Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Merawat Eksterior Toyota Sienta Agar Tetap Awet

Cara Merawat Eksterior Mobil

Tips merawat eksterior Toyota Sienta merupakan bagian dari perawatan kendaraan yang perlu kita perhatikan dengan baik. Bukan hanya sekedar merawat bagian interiornya saja, tetapi juga penting untuk merawat bagian luar dari mobil Toyota Sienta, agar kendaraan bisa tetap awet.

Merawat bagian dalam mobil (interior), seperti merawat AC mobil atau merawat jok mobil, memang paling sering mendapat perhatian bagi pemilik kendaraan. 

Padahal bagian luar mobil juga perlu sama-sama diperhatikan, agar kualitas mobil bisa terawat secara maksimal, baik bagian interior maupun eksteriornya.

Maka dari itu, di artikel kali ini, Susahsinyal.com akan membahas bagaimana merawat eksterior dari mobil kesayangan, salah satunya mobil Toyota Sienta.

Namun sebelumnya, mari kita gali dulu informasi singkat mengenai spesifikasi Toyota Sienta berikut ini.

Spesifikasi Toyota Sienta

Seperti dikutip dari laman auto2000.co.id, Toyota Sienta merupakan salah satu kendaraan keluaran Toyota yang cukup digemari keluarga di Indonesia. Hal ini terbukti dari banyaknya jumlah Toyota Sienta yang melintas di jalan raya.

Harga dan Spesifikasi Toyota Sienta

Toyota Sienta termasuk ke dalam jenis mobil MPV (Multi Purpose Vehicle) sekaligus sebagai mobil keluarga yang cukup atraktif dan modern yang juga telah dilengkapi dengan ragam fitur menarik di dalamnya.

Adapun spesifikasi mobil ini dengan panjang 4.235 mm, lebar 1.695 mm, tinggi 1.695 mm dan wheelbase 2.750 mm. Toyota Sienta juga memiliki ukuran bagasi yang cukup luas, sehingga bisa muat banyak barang bawaan saat bepergian bersama keluarga.

Toyota Sienta hadir dengan beberapa tipe varian, tetapi mesin yang digunakan sama saja, yaitu mesin 2NR-FR, 16 Valve, DOHC, Dual VVT-i dengan kapasitas 1.497 cc. Daya maksimum mesin ini sebesar 107 PS/6.000 RPM.

Beralih ke bagian eksteriornya, Toyota Sienta dilengkapi dengan model bumper yang berbeda dengan mobil lainnya, sehingga membuatnya tampil lebih fresh. Bumper tersebut juga mendapatkan akses chrome serta desain grill yang berbeda.

Untuk memberikan keamanan dan kenyamanan terutama saat berkendara di malam hari, Toyota Sienta telah menggunakan lampu LED yang akan memperjelas kondisi jalanan di depan kendaraan.

Mobil ini juga menggunakan pintu berteknologi sliding door yang akan memudahkan penumpang untuk naik atau turun. Sekaligus tidak banyak makan space ketika parkir di area yang sempit.

Beberapa fitur modern lainnya yang telah disematkan ke mobil ini di antaranya Dual SRS Airbags, Knee Airbag, Layar MID (Multi Information Display), Anti Lock Brake System hingga ISOFIX untuk menjaga kursi bayi dan balita agar tetap stabil.

Fitur-fitur modern yang hadir di Toyota Sienta memang dipersembahkan untuk menjamin keamanan dan kenyamanan seluruh anggota keluarga di sepanjang perjalanan.

Tips Merawat Eksterior Toyota Sienta

Setelah mengenal spesifikasi singkat dari Toyota Sienta, kini saatnya kita mengetahui bagaimana langkah yang tepat untuk merawat bagian eksteriornya. 

Harga Toyota Sienta

Hal ini penting dilakukan agar kita tidak melakukan kesalahan ketika ingin merawat bagian luar dari kendaraan tersebut. 

Berikut langkah-langkahnya :

1. Cuci mobil di waktu yang tepat

Cucilah mobil di waktu pagi atau sore hari. Selain kondisi yang kondusif, pada waktu tersebut sinar matahari juga tidak terlalu terik. Namun jika kamu mencuci mobil di bawah paparan terik matahari, akan membuat cat mobil lebih cepat pudar.

Pastikan juga mesin mobil dalam keadaan dingin. Fokus bersihkan eksterior mobil pada beberapa bagian, khususnya kaca mobil, shock absorber belakang dan bagian depannya, serta inquiry mobil.

2. Gunakan shampo khusus untuk mobil

Cara merawat eksterior mobil berikutnya adalah dengan menggunakan shampo khusus mobil yang menghasilkan busa lembut. Sangat disarankan memilih shampo mobil yang ramah lingkungan dan menghasilkan busa yang lembut.

Perhatikan cara penggunaannya. Tuang shampo mobil pada spons basah, lalu usapkan ke seluruh bagian eksterior Toyota Sienta, setelahnya bilas dengan air bersih.

Setelah proses mencuci mobil selesai, segera keringkan body eksterior mobil agar tidak timbul bercak di permukaan cat dan juga kaca mobil.

3. Perhatikan cara mengelap dan bahan lap yang digunakan

Proses merawat eksterior mobil juga perlu memperhatikan bahan lap yang digunakan. Pilihlah bahan lap yang terbuat dari bahan kulit atau kanebo agar air bisa cepat terserap.

Selain itu juga lap yang halus akan menghindari mobil dari goresan. Hindari menggunakan lap yang terbuat dari bahan katun, karena seringkali menyimpan partikel-partikel kecil, yang mana bisa menggores cat mobil.

4. Hindari memarkir mobil di bawah terik matahari

Jika memungkinkan, parkiran mobilmu di tempat yang teduh dari terik matahari. Apalagi jika durasi parkir cukup lama. Jika terlalu lama terkena sinar matahari, warna cat pada mobil akan lebih cepat memudar.

Lokasi parkir paling ideal tentunya di dalam gedung atau garasi mobil yang proper. Namun jika tidak kebagian tempat untuk parkir, bisa memilih parkir di bawah pohon besar rindang yang kuat.

5. Hindari menutup mobil yang masih basah dengan selimut mobil

Fungsi dari selimut atau sarung mobil adalah untuk melindungi mobil dari kotoran dan debu. Selain itu juga bisa mencegah warna cat pada kendaraan cepat pudar, terpaan sinar matahari dan goresan halus yang mungkin saja mengenai mobil.

Namun jangan sembarangan menutupi mobil dengan selimut mobil, terutama jika mobil dalam keadaan masih basah. Hal ini bisa menimbulkan terjadinya kontaminasi noda ketika tetap menutupi mobil menggunakan sarung atau selimut mobil.

Mengenal Website Auto2000 Digiroom

Kamu bisa mengunjungi Auto2000 Digiroom untuk melihat berbagai spesifikasi kendaraan keluaran Toyota lainnya. 

Bengkel Toyota Auto2000

Memasuki era modern, website Auto2000 telah bertransformasi menjadi Auto2000 Digiroom yang saat ini menjadi website e-commerce untuk penjualan mobil suku cadang dan berbagai aksesoris resmi Toyota di Indonesia.

Awal kehadirannya, namanya masih Astra Motor Sales yang telah berdiri sejak tahun 1975 yang menyediakan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang produk Toyota.

Namun seiring berjalannya waktu, nama Astra Motor Sales berubah menjadi Auto2000 pada tahun 1989 di bawah manajemen PT Astra International Tbk.

Pelanggan juga bisa memanfaatkan aplikasi Auto2000 Mobile yang baru untuk membantu memudahkan dalam melakukan perawatan kendaraan Toyota, mulai dari pemesanan THS - Auto2000 Home Service, melacak status servis hingga simulasi perhitungan pembiayaan (leasing).

Peluncuran Auto2000 Digiroom merupakan perwujudan bentuk komitmen kepada para pelanggan agar Urusan Toyota lebih mudah!

Konklusi

Nah demikian informasi mengenai tips cara merawat eksterior Toyota Sienta yang bisa dibagikan. Perawatan yang optimal akan menghasilkan kendaraan yang tetap terjaga dengan baik kualitasnya, sehingga bisa lebih awet dan tidak mudah rusak.

Selain awet, kendaraan juga akan terlihat seperti baru terus dan tampak lebih fresh, karena kualitas cat mobil terjaga dengan baik.

Jangan lupa juga manfaatkan Auto2000 Digiroom untuk mendapatkan ragam informasi, mulai dari kantor cabang, pameran, situs web, telepon hingga call center.

Semoga bermanfaat.

18 komentar untuk "Tips Merawat Eksterior Toyota Sienta Agar Tetap Awet "

  1. Salahs atu kesalahan yang sering dilakukan adalah membiarkan mobil terkena terik sinar matahari langsung dan suka lap sembarangan, wah setelah ini mulai care soal ini Kak, daripada mobilnya nanti cepat rusak. Btw kalau service mobil memang bagusan langsung ke tempat resminya seperti Auto2000 Digiroom lebih aman, dan asiknya bisa melalui online lagi ya untuk beli dan reservenya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kesalahan ini memang sering dianggap sepele, padahal punya dampak yang cukup buruk bagi eksterior mobil. Sekarang sudah ada inovasi terbaru dari Auto2000 yang akan membantu memudahkan masyarakat untuk melakukan service dan kebutuhan lainnya terkait perawatan mobil dan sebagainya

      Hapus
  2. Mobil adikku sampai warnanya memudar perlahan karena keseringan disimpan di bawah terik matahari langsung. Jadi bahan pelajaran banget untuk dapat menjaga dan merawat kendaraan kita, baik bagian interior dan eksteriornya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kebiasaan ini memang kurang bagus untuk eksterior mobil. Kalau dibiarkan, lama-lama akan merusak cat mobil. Semoga bermanfaat ya Mas

      Hapus
  3. noted nih tips merawat mobil Toyota Sientanya, walau sekarang mobil di rumah belum Sienta sih tapi pada umumnya merawat mobil bisa menggunakan langkah-langkah ini juga kan ya? :)
    dengan Auto2000 Digiroom ini jadi lebih mudah ya untuk tahu info seputaran produk Toyota juga servisnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tips merawat eksterior mobil ini bisa diterapkan untuk semua mobil loh, jadi nggak hanya untuk Toyota Sienta aja. Itu hanya contoh aja sih. Semoga artikelnya bermanfaat ya

      Hapus
  4. Saiyaah sukaak teledor, mobil dipanas2in tp kalau lap mobil sukanya masukin ke tmp cuci mobil aja biar di vacum dalamnya sekalian.
    Urusan service lebih nyaman di bengkel resmi, aman nyaman tidak kena tipu (gusti yeni)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Urusan service memang sebaiknya di service resmi Mba, salah satunya AUTO2000 ini loh

      Hapus
  5. wah kalau sudah bicara mobil, setiap orang udah ada peminatnya sendiri ya, ada yang senang untuk interior maupun eksterior. Yang pasti biaya perawatannya gak murah XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih baik ngeluarin biaya lebih untuk perawatan total, daripada mobil cepat rusak dan sering ke bengkel, lebih besar lagi biayanya

      Hapus
  6. Favorit banget sihh adanya Auto2000 digiroom, jadinya segala pemesanan kebutuhan mobil toyotaku bisa dilakukan secara online. Hemat waktu dan praktis!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngebantu banget ya dengan hadirnya platform Auto2000 Digiroom ini

      Hapus
  7. Memiliki mobil tentu harus selalu dirawat ya mas
    Nggak hanya perawatan rutin seperti ganti oli saja, tapi juga perlu perawatan eksterior juga, agar mobil tetap awet

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perlu banget memperhatikan perawatan mobil secara detail, biar tetap awet dan nggak mudah rusak

      Hapus
  8. duh cantik banget nih designnya, kayanya cocok ya kalau yang bawa emak-emak wkwk..

    BalasHapus
  9. makin ke sini fasilitas service dan perawatan mobil makin dimudahkan ya, plus banyak inovasinya. kayak Auto2000 ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wajib banget itu, soalnya Auto2000 sangat menghargai waktu konsumen, jadi semuanya harus serba praktis dan efisien

      Hapus