Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Aplikasi Audiobook Android Terbaik. Cara Baru Baca Buku!

Buku adalah jendela dunia. Dengan membaca buku, pengetahuan kita jadi bertambah. Selain itu, dengan membaca buku, mampu memperkaya perspektif atau sudut pandang di dalam memandang suatu permasalahan. Sehingga kita jadi lebih bijak dalam menghadapi masalah dan mampu menemukan sebuah solusi.

Bagi sebagian orang, membaca terkadang membosankan. Apalagi jika buku novel yang notabene isinya hanya tulisan saja. Membaca buku terlalu lama juga bisa bikin mata cepat lelah dan aktivitas jadi sedikit terhambat. Terutama bagi mereka yang mengaku sibuk dan tidak punya banyak waktu membaca buku.

Audibook Adalah Solusi yang Tepat Bagi yang Malas Membaca Teks Buku

Memasuki era digital, baca buku fisik secara manual sudah perlahan mulai ditinggalkan, terutama bagi para generasi anak muda sekarang. Mereka lebih suka mendengarkan audio ketimbang membaca teks yang notabene bisa bikin mata cepat lelah.

Maka dari itu, hadirlah teknologi yang bernama audiobook atau buku audio. Menurut Wikipedia.org, audibook merupakan rekaman teks buku yang dibacakan oleh seseorang atau sekelompok orang penyuara.

Aplikasi Audiobook Android Terbaik

Adapun teks buku yang dibacakan secara lengkap disebut juga "buku audio lengkap" (bahasa Inggris : Unabridged). Sementara teks yang lebih sedikit disebut "buku audio singkat" (bahasa Inggris : Abridged).

Audiobook sendiri telah muncul sejak tahun 1930-an di sekolah dan di perpustakaan umum. Tujuan awal audiobook untuk membantu penyandang disabilitas, seperti tunanetra dan tunaaksara. 

Aplikasi Audiobook Android Terbaik yang Direkomendasikan

Namun kamu tidak perlu khawatir, kini kamu bisa menikmati audiobook melalui aplikasi di ponsel. Kamu bisa mendengarkan buku novel favorit melalui aplikasi audiobook.

Sebenarnya ada begitu banyak aplikasi audiobook Android terbaik, tetapi Susahsinyal.com ingin merekomendasikan 6 saja, berikut ulasannya :

1. Audible

Aplikasi audibook yang pertama adalah Audible. Audible telah tersedia untuk platform Android dan iOS. Di sini, kamu bisa menemukan lebih dari 150.000 judul buku yang bisa kamu dengarkan.

Aplikasi Audiobook Android Terbaik

Untuk memberikan kenyamanan kepada penggunanya, aplikasi Audible telah disematkan beberapa fitur yang bakalan bikin betah penggunanya, di antaranya adalah :

  • Play as you download
  • Bookmark
  • Sleep mode
  • Button free mode
  • Statistik dari buku yang kamu dengarkan
  • Badges dan listening level
  • Cari dan beli audiobook langsung dari Audible mobile store
  • Bisa terhubung dengan Facebook dan Twitter
  • Pin ke start screen 

Menariknya, kamu juga bisa mengunduh audiobook favoritmu. Audible juga telah terintegrasi dengan Amazon Kindle. Amazon Kindle merupakan sebuah perangkat elektronik yang dirancang secara khusus untuk membaca e-book atau electronic book. Kurang lebih bentuknya mirip seperti tablet, tetapi punya fungsi hanya untuk membaca saja.

Audible diluncurkan pertama kali pada tahun 1995 di Amerika Serikat dan merupakan produsen dan pengecer buku rekaman terbesar di Amerika Serikat. Audible sepenuhnya milik subsidier dari Amazon.com, Inc., yang bermarkas di New Jersey.

2. Audio Books by Audibook.com

Berikutnya ada aplikasi audiobook Android yang berbasis cloud. Di sini, kamu bisa mendengarkan lebih dari 100.000 audiobook yang bisa diakses secara online. Jika kamu menemukan buku bacaan favorit, kamu bisa mengunduhnya.

Aplikasi Audiobook Android Terbaik

Selain untuk platform Android, aplikasi ini juga tersedia untuk pengguna iOS. Jika kamu tidak punya waktu untuk mendengarkan buku, kamu tidak perlu khawatir. Kredit yang tidak digunakan, akan kedaluwarsa dalam waktu 3 bulan setelah ditambahkan.

Namun setelah kamu menggunakan kredit untuk membeli buku, buku tersebut tidak akan pernah kedaluwarsa. Kamu juga bisa mendengarkan pratinjau selama 3 menit sebelum membeli buku favoritmu.

3. Smart AudioBook Player

Aplikasi audiobook Android terbaik yang satu ini bakalan cocok untuk kamu para pecinta buku. Apalagi aplikasi ini telah dilengkapi dengan berbagai fitur, di antaranya :

  • Bookmark
  • Playback
  • Equalizer
  • Sleep timer
  • Fitur manajemen
  • Widget

Aplikasi Audiobook Android Terbaik

Untuk menggunakan aplikasi audiobook ini, kamu cukup merogoh kocek sebesar US$1.99. Sebelum kamu membeli buku bacaan di sana, kamu bisa mencobanya terlebih dulu, karena Smart AudioBook Player telah menyediakan versi trial.

4. Voice Audiobook Player

Jika kamu mencari aplikasi audiobook Android gratis, maka kamu bisa mengunduh aplikasi Voice Audiobook Player di ponsel. Aplikasi audiobook keren ini punya interface yang sederhana, tetapi cukup modern. 

Aplikasi Audiobook Android Terbaik

Beberapa fitur menarik yang bisa kamu nikmati adalah sebagai berikut : 

  • Pengingat posisi terakhir
  • Mengatur kecepatan player
  • Desain yang menarik
  • Tema terang dan gelap untuk bikin mata lebih nyaman
  • Bookmark
  • Android auto
  • Sleep timer

5. Scribd: Buku audio & ebook

Satu lagi aplikasi audiobook Android yang memiliki perpustakaan cukup lengkap, mulai dari audiobook, buku, artikel majalah, podcast, musik dan berbagai konten lainnya. Kamu bisa uji coba gratis di aplikasi Scribd. 

Aplikasi Audiobook Android Terbaik

Kamu bisa menikmati audiobook dari berbagai kategori, seperti kisah nyata kriminal, fiksi, non-fiksi, bisnis, kontemporer, fiksi ilmiah dan masih banyak lagi yang lainnya. Untuk penikmat musik, bisa memilih banyak genre, instrumen dan karya artis-artis top lainnya.

Sementara, artikel berasal dari ratusan majalah, mulai dari People, Time, The Atlantic, Entrepreneur dan masih banyak yang lainnya.

Berikut adalah fitur-fitur yang tersedia di aplikasi Scribd :

  • Mengatur kecepatan bacaan
  • Sleep timer
  • Mengunduh audiobook untuk didengarkan secara offline
  • Membuat catatan, keterangan dan menambahkan penanda halaman
  • Mengubah ukuran, jenis huruf dan warna latar
  • Memilih gerakan pergantian halaman, mau horizontal atau vertikal

6. Storytel

Aplikasi audiobook yang terakhir adalah aplikasi Storytel. Di sini, kamu bisa menemukan lebih dari 500.000 buku bacaan, baik dalam bahasa Indonesia dan juga Inggris. Kamu juga bisa menemukan banyak sekali bacaan best seller, seperti Game of Thrones atau Harry Potter.

Aplikasi Audiobook Android Terbaik

Sebelum kamu berlangganan di Storytel, kamu bisa mencoba uji gratis selama 7 hari. Kamu juga bisa membatalkan langganan kapanpun kamu mau.

Beberapa fitur yang tersedia di Storytel di antaranya sebagai berikut : 

  • Rekomendasi buku sesuai selera
  • Baca ulasan buku dari komunitas Storytel
  • Statistik aktivitas membaca dan mendengarkan buku
  • Download buku dan nikmati di manapun
  • Sesuaikan kecepatan narator
  • Bookmark buku bacaan favorit
  • Sleep timer
  • Mode anak

Demikian ulasan mengenai daftar aplikasi audiobook Android terbaik yang direkomendasikan. Deretan aplikasi audiobook tersebut diharapkan bisa memenuhi ekspektasi dalam membaca buku bacaan favorit. Agar kualitas suara lebih jernih, disarankan untuk menggunakan wireless headphone, saat kamu mendengarkan cerita.

Semoga bermanfaat.

34 komentar untuk "6 Aplikasi Audiobook Android Terbaik. Cara Baru Baca Buku!"

  1. Ternyata banyak juga ya aplikasi audiobook. Kayaknya mau nyobain storytel dulu deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari ke-6 aplikasi audiobook di atas, saya pribadi sudah pernah mencoba Storytel. Bahkan saya juga sudah reivew pengalaman menggunakan Storytel di blog yang lain. So far fiturnya oke banget dan cukup lengkap. Apalagi banyak sekali buku bacaan yang berasal dari lokal...

      Hapus
  2. Cara baca buku masa kini yang asiknya itu ada naratornya, jadinya sambil kerja juga sambil dengerin cerita. Eh ada pula yang ikut nimbrung dengerin cerita kan makin seru
    Apalagi kalau naratornya itu suaranya empuk, hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo suaranya empuk, bisa-bisa ketiduran dengerin ceritanya hehehehe

      Hapus
  3. Ternyata eh ternyata bukan hanya aplikasi ebook saja yang menarik dimiliki, aplikasi Audiobook juga sama menariknya. Jadi bisa menikmati buku dengan cara baru

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bahkan audiobook jauh lebih menyenangkan ya, karena seperti kita lagi didongengin

      Hapus
  4. Waah ternyata banyak ya aplikasi audiobook. Selama ini saya masih mencoba pakai Storytel. Inipun rasanya sudah lengkap banget. Ternyata aplikasi macam ini banyak ragamnya. Jadi ingin nyobain satu-satu supaya tahu kelebihan atau kelemahannya.

    BalasHapus
  5. Ada banyak aplikasi serupa. Saya pribadi sudah nyobain Storytel

    BalasHapus
  6. Asyik banget storytel ini, bisa dengerin buku favorit sambil ngerjain tugas negara. Maklum emak-emak bukannya males baca, tapi belum apa-apa buku udah ditarik bayi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yoi Mba. Maklum ibu rumah tangga yang punya bayi, pasti lebih concern ngurus bocah. Beruntung ada aplikasi Storytel, urusan baca buku jadi lebih asyik

      Hapus
  7. Ternyata nggak hanya Storytel ya yang memberikan pengalaman berbeda dalam membaca buku. Masih banyak aplikasi lain yang bisa kita gunakan untuk mendengarkan audiobook.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya ada banyak aplikasi serupa Mba, tapi saya baru nyobain aplikasi Storytel aja sih...

      Hapus
  8. Seru juga ya ternyata mendengarkan buku favorit kita dibacakan, betul sekali aplikasi audiobook seperti ini bisa jadi cara baru menikmati buku

    BalasHapus
  9. Dari ke enam ini yg pernah kucobain baru storytel nih.. Belum pernah cobain yg lain.. Mungkin lain kali bisa cobain jg.. Mkasih rekomendasinya..

    BalasHapus
  10. Wahhh ternyata ada cukup banyak juga yaa aplikasi audiobook tuhh, so far aku baru coba yang Storytel sih, pengalaman baru yang menyenangkan

    BalasHapus
  11. Betul Mas kalau dilihat dari caranya dengan storytel kita ini bukan membaca buku melainkan mendengar audio ya. Tapi intinya kita mendapatkan wawasan terkait isi buku. Memang gaya baca buku modern ini mah
    Praktis

    BalasHapus
  12. baru tau kalo sebanyak ini aplikasi audiobook . Jadi semakin semngat lagi memperkaya ilmu melalui tulisan penulis yang sekarang gk mesti baca tapi udah bisa didengerin langsung

    BalasHapus
  13. Ternyata aplikasi audiobook banyak juga ya, setahu baru Storytel aja. Itupun karena banyak teman2 yang mereviwnya. Btw, Scribd juga ada audiobook ya, setahuku buku aja. Duh, kudettt

    BalasHapus
  14. jadi memudahkan banget buat yang ngga mampu baca buku tebel karena matanya minus kaya aku ini. ntar dipilih pilih mana yang palin cocok. sungguh memudahkan banget sih ya

    BalasHapus
  15. saya baru nyoba scribd dan storytel, kakak. Mmm, ternyata lumayan banyak juga ya aplikasi audiobook ini. Jujur adanya aplikasi seperti ini bisa membuat IRT menyimak cerita tanpa harus membaca

    BalasHapus
  16. Aku pilih storytel, aku pernah pakai juga. Pokoknya the best deh, anakku juga suka denger cerita dongeng di storytel

    BalasHapus
  17. Wah penasaran nih jadi pengen download aplikasi audiobook storytel. Sepertinya asik nih buat mendengarkan isi buku yg dibaca narator. Makasih mba

    BalasHapus
  18. Ikutan happy ada Storytel jadi ngga memble bisa bacain anak buku heheh si ibu juga jadi bisa baca buku juga meski sambil masakk :))

    BalasHapus
  19. Baru tahu kalau ternyata aplikasi audiobook itu banyak banget pilihannya. Tapi paling familiar sih sama storytel kak.

    BalasHapus
  20. Selain Storytel, yang pernah saya dengar ya Audible itu tapi nggak ada bahasa indonesia ya.

    BalasHapus
  21. Ternyata banyak aplikasi audiobook yang membantu kita membacakan buku ya. Kemarin-kemarin hanya tahunya storytel, ini ternyata ada lagi yang lain.

    BalasHapus
  22. Saya sudah coba nomor 1 dan nomor 6, hehe. Seru juga mendengarkan audiobook. Dulu gak pernah kebayang baca buku tebel2 jadi kayak didongengi aja. Tapi masalahku belum punya wireless headphone. Jadi ke mana-mana masih nenteng kabel, hehe

    BalasHapus
  23. senenggnya, makin maju teknologi, jadi makin memudahkan kita buat ngapain aja, hihi.. termasuk cara baca buku lebih mudah dan praktis

    BalasHapus
  24. Dari semua aplikasi audiobook itu, aku baru pernah nyobain Storytel aja. So far udah nyaman juga sama Storytel, jadi sepertinya belum tertarik untuk cari aplikasi lain.

    BalasHapus
  25. Memang beneran aplikasi audiobook Storytel ini terbaik.
    Dengan fiturnya, sangat membantu pembaca saat akan memulai bacaan buku baru.

    BalasHapus
  26. Aku baru tau 1 doang. Eh, ternyata banyak ya yang serupa. Seru ih jadi banyak pilihannya. Makasih infonya.

    BalasHapus
  27. Wireless Headphone ini ngebantu kita banget pas mendengarkan audiobook. Selain praktis tanpa kabel, suaranya juga pas, dan nyaman di telinga.

    BalasHapus
  28. aku pakai Storytel. yang pasti aku suka karena bisa dengerin chicco jericko cerita 😌

    BalasHapus
  29. saya penyuka buku, jadi tercerahkan
    tambah wawasan

    BalasHapus