkan efisiensi birokrasi sekaligus memudahkan akses masyarakat untuk mendapatkan informasi maupun layanan publik
  • Bing Chat juga dapat memberikan informasi, mulai dari berita terbaru, ramalan cuaca, hasil pertandingan olahraga dan lain sebagainya
  • Dapat digunakan sebagai asisten virtual, pusat bantuan pelanggan atau platform komunikasi bisnis untuk memberikan dukungan atau jawaban cepat kepada pengguna

Apa saja kekurangan dari Bing Chat?

Di balik kecanggihan dan keunggulan yang dimiliki oleh Bing Chat, ternyata juga terdapat kekurangan dalam praktiknya. Seperti dilansir dari laman idcloudhost.com, berikut adalah beberapa poin yang menjadi kekurangan Bing Chat.

  • Microsoft telah menetapkan batasan pada chatbot ini, terutama terkait dengan cara orang yang bisa berinteraksi dengannya. AI yang satu ini akan menolak untuk melakukan beberapa tugas, karena pembatasan yang telah dibuat oleh Microsoft
  • Ketika kamu memberikan perintah bot untuk lebih kreatif, bot mungkin saja akan menghasilkan jawaban yang aneh. Jika hal ini terjadi, maka kamu biasanya dapat memulai sesi baru atau menyusun kalimat permintaan secara berbeda
  • Bing Chatbot terkadang tidak berperilaku seperti yang kamu harapkan. Chatbot bisa saja memberikan jawaban yang sangat berbeda untuk pertanyan yang sama jika ditanyakan di beberapa sesi, bot dapat melakukan kesalahan dan bahkan dapat menolak untuk melakukan tugas yang kamu suruh kerjakan
  • Microsoft juga membatasi jumlah pertanyaan yang dapat kamu ajukan ke Bing Chatbot jika kamu memulai tanpa sesi baru, yang memberikan fakta bahwa chatbot ini dapat menjadi tidak benar jika tidak diatur ulang secara berkala

Konklusi

Fitur pada mesin pencarian terus mengalami perubahan yang signifikan. Beragam fitur canggih telah disematkan pada platform mesin pencari, termasuk Bing Chat salah satunya. Teknologi chatbot ini hadir untuk memudahkan pengguna dalam menyelesaikan banyak tugas sebagai mesin pencari.

Meski tugas utamanya sebagai mesin pencari, akan tetapi Bing Chat juga dapat membantu banyak hal, misalnya saja perencanaan perjalanan, membantu meneliti pembelian tiket pesawat, menyusun konsep email bahkan hingga membuat lelucon dan kuis.

Demikian penjelasan tentang Bing AI Chatbot yang menunjukkan pembaharuan di dalam bidang teknologi. Untuk merasakan pengalaman menggunakan AI chatbot, kamu bisa langsung membuka Bing Chat melalui laptop, PC hingga ponsel. Kamu bisa menggunakan AI chatbot untuk memenuhi kebutuhan digital di era modern saat ini.

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Mengenal Bing Chat dan Berbagai Keunggulannya "