Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengalaman Menggunakan TWS4 JBL

TWS Merek JBL

Sebelumnya saya pernah membeli satu unit wireless headphone merek JBL. Salah satu brand yang dikenal memiliki kualitas audio  terbaik di kelasnya, selain Bose dan Sony tentunya.

Pengalaman mendengarkan musik, nonton film hingga bermain game jauh lebih menyenangkan setelah saya memakai wireless headphone. Apalagi nonton film bergenre kolosal action di ponsel, audionya jadi lebih seru!

Wireless headphone memang sudah bisa dilipat agar jadi lebih simpel, tetapi tetap saja butuh space untuk disimpan di dalam tas. Iya kan??

Mau disimpan di saku baju atau celana enggak bakalan muat. Berbeda dengan TWS yang ukurannya lebih mungil dan bisa dimasukkan ke dalam saku. It's so simple!!

Makanya saya penasaran banget ingin membeli TWS dan menjajal kualitas audionya. Namun sebelumnya, mari kita simak dulu pengertian TWS ya guys.

Apa Itu TWS?

Teknologi yang digunakan TWS atau True Wireless Stereo menggunakan sinyal bluetooth untuk mentransfer suara dari earbud sebelah kiri (L) dengan earbud sebelah kanan (R). Sehingga TWS tidak memakai kabel seperti earphone biasa pada umumnya.

Teknologi true wireless ini memang benar-benar tanpa kabel atau istilahnya nirkabel untuk saling terhubung, sehingga jauh lebih praktis dan tidak ribet dengan keberadaan kabel yang menjuntai.

TWS yang pertama kali dirilis adalah Bragi Dash pada tahun 2015. TWS terus mengalami perkembangan dan semakin populer. Pengguna perangkat TWS meningkat lebih dari 30 persen.

Pengalaman Menggunakan TWS Merek JBL dan Spesifikasinya

Review Earphone JBL

Selang beberapa bulan kemudian, saya memutuskan untuk membeli TWS dengan merek yang sama melalui salah satu e-commerce. Harga yang ditawarkan juga bervariasi, tergantung dari spesifikasi dan teknologi yang diusungnya.

Bluetooth versi 5.0

Pilihan jatuh ke TWS merek JBL berwarna hitam yang telah menggunakan bluetooth versi 5.0, sehingga koneksi cukup baik dan nyaris tanpa delay. Nyaris loh ya, bukan berarti enggak ada sama sekali!

Kualitas koneksi

Koneksi terbilang cukup mulus. Hampir enggak ditemukan delay selama saya menggunakan TWS merek JBL ini. Jangan terhalang tembok ya guys atau jarak koneksi bluetooth lebih dari 10 meter, maka koneksi akan langsung terputus. 

Kualitas suara

Kualitas suara lumayan bagus, jernih, meski enggak terlalu ngebass seperti menggunakan headphone. Masih ada 'bocor', alias suara dari luar di sekitar kita masih terdengar saat kita menggunakan TWS ini.

Kualitas baterai

Perangkat nirkabel seperti TWS memang sangat tergantung dengan baterai agar tetap bisa digunakan. Jadi, selalu sediakan power bank jika sewaktu-waktu baterai habis. 

Spesifikasi

  • Pure bass performance
  • Dilengkapi case + baterai, sehingga bisa mengisi daya saat TWS enggak digunakan
  • Baterai tahan lama untuk pemakaian hingga 8 jam, ditambah case yang berfungsi sebagai alat pengisi daya perangkat. Earphone tidak akan kehabisan daya saat dipakai seharian penuh
  • Earphone telah dilengkapi dengan sensor sentuh sebagai pengganti tombol fisik (touch control design)
  • Build quality bagus dan tahan lama
  • Sweat Proof (anti keringat bagi yang berolahraga)
  • Tutup case yang sangat rapat dengan Twist lock, sehingga case enggak akan mudah terbuka
  • Auto pairing saat tutup case dibuka
  • Dilengkapi mic untuk melakukan panggilan suara
  • Bisa digunakan pada Android dan juga iOS

Kelebihan dan Kekurangan dari TWS

Oh iya, sekedar info aja nih guys, bagi yang ingin membeli TWS, ada baiknya ketahui terlebih dulu kelebihan dan kekurangannya ya.

Hal ini penting dilakukan, agar nantinya kita sudah siap dengan segala konsekuensinya ketika sudah punya TWS tersebut. Yah minimal enggak ngeluh ini itu soal TWS yang dibeli.

Berikut ini adalah kelebihan dan Kekurangan dari TWS menurut pengalaman saya pribadi :

Kelebihan pakai TWS

  • 1. Ukurannya lebih mungil

Ukurannya yang mungil, memudahkan kita untuk menyimpan TWS di dalam tas ataupun di saku. Sehingga kita jadi lebih mudah menjangkau TWS ketika sewaktu-waktu ingin mendengarkan musik atau nonton film.

TWS dinilai sangat cocok bagi kamu yang menyukai hal-hal simpel dan praktis. 

  • 2. Bisa untuk teleponan

Selain untuk mendengarkan audio, TWS juga bisa digunakan untuk teleponan, karena telah disematkan fitur mikrofon di dalamnya. Jadi kita lebih mudah untuk menerima panggilan tanpa harus menempelkan ponsel ke telinga.

  • 3. Simpel untuk digunakan saat berolahraga 

TWS lebih diminati bagi mereka yang hobi berolahraga, misalnya joging. Saya sendiri sering melihat orang lebih memilih memakai TWS dibanding pakai headphone saat berolahraga, karena lebih simpel.

Kekurangan Pakai TWS

  • 1. Mudah terselip

Pengalaman saya menggunakan TWS ini ada enggak enaknya juga loh. Ukurannya yang mungil membuat saya kesulitan mencari TWS saat hilang. 

Soalnya saya pernah kelupaan meletakkan TWS. Dicari ke sana ke sini, belum ketemu juga. Eh enggak taunya terselip di sprei kasur. Ternyata butuh effort yang besar untuk menemukan TWS yang hilang guys wkwkwk...

  • 2. Kurang nyaman

Selain itu, penggunaan TWS yang cukup lama, membuat telinga saya menjadi kurang nyaman. Telinga jadi agak panas. Namun pengalaman setiap orang pasti berbeda-beda ya guys, jadi enggak bisa disamaratakan.

  • 3. Suara kurang mantul

Suara yang dihasilkan menurut saya kurang nendang, terutama bagi kamu yang ngarepin bass yang jedag-jedug saat mendengarkan musik atau nonton film. 

Ya wajar aja sih, soalnya bentuk TWS enggak menutupi seluruh bagian telinga. Berbeda dengan headphone yang menutupi seluruh bagian telinga, sehingga suara yang dihasilkan lebih unggul. 

Konklusi

Meski masih ada kekurangan di sana sini, tetapi TWS dari JBL ini cukup recommended. Terutama bagi yang enggak mau ribet dengan kabel.

Harga TWS Merek JBL

TWS mengungguli earphone konvensional, karena telah dilengkapi dengan fitur canggih dan teknologi terbaru yang akan semakin memanjakan penggunanya.

Jadi, kamu lebih milih TWS atau headphone untuk mendengarkan musik atau nonton film??

Demikian artikel tentang pengalaman menggunakan TWS merek JBL yang bisa saya bagikan.

Semoga bisa bermanfaat.

20 komentar untuk "Pengalaman Menggunakan TWS4 JBL"

  1. iya ya kak, kalau pakai headphone lebih mantap bassnya.. tapi biasanya orang pakai TWS ini karena cari yang praktis dan yang enteng untuk dibawa bepergian kemana2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung balik lagi ke selera masing-masing sih...

      Hapus
  2. TWS lebih simple buat dengerin musik. Atau kalau ke mana-mana harus pake map tuh asyik.

    BalasHapus
  3. TWS emang praktis, ga ribet sama kabel deh, apalagi klo ada drama kabel rusak, akhirnya earphone rusak deh. Paling enak pake TWS yang bisa noice cancellation sih klo aku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes sekarang zamannya nirkabel, biar nggak ribet lagi

      Hapus
  4. Jbl nih brand yg terkenal suaranya yg cakep. Tp yg ini bassnya masih kurang ya?
    Kalo aku jujur lbh suka headphone karena suaranya lbh mantep buat nonton film hehe. Aku pake tws nya xiaomi dan kalo pake buat telepon sering suaraku dibilang nggak jelas. Entah semua tws gtu juga atau karena ini mereknya xiaomi 🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Brand JBL memang punya kualitas suara yang mantap! Tapi kalo mau lebih mantap lagi ya pilih pakai headphone ketimbang earphone. Tapi ya balik lagi ke selera masing-masing ya... Nyaman pakai yang mana

      Hapus
  5. Aku penggila earphone, kak.
    Serius kalo ilang tuh rasanya kudu banget aku cari lagi or beli dengan merk yang sama.

    Dan sejak kenal TWS, aku uda punya beberapa.
    Aku paling gak bisa kalo bepergian tanpa laptop, charger dan TWS.

    Dapet rekomendasi TWS4 JBL ini bakalan masuk list.
    hhehe...selama ini aku pake Galaxy Buds Pro putih. Enak bangeettt....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah gila banget dong Mba Lendy. Sudah kecanduan menggunakan TWS nih, hehehe...

      Hapus
  6. Aku sih belum pernah coba TWS ini kak
    Selama ini lebih sering pakai Headphone
    Belum bisa bandingin jadinya, tapi asik juga ya kalau pakai TWS , lebih praktis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya karena bentuknya yang lebih mungil jadi lebih praktis TWS ketimbang headphone

      Hapus
  7. Belum pernah menggunakan headphone untuk menonton film atau dengerin musik. Karena memang jarang siih.. hehehe sebenernya penasaran jug gimana rasanya. Mungkin nanti kalau udah perlu aku coba beli.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cobain deh Mba sesekali. Dan rasakan sensasi mendengarkan musik dan nonton film jadi lebih joss

      Hapus
  8. Itu sensor touch TWS nya apa hanya berfungsi ketika terkena tangan atau juga tetap berfungsi kalau kena sentuhan benda lain? Soalnya saya baru beli TWS kurang nyaman dipakai karna sensor touchnya tetap terdeteksi kalau terkena benda lain. Pas dipakai untuk tidur, musiknya malah mati karna kena bantal tws nya hihihi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pada umumnya TWS punya sensor touch untuk melakukan panggilan, jadi sangat sensitif.

      Hapus
  9. Belum pernah cobain TWS ini sih tapi biasanya kalo ntn film gapernah pake headset kwkwkw aku kayak kurang nyaman aja gituu ada yg nempel di kuping kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada sih yang memang kurang nyaman menggunakan headphone saat nonton film atau mendengarkan musik. Lebih nyaman pakai speaker aktif gitu ya, suaranya lebih menggelegar

      Hapus
  10. Suamiku pake TWS buat dengerin rapat kalo lagi di jalan. Rapatnya diadakan secara online dan offline, jadi bisa didengerin sambil jalan. TWS ini sangat membantu deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah ini salah satu kelebihan dari TWS memudahkan user untuk berkomunikasi sekalipun lagi di perjalanan.

      Hapus