Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu TWS? Kenali Lebih Jauh Keunggulan dan Kekurangannya!

Mengenal Apa Itu TWS

Belakangan ini mungkin teman-teman sering mendengar istilah TWS atau bahkan sering melihat orang menggunakan TWS sebagai aksesoris pada smartphone yang digunakan. Nah, agar lebih jelas, saya akan menjelaskan apa itu TWS dan apa saja keunggulan dan kekurangan yang dimiliknya.

Mengenal Apa Itu TWS

TWS atau True Wireless Stereo merupakan perangkat audio yang dapat menghasilkan suara stereo secara sempurna. TWS benar-benar menggunakan teknologi yang true wireless, artinya tidak membutuhkan kabel apapun untuk menghubungkan ke perangkat lainnya, seperti smartphone misalnya.

Satu-satunya koneksi yang dibutuhkan hanyalah bluetooth agar TWS bisa bekerja secara sempurna. Jadi, pengguna tidak direpotkan lagi dengan kabel yang menjuntai dan bikin ribet

Bragi Dash merupakan TWS pertama yang dirilis pada tahun 2015. Selanjutnya Apple merilis AirPods mulai tahun 2016. Sejak saat itu, teknologi TWS mulai populer dan digandrungi hinga terus berkembang hingga saat ini.

Seiring berkembangnya waktu, mulai bermunculan beberapa merek TWS yang biasa kita kenal saat ini yakni JBL, Samsung, Sony, Bose dan lain sebagainya.

Cara Kerja TWS

Teknologi koneksi nirkabel (wireless) sebenarnya telah hadir sekitar tahun 1990-an lalu. Teknologi ini terus ditingkatkan untuk memenuhi kebutuhan pengguna hingga memasuki tahun 2000-an, hingga banyak orang mulai mengenal dan menggunakan perangkat nirkabel sampai hari ini.

TWS ini merupakan gabungan antara teknologi nirkabel dengan format suara stereo. Cara kerjanya dengan menggunakan gelombang radio yang terhubung dengan koneksi bluetooth, lalu disambungkan dengan perangkat lainnya, seperti smartphone, laptop dan lain sebagainya.

Keunggulan TWS

Apa saja sih yang menjadi kelebihan TWS jika dibandingkan dengan perangkat audio lainnya? Sehingga bisa dibilang TWS ini layak dipilih bagi mereka yang hobi mendengarkan musik saat beraktivitas. Berikut beberapa keunggulan TWS yang perlu teman-teman ketahui :

1. Anti ribet tanpa kabel

Jika dibandingkan dengan perangkat audio konvensional yang masih menggunakan kabel, TWS sudah tidak lagi menggunakan kabel untuk dapat terhubung dengan perangkat lainnya. Teman-teman bisa tetap bergerak bebas sembari menggunakan TWS untuk mendengarkan musik, menonton video hingga melakukan panggilan.

Kelebihan dan Kekurangan TWS

Selain itu juga bisa menghindari risiko kabel earphone yang rusak dan patah, karena tersangkut dan putus, sehingga earphone tidak bisa digunakan lagi. Teman-teman cukup menghubungkan TWS dengan menggunakan akses bluetooth.

2. Bentuknya simpel

Berbeda dengan wireless headphone yang biasanya ukurannya cukup besar, sementara TWS memiliki ukuran yang jauh lebih mungil, sehingga lebih mudah disimpan di dalam saku maupun di dalam tas yang tidak membutuhkan space lebih.

TWS juga memiliki tempat penyimpanan sekaligus media yang digunakan untuk mengisi daya, sehingga tidak mudah hilang atau rusak terinjak. Beberapa merek membuat desain tempat penyimpanan yang unik dan menarik. Biasanya juga telah dilengkapi dengan fungsi yang mampu melindungi TWS dari debu dan benturan saat dibawa.

3. Dilengkapi dengan teknologi bluetooth terbaru

Keunggulan TWS lainnya adalah telah dilengkapi dengan fitur dan teknologi terbaru, misalnya saja koneksi bluetooth terkini, yakni Bluetooth 5.0. Dengan teknologi bluetooth versi terbaru ini, nantinya TWS bisa dihubungkan dengan berbagai perangkat secara cepat, seperti tablet, smarpthone atau laptop.

Selain itu, jangkauan sambungan Bluetooth 5.0 bisa terhubung hingga 10 meter. Teknologi ini juga dinilai mampu menghemat daya baterai TWS. Biasanya penggunaan TWS secara normal, mampu standby hingga setengah hari penggunaa dalam sekali pengisian.

Kekurangan TWS

Meski memiliki keunggulan, TWS tetap dinilai memiliki beberapa kekurangan yang mungkin saja akan sedikit mengganggu pengguna di saat memakai perangkat audio ini. Namun meski demikian, kekurangan ini masih bisa ditolerir. Berikut adalah beberapa kekurangandari TWS :

1. Bisa terjadi latency pada perangkat TWS

Latency adalah terjadinya jeda waktu yang diperlukan untuk mengantarkan suara dari perangkat menuju TWS. Akibatnya, suara yang dihasilkan dari TWS akan terasa lebih lambat atau tertunda (delay). Hal ini dianggap bisa mengganggu ketika teman-teman sedang menonton film ataupun bermain game, sehingga gambar (video) akan bergerak lebih dulu dibanding suaranya.

Latency ini bisa dialami oleh semua perangkat wireless, mulai dari wireless headphone, wireless earphone hingga TWS. Berbeda dengan perangkat audio yang menggunakan kabel, tidak akan mengalami masalah latency, karena suara yang dihasilkan melalui kabel.

2. Waspada daya tahan baterai TWS

TWS bekerja mengandalkan daya baterai yang bisa di-charge, layaknya perangkat smartphone. Tidak seperti earphone atau headphone yang menggunakan kabel, TWS memiliki daya tahan baterai yang terbatas. Teman-teman tidak bisa menggunakan TWS selama 24 jam penuh.

TWS akan bisa digunakan ketika baterainya telah terisi. Teman-teman harus mengisi daya baterai TWS terlebih dulu untuk menggunakan TWS. Semakin lama menggunakan TWS, maka daya baterai juga akan cepat habis. Jadi sebaiknya persiapkan power bank untuk mengisi baterai TWS saat bepergian.

3. Harganya cenderung lebih mahal dari earphone biasa

Sepadan dengan fitur dan teknologi yang diusung, TWS memiliki harga yang lebih mahal dibanding earphone biasa. Apalagi TWS dengan kualitas yang bagus dan original, maka teman-teman harus rela mengeluarkan budget yang lebih tinggi untuk meminang TWS bermerk dan berkualitas baik.

Uang yang dikeluarkan tentu saja sepadan dengan teknologi dan fitur yang akan didapatkan dari sebuah TWS, mulai dari bluetooth, baterai dan perangkat TWS itu sendiri. Berbeda dengan TWS dengan harga murah, tentu saja memiliki kualitas yang buruk, sehingga seringkali tidak nyaman saat digunakan dan biasanya akan cepat rusak.

Konklusi

Nah demikian informasi yang Susahsinyal.com bisa bagikan mengenai pengertian TWS serta kelebihan dan kekurangannya. Dari artikel ini, teman-teman bisa mengambil keputusan, apakah ingin membeli TWS dengan segala kelebihan dan kekurangannya, atau ingin membeli earphone biasa yang masih menggunakan kabel.

Semoga dengan artikel kali ini bisa bermanfaat sekaligus menambah wawasan seputar teknologi earphone, headphone ataupun TWS. 

32 komentar untuk "Apa Itu TWS? Kenali Lebih Jauh Keunggulan dan Kekurangannya!"

  1. Keren juga TWS ini ya, Mas. Pastinya kita tidak perlu diribetkan lagi denga kabel yang menjuntai dan mudah putus. Terus penyimpannya juga ringkes dan rapi.
    Hanya mungkin kalau saya kendalanya soal ketahanan batterai nih. Jadi kalau betterai habis ya, tidak bisa dipakai. jadi solusinya harus punya dua hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, baterai kurang kuat bertahan lama. Paling harus sedia power bank atau ya beli 2 TWS

      Hapus
  2. Praktis banget nih pakai TWS. Beneran anti ribet tanpa kabel
    Udah gitu ukurannya juga gak terlalu gede, jadi nyaman di telinga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget Mba. Lebih simpel dan praktis. Cukup nyaman di telinga, asal jangan kelamaan digunakan

      Hapus
  3. Emang sih lebih mahal. Tapi pake TWS lebih simple sih. Kita nggak repot sama kabel. Kalau dipakai perjalanan jadi enak gitu. Nggak merasa terganggu. Cuma kalau delay itu yang nyebelin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salah satu kendalanya memang terkadang delay. Tapi hal ini sangat jarang sekali sih

      Hapus
  4. Asik juga ya pake TWS lebih simple tanpa di ganggu kabel menjuntai juntai...
    Pandemi kemarin sering banget roadtrip suami wfh pake Model tws ini sama yg kabel gantian sih.

    Memang ada harga ada rupa ya kakk..(gusti yeni)

    BalasHapus
  5. Yup that's right!! TWS lebih simpel dan praktis. Ya itu dia, ada harga ada rupa

    BalasHapus
  6. Ada harga pasti ada kualitas. Apalagi ini bentuknya ikut dan lebih simple.
    Daku sering lihat orang² di kereta pakai TWS ini, karena cenderung memudahkan juga misal buat mendengarkan musik, atau pas ada panggilan telepon.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul. Kebanyakan sekarang orang-orang maunya yang praktis dan simpel.

      Hapus
  7. aku juga lebih suka pakai TWS daripada earphone biasa mba, karena suaranya lebih jernih dan praktis juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emmmm, saya Mas, bukan Mba. Kalo earphone biasa ribet sama kabel dan kurang praktis juga sih

      Hapus
  8. Wah cakep juga TWS ini ya
    Lebih ringkas dan praktis ya mas
    G repot dengan kabel kabel yang menjuntai

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak ada repot lagi dengan kabel yang melilit leher hehehe

      Hapus
  9. Beberapa kali lihat iklan TWS berseliweran. Ternyata bentuknya memang mungil dan nggak ribet dibawa-bawa. Kalo soal harga, pasti sepadan dengan kualitasnya yang baik juga. Makasih infonya, Kak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih juga sudah berkunjung ke blog ini ya. Semoga artikelnya bermanfaat

      Hapus
  10. Sering minjem punya suami sih aku. Menurutku lebih enak dan ngga ribet apalagi kalau buat yang berhijab. Ngga nyantol2 kabel yang bikin riweuh wkwkwk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya dong pastinya lebih nyaman dan nggak ribet

      Hapus
  11. nambah banget wawasan pastinya, selama ini saya hanya mendengar selintas saja soal TWS baca ini jadi makin paham tentang TWS ini. dan dengan ukuran yang super mungil pastinya seru banget dibawa traveling kemana-mana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah berkunjung ke blog ini. Semoga bermanfaat ya

      Hapus
  12. Untuk beberapa tipe smartphone yang baru sekarang malah udah tak tersedia jek untuk tancap headset, karena sudah menggunakan tws ini. Alhasil butuh tambahan biaya emang buat beli. Cuma jadi lebih praktis dan gak ribet ada kabelnya gitu lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah perlahan sudah mulai dihilangkan fitur jek di ponsel.

      Hapus
  13. Ternyata beda ya.. TWS dan wireless headphone?
    Aku punya wireless headphone andalan, tapi tergolong TWS bukan ya.. Airbuds.
    Sukaaa banget.

    Padahal dulu sebelum kenal wireless headphone nih, aku benci banget.
    Karena kekurangannya itu. Rasanya akutu gak bisa tanpa earphone. Aku nonton fimlm, dengerin musik, lebih suka pake earphone daripada speaker gadget. Alasannya tentu karena agar lebih "dappeett" suasananya yaa...

    Paling mantap pas lagi galau sih..
    Dengerin musik yang galau juga bisa sampek sesenggukan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dengerin musik galau pake earphone atau TWS jadi lebih maksimal nangisnya hehehe... Beda airbuds dengan TWS. Lebih ke fitur dan teknologi yang digunakan sih

      Hapus
  14. alhamdulillah awal tahun lalu bisa kebeli tws yang dipengenin walau mikirnya lama, baca review sana sini, dan nunggu harga flash sale XD tapi tws memudahkan dan gampang dibawa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat ya sudah terwujud beli TWS incaran. TWS lebih simpel sih dibawa ke mana-mana

      Hapus
  15. Setiap perangkat memang punya kelebihan dan kekurangannya masing2 ya kak. TWS memang gak bisa dipakai 24 jam tapi lebih praktis karena wireless. Btw makasih jadi tahu singkatan TWS abis baca artikel ini. Kukira TWS merek dagang aja lho

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih banyak atas kunjungannya ya. Semoga artikelnya bermanfaat

      Hapus
  16. Ternyata TWS ya nama kerennya. Aku cuma tahunya dia earphone yang nir kabel. Jadi pengen punya supaya pas masak tetap bisa dengar tausiyah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wuidih keren nih, masak tapi tetap dengerin dakwah lewat TWS

      Hapus
  17. Pas banget menunjang kerjaan sehari-hari ya kak. Gk perlu ribet lagi gulung kabel takut kusut. Menunjang banget . Simple juga tapi bermanfaat banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cocok banget bagi yang nggak mau ribet sama kabel dan jauh lebih praktis.

      Hapus