Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Review dan Pengalaman Menggunakan Polytron Multiroom Speaker Muze R1

Polytron Multi Room Speaker Muze R1

Saya terbiasa mendengarkan musik ketika menulis artikel. Berdasarkan pengalaman saya, kebiasaan ini bisa meningkatkan semangat saya selama membuat konten. Kebetulan saya baru punya speaker aktif Bluetooth portable merk Polytron.

Speaker keren ini saya dapatkan dari giveaway yang diadakan pada bulan September 2020 oleh Polytron di akun Instagram resmi mereka. Tidak mengira saya bakalan menjadi salah satu pemenang yang beruntung.

Bagi pemenang wilayah Jabodetabek, hadiah bisa diambil langsung di gudang Polytron di daerah Slipi, Jakarta Barat. Seluruh pemenang konfirmasi melalui DM di akun IG Polytron. Selain itu juga wajib mengirimkan foto KTP melalui DM.

Harga Speaker Bluetooth Polytron

Speaker Bluetooth Polytron Muze R1

Setelah proses verifikasi data melalui DM, saya langsung ke TKP untuk mengambil hadiahnya. Prosesnya berjalan cepat dan lancar. Namun sebelumnya wajib verifikasi ulang data dengan menunjukkan KTP asli. Kami sempat berfoto dulu sebagai bukti serah terima hadiahnya.

Harga dan Spesifikasi Speaker Polytron PMS R1 Muze

Berhubung penasaran dengan harganya, saya cari informasi harga speaker Polytron PMS R1 Muze di website perbandingan harga gadget, yaitu  pricebook.co.id. Untuk pembelian online melalui Blibli, harganya dibanderol Rp. 1.434.000 (Juni 2022). 

Sementara, lewat website iprice.co.id, di beberapa marketplace, harga satu unit speaker ini berbeda-beda. Padahal tipenya masih sama. Berikut daftar harga yang saya dapatkan per Juni 2022 :

  • Shopee : Rp 955.000 - Rp 1.599.000
  • Lazada : Rp 1.318.400
  • Blibli : Rp 1.434.000

Untuk pembelian offline sendiri, saya kurang paham dengan harganya, tapi kayaknya sih tidak beda jauh ya dengan pembelian online. Coba saja mampir ke toko Electronic City guys.

Berikut spesifikasi lengkap yang bisa disimak :

BODY

Tipe Produk

Bluetooth Speaker

 

SISTEM

Sistem Speaker

1

 

OPERASI

Sumber Daya

Elektrik

Principle

Aktif

 

WARNA

Warna

Hitam

 

FUNGSI SUARA

Noise Cancellation

Tidak

360° Sound

Ya

 

LAYANAN STREAMING

Spotify

Ya

Youtube

Ya

Deezer

Ya

iTunes

Ya

Pandora

Ya

 

APLIKASI TERSEDIA

Windows Phone

Ya

iOS

Ya

Android

Ya

 

FORMAT PEMUTARAN

AAC

Tidak

MP3

Ya

WMA

Tidak

WAV

Tidak

AAC+

Tidak

FLAC

Tidak

OGG

Tidak

 

FISIK

Berat

1.5kg

Dimensi (W x H x D)

120 x 120 x 190mm

 

FUNGSI LAINNYA

Kontrol Smart Home

Tidak

Asisten Suara

Tidak

Internet Radio

Tidak

 

FITUR KENDALI

Putar dan Jeda

Ya

Bisukan

Tidak

Pengatur Suara

Ya

 

KONEKTIVITAS

Slot Kartu Memori

Tidak

USB Port

Tidak

3.5mm Jack

Ya

Versi Bluetooth

4.0

Profil Bluetooth

AVRCP

 

MEDIA KENDALI

Asisten Suara

Tidak

Tombol On/Off

Ya

Fitur Sensitive-Touch

Tidak

 

FITUR TERINTEGRASI

Tampilan Digital

Tidak

Subwoofer

Ya

Mikrofon

Tidak

 

Review dan Pengalaman Menggunakan Speaker Polytron PMS R1 Muze

Speaker ini tidak menggunakan baterai layaknya speaker Bluetooth pada umumnya, jadi langsung dicolok ke stop kontak. Menurut saya, bobotnya lumayan berat. Mungkin karena memang komponen dan speaker yang cukup berat.

Koneksi lengkap

Ukuran speaker tidak terlalu besar, jadi bisa dibawa-bawa dan bisa dimasukkan ke dalam tas punggung. Fitur koneksi yang disematkan terbilang cukup lengkap, mulai dari Bluetooth, NFC, Kabel Jack, WiFi hingga port LAN, sehingga kita punya banyak pilihan untuk mengkoneksikan perangkat ke speaker ini.

Harga Speaker Bluetooth Polytron

Sebenarnya disarankan untuk menghubungkan perangkat (ponsel dan lainnya) melalui aplikasi UNDOK yang bisa diunduh melalui Play Store atau App Store. Menurut saya sih, paling mudah dan praktis koneksi lewat Bluetooth, jadi tidak perlu install aplikasi UNDOK. 

Koneksi lewat Bluetooth paling gampang, karena saya bisa membawa ponsel dengan jarak maksimal 10 meter dan tidak terhalang tembok ya.

Sementara kalau koneksi lewat NFC, ponsel harus ditempelkan di atas speaker untuk proses koneksinya. Mau tidak mau, kita tidak bisa mainin ponsel selama memutar musik.

Aplikasi UNDOK

Kalau koneksi lewat aplikasi UNDOK (Frontier Smart Technologies), agak ribet. Harus koneksi ke WiFi yang sama. Selain itu ada privacy kita di ponsel yang harus dibagikan ke aplikasi ini. Makanya saya rasa kurang praktis dan juga kurang aman. 

Namun kalau kamu mau menghubungkan lewat aplikasi UNDOK, ya tidak jadi masalah. 

Kisaran harga segitu, suaranya cukup mantap. Asal ruangannya jangan terlalu lebar. Paling ideal itu ukuran ruangan 5 x 5, suaranya masih terdengar mantap. Namun kalau ruangannya terlalu lebar, suaranya kurang oke.

Kualitas audio mantap

Produk Polytron memang terkenal dengan kualitas audio yang cukup bagus, terutama pada bass. Apalagi jika komposisi bass dan trebel seimbang, kualitas suaranya bakalan mantap.

Kualitas audio Polytron Multiroom Speaker Muze R1 ini cukup jernih dan detail. Suara bassnya juga mantap lho. Kita juga bisa mengatur suara dengan memilih mode Stereo atau Surround, yang terletak di bagian belakang speaker.

Kualitas Audio Speaker Bluetooth Polytron

Speaker ini juga bisa digantung di dinding, karena telah tersedia lubang di bagian belakang speaker. Oh iya guys, kabel power speaker ini panjangnya sekitar 1,5 meter

Saya pribadi sering menonton film dari ponsel dengan menggunakan speaker Polytron Muze R1 ini. Speaker saya posisikan di ruang tengah, biar suaranya terdengar lebih menggelegar lagi.

Kalau kita memasang lebih dari satu speaker PMS R1 ini di beberapa spot di dalam rumah, suaranya bakalan terdengar lebih mantap lagi. Audionya bakalan memenuhi seisi rumah. Pasti bakalan mirip seperti berada di bioskop atau mall, karena suaranya terdengar di setiap sudut rumah.

Desain dan material yang apik

Dari sisi desain, saya suka banget dengan desainnya yang terlihat mewah dan elegan. Belum lagi produk dibalut dengan material yang cukup baik dan kokoh. Pemilihan warna hitam membuatnya tampak lebih gagah, tegas dan garang.

Bagian atas speaker terdapat beberapa tombol, seperti Power, Mode, Reset dan Volume. Nah, di bagian atas ini akan terasa panas, jika speaker dinyalakan terlalu lama.

Fitur Speaker Bluetooth Polytron Muze R1

Harga Speaker Bluetooth Merek Polytron

Bagian bawahnya terdapat bantalan karet berukuran kecil di tiap sudutnya, sehingga membuat speaker akan menempel pada permukaan dan tidak mudah terjatuh. Untuk panjang kabel power sekitar 1,5 meter. Lumayan cukup panjang juga.

Konklusi

Overall, saya puas banget dengan kualitas audio dari speaker ini. Untuk menghubungkan ponsel ke Bluetooth speaker juga mudah banget. Speaker bisa digunakan mendengarkan musik secara offline dan streaming.

Nah, bagi kamu yang memang sedang mencari speaker Bluetooth dengan kualitas audio yang menggelegar, saya rekomendasikan Polytron Multiroom Speaker (PMS) Muze R1 ini. 

Harga terjangkau, kualitas memukau!!

Posting Komentar untuk "Review dan Pengalaman Menggunakan Polytron Multiroom Speaker Muze R1"