Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips Cara Merawat Dompet Kulit Pria Agar Awet dan Tahan Lama

Tips Cara Merawat Dompet Kulit Pria

Bagi kamu yang memiliki dompet kulit, tentu perlu merawatnya dengan baik. Maka dari itu, ada baiknya kamu tahu terlebih dulu bagaimana tips cara merawat dompet kulit pria yang tepat. Hal ini penting dilakukan agar dompet kulitmu tetap kelihatan bagus dan juga lebih awet serta tahan lama.

Berbeda dengan dompet biasa, dompet kulit harus dirawat secara khusus. Apalagi dompet yang terbuat dari bahan kulit asli biasanya harganya lebih mahal dan berkualitas baik. Namun hal itu tidak menjamin dompetmu bakalan awet, jika salah dalam melakukan perawatannya. Sayang banget kan kalau dompetmu cepat rusak.

Tips Cara Merawat Dompet Kulit Pria yang Benar

Agar dompetmu lebih awet, tidak ada salahnya kamu menerapkan beberapa langkah sederhana di bawah ini :

1. Gunakan bahan pelembab alami

Biasanya di pasaran banyak dijual produk pembersih khusus untuk bahan kulit. Gunakan produk tersebut untuk merawat permukaan dompet kulit. Hindari produk pembersih yang mengandung minyak petrolium, minyak munk, silikon, pelarut petrolium dan minyak sejenis lainnya, karena bahan-bahan tersebut bisa meninggalkan noda atau bahkan sampai merusak bahan kulit.

Namun selain membeli produk pembersih khusus, kamu juga bisa membuatnya sendiri. Cukup campurkan cuka dengan dua sendok makan minyak zaitun. Setelah campurannya telah siap, oleskan pada dompet kulitmu. Lalu diamkan semalaman. Keesokan paginya kamu hanya tinggal membersihkannya menggunakan lap halus.

2. Gunakan produk perawatan terbaik

Selain memperhatikan bahan yang digunakan untuk merawat bahan kulit, kamu juga perlu menggunakan produk perawatan terbaik untuk bahan kulit. Produk kulit perlu dirawat agar kelembabannya terjaga dengan baik, sehingga lapisan kulit terhindar dari risiko negatif akibat pemakaian dan pengaruh cuaca.

Pada umumnya tekstur produk ini mirip seperti lilin yang berfungsi untuk melapisi bahan kulit, sehingga lebih tahan terhadap noda cairan, kelembaban hingga mengurangi risiko permukaan bahan kulit yang tergores oleh benda lain.

3. Hindari menduduki dompet

Tanpa kita sadari, mungkin saja kamu sering meletakkan dompet di saku belakang, sehingga dompet akan sering terduduki ketika kamu duduk. Padahal kebiasaan yang satu ini bisa membuat dompet jadi melengkung dan cepat rusak. Selain itu juga bisa menimbulkan cedera pada tulang belakang.

Jika ingin duduk, sebaiknya keluarkan dompetmu terlebih dulu. Atau bisa juga menyimpannya di saku celana bagian depan. Selain menjadi lebih nyaman, dompet kamu juga lebih awet dan terhindar dari kelembaban tinggi.

4. Atur isi dompet

Cara merawat dompet kulit selanjutnya adalah mengatur isi dompet dengan baik. Atur isi dompet agar tidak cepat rusak. Hindari untuk mengisi dompet secara berlebihan, selain membuatnya sulit untuk masuk ke kantong celana, kebiasaan ini juga bisa bisa mengubah bentuk dompet. Risiko terburuk, kartu ATM atau KTP bisa lecek atau bahkan patah.

Jika kamu punya banyak kartu ATM dan kartu kredit, serta kartu-kartu lainnya, sebaiknya kamu bisa menggunakan dompet khusus kartu untuk menyimpan kartu-kartu penting tersebut. Jadi, sebaiknya kurang isi dompet kamu jika memang tidak perlu banget. Apalagi sekarang kamu sudah bisa transaksi secara digital lewat dompet pintar.

5. Simpan dompet di tempat aman

Mungkin saja kamu punya dompet kulit lebih dari satu, dan ingin menggunakannya secara bergantian, sehingga salah satunya harus disimpan dengan baik. Nah, cara merawat dompet kulit pria yang terakhir adalah memperhatikan cara penyimpanannya. 

Sebaiknya simpan dompet kulit di tempat yang sejuk, kering dan terhindar dari matahari langsung serta memiliki aliran udara yang baik. Langkah ini cukup ampuh untuk menjaga dompet kulitmu jadi lebih awet dari perubahan warna akibat lembab serta jamur yang jika didiamkan akan merusak produk berbahan kulit.

Nah itulah tips cara merawat dompet kulit pria agar awet dan tidak cepat rusak. Bagaimana, mudah bukan cara merawatnya? Yuk segera praktekan langkah-langkah di atas ya guys!

Semoga bermanfaat.

20 komentar untuk "5 Tips Cara Merawat Dompet Kulit Pria Agar Awet dan Tahan Lama "

  1. Dompet kulit memang keren, Mas. Hanya itu, kalau lalai dirawat, bisa rusak juga. Hampir sama dengan sepatu kulit.
    Kalau saya, memang tidak menyimpan dompet di saku belakang, tapi saku depan. Selain dompet tidak diduduki, juga lebih aman.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dompet berbahan kulit itu sangat ekslusif, perlu perawatan khusus. Yaa meski dompet biasa pun perlu dirawat dengan baik, tetapi cara perawatannya berbeda. Ngomongin soal ngantongin dompet di celana, saya juga selalu taro di saku depan, biar aman dan nyaman.

      Hapus
  2. Ternyata menyimpan dompet kulit di saku belakang membuatnya tidak awet. Pantesan dompet para lelaki di rumah pada melengkung karena pada narok di saku belakang.
    Dompet kulit kalau perawatannya oke, awet banget ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul sekali. Kebanyakan dompet cowok pada melengkung, disimpan di saku celana belakang

      Hapus
  3. Aku suka banget sama yang berbahan kulit ini.
    Tapi memang butuh perawatan ekstra, apalagi kami tinggal di Bandung yang rumahnya lembap karena cuaca dingin.
    Dan beberapa tas berbahan kulit atau tali jam tangan ini yang juga butuh perhatian. Selain memang printilan selain dompet berbahan kulit.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bahan kulit lebih awet ya Mba, tapi butuh perawatan ekstra.

      Hapus
  4. Hindari menduduki dompet nih kayak e agak rumit ya. Secara kan kalau cowok tuh biasa taruh di saku celana belakang. Otomatis kalau duduk mah mau sengaja atau nggak pasti kena duduki. Hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo saya kebiasaan naro dompet di saku celana depan, jadi nggak melengkung amat tuh dompet.

      Hapus
  5. Wah aku mau kasi lihat artikel ini ke suamiku deh
    Dia tuh paling cepat rusak dompetnya. Jadi sering banget ganti-ganti dompet jadinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dompet kulit juga kah Mba Arni? Semoga bermanfaat ya

      Hapus
  6. Bisaa gak kallau pake body lotion buat perawatannya? Aku juga punya dompet kulit tp ga pernah di rawat nah baca tulisan ini jadi inget.(gusti yeni)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cek dulu bahan dasarnya Mba. Takutnya justru malah akan merusak lapisan kulit. Saran saya sih sebaiknya gunakan pelembab atau bahan khusus untuk merawat bahan kulit

      Hapus
  7. Merawat dompet kulit ini emang gampang-gampang susah ya, Mas. Aku punya nih satu, dari kulit beneran. Kuat dan bagus, cuma kadang gak tahan sama bau kulitnya itu lho. Gimana ya kalau masih ada bau kulit gitu ilanginnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bau kulit wajar sih Mba, karena memang sifat alaminya nggak bisa kita hilangkan. Paling solusinya dompetnya jangan sering diendus aja hahaha 😂

      Hapus
  8. Merawat dompet pakai pelembab juga ya ternyata. Daku gak terpikirkan hal ini. Suka cuek aja, karena yang dipentingkan isinya tebal hehe.
    Noted nih perawatannya ala Kak Hendra. Trims yaak

    BalasHapus
  9. Wahh aku baru ngeh begini cara merawatnyaa pantesan dompet kulit punya suami tuh aweeet banget udah belasan tahun masih bagus banget lhoo, akuga ikutan ngerawat sih haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bermanfaat ya dan terima kasih sudah mampir

      Hapus
  10. memang kudu apik ya perawatannya, karena kulit asli lebih sensitif banget, kalau gak pinter ngerawat jg gak bertahan lama

    BalasHapus