Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Rekomendasi Set Top Box Murah dan Terbaik 2023

Set Top Box TANAKA DVB T2

Untuk bisa menikmati hiburan di kampung, saya sekeluarga di desa masih mengandalkan TV analog untuk menonton siaran televisi. Meski dengan kualitas seadanya, tetapi kami semua merasa sangat terhibur. Semenjak Agustus 2023, siaran TV analog telah dihentikan. Mau tidak mau, kami semua mesti beralih ke siaran TV digital. Digadang-gadang kualitas siaran TV digital jauh lebih jernih dibanding TV analog.

Namun, agar bisa menikmati siaran TV digital pada TV analog, disarankan untuk menggunakan perangkat tambahan bernama set top box atau STB. Saya dan sebagian besar masyarakat di desa pun berburu set top box agar siaran TV digital bisa hadir di tengah-tengah keluarga. Kami pun bisa kembali menikmati beragam siaran TV yang lebih bervariasi.

STB juga sudah cukup mudah ditemukan di desa, karena memang tengah dibutuhkan oleh masyarakat yang tidak ingin ketinggalan dalam menikmati hiburan di rumah. Terutama emak-emak yang ingin nonton sinetron ataupun bapak-bapak yang tidak ingin kelewat pertandingan sepak bola.

STB merupakan perangkat tambahan yang digunakan agar tv analog bisa menerima siaran digital. Dengan menggunakan STB, tv model tabung pun masih bisa menikmati layanan siaran digital. STB saat ini telah banyak dijual secara online dan offline. Harga paling murah dibanderol 200 ribuan saja. Mereknya pun beragam.

Rekomendasi Set Top Box Murah dan Berkualitas Terbaik Tahun 2023

Saking banyaknya STB yang dijual, kemungkinan besar kamu bakalan bingung memilihnya. Nah, biar tidak bingung lagi, susahsinyal.com ingin merekomendasikan 10 STB dengan harga bersahabat dan tentunya memiliki kualitas yang bagus.

1. Set Top Box Luby DVB-T2-02

Set Top Box Merek Luby DVB-T2-02

Rekomendasi set top box yang pertama adalah Luby yang sudah mengusung resolusi layar hingga kualitas Full HD 1080p, sehingga mampu menampilkan gambar yang lebih jernih dan nyaman di mata. Set top box yang satu ini juga mendukung HDMI 1.3 (1080p) serta dilengkapi dengan fitur auto dan manual untuk memindai siaran TV digital. Menariknya lagi, kamu juga bisa berinternetan lewat perangkat ini dengan menambahkan dongle Wi-Fi.

2. Set Top Box Polytron PDV 610T2

Berikutnya ada merek Polytron yang mengeluarkan produk set top box berkualitas. Set top box Polytron PDV 610T2 ini memiliki desain yang ramping, sehingga tidak memakan banyak tempat. Untuk menyambungkan ke TV, bisa menggunakan kabel RCA dan juga HDMI. Set top box ini juga bisa dihubungkan dengan External Hard Disk dengan format file sistem FAT32 dan NTFS.

Set Top Box Merek Polytron PDV 610T2

Dalam paket penjualannya sudah terdapat kabel RCA, adapter, buku panduan, remote dan kartu garansi. Selain itu juga ada fitur-fitur keren, seperti panduan jadwal program siaran (Electronic Program Guide/EPG), pencarian saluran TV otomatis, perekam acara favorit (PVR) hingga dukungan banyak format multimedia.

3. Set Top Box Matrix Apple

Set top box Matrix Apple bisa jadi rekomendasi set top box harga murah berkualitas bagus yang bisa kamu pilih. Perangkat ini memiliki beberapa tipe dan dipilih sesuai dengan kebutuhan dan budget. Tersedia juga paket bundling yang bisa kamu pilih, misalnya bundling dengan kabel RCA atau juga dengan kabel HDMI. Jadi kamu tidak perlu lagi membeli kabel tersebut.

Set Top Box Merek Matrix Apple

Di dalam box pembelian produk, kamu akan mendapatkan unit set top box, remote, kabel RCA, baterai dan kartu garansi. 

4. Set Top Box Evinix H1

Perangkat set top box Evinix H1 ini memiliki dua tipe, yaitu Evinix H1 dengan desain casing besi dan memakai adaptor serta Freebox H1 yang menggunakan casing plastik tanpa memakai adaptor. Kedua set top box tersebut memiliki selisih harga yang cukup lumayan. Jadi, pilih saja sesuai dengan kebutuhan. 

Set Top Box Evinix H1

Jika ingin membeli perangkat yang komplit, bisa juga memilih paket penjualan dengan kabel pendukung, seperti HDMI atau juga dongle Wi-Fi. Untuk kelengkapannya terdiri dari unit set top box, remote, buku panduan, kartu garansi dan baterai.

5. Set Top Box Akari ADS 525

Set top box terbaik berikutnya adalah Akari ADS 525 yang merupakan seri keluaran paling baru. Di dalamnya telah disematkan fitur-fitur yang menarik, mulai dari fitur peringatan dini bencana alam, penerima siaran digital pada band VHF dan UHF serta mudah untuk upgrade lewat USB 2.0.

Set Top Box Akari ADS 525

Perangkat ini juga telah dilengkapi fungsi EPG (Electronic Program Guide) selama tujuh hari, memiliki beberapa pilihan bahasa Indonesia dan juga Inggris, indikator level sinyal serta kemampuan merekam dan memutar kembali acara TV.

Kualitas resolusi layar juga sudah mencapai Full HD 1080p dengan aspek rasio 16:9. Dalam paket pembelian telah tersedia unit set top box, kabel RCA, remote, buku panduan dan kartu garansi.

6. Set Top Box Venus Cabai Rawit T2

Set top box ini bisa dihubungkan dengan antena lama. Jadi tidak perlu membeli antena baru lagi. Kualitas gambar juga tetap jernih dan nyaman di mata. Tersedia output HDMI, RCA dan RGB. Set top Box Venus ini juga bisa merekam siaran TV dengan menghubungkan ke flashdisk atau HDD eksternal, termasuk bisa memutar film, foto dan musik.

Set Top Box Venus Cabai Rawit T2

Sama halnya dengan set top box lainnya, perangkat ini memiliki masa garansi resmi satu tahun. Dalam paket penjualannya telah tersedia unit set top box, kabel RCA, remote dan baterai dan buku panduan.

7. Set Top Box Evercoss Pro

Ternyata Evercoss tidak hanya memproduksi ponsel saja, tetapi juga produk set top box TV digital. Perangkat ini juga memiliki masa garansi selama satu tahun dan dijual dengan sejumlah paket (bundling), Kamu bisa membeli perangkat set top box Evercoss saja atau juga bisa bundling dengan dongle Wi-Fi atau lengkap dengan kabel HDMI. Jadi tidak perlu repot lagi membeli kabel terpisah.

Set Top Box Evercoss Pro

Set top box Evercoss Pro ini menggunakan antena UHF, tetapi jika kamu masih punya antena lama, bisa disambungkan, karena perangkat ini bisa terhubung ke semua jenis TV, karena telah menyediakan output RCA dan HDMI. Terdiri dari unit set top box, kabel RCA, remote dan baterai, buku panduan dan kartu garansi.

8. Set Top Box Advance STP A01

Set top box ini harus dihubungkan dengan antena UHF agar bisa mendapatkan siaran digital yang jernih. Untuk menghubungkan ke TV, kamu bisa menggunakan kabel HDMI dan RCA. Selain itu, set top box ini juga bisa merekam siaran TV menggunakan USB dan telah mendukung resolusi layar hingga Full HD 1080p.

Set Top Box Advance STP A01

Pada paket penjualannya tersedia unit set top box, remote dan baterai, kabel RCA dan juga kartu garansi.

9. Set Top Box Welhome

Rekomendasi set top box berikutnya ada produk dari Welhome. Set top box ini mampu menangkap siaran TV digital dalam format HD. Agar bisa mendapatkan gambar yang lebih jernih, kamu bisa menggunakan antena luar. Tidak hanya untuk menangkap siaran digital saja, set top box ini juga bisa berfungsi sebagai media player untuk menonton video dari hard disk.

Set Top Box Welhome

Dalam paket penjualannya tersedia unit set top box, remote, kabel RCA dan juga kartu garansi.

10. Set Top Box TANAKA DVB T2

Perangkat yang satu ini diklaim lebih peka terhadap sinyal TV digital. Apalagi kalau kamu menggunakan antena UHF yang bisa menangkap siaran dengan lebih stabil. Ada dua output untuk terhubung ke TV lama, yaitu bisa menggunakan kabel HDMI atau bisa juga dengan kabel RCA. Set top box TANAKA DVB T2 juga bisa digunakan untuk nonton YouTube dengan mengambahkan dongle Wi-Fi.

Set Top Box TANAKA DVB T2

Dalam paket penjualannya terdiri dari unit perangkat set top box, remote dan baterai, kabel RCA dan kartu garansi. 

💙💙💙

Sebelum kamu membeli set top box, pastikan wilayah kamu sudah masuk ke dalam jangkauan sinyal TV digital. Nah, untuk mengecek apakah wilayah kamu sudah termasuk jangkauan atau belum, kamu bisa mengecek menggunakan aplikasi 'Sinyal TV Digital' yang dikembangkan oleh Kominfo.

Hampir semua set top box yang dijual biasanya sudah dilengkapi dengan komponen pendukung, seperti kabel AV dan remote (kecuali kabel HDMI yang bisa dibeli secara terpisah). Selain membutuhkan perangkat set top box, kamu juga memerlukan antena TV digital, terutama yang tinggal di desa-desa, seperti saya.

Nah, itulah beberapa rekomendasi perangkat set top box yang bisa digunakan untuk menangkap siaran TV digital. Harga set top box di atas bervariasi dan tidak terlalu mahal, sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan budget.

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "10 Rekomendasi Set Top Box Murah dan Terbaik 2023"